Spesifikasi Mobil Honda CR-V Turbo Prestige 2021 : Trim Tertinggi Dengan Fitur Dan Teknologi Mumpuni

16/03/2021 Abdul Review Honda

Honda CR-V Turbo Prestige 2021 dihadirkan oleh pihak Honda untuk ikut merasakan pasar otomotif di Indonesia. Model yang sedang kita bahas kali ini merupakan varian tertinggi dari CR-V. Lantas seperti apakah keunggulan dan fitur yang diberikan di dalamnya?

1. PENGANTAR HONDA CR-V TURBO PRESTIGE 2021

Pihak Honda melakukan perilisan mobil CR-V terbaru di tahun 2021 ini. Memang di tahun 2020 kemarin terasa kurang maksimal karena adanya pandemi yang sedang memuncak. Berbagai sektor terdampak, salah satunya adalah dunia otomotif.

Salah satu yang menarik perhatian pada CR-V Prestige yang kita bahas kali ini adalah adanya teknologi Honda Sensing di dalamnya. Untuk mobil CR-V menjadi pertama kali, namun sebelumnya teknologi tersebut diberikan pada sedan premium Honda yakni All New Honda Accord. Dari pada penasaran dengan desain dan fitur yang diberikan, mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR HONDA CR-V TURBO PRESTIGE 2021

Sisi Depan Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Bumper dan grill mengandalkan desain baru menjadikannya tampak gagah

Seperti review sebelum-sebelumnya di Hargamobil.com, pembahasan pertama dimulai dari bagian depan. Nah di bagian ini mempunyai karakter yang sporty dan juga aerodinamis, untuk bahasa desainya adalah solid wing face. Pada bagian grill dibuat lebih tebal dengan memakai kelir warna piano black.

Bagian grill diapit oleh headlamp di kanan dan kirinya dengan ukuran yang terbilang cukup besar dengan ujung runcing pada sisi luar. Untuk lampunya mempunyai perbedaan pada bagian Sequential Turning Signal. Sementara di bagian lampu utama menggunakan multi reflektor LED. Pada saat menyalakan mesin maka lampu DRL akan menyala, sementara saat lampu kecil dinyalakan membuat lampu DRL nya jadi redup. Posisi lampu DRL berada di bawah lampu utama.

Di bagian bumper mempunyai desain yang sporty dengan diberikan krom yang memanjang dari sisi kanan sampai kiri. Terdapat pula aksen hitam doff yang mempunyai ukuran cukup besar menambah ketangguhan di sisi depannya ini.

Sisi Samping Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Gambar ini menunjukkan sisi samping Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Sebuah SUV modern dan tangguh dengan teknologi  serta fitur mumpuni

Menuju ke sisi samping, ketangguhan terlihat di bagian ini dan tampak gagah. Pada bagian window lane dibuat mengelilinginya dengan aksen krom. Sementara pada sisi spion dan handle pintu dibuat sewarna dengan bodi. Kemudian pada bagian over fender terdapat warna hitam doff yang memancarkan ketangguhannya.

Pada sisi bawah terdapat list dengan aksen warna krom yang memanjang dari pintu depan hingga bagian belakang yang terpotong roda belakang. Velg yang digunakan mengandalkan desain baru dengan ukuran 18 inci sehingga membuat tampilannya jadi lebih sporty. Yang menarik adalah, pada setiap palang atau spoke pada velg didesain sedemikian rupa supaya bisa membuang udara ketika terjebak di balik velg sehingga aerodinamika bisa lebih didapatkan.

Sisi Belakang Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Honda CR-V Turbo Prestige 2021

 Kegagahan tampak pada sisi belakang berkat desain yang diberikan

Di bagian belakang, kesan sporty mewah dan tangguh juga terpancar. Di bagian atas terdapat spoiler tampilan sporty berkat adanya lekukan yang diberikan dipadukan pemberian high mount stop lamp yang terlihat panjang. Kemudian bagian kaca terdapat rear defogger dipadukan dengan penggunaan wiper belakang. Untuk bagian atas sendiri adalah antena model shark fin. Aksen krom cukup tebal juga terlihat pada sisi tengahnya tepat di bagian bawah kaca belakang dengan logo Honda pada sisi tengah.

Desain stop lamp nya tetap menarik dan enak dipandang, bahkan saat malam hari akan terasa menyenangkan ketika melihatnya. Di bagian ini akan tampak perbedaan dengan pre-facelift nya, yang mana untuk mika stop lamp yang diberikan mengandalkan aksen smoke yang mempunyai warna kehitaman.

Pada sisi bumper juga mengandalkan desain baru. Pintu bagasi sudah bisa dilakukan dengan otomatis berkat bantuan sensor yang posisinya berada di bawah bumper belakang. Terdapat ujung knalpot ganda yang membuat tampilannya lebih sporty dan memancarkan aura kegagahan yang dimiliki.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR HONDA CR-V TURBO PRESTIGE 2021

Dashboard Dan Kemudi Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Kabin modern dan memancarkan kemewahan

Interior mobil mempunyai tampilan yang cukup mewah dan tampak modern. Memang dibandingkan dengan model sebelum facelift tampilannya sama jika dilihat secara umum. Untuk membuka kap mesin dan tangki tombol berada pada sisi kanan dashboard bagian bawah. Sisi kanan dashboard atas ada beberapa tombol yaitu engine start/stop engine, lane keeping assist, buka power back door, stability control dan tombol Forward Collision Mitigation. Aksen wood panel juga akan ditemukan di atas tombolnya.

Pada sisi tengah dashboard terdapat kisi-kisi AC mobil dengan head unit layar sentuh ukuran 7 inci. Di bawahnya terdapat pengaturan AC mobil yang terbilang lengkap. Sementara pada sisi kiri dashboard ada list black glossy dipadukan dengan wood panel. Ada penyimpanan laci tertutup yang bisa digunakan barang selama perjalanan. Bahan dashboard sendiri mengandalkan soft touch.

Sementara di bagian kemudi mobil mengandalkan 3 palang yang lengkap dengan beberapa tombol pada palang bagian kanan dan kiri. Pada sisi kiri merupakan tombol fitur yang bisa digunakan untuk mengoperasikan Audio Steering Switch dan Hands-Free Telephone Switch, sedangkan pada sisi kanan adalah tombol Adaptive Cruise Control dan tombol fitur Sensing with Lane Keeping Assist. Kemudinya diberikan pengaturan Tilt dan Telescopic membuat pengemudi bisa menyesuaikan dengan kenyamanan yang bisa dirasakan.

Jok Mobil Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Gambar ini menunjukkan jok belakang mobil Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Jok nyaman diduduki dan dapat menampung banyak penumpang

Jok mobil yang diberikan menggunakan 3 baris yang dapat digunakan untuk perjalanan bersama keluarga tercinta. Jok nya ini menjadi salah satu kursi terbaik di kelasnya. Meskipun belum mendapatkan memory seat, akan tetapi pengaturan jok pengemudi sudah 8 arah secara elektrik dan lumbar support 4 sisi.

Di bagian penumpang belakang juga bisa merasakan kenyamanan karena lega dan juga nyaman. Headroom dan dan legroom terbilang lega sehingga kenyamanan bisa lebih dirasakan. Agar fleksibilitas kabin bertambah jok dapat diatur maju mundur. Meskipun begitu, untuk jok mobil paling belakang yakni baris ketiga lebih direkomendasikan untuk anak-anak atau seseorang dengan postur tidak terlalu tinggi. Namun jok tetap empuk baik untuk pengemudi, penumpang depan sampai belakang.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR HONDA CR-V TURBO PRESTIGE 2021

Fitur Hiburan Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Menuju ke bagian fitur, dimana pihak Honda memberikan layar ukuran 7 inci untuk In-Car Entertainment System nya. Yang mana fitur tersebut terbilang sangat baik di kelasnya. Tidak sampai disitu saja, fitur tersebut dikolaborasikan dengan pemberian 2 buah tweeter dan 6 speaker. Suara yang dihasilkan juga terbilang jernih sehingga pengemudi bisa merasakan kesan menyenangkan selama di dalam mobil. Head unit yang diberikan di dalam mobil besutan Honda ini juga bisa dikoneksikan dengan ponsel, hanya saja untuk Android Auto dan Apple CarPlay masih belum diberikan.

Gambar ini menunjukkan head unit Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Fitur mumpuni bahkan ada Honda Sensing di dalam nya

Ada hal yang cukup menarik dan perlu diketahui oleh masyarakat, terutama bagi seseorang yang ingin membeli mobil ini. Dimana head unit dari Honda ini telah menggunakan Original Equipment Manufacturer (OEM). Dengan begitu hanya mengandalkan head unit maka banyak settingan bisa dilakukan. Adapun beberapa fitur yang dapat diatur melalui head unit  tersebut adalah Meter Setup, Power Tailgate Setup, Door/ Window Setup, Lighting Setup, Keyless Access Setup dan Driver Assist System Setup. Bahkan Ac juga bisa dilakukan pengaturan mengandalkan head unit.

Teknologi Honda Sensing Mobil Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Seperti yang telah ramai diperbincangkan, bahwasanya mobil ini telah dibekali dengan teknologi keselamatan Honda Sensing. Yang mana dengan mengandalkannya maka selama perjalanan akan terbantu dan kenyamanan juga dapat dirasakan. Ditambah lagi pada CR-V sendiri yang diberikan teknologi tersebut adalah hanya trim Prestige dan pada CR-V Facelift. Terdapat beberapa fitur utama yang diberikan pada teknologi keselamatan tersebut yang mengandalkan pemindai radar di bagian depan kendaraan.

Adapun beberapa fitur di dalam teknologi keselamatan Honda Sensing adalah:

1. Collision Mitigation Braking System™ (CMBS)

Dengan adanya fitur ini maka membuat pengemudi dapat terbantu ketika terjadi kemungkinan akan mengalami benturan dengan pejalan kaki ataupun kendaraan lain di depan. Jadi fitur ini memang didesain supaya memberikan tanda pada saat beresiko akan mengalami benturan sehingga dapat benturan besar yang tidak bisa dihindari bisa dikurangi dengan memberikan bantuan berupa mengurangi kecepatan mobil.

2. Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow

Fitur ini dapat memberikan bantuan dalam menjaga kecepatan mobil sehingga tetap stabil. Selain itu bisa juga mengatur jarak dengan kendaraan yang berada di depannya dan memberikan bantuan untuk mengurangi kecepatan mobil ataupun menghentikan laju kendaraan tanpa pedal rem ditekan. Bahkan menjalankan mobil juga bisa dilakukan tanpa pedal gas ditekan. Kerjasama juga dilakukan dengan Road Departure Mitigation, adapun fungsinya adalah untuk memberikan bantuan kepada pengendara saat terdeteksi mobil mempunyai kemungkinan untuk keluar dari jalurnya. Dengan begitu mobil akan tetap berada di jalur yang semestinya.

3. Lane Keeping Assist System (LKAS)

Fitur ini dapat memberikan bantuan terhadap pengemudi supaya tetap menjaga kendaraan agar berada di jalur yang semestinya dan telah terdeteksi. Apabila keluar dari jalur maka akan diberikan visual pada layar MID dan memberikan getaran pada kemudi mobil. Akan tetapi saat tangan ditarik dari kemudi maka sistem tidak akan melakukan kinerjanya.

4. Auto High-Beam (AHB)

Dengan adanya fitur ini maka saat melaju di malam hari maka akan lebih maksimal pencahayaan yang diberikan. Jadi  saat tuas lampu diposisikan menjadi Auto dan mobil melaju di atas 40 km/jam untuk kecepatannya, maka secara intuitif fitur AHB akan melakukan penggantian lampu besar atau High Beam. Kemudian untuk lampu normal low beam akan menyesuaikan dengan situasi yang sedang terjadi di jalanan.

Gambar ini menunjukkan panoramic sunroof Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Kabin terasa lega dengan adanya panoramic sunroof

Fitur Panoramic Sunroof Mobil Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Hal yang menarik pada mobil ini dan menjadi cukup diistimewakan adalah diberikannya fitur Power Panoramic Sunroof. Dengan pemberian fitur ini di dalam kabin terasa lega dengan keindahan alam bisa dirasakan di dalam mobil. Untuk pengoperasiannya mengandalkan tombol yang posisinya di dekat lampu kabin mobil dan bisa dioperasikan dengan mudah. Pengoperasian yang dapat dilakukan adalah tilt dan open.

>>> Baca Juga, Ingin Beli Honda CR-V Bekas Gen 3, Perhatikan Hal Ini Dulu!

5. OPERASI HONDA CR-V TURBO PRESTIGE 2021

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Mesin bertenaga dan hemat konsumsi BBM

Beralih pada bagian performa mobil, pihak Honda memberikan mesin pada Honda CR-V Turbo Prestige 2021 dengan kode L15B7. Mesin tersebut memiliki kapasitas 1.498 cc dan berkonfigurasi 4 silinder segaris dan pengaturan katupnya menggunakan variable VTEC. Tenaga yang dapat dihasilkan mengandalkan mesin tersebut adalah 190 Ps dan torsi puncaknya mencapai 240 Nm. Sistem transmisi yang digunakan pada mobil ini adalah CVT otomatis dipadukan dengan teknologi Earth Dreams yang mengandalkan roda depan sebagai penyalurnya.

>>> Baca Juga, Review Honda CR-V 2.4 Prestige 2013: Mobil SUV Fitur Mumpuni Dengan Kabin Lapang

6. SPESIFIKASI HONDA CR-V TURBO PRESTIGE 2021

Berikut ini adalah tabel spesifikasi mobil Honda CR-V Turbo Prestige 2021:

DIMENSI

Panjang

4.623 mm

Lebar

1.855 mm

Tinggi

1.657 mm

 Kapasitas Tangki

 47 Liter

 Jarak Terendah Ke Tanah

 190 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2,660 mm

HANDLING & SUSPENSI

Velg

 Alloy, 18 inch

Jenis Ban

 Bridgestone Dueler H/T, 235/60 R18

Teknologi Safety Sasis

 G-CON + ACE™, Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, SUV C-Segment

Teknologi Safety Sasis

 G-CON + ACE™, Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, SUV C-Segment

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Solid Disc Brake

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, EBD, Brake Override System, Honda Sensing™

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Multi-Link

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, with Electronic Power Steering

MESIN

Tipe

L15B7, 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW

Bore X Stroke

 73,0 mm X 89,5 mm

 Tipe Transmisi

 CVT berteknologi Earth Dreams, Penggerak Roda Depan

 Kapasitas Silinder

 1,498 cc

 Tenaga Maksimum

 188,5 HP (190 PS) @ 5.600 rpm

 Torsi Maksimum

 240 NM @ 2.000 - 5.000 rpm

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA CR-V TURBO PRESTIGE 2021

Berikut ini merupakan spesifikasi mobil Honda CR-V Turbo Prestige 2021:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mengandalkan mobil Honda ini dapat menawarkan pengendaraan fun to drive

Jok pada baris ketiga terasa kurang lega sehingga lebih cocok untuk ditempati anak-anak atau seseorang dengan postur tidak terlalu tinggi

Mesin yang diberikan mumpuni dapat melaju kencang dan juga hemat konsumsi bahan bakar sehingga bisa menghemat pengeluaran

Corak pada bagian panel instrumen tidak dapat dilakukan perubahan

Diberikan teknologi keselamatan Honda Sensing yang menawarkan beragam keuntungan

 

8. DAFTAR HARGA HONDA CR-V TURBO PRESTIGE 2021

Sebagai mobil baru dan menjadi trim tertinggi, tentunya dari segi harga juga lebih mahal. Honda CR-V tersedia dalam 3 tipe yakni New CR-V i-VTEC, New CR-V Turbo dan Prestige Turbo. Adapun harga mobil Honda CR-V Turbo Prestige 2021 adalah Rp. 577.000.000.

9. VIDEO HONDA CR-V TURBO PRESTIGE 2021

10. KESIMPULAN HONDA CR-V TURBO PRESTIGE 2021

Mobil ini merupakan sebuah kendaraan dalam segmen SUV yang siap mengantarkan kemanapun yang diinginkan bersama keluarga tercinta. Dengan pemberian teknologi keselamatan Honda Sensing membuat perjalanan jauh lebih aman dan nyaman. Kemudahan dalam pengendalian juga bisa dirasakan sehingga kesan menyenangkan dapat dirasakan oleh pengendara mobil Honda CR-V Turbo Prestige 2021. Kabin mobil juga terasa sangat modern dan lega, apalagi dengan kehadiran panoramic sunroof di bagian atap membuat lebih nyaman dan terasa lega di dalam kabin mobil.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International