Spesifikasi Mobil BMW M2 CS 2020 : Performa Gahar Tapi Unit Terbatas

03/05/2021 Abdul Review BMW

BMW menjadi salah satu pabrikan yang menghadirkan beberapa produknya pada beberapa waktu lalu. Salah satunya adalah BMW M2 CS yang dihadirkan pada November 2020. Mobil ini menjadi sebuah sportcar kompak yang memiliki performa tinggi. Bagaimana penasaran untuk pembahasan mobil besutan BMW satu ini? Mari kita simak ulasannya.

1. PENGANTAR BMW M2 CS 2020

BMW M2 Competition telah dihadirkan sejak tahun 2019. Namun kali ini di tahun 2020 ada M2 CS, apakah kedua mobil tersebut sama? Ternyata keduanya mempunyai perbedaan. Kata CS pada M2 merupakan kepanjangan dari Club Sport dan menjadi varian tertinggi dari BMW M2 yang menggunakan kode F87. Dari segi dimensinya terbilang mempunyai body yang super kompak dipadukan dengan pemberian tenaga yang mumpuni begitupun dengan torsinya. Daripada penasaran dengan mobil besutan BMW ini sebaiknya dilanjutkan untuk ulasan informasinya terkait spesifikasi dan juga keunggulan yang dimiliki.

2. EKSTERIOR BMW M2 CS 2020

Sisi Depan BMW M2 CS 2020

Gambar ini menunjukkan bagian depan BMW M2 CS 2020

Bangak material carbon yang diberikan pada mobil ini cukup banyak

Salah satu hal yang menarik ketika membahas pada bagian depannya ini adalah pada kap mesinnya. Bahan material yang diberikan adalah fiber, dimana bahan tersebut diklaim mempunyai bobot 50% lebih ringan apabila dibandingkan dengan kap mesin yang dimiliki model M2 lain. Uniknya lagi dan membuatnya lebih keren adalah pemberian kisi-kisi udara di bagian kap yang berfungsi untuk membantu pendinginan mesin mobil. Untuk perbedaan yang terlihat dibandingkan dengan M2 lain yaitu di bagian front splitter yang posisinya di bumper sehingga membuat aerodinamika mengalami peningkatan dan tampilannya jadi lebih agresif.

Jika melihat bagian lain tampak tidak terlalu ada perbedaan. Seperti pada bagian grill yang sama dengan M2 yakni mengandalkan warna black glossy untuk finishingnya. Bagian lain yang sama dengan trim di bawahnya adalah pada desain air intake bumper. Sementara pada bagian headlamp mempunyai ukuran standar tidak terlalu besar dibekali BMW Adaptive LED . Kesan agresif diperkuat dengan pemberian DRL model heksagonal.

Sisi Samping BMW M2 CS 2020

Gambar ini menunjukkan bagian samping BMW M2 CS 2020

Kegagahan tampak dengan pelek besar dipadukan dengan desain bodinya

Saat melihat bagian samping maka akan terlihat sebuah kendaraan sedan mewah dengan aerodinamika yang mumpuni. Di bagian atapnya mengandalkan model sandwich dengan bahan carbon fiber. Spion nya pun menggunakan material bahan full-carbon dengan memakai model double-bridge. Tampilan sporty dan juga cukup menarik tampak pada sisi pelek dengan ukuran besar yakni 19  inci. Meskipun begitu, dibandingkan velg konvensional bobotnya lebih ringan 2 kg dengan menggunakan model yang sama.

Sisi Belakang BMW M2 CS 2020

Gambar ini menunjukkan bagian belakang BMW M2 CS 2020

Sisi belakang tampak sederhana namun tetap sangat modern

Di bagian buritan terdapat ducktail dengan model Gurney yang mengandalkan bahan carbon fibre. Lampu belakang terlihat mempunyai ukuran kecil dipadukan dengan reflektor yang didesain vertikal pada bagian bumper belakang. Nah untuk bagian bawahnya sendiri diberikan diffuser yang juga mengandalkan bahan carbon-fibre. Dimana bagian ini juga menjadi tempat knalpot dengan 4 buah lubang yang membuatnya tampak lebih gahar. Yang perlu diperhatikan adalah saat melewati polisi tidur, karena mufflernya didesain sedikit keluar.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR BMW M2 CS 2020

Bagian Dashboard Dan Kemudi Mobil BMW M2 CS 2020

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi BMW M2 CS 2020

Tampilan interior mewah dan sangat menarik

Pada bagian dashboard sebelah kanan terdapat laci penyimpanan tertutup dan saklar headlamp mengandalkan model knop putar. Sementara kisi-kisi AC dapat dibuka tutup dengan framing warna silver. Bahan material dashboard yang digunakan adalah soft touch dipadukan dengan tampilannya yang terlihat mewah. Di sisi tengah terdapat head unit yang menonjol ke atas dipadukan dengan ksisi-kisi AC 2 buah di bawahnya dan tombol hazard pada sisi tengah.

Dilanjutkan dengan slot CD dan pengaturan AC yang bisa diatur suhu udaranya dan arah semburan masing-masing antara pengemudi dan penumpang depan. Untuk yang gabung adalah pada speedfan nya. Pada sebelah kiri terdapat airbag dan bahan swag dengan tulisan CS. Di bawahnya lagi ada kisi-kisi AC framing silver dipadukan ruang penyimpanan tertutup. Pada bagian kemudi menggunakan 3 palang dengan beberapa tombol audio steering switch dan lainnya pada bagian kiri dan kanan. Paddle shift diberikan pada mobil ini dengan mengandalkan pengaturan tilt dan teleskopik.

Jok Mobil BMW M2 CS 2020

Gambar ini menunjukkan jok mobil BMW M2 CS 2020

Jok sporty dengan lubang di bagian tengah dan warna khas BMW M

Bagian jok tampak menarik desain yang diberikan, dimana terdapat 2 lubang pada bagian tengahnya dan tulisan M2. Bahan material mengandalkan kulit dengan desain khas M yakni warna merah dan biru. Pengaturan jok pengemudi menggunakan sistem elektrik dengan lumbar support dan terdapat 2 memory slot.

Ketika menuju ke bagian belakang dengan reclining jok depan melalui tuas di belakangnya. Jok baris kedua juga nyaman yang juga terdapat aksen jahitan warna merah. Headrest terdapat 2 buah medel adjustable yang dapat disesuaikan dengan postur penumpang. Selain itu, untuk kapasitas bagasi yang dimiliki adalah 360L.

>>> Baca Juga:

4. FITUR BMW M2 CS 2020

Gambar ini menunjukkan head unit BMW M2 CS 2020

Fitur mumpuni siap memberikan hiburan kepada pemiliknya

Mobil ini menawarkan kenyamanan ketika berkendara, oleh sebab itulah fiturnya sangat mumpuni. Dimana terdapat fitur M Dynamic Mode yang bisa diintegrasikan dengan Dynamic Stability dan berkendara juga bisa merasa lebih asik dengan mematikannya. Menariknya lagi adalah pengaturan steering, sasis dan mesin dapat dilakukan pengaturan sesuai yang diinginkan. Untuk kemudahan dalam pengaturan yang telah sesuai maka bisa dilakukan penyimpanan profil setting dengan melalui tombol M1 dan M2 yang posisinya berada di bagian kemudi.

Berhubungan dengan sistem hiburan mobil BMW M2 CS 2020 dibekali dengan iDrive versi 6.0. Mengandalkan layar sentuh ukurannya adalah 8.8 inci yang menjadi pusat bagi sistem multimedia, sistem mobil dan navigasi. Walaupun bukan versi terbaru yakni 7.0 tapi telah support dengan Apple Carplay dan konsep navigasi yang dianutnya sudah Real-time Traffic Information (RTTI).

>>> Review All New BMW 320i Sport 2019 : BMW Termurah Dari Keluarga 3-Series

5. OPERASI BMW M2 CS 2020

Gambar ini menunjukkan mesin mobil BMW M2 CS 2020

Mesin mempunyai performa yang tinggi

Menuju ke sektor performa mobil BMW M2 CS 2020. Pihak BMW memberikan mesin dengan kode W55 3.0 inline-6 twin-turbo. Dimana mesin tersebut sama dengan yang digunakan oleh M2 Competition, perbedaanya adalah telah dilakukan tune sehingga membuat tenaganya bisa lebih besar 40 Hp menjadi 410 Hp dan torsi puncaknya mencapai 550 Nm. Torsi dan tenaga mesin disalurkan ke bagian roda belakang dengan mengandalkan 2 pilihan transmisi yakni manual 6 speed dan M Double-Clutch Transmission (DCT) 7 speed.

Mengandalkan performa mobil yang diberikan di dalamnya dapat menghasilkan akselerasi dalam waktu 4 detik untuk 0-100 km/jam yang menggunakan transmisi M-DCT. Sementara transmisi manual 0,2 detik lebih lambat. Yang menarik adalah speed limiter dinaikkan sampai 280 km/jam yang dikhususkan pada varian CS ini.

>>> Review BMW i3s 2019 : Pionir Mobil Listrik Murni Di Indonesia

6. SPESIFIKASI BMW M2 CS 2020

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi BMW M2 CS 2020:

DIMENSI

Panjang

4,461 mm

Lebar

1,871 mm

Tinggi

1,414 mm

Ground Clearance

118 mm

Radius Putar

11.7 m

Jarak Sumbu Roda

 2,693 mm

Bobot

1,551 Kilogram

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

M compound brakes with six-piston fixed callipers

Rem Belakang

M compound brakes with four-piston fixed callipers

Suspensi Depan

Adaptive M suspension with double-joint spring strut axle

Suspensi Belakang

Adaptive M suspension with five-link axle

Sistem Kemudi

Electric Power Steering (EPS) with M-specific Servotronic function

Velg

Depan : Forged Aluminium Alloy, 19 inch lebar 9

Belakang : Forged Aluminium Alloy, 19 inch lebar 10

Jenis Ban

Depan: Michelin Pilot Sport, 245/35 ZR19 93Y

Belakang: Michelin Pilot Sport, 265/35 ZR19 98Y

MESIN

Seri mesin

S55 3.0-liter M TwinPower Turbo inline 6-cylinder petrol engine with twin-scroll turbocharger, Valvetronic

Tenaga Maksimum

444 HP @ 6,250 rpm

Torsi Maksimum

550 NM @ 2,350-5,500 rpm

Pasokan Bahan Bakar

Double VANOS, High Precision Injection

Kapasitas Mesin

2,979 cc

Bore X Stroke

89.6 mm X 84.0 mm

Tipe Transmisi

M double-clutch transmission with Drivelogic 7-Speed , Manual 6 Speed

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN BMW M2 CS 2020

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil BMW M2 CS 2020:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai performa yang sangat mumpuni

Unitnya terbatas karena hanya 2.200 unit saja

Terdapat 2 pilihan transmisi

Sudah Sold Out

Bahan material banyak bagian yang menggunakan carbon

Ground clearance yang dimiliki terbilang rendah sehingga saat melintasi polisi tidur akan sangat rentan

8. DAFTAR HARGA BMW M2 CS 2020

Perlu diketahui bahwa mobil M2 CS 2020 hanya dikeluarkan sebanyak 2.200 unit saja untuk pasar Global. Indonesia termasuk dalam jumlah tersebut, namun soal kejelasan jumlah di Indonesia tidak diberitahukan secara rinci. Untuk harga mobil BMW M2 CS 2020 adalah Rp. 2.409.000.000 pada varian manual, sedangkan varian M-DCT adalah Rp. 2.379.000.000. Hanya saja untuk informasinya bahwa model mobil BMW satu ini telah habis. Jadi jika ingin memilikinya tentu harus menunggu ada yang menjualnya dalam kondisi bekas.

9. VIDEO BMW M2 CS 2020

10. KESIMPULAN BMW M2 CS 2020

Mobil BMW M2 CS 2020 menjadi salah satu yang dapat diandalkan dan ditujukan untuk kalangan atas karena harganya yang tinggi. Meskipun begitu, mobil ini terbilang cepat dan juga ringan. Kendaraan besutan BMW ini menjadi salah satu mobil yang cocok bagi seseorang yang ingin mendapatkan pengalaman berkendara sport car namun tetap menginginkan ekslusifitas.

Terdapat pula 2 opsi transmisi yang dapat disesuaikan dengan selera. Hanya saja untuk jumlahnya terbatas dan dikabarkan sudah Sold Out. Namun dengan mengetahui spesifikasinya seperti yang telah kami sebutkan bisa memuaskan rasa penasaran Sobat terkait apa saja yang ada dalam mobil ini dan juga keunggulan yang dimilikinya.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International