Spesifikasi Honda City Hatchback RS 2021 : Penerus Honda Jazz Banyak Keunggulan

13/04/2021 Abdul Review Honda

Mobil baru dari Honda dalam segmen Hatchback dihadirkan. Sebenarnya untuk kehadirannya telah dilakukan pada bulan Maret 2021, hanya saja karena masih belum ada kepastian harganya jadi baru di bulan April kami memberikan informasi mengenai spesifikasi Mobil Honda City Hatchback RS 2021 karena sudah dikeluarkan harga resminya.

1. PENGANTAR HONDA CITY HATCHBACK RS 2021

Sebelumnya untuk segmen Hatchback diduduki oleh Honda Jazz. Dimana mobil ini sudah memberikan pelayanan yang sangat baik kepada konsumen di Indonesia. Banyak orang yang menyukai mobil dengan desain sporty mobil tersebut terutama oleh para anak muda. Dari segi tampilan memang terlihat sporty dan memiliki harga jual yang cukup bertahan. Bahkan dalam kondisi bekasnya juga masih banyak yang mencarinya.

Akan tetapi pada akhirnya pihak Honda menggantikan mobil tersebut dengan model yang lebih baru dan mempunyai tampilan menarik yakni City Hatchback RS. Lantas seperti apakah desain yang diberikan pada mobil terbarunya tersebut? mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR HONDA CITY HATCHBACK RS 2021

Sisi Depan Honda City Hatchback 2021

Gambar ini menunjukkan sisi depan Honda City Hatchback RS 2021

Tampilan depan sporty dan juga memancarkan aura kemewahan

Pada saat melihat bagian depan akan nampak aura sporty. Desain yang diberikan begitu memancarkan ketangguhan dan kegagahan mobil yang menjadi pengganti dari Honda Jazz. Di bagian atas sendiri terdapat kap mesin dengan ujung yang tampak memiliki lengkungan yang sangat rapi. Untuk sisi ini telah mendapatkan bahasa desain Honda yakni Solid Wing.

Jadi terdapat aksen black glossy di bagian atas grill yang memanjang dari atas head lamp kanan sampai kiri. Ada juga aksen Honeycomb pada sisi tengah yang membuat tampilannya tampak mewah dan sporty. Kemudian untuk headlamp dengan ukuran cukup kecil menggunakan multi reflector LED. Di bagian atasnya ada DRL dan lampu sein posisinya yang di bawah. Kemudian untuk bagian fog lamp sudah menggunakan LED. Pada bagian bawah di bumper terdapat lips yang menggunakan aksen karbon.

Sisi Samping Honda City Hatchback 2021

Gambar ini menunjukkan bagian samping Honda City Hatchback RS 2021

Ketangguhan tampak dari bagian ini dan tidak terlalu banyak aksen

Menuju ke sektor samping, salah satu yang membuat cukup menarik adalah spion warna hitam yang menggunakan model tangkai dengan lampu sein. Handle pintu sewarna dengan bodi dipadukan dengan lekukan garis dari ujung head lamp depan sampai headlamp belakang yang membuatnya tampil sporty.

Di bagian pelek juga tampak sangat menarik membuat mobil tampil lebih sporty. Pelek menggunakan model two tone dengan perpaduan warna hitam dan gray. Ukuran pelek menggunakan 16 inci dengan profil ban mobil 185/55 R16.

Sisi Belakang Honda City Hatchback 2021

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Honda City Hatchback RS 2021

Sisi belakang tampak tangguh dan modern

Berlanjut ke bagian buritan, dimana pada bagian atasnya terdapat antena model shark fin. Spoiler juga diberikan desain minimalis dengan dibagian tengah ada high mount stop lamp serta ada aksen hitam pada sisi kanan dan kiri. Kaca belakang mempunyai ukuran yang cukup besar dengan rear defogger dan wiper belakang. Di sisi bawahnya lagi ada logo Honda dengan aksen krom berpadu dengan dudukan plat nomor.

Sisi kanan dan kiri merupakan lampu belakang  dengan ukuran standar menurut kami. Terdapat lampu 3D yang menggunakan LED bar 2 bilah, sedangkan lampu sein masih menggunakan bohlam. Di sisi bawahnya ada emblem tulisan warna krom yaitu "CITY" pada sisi kiri dan "RS" pada sisi kanan. Pada sektor bumper terdapat reflektor dengan desain vertikal. Sementara pada bagian tengah terdapat diffuser yang menggunakan aksen carbon menampilkan kegagahan dari mobil besutan Honda satu ini.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR HONDA CITY HATCHBACK RS 2021

Sisi Dashboard & Kemudi Honda City Hatchback 2021

Menuju ke bagian dashboard mobil, terdapat laci penyimpanan tertutup ukuran kecil sebelah kanan dipadukan dengan tombol Stability Control dan sensor parkir. Di atasnya ada kisi-kisi AC yang menggunakan framing Black Glossy. Dashboard menggunakan material bahan hard plastik dan untuk menyalakan mesin sudah ada tombol Start/Stop Button. Speedometer memiliki cahaya yang cukup terang dan terlihat ramai.

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Honda City Hatchback RS 2021

Interior juga tampak mewah dan sangat menarik

Pada sisi tengahnya ada tombol hazard pada bagian atas dan di bawahnya terdapat head unit dengan framing black glossy. Sisi kanan dan kirinya juga terdapat kisi-kisi AC framing black glossy yang membuatnya tampila lebih mewah. Berlanjut pada bagian bawahnya terdapat pengaturan AC Auto Climate dengan pengaturan arah semburan yang lengkap.

Di bagian kanan dashboard terdapat airbag dipadukan dengan laci penyimpanan tertutup. Ada juga aksen black glossy di bagian ini dibuat horizontal dipadukan dengan bahan soft touch yang ada sticking warna merah.

Di bagian kemudi mobil mengandalkan desain yang cukup menarik dengan adanya jahitan warna merah. Di palang sebelah kiri terdapat tombol audio steering switch dan di sebelah kanan ada fitur cruise control. Untuk pengendalian lebih menyenangkan di balik kemudi ada tuas paddle shift. Sementara untuk pengaturan kemudi terbilang lengkap dengan Tilt dan Telescopic.

Jok Mobil Honda City Hatchback 2021

Gambar ini menunjukkan jok Honda City Hatchback RS 2021

Jok nyaman dan memiliki leg room dan head room lega

Bahan material jok yang digunakan kombinasi dan terdapat aksen warna merah di tepian. Pada jok kemudi mobil terdapat pengaturan lengkap dengan height adjuster dan masih menggunakan manual. Headrest tampak proper dan dapat diatur ketinggiannya sehingga bisa disesuaikan dengan tinggi pengemudi dan penumpang depan.

Sementara untuk kabin belakang menggunakan jok yang nyaman untuk diduduku. Leg room dan head room cukup lega dipadukan dengan pengguanaan 3 buah headrest yang dapat diatur ketinggiannya.

Bagasi Honda City Hatchback 2021

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Honda City Hatchback RS 2021

Bagasi luas apalagi jika jok belakang dilipat

Bagasi mobil cukup luas dengan ban serep di bawahnya. Jika jok belakang tidak digunakan bisa dilakukan pelipatan sehingga bisa rata dengan bagasi yang membuat ruang akomodasi jadi lebih luas dan dapat digunakan membawa banyak barang.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR HONDA CITY HATCHBACK RS 2021

Fitur Hiburan Honda City Hatchback 2021

Pihak Honda memberikan head unit layar sentuh untuk memberikan hiburan selama perjalanan. Dimana ukurannya adalah 8 inci yang sudah dilengkapi dengan 8 speaker yang meliputi 4 tweeter dan 4 mid speaker. Berkat hal tersebut membuat suara yang dihasilkan jadi merdu sehingga musik yang diputar lebih enak untuk didengar. Hanya saja untuk fitur In-Car Entertainment System tersebut belum bisa dikoneksikan dengan nirkabel untuk Android Auto dan Apple  CarPlay.

Kemudian pada bagian panel instrumen dapat dipantau dengan mudah yang mempunyai beberapa kombinasi warna seperti perak, merah dan juga hitam. Untuk bagian jarumnya mengandal warna merah. Terdapat penyajian data yang tergolong lengkap seperti meteran bensin, posisi gear, indikator suhu, tripmeter, odometer, konsumsi BBM real time, konsumsi BBM rata - rata dan juga jam.

Gambar ini menunjukkan head unit mobil Honda City Hatchback RS 2021

Fitur mumpuni seperti pada keselamatan dan hiburan

Fitur Keselamatan Honda City Hatchback 2021

Untuk mendukung keselamatan, mobil Honda City Hatchback 2021 dibekali dengan sistem pengereman ABS, EBD dan BA. Tidak lupa pula diberikan Vehicle Stability Assist dan 6 buah airbag yang meliputi 2 side curtain airbag, 2 i-side airbag dan 2 front SRS airbag. Selain itu dampak kecelakaan juga dapat diminimalisir berkat penggunaan struktur G-force Control Technology, dimana energi tubrukan didistribusikan ke sasis luar kendaraan dengan merata.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Honda City i-DSI CVT 2008 : Tampilan Sporty Dengan Ruang Akomodasi Banyak

5. OPERASI HONDA CITY HATCHBACK RS 2021

Menuju ke sektor mesin mobil Honda City Hatchback RS 2021. Pihak Honda memberikan mesin dengan kode L15ZF namun tidak dibekali dengan turbocharger. Terdapat beragam kelebihan pada mesin ini apabila perbandingan dilakukan dengan mesin sebelum nya yang diberikan pihak Honda. Tenaga yang dapat dihasilkan oleh mesin adalah 121 Ps dan torsi puncaknya mencapai 145 Nm. Salah satu keunggulan pada mesinnya ini adalah penggunaan 2 noken as yang mempunyai fungsi untuk membuat 4 katup bergerak di masing-masing piston.

GAmbar ini menunjukkan mesin mobil Honda City Hatchback RS 2021

Performa mumpuni meskipun belum dibekali dengan turbocharger

>>> Baca Juga, Daftar Harga New Honda City : Sedan Elegan Berkelas Dengan Harga Terjangkau

6. SPESIFIKASI HONDA CITY HATCHBACK RS 2021

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Honda City Hatchback 2021 :

DIMENSI

Panjang

4.349 mm

Lebar

1.748 mm

Tinggi

1.488 mm

Kapasitas Tangki

 40 Liter

Jarak Sumbu Roda

 2.600 mm

HANDLING & SUSPENSI

 Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Drum

 Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, HSA

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: H-Shape Torsion Beam

 Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

 Pelek

 Alloy, 16 Inch

 Jenis Ban

 Bridgestone Turanza T005A, 185/55R16

Teknologi Safety Sasis

 Honda G-Force Control Technology (G-CON)  + ACE™

 Struktur Sasis

 Monokok, Hatchback B-Segment

MESIN

Tipe

L15ZF, 4-Silinder DOHC, i-VTEC + Drive By Wire

Tenaga Maksimum

 120,5 HP (121 PS) @ 6.600 rpm

 Torsi Maksimum

 145 NM @ 4.300 rpm

Tipe Transmisi

 CVT & Manual 6-Percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

Kapasitas Silinder

 1,498 cc

 Bore X Stroke

 73,0 mm X 89,5 mm

Pasokan Bahan Bakar

 Progammable Fuel Injection (PGM-FI)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA CITY HATCHBACK RS 2021

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback 2021 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai kabin yang lapang membuat pengemudi dan penumpang nyaman

Tidak ada penutup wiper belakang

Tampilan gagah dan sporty

Honda hanya menyediakan satu tipe saja

Bagasi luas terutama saat bangku belakang dilipat

 

8. DAFTAR HARGA HONDA CITY HATCHBACK RS 2021

Setelah sebelumnya pihak Honda belum memberikan daftar harga dari mobil Honda City Hatchback 2021. Namun akhirnya di bulan April pihak Honda mengumumkan harganya, nah dilansir dari laman resmi Honda harga yang ditawarkan adalah Rp. 289.000.000 untuk transmisi manual dan Rp. 299.000.000 untuk transmisi CVT.

9. VIDEO HONDA CITY HATCHBACK RS 2021

10. KESIMPULAN HONDA CITY HATCHBACK RS 2021

Kehadiran mobil besutan Honda ini tergolong cukup mendebarkan. Hal tersebut karena harganya diluncurkan berjangka dengan pengenalannya. Namun dari segi tampilan memang tampak mewah, kompak dan juga sporty membuat banyak mata terpana ketika melihatnya. Kehadiran mobil Honda City Hatchback 2021 juga menjadi penerus dari mobil sporty Honda Jazz yang memiliki banyak peminat terutama para anak muda.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International