Spesifikasi Mobil Honda City Type Z 2000: Mobil Sedan Menawarkan Kesenangan Berkendara

30/11/2020 Abdul Review Honda

Mobil Honda City Type Z 2000, sebuah kendaraan sedan eksklusif yang menunjukkan sebuah kemampuan dimana pengendara nya cukup mudah. Selain itu mesin yang diberikan terbilang responsif di jalanan sehingga bisa dijadikan kendaraan untuk menemani segala aktivitas keseharian.

1. PENGANTAR HONDA CITY 2000

Mobil ini diluncurkan pihak Honda pertama kali pada tahun 2000. Yang mana mobil ini adalah honda City gen pertama yang telah mendapatkan facelift. Untuk generasi pertamanya tersebut hadir di Indonesia pada tahun 1996. Mobil besutan Honda dengan tipe Z ini dapat memberikan pengendaraan yang responsif dan juga mulus ketika melaju di jalanan, meskipun untuk produksinya terbilang singkat.

Mobil City type Z 2000 harganya terbilang tinggi pada awal diluncurkan. Harga tersebut bila dibandingkan dengan para pesaingnya dalam segmen yang sama. Untuk type Z nya ini melakukan persaingan dengan mobil lain yakni KIA Sephia, Hyundai Accent, Suzuki Baleno dan Toyota Soluna. Yang mana kala itu mobil besutan honda ini kala itu mempunyai banyak peminat.

2. EKSTERIOR HONDA CITY 2000

Memang pada tampilan luarnya mobil ini terlihat sangat menarik di tahun 2000 an. Bahkan mobil ini juga pas dan cocok untuk kendaraan anak muda karena tampilannya yang terlihat sporty.

Spesifikasi Mobil Honda City Type Z 2000: Sisi Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Honda City Type Z 2000

Tampilan depan terlihat sporty dan elegan

Ketika melihat bagian depannya maka akan tampak perbedaan dengan edisi sebelumnya, yang mana tampilannya lebih elegan dan juga sporty. Penggunaan lampunya didesain dengan memakai model crystal yang tentunya hal tersebut adalah sebuah peningkatan. Kemudian di bagian fog lamp berada di bagian bawah dengan bentuk yang dibuat bulat. Agar tampilannya lebih sporty, pihak Honda memberikan bagian depannya ini grill model garis yang membuatnya tampak lebih modern.

Spesifikasi Mobil Honda City Type Z 2000: Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan bagian kiri mobil Honda City Type Z 2000

Dimensinya terlihat ideal tidak terlalu  panjang ataupun pendek

Menuju ke sektor samping, yang mana mobil sedan besutan Honda satu ini mempunyai panjang 4,2 meter. Sehingga dimensinya tampak ideal karena tidak terlalu pendek ataupun panjang. Di bagian pelek menggunakan ukuran 14 inci dipadukan dengan penggunaan ban 175/65 R14 pada tipe Persona. Sedangkan untuk tipe VTEC menggunakan ban 185/60 R14. Pada tipe VTEC  di bagian roda belakang telah dibekali dengan piringan rem cakram.

Spesifikasi Mobil Honda City Type Z 2000: Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Honda City Type Z 2000

Sisi belakang tampak sederhana dan terlihat polos

Di bagian belakangnya menurut kami masih terlihat jadul. Jadi desain lampunya dibuat sedikit lebar. Sementara pada bagian pintu bagasinya didesain lebih miring. Selain hal tersebut tampak polos seperti pada bumpernya yang dibuat lebih menonjol.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR HONDA CITY 2000

Spesifikasi Mobil Honda City Type Z 2000: Sisi Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Honda City Type Z 2000

Desain dashboard cukup simpel dan ergonomis

Menuju ke sisi dashboard yang dimiliki, desainnya tampak simple dengan tampilannya yang rapi dan juga ergonomis begitupun untuk penataan tombol yang dimiliki. Untuk head unitnya mengandalkan single din yang ditempatkan di bagian bawah knop pengatur AC mobil. Memang dengan desain yang diberikan tersebut membuat pengemudi akan lebih repot untuk menggapainya. Sementara di bagian instrument speedometer berguna untuk memberikan informasi tentang putaran mesin, kecepatan, temperatur mesin dan indikator bahan bakar.

Kemudian pada bagian kemudinya menggunakan palang 4 yang tidak mempunyai komponen banyak. Tampilannya terlihat polos dan tidak diberikan tombol fitur. Meskipun begitu sudah responsif dan dapat mengendalikan kendaraan dengan mudah.

Spesifikasi Mobil Honda City Type Z 2000: Sisi Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil Honda City Type Z 2000

Kenyamanan didapatkan karena ruang kaki dan kepala yang lega

Pada bagian kabinnya mempunyai ruang kaki dan kepala yang lega sehingga kenyamanan akan didapatkan saat berada di dalam mobil besutan Honda satu ini. Hanya saja ada yang mempermasalahkan kualitas dari kursinya, jadi banyak yang menyebutkan kualitasnya kurang bagus sebagai sebuah mobil sedan. Namun hal tersebut bisa diperbaiki dengan memberikan lapisan jok kulit. Meskipun begitu, armrest sudah ditempatkan di bagian pintu untuk menambah kenyamanan.

>>> Baca Juga:

4. FITUR HONDA CITY 2000

Gambar ini menunjukkan head unit mobil Honda City Type Z 2000

Fitur masih kurang jika melihat mobil zaman sekarang

Kalau berbicara soal fitur, dibandingkan mobil saat ini tentunya masih kalah. Meskipun begitu, mobil ini telah dibekali dengan fitur untuk mendukung kenyamanan selama berkendara. Untuk head unit mengandalkan single din dan pengaturan AC model analog. Kemudian di bagian tachometer juga tampilannya masih analog, memang tampak biasa saja dan ketika ada masalah maka akan ada peringatan berupa lampu yang menyala seperti aki bermasalah atau hal lainnya.

Untuk bagian suspensi dapat memberikan bantuan ketika melintasi  tikungan, meskipun dibuat lebih kaku sehingga kurang nyaman. Pada bagian fitur sekiranya itu saja karena mobil Honda City Type Z 2000 belum dibekali dengan sistem pengereman ABS ataupun airbag di dalamnya.

>>> Baca Juga, Daftar Harga New Honda City : Sedan Elegan Berkelas Dengan Harga Terjangkau

5. OPERASI HONDA CITY 2000

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Honda City Type Z 2000

Mesin responsif dan hemat bahan bakar

Honda City Type Z 2000 menggunakan mesin 1.5 liter 4 silinder segaris dengan 16 katup yang cukup responsif. Teknologi yang diberikan adalah SOHC dan terbilang hemat bahan bakar dan juga efisien saat digunakan berkendara. Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan oleh mesin tersebut adalah 115 daya kuda pada varian VTEC dan torsi puncaknya adalah 139 Nm. Untuk varian ini terbilang lebih populer karena tenaga yang dihasilkan lebih besar dan juga hemat konsumsi bahan bakar.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

6. SPESIFIKASI HONDA CITY 2000

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Honda City Type Z 2000 :

DIMENSI

Panjang

4.270 mm

Lebar

1.690 mm

Tinggi

1.385 mm

Berat Kosong

980 kg

Jarak Poros Roda

2.500 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.5 liter 4 silinder segaris 16 katup SOHC

Tenaga Maksimum

115 dk @ 6.800 rpm

Torsi Maksimum

139 Nm @ 4.600 rpm

Isi Silinder

1.493 cc

Kecepatan Tertinggi

179 km/jam

Transmisi

4 Percepatan Otomatis atau 5 Percepatan Manual

Konsumsi Bahan Bakar

10-13 km/l (dalam kota), 15-18 km/l (luar kota)

KAKI-KAKI

Rem

Cakram

Ukuran Ban

205/65 R15

Suspensi

McPherson Strut dengan stabilizer

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Honda City Type Z 2000:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Umurnya memang sudah 20 tahun tapi untuk mendapatkan sparepartnya tergolong mudah

Mobil ini mempunyai bantingan yang terbilang keras dan sering mengalami masalah pada bagian kaki-kakinya

Penggunaan mesin responsif sehingga kesenangan berkendara ditawarkan pada mobil ini

Kursi yang digunakan menggunakan material bahan yang kurang begitu baik namun hal tersebut bisa diakali dengan memberikan pelapis jok

Interiornya cukup luas dan untuk tampilan eksterior cukup menarik saat dilihat

 

8. DAFTAR HARGA HONDA CITY 2000

Produksinya dilakukan 20 tahun yang lalu sehingga untuk mendapatkannya tentu dalam kondisi bekas. Untuk harga Honda City Type Z 2000 biasanya dibanderol di bawah angka Rp. 100 jutaan. Bahkan untuk mendapatkannya bisa menyiapkan dana mulai Rp. 60 jutaan . Harga tersebut bisa saja lebih tergantung wilayah membeli dan kondisi mobilnya.

9. VIDEO HONDA CITY 2000

10. KESIMPULAN HONDA CITY 2000

Sebelumnya pada saat mobil dihadirkan harganya cukup mahal, namun untuk sekarang terbilang murah karena umurnya telah mencapai 20 tahun. Meskipun begitu saat mobil dirawat dengan baik maka pengendaraan akan tetap nyaman dirasakan. Mobil Honda City Type Z 2000 sangat enak dipakai untuk menemani aktivitas keseharian. Hal tersebut berpadu dengan mesin yang bandel dan juga kencang.

Untuk kelemahan yang dimiliki adalah bagian kaki-kakinya yang terbilang lemah. Meskipun begitu, hal tersebut tidak menghalangi konsumen untuk membeli mobil sedan besutan Honda satu ini. Adapun hal yang membuat mobil ini begitu diminati adalah perawatannya yang tidak mahal, hemat konsumsi bahan bakar dan sparepart juga mudah mendapatkannya.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International