Spesifikasi Honda HR-V 1.8L Prestige 2016 : Mobil SUV Dengan Kabin Lega Dan Bagasi Luas

29/03/2021 Abdul Review Honda

Honda menjadi salah satu pabrikan mobil ternama yang sudah terkenal sampai ke berbagai penjuru dunia. Beragam produk dihadirkan dalam beragam segmen, salah satunya adalah SUV. Nah kali ini kami akan membahas mengenai spesifikasi Honda HR-V 1.8L Prestige 2016.

1. PENGANTAR HONDA HR-V 1.8L PRESTIGE 2016

Honda HR-V pertama kali diproduksi pada tahun 1998. Yang mana untuk desain awalnya masih mengkotak, berbeda dengan saat ini yang sudah didesain menarik dan tampak keren serta gagah. Pada segmen kali ini kami membahas mengenai HR-V varian Prestige 2016 dengan mesin 1.8L. Dimana kendaraan dalam segmen SUV terkenal akan ketangguhan dan kehandalan dalam melintasi jalanan segala medan, begitupun pada mobil yang sedang kita bahas kali ini.

Baiklah, tidak usah berlama-lama dalam pembukaan. Mari kita simak ulasannya mengenai review dan kelebihan yang dimiliki mobil HR-V Prestige 2016.

2. EKSTERIOR HONDA HR-V 1.8L PRESTIGE 2016

Sisi Depan Honda HR-V 1.8L Prestige 2016

gambar ini menunjukkan bagian depan Honda HR-V 1.8L Prestige 2016

Sisi depan tampak sporty dan didesain tajam

Pembahasan dimulai pada sisi depan, dimana di bagian grill menggunakan warna black glossy dipadukan dengan lis krom. Di sisi tengahnya terdapat logo kebanggaan Honda yang juga mengandalkan aksen warna krom. Pada sisi kanan dan kiri terdapat headlamp dengan ukuran cukup besar. Yang mana di dalam rumah lampu ada LED Proyektor dipadukan dengan LED DRL yang membuat  mobil ini terlihat cantik.

Pada bagian bumper sudah mendapatkan fog lamp model bulat dengan rumah fog lamp mengandalkan aksen warna hitam yang didesain menarik. Hal tersebut dipadukan dengan add on sisi depan menggunakan sewarna dengan bodi mobil.

Sisi Samping Honda HR-V 1.8L Prestige 2016

Gambar ini menunjukkan sisi samping Honda HR-V 1.8L Prestige 2016

Sebuah SUV modern dengan tampilan gagah

Menuju ke sektor samping, desainnya tampak menampilkan sebuah mobil yang gagah dan juga tangguh. Hal tersebut cukup wajar, mengingat mobil ini masuk dalam segmen SUV. Untuk spion menggunakan warna yang senada dengan bodi dipadukan dengan handle krom yang membuatnya tampak beda. Pelek yang digunakan menggunakan 17  inci dipadukan dengan profil ban mobil 215/55 R17.

Sisi Belakang Honda HR-V 1.8L Prestige 2016

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Honda HR-V 1.8L Prestige 2016

Desain sporty dengan spoiler yang diberikan

Nah untuk sektor buritan, Bagian atasnya sendiri ada antena model shark fin dipadukan dengan spoiler yang tampak lebar dengan High Mount Stop Lamp. Bagian belakangnya ini sudah mendapatkan rear defogger dan rear wiper untuk aksesibilitas ke belakang yang lebih baik. Lampu belakang mempunyai ukuran cukup besar dengan mengandalkan LED.

Sementara sisi bawahnya ada emblem tulisan i-VTEC sisi kanan dan sisi kirinya adalah Honda HR-V yang semuanya mengandalkan aksen warna krom. Bahkan sebagai petunjuk bahwa mobil ini merupakan varian Prestige, di sisi kanan bawah ada emblem tulisan Prestige yang juga menggunakan warna krom.

>>> Baca Artikel Review Lain:

3. INTERIOR HONDA HR-V 1.8L PRESTIGE 2016

Dashboard Dan Kemudi Mobil Honda HR-V 1.8L Prestige 2016

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Honda HR-V 1.8L Prestige 2016

Tampilan interior tampak futuristik

Pada saat masuk ke bagian kabin mobil akan dihadapkan dengan warna hitam dan putih yang membuatnya terlihat menarik. Untuk sisi kanan pada dashboard mobil samping kemudi hanya ada tombol VSC (Vehicle Stability Control) dan kisi-kisi AC mobil. Bahan material dashboard mengandalkan plastik keras dipadukan dengan bahan soft touch untuk bagian dengan warna putih. Sementara untuk sisi tengah dashboardnya terdapat head unit layar sentuh.

Yang menarik adalah pada pengaturan AC sudah menggunakan model touch pad. Sejajar dengan bagian tersebut tepatnya sisi tengah ada console floating yang membuat tampilannya terlihat lebih menarik. Sementara sisi kiri mendapatkan ruang penyimpanan tertutup dan kisi-kisi AC yang didesain panjang model 3 buah jadi 1.

Meskipun didesain dengan warna hitam dan putih, pada kemudinya hanya memakai warna hitam saja. Setirnya mempunyai tombol fungsi, di sisi kiri ada audio steering switch dan sisi  kanan ada tombol Cruise Control. Terdapat tuas paddle shift yang membuat pengendaraan lebih sporty. Sedangkan pengaturan kemudi mobil sudah Tilt dan Telescopic.

Jok Mobil Honda HR-V 1.8L Prestige 2016

Gambar ini menunjukkan jok mobil Honda HR-V 1.8L Prestige 2016

Jok nyaman diduduki dan kabin lega

Jok mobil mengandalkan bahan material kulit. Untuk bagian pengemudi terdapat pengaturan yang lengkap dengan height adjuster untuk menambah kenyamanan. Sisi depan diberikan kursi dengan headrest pada sisi pengemudi dan penumpang depan. Sementara sisi belakang mendapatkan 2 headrest yang dapat diatur ketinggiannya. Salah satu keunggulan pada mobil ini adalah ruang kaki baris kedua yang sangat lapang. Jika hanya diduduki 2 orang saja, maka bagian tengahnya dapat dijadikan armrest.

Bagasi Honda HR-V 1.8L Prestige 2016

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Honda HR-V 1.8L Prestige 2016

Bagasi sangat luas bisa membawa banyak barang

Keunggulan lain mobil ini adalah bagasinya. Dengan jok belakang diduduki kapasitasnya masih tetap besar, dengan dimasukkan 1 koper besar masih banyak ruang yang tersisa. Bahkan saat barang bawaan terlalu banyak dan jok belakang tidak digunakan bisa dilakukan pelipatan.

>>> Baca Juga Review Mobil Honda Lain:

4. FITUR HONDA HR-V 1.8L PRESTIGE 2016

Salah satu fitur penunjang kenyamanan dan membuat tampilan kabin terasa lebih lega, ya fitur panoramic sunroof yang mempunyai ukuran cukup besar. Fitur lain yang diberikan pada Honda HR-V 1.8L Prestige 2016 adalah pengaturan AC mobil yang sudah menggunakan touchpad. Dimana tidak ada tombol atau knop putar pada bagian ini. Head unit mengandalkan layar sentuh yang memiliki input CD/DVD, Bluetooth dan HDMI.

Gambar ini menunjukkan panoramic sunroof Honda HR-V 1.8L Prestige 2016Gambar ini menunjukkan head unit dan pengaturan AC Honda HR-V 1.8L Prestige 2016

Fitur mumpuni mendukung kenyamanan berkendara

Agar pengendaraan lebih sporty, pihak Honda memberikan Paddle Shift di bagian kemudi mobil meskipun menggunakan transmisi CVT. Fitur lainnya yang mendukung keselamatan berkendara adalah Airbag depan dan sisi samping yang seperti tirai ketika mengembang. Ketika jalanan sedang macet dapat diberikan bantuan oleh mobil ini terutama dalam kondisi stop and go berkat fitur Parking Brake Hold dengan Electronic Parking Brake.

>>> Lihat Juga, Review Honda HR-V E 2014 : Mobil SUV Performa Mumpuni dan Hemat BBM

5. OPERASI HONDA HR-V 1.8L PRESTIGE 2016

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Honda HR-V 1.8L Prestige 2016

Mesin dengan transmisi CVT yang halus saat perpindahan gigi

Berlanjut pada sektor performa, mesin yang digunakan di dalam Honda HR-V 1.8L Prestige 2016 adalah 4 silinder dengan kapasitas 1.799 cc. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 137 Hp pada putaran 6.500 Rpm dan torsi puncaknya adalah 169 Nm pada putaran 4.300 rpm. Torsi dan tenaga mesin disalurkan ke bagian roda depan dengan transmisi otomatis CVT. Berkat penggunaan transmisi tersebut membuat perpindahan gigi yang terjadi terasa halus.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Mobil Honda Elysion Prestige 2008 : MPV Mewah Nyaman Dengan Kabin Lega

6. SPESIFIKASI HONDA HR-V 1.8L PRESTIGE 2016

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Honda HR-V 1.8L Prestige 2016:

DIMENSI

Panjang

4.294 mm

Lebar

1.772 mm

Tinggi

1.580 mm

Wheelbase

2.610 mm

RODA

Ukuran Ban Mobil

215/55 R17

MESIN

Mesin

1.8L cc 4-silinder

Sistem Transmisi

FWD Otomatis CVT

Kapasitas Silinder

1.799 cc

Tenaga Maksimal

137 hp hp/6.500 rpm

Torsi Maksimal

169 Nm/4.300 rpm

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA HR-V 1.8L PRESTIGE 2016

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Honda HR-V 1.8L Prestige 2016:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Bagasi lega dapat membawa banyak barang, bisa lebih lagi dengan melipat jok belakang

Pada aksen warna putih atau cerah mudah kotor dan dalam pembersihan lebih sulit

Fitur lengkap mendukung keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara

Bagian baris belakang belum diberikan ventilator AC

Desain yang diberikan futuristik sehingga membuatnya masih banyak diminati

Harga bekasnya terbilang mahal

8. DAFTAR HARGA HONDA HR-V 1.8L PRESTIGE 2016

Sebagai mobil bekas tentunya harganya berbeda dengan kondisi barunya. Mobil ini baru berumur 5 tahunan, namun ketika membelinya sebaiknya memperhatikan beberapa hal seperti eksterior, interior, mesin dan suspensinya. Pastikan juga mobil memiliki Riwayat servis berkala menjadi bukti mobil terawatt dengan sangat baik. Untuk harga bekas Honda HR-V 1.8L Prestige 2016 yang ditawarkan berada di kisaran Rp. 240 juta sampai Rp. 275 jutaan tergantung kondisi dan wilayah melakukan pembelian.

9. VIDEO HONDA HR-V 1.8L PRESTIGE 2016

10. KESIMPULAN HONDA HR-V 1.8L PRESTIGE 2016

Sebelum membeli mobil ini pertimbangkan dengan seksama. Saat ini banyak mobil baru yang dikeluarkan di Indonesia. Dengan harga tersebut saat ini sudah bisa mendapatkan mobil baru dengan banyak keunggulan di dalamnya. Namun hal tersebut terserah Sobat, karena seseorang memiliki selera masing-masing. Hanya saja saat berniat membeli mobil Honda HR-V 1.8L Prestige 2016 perlu pengecekan dengan teliti dan menanyakan Riwayat servis nya. Salah satu kelebihan yang cukup membuat orang tertarik terutama mamah muda adalah kabin yang lega dan bagasinya yang sangat luas.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International