Spesifikasi KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021 : Varian Di Bawah Premier Fitur Cukup Lengkap

28/04/2021 Abdul Review Kia

KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021 merupakan mobil yang baru saja dihadirkan. Dimana untuk transmisi mengandalkan iVT ( Intelligent Variable Transmission), transmisi ini merupakan salah satu yang terbaik dikelasnya. Lantas seperti apakah desain dan juga fitur di dalamnya? mari kita simak informasinya.

1. PENGANTAR KIA SONET DYNAMIC 7 SEATER 2021

Pihak KIA menghadirkan Sonet dengan konfigurasi 7 seater pada 8 April 2021. Alhasil saat ini terdapat banyak varian, dari mulai Standar, Dynamic, Premiere, Smart sampai Active. Dalam pembahasan kali ini kami akan membahas tentang varian Dynamic. Dari segi posisi, varian Dynamic berada di bawah Premiere yang tentunya mempunyai harga lebih terjangkau.

Kehadiran mobil 7 seater ini tentunya menjadi tambahan pilihan bagi keluarga dengan anggota lebih dari 4 orang. Dengan begitu ketika bepergian bisa diajak semuanya tanpa harus menyewa mobil lain ataupun meninggalkan salah satu anggota keluarga di rumah. Penasaran dengan apa yang diberikan di dalamnya? mari kita simak ulasan tentang spesifikasi dan fiturnya.

2. EKSTERIOR KIA SONET DYNAMIC 7 SEATER 2021

Sisi Depan KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021

Sisi depan terlihat menarik dan juga gahar

Dimulai dari bagian depan, untuk grill mengandalkan toger nose warna hitam dengan aksen krom di bawahnya. Sementara untuk bagian headlamp mempunyai ukuran yang terbilang tidak terlalu besar. Lampu utama mengandalkan multi reflector LED dan lampu DRL di atasnya. Sedangkan lampu sein bergantian dengan lampu DRL yang mempunyai desain cukup menarik. Sementara fog lamp posisinya di bawah yakni bagian bumper dengan mengandalkan framing krom. Tampilan sporty tampak di bagian ini dengan adanya lubang pada bagian bawah grill. Sementara pada bumpernya ada lubang udara dan terdapat under guard warna silver di bagian bawah sendiri model tanduk pada ujung kanan dan kiri.

Sisi Samping KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021

Gambar ini menunjukkan bagian depan dan kanan KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021

Ada aksen krom bagian samping meskipun hanya sedikit

Menuju pada sisi samping mobil KIA Sonet 2021 varian Dynamic. Di bagian ini terdapat roof rail pada bagian atas atasnya. Kemudian aksen krom diberikan pada window lane dan handle pintu mobil yang memancarkan aura kemewahan dari sisi samping. Sementara bagian spion menggunakan sewarna bodi dengan dibekali lampu sein.

Pada sisi bawah terdapat add on over fender  yang mengelilingi bodi mengandalkan warna hitam doff. Sedangkan bagian velg menggunakan ukuran 16 inci dengan desain two tone polis. Velg dibalut dengan ban ukuran 215/60 R16.

Sisi Belakang KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021

Gambar ini menunjukkan bagian belakang KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021

Desain menarik berkat penggunaan lampu belakang yang dibuat menyambung

Dilanjutkan pada sisi buritan, saat melihat bagian ini akan ditonjolkan desain lampu belakang yang dibuat menyambung dari sisi kanan sampai ke bagian kiri. Di bagian atas sendiri terdapat antena model shark fin berpadu dengan penggunaan spoiler dan high mount stop lamp. Terdapat wiper yang ditempatkan pada kaca belakang. Kemudian di bawahnya ada lampu belakang yang menggunakan LED bar untuk stop lamp nya. Sementara lampu sein masih mengandalkan bohlam. Untuk bagian bumper terdapat reflektor dan underguard yang mengandalkan warna silver.

>>> Baca Juga:

 

3. INTERIOR KIA SONET DYNAMIC 7 SEATER 2021

Dashboard & Kemudi KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021

Gambar ini menunjukkan dahboard dan kemudi mobil KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021

Dashboard menarik dan enak untuk dipandang

Dashboard mengandalkan bahan material hard plastik dengan tampilan yang cukup menarik. Di sisi kanan terdapat tombol start/stop button dan Stability Control. Diatasnya terdapat kisi-kisi AC mobil yang menggunakan framing black glossy. Untuk bagian tengah ada head unit yang diposisikan di bagian atas model OEM dan terdapat beberapa tombol pada sisi kanan dan kiri.

Di bagian bawahnya lagi terdapat tombol hazard dan pengaturan AC mobil masih menggunakan beberapa tombol dan ada pengaturan arah semburan sampai kaki dan heaters. Terdapat pula tombol mode dengan 3 pilihan yakni Eco, Normal dan Sport sementara Traction ada 3 pilihan juga yakni Snow, Muld dan Sand. Ada juga wireless charging dan USB serta power outlet. Untuk sisi kiri terdapat Airbag untuk penumpang depan dan di bawahnya laci penyimpanan tertutup.

Pada bagian kemudi mobil menggunakan lapisan kulit dengan bagian bawah model flat bottom. Mengandalkan warna hitam dan silver serta terlihat menarik dengan adanya tulisan SONET pada palang bagian bawah kemudi. Di palang sebelah kiri terdapat tombol audio steering switch dan sisi kanan tombol pengatur layar MID dan cruise control.

Jok Mobil KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021

Gambar ini menunjukkan jok mobil KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021

Jok baris ketiga lebih cocok untuk anak-anak

Jok mobil mengandalkan bahan material fabric dengan headrest adjustable. Pengaturan jok kemudi yang diberikan lengkap dengan height adjuster. Sementara pada jok baris kedua akan menemukan seatbelt pocket hanya di belakang kursi penumpang depan saja. Kisi-kisi AC mobil juga diberikan dengan posisi di tengah jok pengemudi dan penumpang depan yang bisa memberikan kenyamanan selama berkendara. Di sisi jok kedua ini juga mendapatkan headrest adjustable. Sementara untuk akses menuju ke baris ketiga mengandalkan one touch  tumble. Di baris ketiga juga terdapat headrest adjustable. Hanya saja di baris ketiga ini menurut kami lebih cocok untuk anak-anak.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR KIA SONET DYNAMIC 7 SEATER 2021

Fitur Kenyamanan KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021

Gambar ini menunjukkan head unit KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021

Fitur hiburan siap temani perjalanan ke tempat yang diinginkan

Berhubungan dengan kenyamanan, pihak KIA memberikan sensor parkir depan dan belakang sehingga memudahkan pengemudi saat melakukan parkir. Tidak hanya itu saja, ada juga fitur Hill Start Assist yang dapat membantu pengendara ketika melintasi tanjakan. Agar pengemudi dan penumpang di dalam kabin tetap nyaman, mobil KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021 dibekali dengan AC Single zone Automatic Climate Control. Jok baris kedua mendapatkan kisi-kisi AC di bagian tengah pengemudi dan penumpang depan.

Head unit OEM yang dapat mengoperasikan beragam fitur seperti AM/FM radio, Bluetooth, USB dan 4 buah speaker. Selain itu, head unit juga dapat terhubung dengan smartphone yang menjadi salah satu kecanggihan di zaman dan support Android Auto dan Apple carPlay. Dalam pengecasan smartphone juga bisa pakai wireless charging dan juga ada coolernya sehingga tidak mudah panas.

Fitur Keselamatan KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur ESC pada KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021

Fitur cukup lengkap bantu memudahkan pengendaraan

Pihak KIA memberikan Sonet Dynamic dengan 2 buah Airbags untuk pengemudi dan penumpang depan. Beberapa fitur lain yang diberikan adalah Active Emergency Braking System, Tire Pressure Monitoring System, Lane Departure Warning System, Electronic Stability Control, sistem pengereman Anti-lock Braking System dan electronic Brake-force Distribution. Untuk lebih tenang saat membawa anak-anak, jok baris kedua terdapat Isofix yang bisa dihubungkan dengan child seat.

>>> Berniat Beli KIA Sonet, Jangan ragu Klik Di Sini

5. OPERASI KIA SONET DYNAMIC 7 SEATER 2021

Gambar ini menunjukkan mesin mobil KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021

Kap mesin belum ada peredam sehingga kurang maksimal peredaman kabinnya

Menuju ke sektor mesin, KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021 mengandalkan 4 silinder 1.5L Turbocharged. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan oleh mesin adalah 115 Ps dan torsi puncaknya mencapai 144 Nm. Kapasitas mesin yang dimiliki adalah 1.497 cc. Tenaga dan torsi disalurkan ke bagian roda dengan mengandalkan transmisi CVT. Pada kap mesinnya sudah dicat sewarna bodi, hanya saja mobil ini tidak diberikan peredam sehingga kurang maksimal.

>>> Baca Juga, Review Mobil KIA Sportage 2016, Mobil SUV Rasa Crossover

6. SPESIFIKASI KIA SONET DYNAMIC 7 SEATER 2021

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021:

DIMENSI

Panjang

4120 mm

Lebar

1790 mm

Tinggi

1615 mm

Jarak Sumbu Roda

2500 mm

Jumlah Tempat Duduk

7

HANDLING & SUSPENSI

Jenis Rem Depan

Ventilated Disc

Jenis Rem Belakang

Drum

Ukuran Velg

16 inci

Ukuran Ban

215/60 R16

Suspensi depan

MacPherson Strut

Suspensi belakang

Coupled Torsion Beam Axle

MESIN

Tipe

1.5L 4 silinder Turbocharged

Kapasitas

1.497 cc

Tenaga Maksimal

115 Ps/6.300 Rpm

Torsi Maksimal

114 Nm/4.500 Rpm

Transmisi

CVT

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA SONET DYNAMIC 7 SEATER 2021

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan menarik dan cukup menawan

Panjang tetap sama dengan 5 seater

Fitur terbilang cukup lengkap

Jok ketiga lebih cocok untuk anak-anak

Konfigurasi 7 seater bisa untuk bepergian bersama keluarga

Saat jok penuh bagasi sangat sempit bahkan ngepress

8. DAFTAR HARGA KIA SONET DYNAMIC 7 SEATER 2021

Berhubungan dengan harga mobil ini terbilang terjangkau untuk sebuah mobil baru. Kalau mencari yang paling murah bisa memilih KIA Sonet Standar MT yang dibanderol dengan harga Rp. 193 jutaan. Jika berminat dengan varian yang kita bahas ini, harga KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021 dibanderol dengan harga Rp. 272 jutaan. Apabila ingin yang lebih murah dengan varian yang sama bisa memilih varian Dynamic 5 Seater yang harganya adalah Rp. 265 jutaan.

9. VIDEO KIA SONET DYNAMIC 7 SEATER 2021

10. KESIMPULAN KIA SONET DYNAMIC 7 SEATER 2021

Mobil 7 penumpang menjadi salah satu favorit masyarakat di Indonesia. Sehingga dapat menarik para produsen mobil untuk menghadirkan mobilnya dengan 7 seater. Salah satunya adalah KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021 yang posisinya berada di bawah varian Premier. Seperti yang telah diketahui bersama, mobil ini termasuk keluaran terbaru dengan desain menarik. Untuk dijadikan kendaraan keluarga mobil besutan KIA ini dapat dipilih, apalagi Sonet mempunyai banyak pilihan varian tinggal disesuaikan saja dengan budget yang dimiliki.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International