Spesifikasi Mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005 : SUV 7 Penumpang Dengan Desain Modern Sampai Saat Ini

31/12/2020 Abdul Review Daihatsu

Jika Sobat mengetahui tentang Terios tentunya harus mengetahui mengenai mobil yang jadi cikal bakalnya yakni Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005. Yang mana mobil ini merupakan kendaraan SUV yang dapat digunakan untuk membawa 7 penumpang.

1. PENGANTAR DAIHATSU TARUNA FGX OXXY 2005

Daihatsu menjadi salah satu pabrikan mobil yang di Indonesia sudah punya nama yang sangat baik. Banyak produk dihadirkan dan salah satunya adalah Taruna keluaran tahun 2005. Yang mana terdapat beberapa varian yang dimiliki dan salah satunya adalah FGX yang merupakan tipe tertinggi. Sementara kata Oxygen dimasukkan dalam namanya yakni menjadi Oxxy. Seperti apakah tampilan dan fitur yang diberikan di dalamnya, mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR DAIHATSU TARUNA FGX OXXY 2005

Spesifikasi Mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005 : Sisi Depan

gambar  ini menunjukkan bagian depan mobil Mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005

Tampilan modern masih work dipakai hingga sekarang

Seperti biasa pembahasan dimulai dari bagian depan. Sama seperti kendaraan lainnya terdapat wiper di kaca mobil yang telah diberikan washer untuk membantu kinerjanya. Di sisi kap mesin tidak ada lekukan atau aksen apapun dan terlihat mulus. Kemudian bagian depannya ini terdapat grille yang tampak biasa tidak terlalu besar dengan aksen krom agak tebal di bagian atas dan tengah tipis serta di bagian bawah grille. Tak lupa pula logo Daihatsu sebagai penanda produk. Di sisi kanan dan kiri terdapat headlamp dengan ukuran yang biasa dapat memberikan pencahayaan cukup baik.

Di bagian bumpernya menggunakan desain bumper guard yang tampak membuatnya lebih menarik. Bahkan pada bagian rumah foglamp juga mendapatkan aksen krom yang membuatnya lebih mewah dipadukan dengan grill bumper dengan desain trapesium.

Spesifikasi Mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005 : Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005

Kegagahan tampak dari samping sebagai ciri khas dari mobil SUV

Menuju ke sisi sampingnya, Taruna FG Oxxy menampakkan kegagahannya dengang desain yang diberikan. Di bagian ini nampak sebuah mobil dan mendapatkan sebuah tambahan ruang di belakang. Hal tersebut karena desain 2 kaca di depan tampak berbeda dengan sisi belakang. Mobil ini telah diberikan tala air sehingga dapat melindungi pengendara saat turun hujan.

Kemudian pada cover spion dan handle pintu mendapatkan aksen krom yang membuatnya tampak mewah. Di sisi bawahnya terdapat side protection yang dibuat sewarna bodi ukuran cukup besar dengan diberikan logo Oxxy. Terdapat juga body kit yang membuatnya lebih keren dan terlindung.

Spesifikasi Mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005

Spare wheel cover keren dan ada aksen krom

Di bagian belakang akan menampakkan kegagahan yang dimiliki. Dengan  kaca yang tidak terlalu besar berpadu dengan lampu belakang yang letaknya di bagian atas berdekatan dengan kaca mobil. Sementara itu, adanya spare wheel cover membuatnya lebih menarik karena memakai warna yang sama dengan bodi mobil dan diberikan aksen krom serta terdapat logo daihatsu dan emblem tulisan TARUNA.

Kemudian pada bagian bumper terdapat lampu sign serta lampu indikator mundur dengan ukuran cukup besar. Paling bawah terdapat body kit untuk melindungi mobil dari benturan dan membuatnya menarik dan gagah.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR DAIHATSU TARUNA FGX OXXY 2005

Spesifikasi Mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005 : Bagian Dashboard

Gambar ini menunjukkan dashboard Mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005

Tampilan sederhana namun sangat menarik ketika dipandang

Menuju ke sisi interior yang dimiliki, tipe tertinggi dari Daihatsu Taruna 2005 ini tampak menarik dengan desain yang diberikan. Seperti pada kendaraan umumnya, terdapat 4 kisi-kisi AC mobil yang letaknya di kiri, kanan dan 2 ditengah. Yang mana untuk bagian kiri depan penumpang depan ada ruang penyimpanan tertutup dengan ukuran dan cukup besar. Sedangkan di atasnya didesain dengan cekungan seperti menjadi tempat untuk meletakkan barang.

Di sisi tengahnya terdapat head unit yang tampak terhubung dengan tuas transmisi. Sedangkan di depan pengemudi akan dihadapkan dengan kemudi mobil dengan desain tengah cukup besar dan ada logo Daihatsu di tengahnya. Ukuran kemudinya cukup besar sehingga nyaman saat digenggam.

Spesifikasi Mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok Mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005

Jok lapang dan mendapatkan headrest penambah kenyamanan

Dengan kapasitas penumpang sampai 7 orang tentunya akan membuat mobil ini dapat digunakan untuk perjalanan bersama keluarga. Kursinya mengandalkan bahan fabric yang empuk sehingga nyaman ketika diduduki. Soal visibilitas ke jalan, pengemudi sudah mendapatkannya cukup baik.

Untuk memberikan kenyamanan pihak Daihatsu memberikan 6 buah headrest untuk 6 penumpang di dalamnya. Hanya saja soal sabuk pengaman hanya untuk bagian depan saja karena baris kedua dan belakang tidak mendapatkannya.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR DAIHATSU TARUNA FGX OXXY 2005

Menuju ke bagian fitur yang diberikan pada Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005, pada bagian head unit terdapat sistem audio yang dapat digunakan untuk mengoperasikan radio AM/FM dan juga pemutar kaset. Memang cukup jadul namun kala itu sudah terbilang mumpuni. Dengan mengandalkan 4 speaker di bagian pintu pengemudi dan penumpang bisa mendapatkan hiburan selama berada di dalam mobil SUV satu ini.

Kemudian untuk bagian panel instrumen tampak sporty dengan layout yang diberikan. Pada bagian layar memakai warna putih dipadukan dengan font angka yang juga berwarna putih. Mengingat mobil ini dihadirkan pada tahun 2000 an jadi masih menggunakan sistem analog dan jarum penunjuk kecepatan seperti pada bagian tripmeter dan juga odometer.

Gambar ini menunjukkan kisi-kisi AC mobil untuk penumpang belakang Mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005

Kenyamanan bisa dirasakan sampai penumpang belakang

Keunggulan yang dimiliki mobil ini adalah dalam hal kenyamanan. Penumpang belakang bisa merasakan kenyamanan karena terdapat AC dual blower di dalamnya. Jadi di bagian depan penumpang baris kedua terdapat 3 kisi-kisi AC yang dapat diatur arah semburannya secara manual.

>>> Baca Juga, Review Daihatsu Sirion 2020 : Tampilan Jadi Lebih Modis Dengan Fitur Lengkap

5. OPERASI DAIHATSU TARUNA FGX OXXY 2005

Gambar ini menunjukkan mesin Mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005

Mesin injeksi buat konsumsi BBM jadi lebih hemat

Beralih pada sisi performa yang dimiliki, pihak Daihatsu memberikan mesin mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005 dengan 4 silinder segaris yang mempunyai kapasitas 1,500 cc. Mengandalkan mesin tersebut tenaga maksimalnya dapat mencapai 86 Hp/6.000 Rpm dan torsi puncaknya adalah 114 Nm/4.400 Rpm. Mesin yang diberikan cukup responsif dan juga saat dioperasikan terasa halus. Meskipun begitu, ada yang  mengeluhkan kurang halus saat melakukan perpindahan didi transmisinya. Selain itu, saat melaju di putaran bawah torsinya masih kurang ketika melintasi jalanan yang menanjak. Meskipun begitu kadangkala antara satu orang dengan yang lain ada perbedaan, jadi bisa saja ada yang berpendapat bahwa mesinnya tidak seperti yang disebutkan.

>>> Berniat Beli Mobil Daihatsu Taruna, Klik Di Sini Untuk Dapatkan Penawaran Menariknya

6. SPESIFIKASI DAIHATSU TARUNA FGX OXXY 2005

Berikut ini merupakan spesifikasi mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005:

DIMENSI

Panjang

4.525 mm

Lebar

1.620 mm

Tinggi

1.800 mm

Jarak Sumbu Roda

2.500 mm

Jumlah Tempat Duduk

7-Seats

HANDLING

Rem Depan & Belakang

Disc & Drum

Pelek

 Alloy, 16 Inch

Jenis Ban

 Radial, 215/65 R16

Sistem Kemudi

 Hydraulic Power Steering

Teknologi Safety Sasis

 Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok

MESIN

Seri mesin

 HE-E EFI, 4 Silinder, SOHC

Tenaga Maksimum

 86 Hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 114 Nm @ 4.400 rpm

Kapasitas Silinder

 1,498 cc

Bore X Stroke

 76,0 mm X 82,55 mm

Tipe Transmisi

 Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Belakang

Sistem Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

Jumlah Katup

 8 Katup (1 Inlet & 1 Outlet Per Silinder)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU TARUNA FGX OXXY 2005

Ini kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Memiliki desain yang modern dan sampai saat ini masih tetap menarik

Pada saat melaju dalam kecepatan yang tinggi mobil terasa kurang stabil

Konsumsi bahan bakar cukup hemat karena menggunakan mesin injeksi

Ketika melakukan perpindahan gigi transmisi mobil ada yang menyebutkan kurang halus

Mempunyai kenyamanan saat dikendarai, apalagi dari segi kursi tergolong empuk

 

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU TARUNA FGX OXXY 2005

Berhubungan dengan banderol harga yang ditawarkan sebenarnya cukup terjangkau. Bagaimana tidak? untuk mobil SUV saat ini harganya cukup fantastis. Namun untuk harga Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005 ini berada di angka Rp. 65 juta sampai Rp. 80 jutaan tergantung kondisinya. Bagi Sobat yang berniat membeli sebuah mobil SUV dengan harga terjangkau bisa memiliki mobil besutan Daihatsu satu ini.

9. VIDEO DAIHATSU TARUNA FGX OXXY 2005

10. KESIMPULAN DAIHATSU TARUNA FGX OXXY 2005

Sebuah mobil SUV keluaran tahun 2000 an yang masih work dipakai saat ini. Dari segi tampilan terlihat menarik dan harganya pun cukup terjangkau. Bagi Sobat yang ingin punya sebuah kendaraan SUV namun kendala masalah dana yang minim maka bisa memilih mobil ini.  Yang terpenting saat berniat melakukan pembelian bisa melakukan beberapa pengecekan dan memastikan kondisinya baik dan prima. Jangan lupa menanyakan catatan servis Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005 jika ada untuk memantapkan hati kita terkait kondisi mobil yang akan dibeli.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International