Spesifikasi Honda Brio RS Urbanite Edition 2021 : Desain Sporty Pengendaraan Fun To Drive

28/06/2021 Abdul Review Honda

Honda Brio RS Urbanite Edition 2021 dihadirkan dengan tampilan lebih sporty. Kehadirannya dapat menjadi salah satu pilihan untuk masyarakat yang menginginkan sebuah kendaraan perkotaan yang bisa menemani aktivitas keseharian. Selain itu, dibuat bergaya juga siap serta bahan bakar yang hemat.

1. PENGANTAR HONDA BRIO RS URBANITE EDITION 2021

Pada tahun 2020 mobil besutan Honda tergolong laris manis, salah satu yang unggul adalah Brio. Honda Brio dapat mencatatkan penjualan di tahun 2020 sampai 40.789 unit. Bahkan di tahun 2021 pencapainnya juga terbilang positif. Dengan begitu pihak Honda menghadirkan Brio RS Urbanite Edition edisi khusus sebagai langkah untuk merayakannya.

Lantas seperti apakah spesifikasi mobil besutan Honda yang merupakan edisi khusu tersebut? mari kita simak informasinya.

2. EKSTERIOR HONDA BRIO RS URBANITE EDITION 2021

Sisi Depan Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Desain keren dan tampak cocok untuk anak muda

Saat melihat bagian depan akan terlihat sebuah mobil dengan tampilan yang sporty. Ukuran headlamp cukup besar dengan mengandalkan crystal multi reflektor halogen yang dipadukan dengan penggunaan LED lampu senja. Bagian tengah terdapat grill black glosssy dengan logo Honda sisi tengahnya dipadukan dengan emblem tulisan RS. Pada sisi bumper terdappat foglamp crystal multi reflektor yang mempunyai frame warna hitam. Sebagai pembeda terdapat body kit sehingga tampilannya jadi lebih sporty meliputi new front under spoiler dengn sewarna body dan juga black glossy.

Sisi Samping Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Gambar ini menunjukkan sisi samping dan belakang Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Sebuah mobil perkotaan dengan desain sporty dan menarik

Ketika melihat pada sisi samping akan tampak lebih sporty berkat adanya black side spoiler. Spion mengandalkan warna black glossy dipadukan dengan penggunaan handle pintu warna hitam. Dengan perpaduan warna hhitam tersebut membuat mobil ini tampil lebih maskulin. Kesan sporty juga ditampakkan garis dari arah roda depan ke arah bagian belakang dengan desain sedikit miring ke atas.

Pada bagian spionnya sudah mengandalkan pengaturan elektris sehingga akan lebih mudah dalam pengaturannya dan juga lengkap dengan auto folding. Kemudian di bagian pelek menggunakan model two tone polis warna silver dan black glossy dengan ukuran 15 inci.

Sisi Belakang Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Tampilan sporty sampai pada sisi belakang

Menuju ke sisi buritan, di bagian atas terdapat spoiler yang dibekali dengan high mount stop lamp berpadu dengan wiper belakang mobil. Terdapat logo Honda di sisi tengah dan di bagian kiri emblem tulisan Brio sebelah kanan RS. Kemudian untuk stoplamp masih menggunakan bohlamp dengan desain mengkotak. Yang menjadi pembeda adalah adanya add on yang meliputi rear under spoiler dengan diffuser. Sementara posisi muffler di bawahnya buka pada sisi kanan dan kiri bumper dengan warna silver. Penambahan desain tersebut membuat tampilan belakang lebih menarik lagi.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR HONDA BRIO RS URBANITE EDITION 2021

Kabin Depan Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Dashboard rapi dan tampak menarik dengan adanya warna orange

Masuk ke dalam kabin mobil bagian depan. Pada saat membuka pintu akan dihadapkan dengan warna hitam yang mendominasi dengan lis warna orange. Di bagian door trim terdapat power window auto untuk sisi driver. Di sisi kanan hanya ada tuas pembuka kap mesin, di atas ada ruang penyimpanan terbuka dan kisi AC yang dapat dibuka ditutup dengan diberikan lis warna orange. Bahan material yang digunakan adalah hard plastik.

Sementara sisi tengah dashboard, bagian atas sendiri ada kisi-kisi AC dengan list bawah orange dan head unit monitor serta tombol lampu hazard di samping kanan. Pengaturan AC mobil menggunakan model digital dan belum diberikan auto climate. Kemudian di bagian kiri terdapat airbag penumpang depan, kisi AC dengan lis orange dan laci penyimpanan tertutup. Pada bagian sun visor baik untuk pengemudi atau penumpang depan telah dilengkapi dengan vanity mirror.

Kemudi mobil menggunakan 3 palang dengan tombol audio steering switch pada sebelah kiri. Untuk bagian tengah terdapat logo Honda krom berpadu dengan Airbag untuk pengemudi dan tombol klakson. Sisi palang sebelah kanan tampak polos belum diberikan tombol. Pengaturan setir hanya tilt saja, setidaknya sudah bisa mengaturnya meskipun belum telescopic.

Jok Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Gambar ini menunjukkan jok mobil Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Jok nyaman bahan fabric dengan headrest adjustable

Jok depan dibekali dengan bahan material fabric dengan warna kkombinasi warna hitam dan orange. Headrest adjustable diberikan pada jok depan sehingga menambah kenyamanan selama berkendara. Pengaturan jok pengemudi masih standar dan belum dibekali dengan height adujter. Seatbelt pocket diberikan pada sisi belakang jok pengemudi dan jok penumpang depan yang dapat digunakan untuk menempatkan barang. 

Bagian belakangnya ini sudah dibekali dengan 3 headrest adjustable dan juga perpaduan warna hitam dan orange. Hanya saja untuk pelipatan jok belakang harus ful tidak bisa separo-separo. Yang menjadi salah satu keunggulan pada mobil ini adalah posisi duduk di kelasnya jadi yang terbaik. Pengemudi mempunyai dudukan yang rendah serta memiliki ergonomika cukup baik. Penumpang depan juga bisa merasakan kenyamanan berkat jok mobil dapat diatur reclining.

>>> Baca Juga:

4. FITUR HONDA BRIO RS URBANITE EDITION 2021

Gambar ini menunjukkan head unit mobil Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Head unit bisa memberikan hiburan selama perjalanan

Pada saat berkendara tentunya membutuhkan hiburan. Nah pihak Honda memberikan fitur Honda Brio RS Urbanite Edition 2021 head unit ukuran 5,1 inci layar sentuh yang bisa terhubung dengan hft function dan bluetoth. Selain itu, beragam format diberikan di dalamnya seperti radio AM/FM, USB, Bluetooth, iPod/iPhone, dan CD/DVD. Tidak hanya itu saja, fungsi Hands Free Telephone juga turut diberikan di dalamnya.

Di bagian panel instrumen masih menggunakan 3 gauge besar yang dapat menunjukkan fuel gauge meter, speedometer dan indikator putaran rpm. Tidak sampai disitu saja, terdapat juga layar MID yang bisa memberikan informasi berupa konsumsi rata-rata BBM, posisi dari shifter transmisi, jam, trip dan juga odometer.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Honda City i-DSI CVT 2008 : Tampilan Sporty Dengan Ruang Akomodasi Banyak

5. OPERASI HONDA BRIO RS URBANITE EDITION 2021

Gambar ini menunjukkan mesin yang ada pada Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Memiliki performa mumpuni dan hemat BBM

Pembahasan selanjutnya adalah bagian performa, pihak Honda memberikan mesin Honda Brio RS Urbanite Edition 2021 berkode L12 1.200 cc dipadukan dengan 4 silinder. Teknologi yang diberikan di dalamnya adalah katup variable i-VTEC.  Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan torsi maksimal sebesar 110 Nm dan tenaga maksimalnya adalah 90 Ps. Adapun hal yang ditawarkan oleh mesin ini adalah bahan bakar yang efisien dan juga salah satu khas dari Honda yakni pengalaman berkendara fun to drive. Dengan begitu pemilik akan lebih nyaman dan merasa menyenangkan ketika berkendara dengan mobil terbaru besutan Honda satu ini.

>>> Baca Juga, Daftar Harga New Honda City : Sedan Elegan Berkelas Dengan Harga Terjangkau

6. SPESIFIKASI HONDA BRIO RS URBANITE EDITION 2021

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Honda Brio RS Urbanite Edition 2021:

DIMENSI

Panjang

3.815 mm

Lebar

1.680 mm

Tinggi

1.485 mm

Kapasitas Penumpang

 5 Penumpang

Jarak Pijak Depan / Belakang

 1.475 mm / 1.460 mm

arak Sumbu Roda

 2.405 mm

Berat Kosong

 965 Kilogram

Radius Putar

 4,6 Meter

Kapasitas Tangki

 35 Liter

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Drum

Velg

 Alloy, 15 Inchi

Jenis Ban

 Bridgestone Potenza RE030, 185/55R15

Teknologi Safety Sasis

 G-CON + ACE™, Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, Hatchback A Segment

Suspensi Depan

 MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS

MESIN

Tipe

L12, 4-Silinder, SOHC, 16 Katup i-VTEC + DBW

Tenaga Maksimum

 88,5 HP (90 PS) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 110 NM @ 4.800 rpm

Rasio Kompresi

 10,1 : 1

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

Pasokan Bahan Bakar

 PGM-FI (Programmable Fuel Injection)

Kapasitas Silinder

 1,199 cc

Transmisi

Manual dan CVT

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA BRIO RS URBANITE EDITION 2021

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Honda Brio RS Urbanite Edition 2021 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Performa mesin mumpuni yang dapat menghasilkan pengendaraan fun to drive dan hemat BBM

Pengaturan kemudi mobil hanya diberikan tilt saja

Jok mobil nyaman dengan headrest adjustable pada setiap kursinya

Fitur yang diberikan masih kalah dengan rival dalam segmen yang sama

Fitur hiburan menyenangkan bisa menemani selama perjalanan

 

8. DAFTAR HARGA HONDA BRIO RS URBANITE EDITION 2021

Berbicara soal harga yang ditawarkan, mobil ini dihadirkan dalam 2 pilihan transmisi yakni manual dan CVT. Dari segi harga lebih mahal yang menggunakan transmisi CVT. Dimana untuk harga New Honda Brio RS M/T Urbanite Edition 2021 adalah Rp. 190.900.000. Sedangkan untuk transmisi CVT dibanderol dengan harga Rp. 205.800.000. Harga tersebut dilansir dari laman resmi Honda pada akhir Juni 2021. Dalam keterangan disebutkan bahwa harga tersebut OTR Jakarta dan merupakan kepemilikan pertama.

9. VIDEO HONDA BRIO RS URBANITE EDITION 2021

10. KESIMPULAN HONDA BRIO RS URBANITE EDITION 2021

Honda Brio RS Urbanite Edition 2021 merupakan sebuah city car yang dapat dipilih untuk menemani aktivitas sehari-hari. Dengan tampilan sporty tentunya akan meningkatkan style dari pemiliknya. Pengendaraan menyenangkan bisa dinikmati oleh pengemudi dan penumpang di dalamnya. Apalagi pembuktian soal mobil Brio adalah penjualannya yang laris manis menunjukkan bahwa minat terhadap mobil besutan Honda juga tinggi. Harga yang ditawarkan juga terjangkau yang menjadi salah satu nilai plus tersendiri. Dari segi performanya sangatlah mumpuni dan bahan bakar juga irit sehingga bisa ramah di kantong.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International