Spesifikasi KIA Sonet Smart MT 2021 : SUV Compact Bertenaga & Hemat BBM

30/08/2021 Abdul Review Kia

KIA Sonet Smart MT 2021 bisa dijadikan pilihan bagi Sobat yang menginginkan mobil compact SUV. Tampilannya tampak gagah dan siap menemani aktivitas keseharian. Beragam fitur diberikan di dalamnya, apalagi untuk tipe ini menjadi varian tertinggi pada Sonet yang memakai transmisi manual.

1. PENGANTAR KIA SONET SMART 2021

Kehadiran Sonet pertama kali di Indonesia pada bulan November 2020. Lekukan garis yang dimiliki tampak enak untuk dipandang dan terlihat tajam. Alhasil aura sporty tampak kental dan sedap untuk dipandang.

Setelah itu pada bulan April 2021 pihak PT Kereta Indo Artha (KIA) menghadirkan KIA Sonet 7 penumpang. Dimana sebelumnya mobil ini hanya dapat menampung 5 penumpang saja. Mobil compact SUV asal Korea Selatan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai kendaraan keluarga muda yang hobi akan petualangan dan dinamis.

Bodi yang dimiliki cukup menarik dengan fitur terbilang lengkap membuat pengemudi serta penumpang serasa dimanjakan di dalamnya. Pada segmen kali ini kami akan membahas mengenai KIA Sonet Smart MT 2021 5-seater.

2. EKSTERIOR KIA SONET SMART 2021

Sisi Depan KIA Sonet Smart MT 2021

Gambar ini menunjukkan sisi depan mobil KIA Sonet Smart MT 2021

Memiliki ciri khas mobil KIA dengan tampilan yang gagah

Ketika membahas bagian depan akan tampak ciri khas dari KIA yakni penggunaan grill tiger nose. Pada bagian headlamp menggunakan LED multi reflektor dipadukan dengan DRL yang juga difungsikan sebagai lampu sein. Kemudian untuk fog lamp mengandalkan crystal multi reflektor dapat memberikan pencahayaan saat melintasi jalanan berkabut.

Kemudian pada bagian bawah sendiri mendapatkan underguard silver untuk memberikan perlindungan pada bagian depan. Tampilan depannya ini terlihat sporty dan juga keren.

Sisi Samping KIA Sonet Smart 2021

Gambar ini menunjukkan sisi samping KIA Sonet Smart MT 2021

Dibandingkan versi India sedikit lebih panjang Sonet versi Indonesia

Apabila dibandingkan dengan KIA Sonet di India, versi Indonesia lebih panjang 125 mm. Hal tersebut karena pada bagian bumper depan dan belakangnya dibuat lebih panjang meskipun hanya sedikit. Tingginya pun mempunyai perbedaan 5 mm apabila dibandingkan dengan versi India.

Velg mengandalkan ukuran 16 inci yang dipadukan dengan over fender yang menggunakan aksen warna hitam doff. Spion dibalut dengan warna black glossy, yang mana aksen black glossy sampai bagian atap. Handle pintu diberikan warna krom yang menambah kemewahan pada mobil besutan KIA satu ini.

Sisi Belakang KIA Sonet Smart MT 2021

Gambar ini menunjukkan sisi belakang KIA Sonet Smart MT 2021

Tampilan tampak unik dan juga menarik

Bagian belakang terlihat cantik dan juga unik. Hal tersebut berkat bagian stoplamp  terdapat aksen layaknya kuku harimau . Selain itu pada bagian stop lampnya ini dibuat seakan menyambung pada sisi kanan dan kiri menjadikannya terlihat serasi dan muncul aura kemewahan.

Di bagian atas menggunakan shark fin antenna berpadu dengan roof rail. Hanya saja untuk roof rail hanya ornamen saja dan tidak bisa di kasih beban. Bagian kaca terdapat rear wiper yang dapat meningkatkan visibilitas ke arah belakang. Pada bagian pintu sebelah kiri terdapat emblem tulisan SONET. Untuk bumper terdapat reflektor sedikit panjang berpadu dengan under guard warna silver.

>>> Spesifikasi KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021 : Varian Di Bawah Premier Fitur Cukup Lengkap

3. INTERIOR KIA SONET SMART 2021

Dashboard Dan Kemudi Mobil KIA Sonet Smart MT 2021

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil KIA Sonet Smart MT 2021

Tampilan modern dengan tombol mudah dijangkau

Pada bagian interior didominasi warna hitam. Warna tersebut dipadukan dengan warna silver seperti pada framing kisi-kisi AC dan tuas transmisi. Tampilan dashboard terlihat modern dengan beragam tombol yang mudah dijangkau oleh pengemudi ataupun penumpang bagian depan.

Di sisi kiri terdapat tombol stability control dan engine start stop button dipadukan dengan kisi-kisi AC framing silver. Pada sisi tengah dibekali dengan head unit layar sentuh dengan banyak tombol pada sisi kanan dan kiri. Di bawahnya terdapat kisi-kisi AC 2 buah, tombol hazard dan pengaturan AC digital Auto climate.

Sementara untuk sisi kiri terdapat kisi-kisi AC, airbag penumpang depan dan tempat penyimpanan tertutup. Bagian kemudi didesain cukup menarik berlapis kulit dengan palang sebelah kiri terdapat tombol audio steering switch. Adapun tombol pada palang sebelah kanan dipakai untuk mengatur layar MID. Model kemudi flat bottom dengan pengaturan hanya Tilt saja.

Jok Mobil KIA Sonet Smart MT 2021

Gambar ini menunjukkan jok depan mobil KIA Sonet Smart MT 2021

Jok fabric nyaman dengan pengaturan untuk buat posisi nyaman

Berlanjut ke sisi jok mobil, dimana untuk posisi duduk KIA Soner Smart tergolong ergonomis. Hal tersebut berkat pengaturan maju dan mundur pada joknya ini. Sudut sandaran juga dapat disesuaikan, bahkan jok pengemudi dapat diatur ketinggian sehingga bisa disesuaikan dengan postur pengemudi.

Bahan material yang digunakan adalah fabric yang dapat memberikan kenyamanan pada pengemudi dan penumpangnya. Hanya saja pada penumpang bagian belakang terbilang kurang karena untuk ruang kaki tidak lega seperti pada penumpang depan. Headrest juga hanya disediakan 4 buah saja, kemudian untuk seat belt ELR juga ada 4 saja. Oh ya, untuk mobil yang kita bahas ini mempunyai kapasitas 5 penumpang saja.

>>> Berniat Beli KIA Sonet, Jangan ragu Klik Di Sini

4. FITUR KIA SONET SMART 2021

Fitur Kenyamanan KIA Sonet Smart MT 2021

Gambar ini menunjukkan head unit KIA Sonet Smart MT 2021

Rasa berkendara menyenangkan bisa didapat dengan fitur hiburan mumpuni

Untuk mendukung hiburan mobil ini dibekali dengan head unit layar sentuh ukuran 8,8 inci. Fitur ini sudah support dengan Android Auto dan Apple Carplay. Head unit tersebut dipadukan dengan 2 buah tweeter dan 4 speaker. Adapun fitur yang diberikan meliputi Radio, media, USB dan di dalamnya juga terdapat wifi. Kemudian untuk membuat kabin tetap nyaman dibekali dengan AC digital auto climate yang telah dilengkapi dengan heater.

Fitur Keselamatan KIA Sonet Smart MT 2021

Gambar ini menunjukkan airbag penumpang depan  KIA Sonet Smart MT 2021

Airbag dapat meminimalisir cedera parah saat terjadi kecelakaan

Berhubungan dengan keselamatan pihak KIA memberikan dual airbags untuk memberikan perlindungan pengemudi dan penumpang depan.  Advance High Strength Steel and Press Hot Stamping membuat penumpang di dalamnya tidak perlu khawatir karena teknologi tersebut membuat rangkanya kokoh. FItur lain yang diberikan adalah sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) kemudai Hill Assist Control dan Electronic Stability Control. Dengan fitur tersebut bisa memberikan kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

>>> Mungkin Tertarik Dengan Review KIA Carens 2017 Yang Merupakan Mobil MPV Cocok Untuk Kendaraan Keluarga

5. OPERASI KIA SONET SMART 2021

Gambar ini menunjukkan mesin mobil KIA Sonet Smart MT 2021

Mesin irit BBM dan bertenaga

Berlanjut ke sisi performa KIA Sonet Smart, pihak KIA memberikan mesin dengan kode Smartstream Gamma II  bensin yang tergolong baru. Dimana di Asia Tenggara menjadi yang pertama sehingga tergolong istimewa. Teknologi yang diberikan pada mesin adalah katup variable dual CVVT dan juga double Injector yang membuatnya lebih efisien.

Mengandalkan mesin tersebut tenaga maksimal yang dapat dihasilkan mencapai 115 Ps dan torsi puncaknya mencapai 144 Nm. Torsi dan tenaga yang dihasilkan disalurkan ke bagian roda depan memanfaatkan sistem transmisi manual 6 speed.

>>> Baca Juga, Review Mobil KIA Sportage 2016, Mobil SUV Rasa Crossover

6. SPESIFIKASI KIA SONET SMART 2021

Berikut ini merupakan daftar harga KIA Sonet Smart MT 2021:

DIMENSI

Panjang

4.120 mm

Lebar

1.790 mm

Tinggi

1.615 mm

Kapasitas Tangki

45 Liter

Jarak Sumbu Roda

2.500 mm

Radius Putar

5,3 Meter

HANDLING & SUSPENSI

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD

Teknologi Safety Sasis

Advance High Strength Steel and Press Hot Stamping

Rem Depan & Belakang

Disc Brake & Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Coupled Torsion Beam Axle

Sistem Kemudi

Rack And Pinion, Motor Driven Power Steering (MDPS)

Struktur Sasis

Monokok, SUV B-Segment

Velg

Alloy, 16 inch

MESIN

Tipe

Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT

Tenaga Maksimum

113,5 HP (115 PS) @ 6.300 rpm

Torsi Maksimum

144 NM @ 4.500 rpm

Bore X Stroke

75.6 mm X 83.4 mm

Kapasitas Silinder

1,497 cc

Jumlah Katup

16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Pasokan Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection with Dual Fuel Injector

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA SONET SMART 2021

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan KIA Sonet Smart MT 2021 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur yang diberikan terbilang lengkap untuk mendukung keamanan dan kenyamanan

Penumpang belakang harus pasrah karena ruang kaki tidak selega bagian depan

Mesin yang diberikan memiliki tenaga mumpuni dan bahan bakar efisien

Bagian tengah baris kedua tidak diberikan headrest

Mempunyai harga cukup terjangkau

 

8. DAFTAR HARGA KIA SONET SMART 2021

Mobil besutan KIA satu ini memiliki harga cukup terjangkau. Adapun harga KIA Sonet Smart MT 2021 berada di angka Rp 238.500.000. Selain itu, pihak KIA juga memberikan beberapa pilihan warna yang bisa dipilih sesuai selera seperti Beige Gold, Aurora Black Pearl, Steel SIlver, Intense Red, Intelligence Blue dan Clear White.

9. VIDEO KIA SONET SMART 2021

10. KESIMPULAN KIA SONET SMART 2021

Sebuah mobil compact SUV yang dapat digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari ataupun berpetualang. Hanya saja jika dijadikan untuk kendaraan keluarga bisa dilakukan untuk keluarga kecil.

Hal tersebut dikarenakan kapasitas  KIA Sonet Smart MT 2021 yang hanya 5 penumpang saja. Dengan harga yang bersaing mobil ini bisa dijadikan salah satu pilihan buat Sobat semuanya. Beragam fitur yang diberikan juga mendukung perjalanan supaya tetap menyenangkan dan merasa aman.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

Link Terpopuler

International