Spesifikasi Honda City i-DSI CVT 2008 : Tampilan Sporty Dengan Ruang Akomodasi Banyak

28/02/2021 Abdul Review Honda

Honda City merupakan sebuah kendaraan sedan yang mempunyai tampilan yang atraktif dan juga sporty. Mobil sedan sangat digandrungi oleh anak muda, apalagi jika dilakukan modifikasi tampilannya akan lebih keren dan menarik. Kali ini kami akan membahas mengenai spesifikasi mobil Honda City i-DSI CVT 2008.

1. PENGANTAR HONDA CITY I-DSI CVT 2008

Sedikit melihat sejarah tentang mobil Honda Jazz. Hadir pertama kali pada tahun 1981 tepatnya bulan November dan menjadi generasi pertama. Awalnya mobil ini merupakan sebuah Hatchback dengan 3 pintu dan di pasar Jepang cukup populer. Generasi pertamanya ini dipasarkan sampai 1986.

Untuk generasi keduanya dihadirkan pada tahun 1986-1994 yang telah mendapatkan beberapa perubahan di bagian bodinya dengan sedikit memakai model bulat. Lampu yang dipakai model kotak dan seakan membuatnya berbeda dengan generasi sebelumnya.

Dilanjutkan pada generasi ketiga yang dipasarkan dari tahun 1996 sampai 2002. Mobil ini ditujukan untuk pasar Asia tenggara dan pembaharuan minor dilakukan pada tahun 2000. Generasi keempatnya dipasarkan pada tahun 2002 sampai 2008. Debutnya pertama kali dilakukan di ajang Thailand International Motor Expo 2002. Pada tahun 2005 mobil ini mengalami perubahan pada bagian minor seperti pada bagian lampu, grill, fog lamp, bumper dan lampu belakang. Generasi ini dipasarkan hingga tahun 2008 dan digantikan dengan generasi kelimanya.

Generasi kelima mulai tahun 2008 sampai 2013. Peluncuran mobil ini di Bangkok, Thailand yang dilakukan pada tanggal 10 September 2008. Pada tahun tersebut juga diikuti dengan peluncuran di New Delhi di tanggal 25 September 2008. Sementara pada Januari 2009 barulah peluncuran dilakukan di Indonesia, Filipina dan Pakistan.

Sementara itu, generasi keenamnya dipasarkan mulai tahun 2013 sampai saat ini. Untuk generasi ini masuk di Indonesia pada tahun 2013 dan dilakukan facelift di tahun 2017.

>>> Baca Juga:

2. EKSTERIOR HONDA CITY I-DSI CVT 2008

Sisi Depan Honda City i-DSI CVT 2008

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Honda City i-DSI CVT 2008

Sisi depan tampak tegas memandang ke jalan dengan desain sporty

Dimulai dari bagian depan, tampilannya tampil sporty dengan desain yang diberikan. Pada bagian grill menggunakan 2 bilah dengan aksen krom membuat tampilannya tampak mewah. Di sisi tengahnya terdapat logo Honda yang juga memakai aksen krom. Sisi kanan dan kiri menggunakan headlamp dengan ukuran standar menurut kami yang masih menggunakan bohlam baik pada lampu utama, lampu sein dan lampu senja. Bagian depannya terlihat minimalis karena tidak terlalu banyak aksen. Untuk bumper terdapat grill bawah yang ukurannya hampir sama dengan grill utamanya. Sisi kanan dan kiri ada tempat biasanya ada fog lamp namun ini ditutup dengan aksen warna hitam.

Sisi Samping Honda City i-DSI CVT 2008

Gambar ini menunjukkan bagian samping Honda City i-DSI CVT 2008

Sebuah sedan dengan desain sporty dan tetap keren sampai saat ini

Menuju ke sisi samping, terlihat desainnya yang sporty. Untuk handle pintu dan spionnya menggunakan aksen sewarna bodi. Tidak terlalu banyak aksen di bagian sampingnya ini. Pelek yang digunakan mengandalkan 7 palang berukuran 15 inci. Memang sudah ada side body moulding pada sisi ini, hanya saja karena sewarna bodi membuatnya tidak begitu terlihat.

Sisi belakang Honda City i-DSI CVT 2008

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Honda City i-DSI CVT 2008

Tidak terlalu banyak aksen pada sisi belakangnya terutama untuk bumper

Tampilan sporty juga tampak pada sisi belakangnya. Yang mana di bagian tengah dibuat cekung sehingga untuk atasnya sedikit menonjol ke belakang. Lampu belakang menggunakan ukuran cukup besar dengan desain yang terbelah pintu bagasi mobil. Di sisi tengah ada logo Honda dengan aksen krom dan sisi kiri emblem i-DSI serta sisi kanan emblem tulisan City yang juga memakai aksen warna krom. Di bagian bawah tampak bumpernya yang terlihat polos dengan desain menonjol ke belakang.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR HONDA CITY I-DSI CVT 2008

Kabin Honda City i-DSI CVT 2008

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Honda City i-DSI CVT 2008

Interior kabin terlihat menarik dengan desain yang rapi

Masuk ke bagian kabin mobil Honda City i-DSI CVT 2008. Tampilan nya terlihat rapi dengan desain yang diberikan di dalamnya. Dashboardnya mengandalkan perpaduan 2 warna yakni hitam untuk sisi atas dan bawahnya mengandalkan warna beige. Bahan material yang digunakan adalah plastik keras.

Sementara itu, pada bagian panel instrumen mengandalkan desain yang atraktif dengan bulatan-bulatan yang membuatnya terlihat menarik. Apalagi terdapat aksen warna silver dan di dalamnya ada aksen warna orange yang membuatnya tampak menarik. Pada sisi head unitnya mengandalkan 2 DIN dan mempunyai pengaturan AC yang cukup lengkap, dari mulai arah semburan sampai mengambil sirkulasi dari luar kendaraan.

Menariknya lagi adalah pada interior yang dimiliki terdapat aksen kayu seperti pada bagian door trim dan area sekitar tuas transmisi kendaraan. Pada sisi kiri dashboard terdapat ruang penyimpanan tertutup di bagian atas dan bawahnya.

Pada bagian kemudi mobil terbilang nyaman digunakan. Dengan menggunakan desain 3 palang dipadukan dengan pengaturan kemudi Tilt. Pada bagian kemudi ada tombol mode manual 7 speed membuat pengendaraan lebih menyenangkan.

Jok Mobil Honda City i-DSI CVT 2008

Gambar ini menunjukkan jok belakang Honda City i-DSI CVT 2008

Dengan bahan fabric jok nyaman dan empuk saat diduduki

Dimulai dari jok depan, jok pengemudi diberikan arm rest untuk memberikan kenyamanan selama berkendara. Di bagian kursinya terdapat headrest yang dapat menopang kepala dengan baik. Bahan material yang digunakan adalah fabric yang halus serta empuk sehingga kenyamanan bisa dirasakan di dalamnya. Untuk jok belakang dapat digunakan untuk 3 penumpang. Bahkan joknya telah ultra seat sehingga bisa dilipat naik ke atas. Dengan begitu jok belakangnya ini dapat digunakan untuk membawa barang lainnya. Jika masih kurang, jok belakang bisa dilipat rata lantai. Headrest bagian belakang terdapat 2 pada sisi kanan dan kiri model fix.

Bagasi Honda City i-DSI CVT 2008

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Honda City i-DSI CVT 2008

Bagasi luas sehingga bisa digunakan membawa banyak barang

Di bagian bagasi sangat luas dan menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Honda City i-DSI CVT 2008. Apalagi khas mobil sedan bagasi terpisah dengan interiornya. Sehingga saat memasukkan barang bawaan bisa lebih maksimal. Di bagian bawah lantai menjadi tempat untuk ban cadangan.

4. FITUR HONDA CITY I-DSI CVT 2008

Menuju ke sektor fitur mobil Honda City i-DSI CVT 2008. Di bagian interiornya terdapat kompartemen yang cukup banyak, sehingga dapat membuat pengemudi ataupun penumpang menempatkan barang ukuran kecil dan sedang di dalam mobilnya. AC yang dimiliki juga cukup untuk memberikan kenyamanan selama berkendara karena terdapat pengatur arah semburan yang terbilang lengkap.

Gambar ini menunjukkan ruang penyimpanan Honda City i-DSI CVT 2008

Kompartemen tempat penyimpanan cukup banyak

Yang menarik lagi adalah, saat bagasi sudah penuh dan jok belakang tidak digunakan bisa untuk membawa barang bawaan lebih. Jadi jok belakang dapat dilipat ke atas bila ingin membawa barang cukup tinggi. Namun jika ukurannya cukup panjang maka jok mobil bisa juga dilipat rata dengan lantai.

Keasikan berkendara dapat dirasakan pada mobil ini. Hal tersebut dengan mengandalkan mode manual yang simulasinya adalah 7 speed dengan perpindahannya dilakukan dengan melalui tombol di kemudi mobil.

>>> Baca Juga, Daftar Harga New Honda City : Sedan Elegan Berkelas Dengan Harga Terjangkau

5. OPERASI HONDA CITY I-DSI CVT 2008

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Honda City i-DSI CVT 2008

Konsumsi BBM irit berkat teknologi i-DSI

Menuju ke sektor mesin, dimana pihak Honda memberikan mesin Honda City i-DSI CVT 2008 dengan kapasitas 1.500 cc 4 silinder. Mengandalkan mesin tersebut, tenaga maksimal yang dapat dihasilkan adalah 87 Ps dan torsi maksimalnya mencapai 130 Nm. Tenaga dan torsi disalurkan ke bagian roda depan dengan mengandalkan transmisi otomatis CVT. Bahan bakar yang dikonsumsi sangat hemat, hal tersebut berkat penggunaan teknologi i-DSI. Jadi 2 busi diberikan di dalamnya sehingga pembakaran bisa lebih maksimal. Sementara untuk konsumsi BBM dalam kotanya berada di angka 13-14 km per liternya.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

6. SPESIFIKASI HONDA CITY I-DSI CVT 2008

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Honda City i-DSI CVT 2008:

DIMENSI

Panjang

4.390 mm

Lebar

1.690 mm

Tinggi

1.485 mm

Wheelbase

2.450 mm

MESIN

Mesin

1.500 cc 4 silinder

Transmisi

Otomatis CVT

Sistem Penggerak

FWD

Tenaga Maksimal

87 Ps/5.500 Rpm

Torsi Maksimal

130 Nm/2.700 Rpm

KAKI-KAKI

Ukuran Ban

195/60 R15

Ukuran Pelek

15 Inci

Harga

Rp. 80 juta - 90 jutaan

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA CITY I-DSI CVT 2008

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Honda City i-DSI CVT 2008:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Konsumsi bahan bakar yang sangat hemat

Mobil ini dikenal mempunyai kaki-kaki yang mudah mengalami kerusakan

Kompartemen cukup banyak di dalamnya dan bagasi luas

Performa masih kalah dengan varian yang memiliki teknologi VTEC

Jok belakang dapat dilipat ke atas dan rata dengan lantai

Kemudi hanya Tilt saja belum Telescopic

8. DAFTAR HARGA HONDA CITY I-DSI CVT 2008

Sebagai keluaran tahun 2008 mobil ini mempunyai umur yang sudah lebih dari 10 tahun. Dari segi harga terbilang sangat terjangkau dan bisa digunakan untuk kendaraan harian. Adapun harga bekas mobil Honda City i-DSI CVT 2008 berada di angka Rp. 80 juta sampai Rp. 90 jutaan. Harga tersebut bisa saja ada perbedaan tergantung dengan kondisi mobil dan wilayah melakukan pembelian.

9. VIDEO HONDA CITY I-DSI CVT 2008

10. KESIMPULAN HONDA CITY I-DSI CVT 2008

Bagi Sobat yang menginginkan sebuah kendaraan sedan bisa memilih mobil ini. Dari segi tampilan terlihat sporty dan juga keren dipadukan penggunaan interior juga nyaman dan mempunyai tampilan yang sangat menawan. Jika menginginkan sebuah mobil dengan performa yang mumpuni, maka alangkah lebih baik memilih yang varian dengan teknologi VTEC. Sementara jika ingin yang mempunyai konsumsi bahan bakar lebih hemat maka bisa memilih i-DSI yakni mobil Honda City i-DSI CVT 2008. Semua pilihan di tangan Sobat, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas keseharian.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International