Spesifikasi Daihatsu Terios 2016

20/01/2018 Handy Goeyana Review Daihatsu

Kalau Toyota memiliki mobil mini SUV yang bernama Toyota Rush, sudah pasti Daihatsu memiliki mobil dengan desain yang hampir sama. Ya, Daihatsu Terios yang merupakan kembaran dari Toyota Rush ini juga dibuat untuk memenuhi keinginan konsumen akan mobil SUV yang mampu dan tangguh melewati jalanan baik on-road maupun off-road. Apa saja kelebihan mobil ini? Dan bagaimana spesifikasi Daihatsu Terios 2016? Simaklah tulisan ini.

1. PENGANTAR

Spesifikasi Daihatsu Terios 2016 - Walaupun Daihatsu Terios dan Toyota Rush terlihat mirip, namun kedua mobil ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Ini terlihat dari desain eksterior pada kedua mobil ini yang terlihat berbeda. Kalau Toyota Rush menonjolkan kesan yang sporty, maka Daihatsu lebih menonjolkan kesan yang elegan. Mobil yang mengalami facelift ini tak banyak mengalami perubahan yang signifikan dari versi sebelumnya, namun Daihatsu Terios tetap menampilkan desain terbaru yang lebih segar dan tidak melupakan ciri khas mobil SUV yang tangguh serta tidak melupakan sisi kenyamanannya. Spesifikasi Daihatsu Terios 2016 oleh haragamobil.com bisa dibaca dibawah ini.

2. EKSTERIOR

Eksterior Daihatsu Terios 2016 mengalami penambahan fitur di versi terbarunya ini. Fitur-fitur eksterior yang ditambahkan pada mobil ini membuat Daihatsu Terios terbaru ini terlihat lebih gagah dan mewah.

Gambar mobil Daihatsu Terios 2016 berwarna putih dilihat dari bagian depan

Bagian depan dengan Front Bumper Guard with Skid Plate

  • Desain bagian depan

Desain bagian depan mobil ini menggunakan Front Bumber Guard with Skid Plate di bagian bumber bagian depan yang membuat mobil ini terlihat tangguh dan maskulin. Selain itu terdapat Front Grille yang berdesain garis-garis horizontal beraksen krom. Tidak lupa ada head lamp yang sudah disematkan fitur LED Position Lamp yang akan memberikan penerangan maksimal.

Gambar bagian samping mobil Daihatsu Terios 2016 berwarna putih

Bagian samping dengan desain sangat simpel

  • Desain bagian samping

Bagian samping mobil ini terlihat simpel, namun penggunaan pelek berukuran 16 inci dengan ban berukuran 215/65 serta side skirt berwarna hitam membuat mobil ini terlihat mewah dan sporty. Ditambah dengan Ground Clearance yang tinggi dan roof rail yang terpasang membuat mobil ini memiliki kesan tangguh.     

Gambar mobil Daihatsu Terios 2016 berwarna abu-abu dilihat dari sisi belakang

Bagian belakang dilengkapi dengan rear lamp    

  • Desain bagian belakang

Di bagian belakang mobil ini dilengkapi dengan Rear Lamp dengan lampu LED berbentuk huruf C terbalik yang membuat mobil ini terlihat elegan. Tidak lupa ada roof spoiler di bagian belakang dan bumper belakang berwarna hitam yang membuat mobil ini terlihat sangat sporty. Untuk versi R Adventure dilengkapi dengan kamera parkir yang akan memudahkan anda untuk melihat situasi di belakang mobil.

>>> Baca juga: Review Daihatsu Terios 2017, Spesifikasi, Harga Dan Gambar Lengkap

3. INTERIOR

Lanjut ke bagian interior Daihatsu Terios 2016. Desain interior mobil ini mendapatkan tambahan fitur-fitur penunjang yang membuat bagian dalam mobil ini terasa mewah dan memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpangnya. Ukuran kabin mobil ini tidaklah terlalu besar seperti mobil SUV lainnya namun masih mampu menampung hingga 7 orang.

Gambar bagian dashboard mobil Daihatsu Terios 2016 berwarna hitam

Dashboard memakai warna hitam dan aksen krom berwarna silver

  • Dashboard dan setir

Bagian dashboard mobil ini menggunakan warna hitam dan aksen krom berwarna silver pada bagian tengah yang akan memberikan kesan elegan pada mobil ini. Di bagian tengah dashboard disematkan fitur multimedia berupa Double Din Audio with Touchscreen yang berfungsi untuk memutar video dan musik melalui konektor USB dan AUX. Selain itu layar touchscreen juga akan menampilkan keadaan di belakang mobil yang terekam melalu kamera belakang. Di bagian setir menggunakan sistem Electronic Power Steering yang memudahkan anda mengendalikan setir kemudi dan terdapat tombol Audio Control yang membantu pengemudi mengatur keluaran suara tanpa harus melepas setir kemudi.

Gambar bagian kursi mobil Daihatsu Terios 2016 berwarna coklat

Kursi menggunakan pola Sporty Seat

  • Kursi

Kursi pada mobil ini menggunakan pola Sporty Seat yang akan memberikan kesan sporty pada bagian dalam mobil ini dan memberikan kenyamanan lebih bagi pengemudi dan penumpangnya. Di setiap kursi juga sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman yang akan menjaga penumpang dan meminimalisir resiko ketika terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

  • Bagasi

Bagian bagasi belakang memiliki ruang yang cukup luas sehingga mampu menampung beberapa barang. Terlebih jika kursi bagian belakang tidak dipakai dan dilipat maka ruang bagasi belakang menjadi jauh lebih luas.   

>>> Mungkin Anda ingin baca: 

4. FITUR

Gambar menunjukkan fitur airbag di Mobil Daihatsu Terios 2016

Fitur SRS Air Bag di mobil Daihatsu Terios 2016

Fitur keselamatan pada mobil ini berupa Dual SRS Air Bags akan memberikan perlindungan kepala pengemudi dan penumpang bagian depan untuk menghindari terjadinya benturan keras dengan dashboard bagian depan. Fitur keamanan pada mobil ini berupa Immobilizer dan Alarm untuk meminimalisir terjadinya pencurian kendaraan. Selain itu ada fitur Seat Belt Warning yang akan terus menyala dan berbunyi apabila semua seat belt-nya tidak dipakai saat mesin dihidupkan atau saat mobil ini berjalan. Tidak lupa ada kamera belakang dan sensor parkir yang semakin memudahkan pengemudi untuk memajukan dan memundurkan mobilnya.

>>> Mungkin Anda tertarik: Daihatsu Sigra 2016, Harga dan spesifikasi lengkap

5. OPERASI

Gambar bagian mesin mobil Daihatsu Terios 2016

Mesin 3SZ-VE mobil Daihatsu Terios 2016

Sama seperti dengan kembarannya, mesin Daihatsu Terios 2016 menggunakan mesin 3SZ-VE berkapasitas 1.5 liter dengan 4 silinder segaris yang memiliki 16 katup DOHC dengan sistem VVT-i menghasilkan tenaga maksimal mencapai 109 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 14,4 Kg.m pada putaran mesin 4.400 rpm. Mesin ini juga memiliki teknologi Electronic Fuel Injection yang membuat semprotan bahan bakar tetap stabil dan memberikan performa yang optimal serta konsumsi bahan bakar yang efisien. Mobil ini menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

>>> Klik sini untuk cek harga mobil Daihatsu

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Daihatsu Terios 2016 bisa dilihat di tabel berikut.

SPESIFIKASI

Daihatsu Terios X

Daihatsu Terios R

 

A/X

M/X

A/R

M/R

DIMENSI

P x L x T

(mm)

4,385 x 1,695 x 1,695

4,385 x 1,745 x 1,740

Jarak sumbu roda

(mm)

2685

Jarak pijak roda depan/belakang

(mm)

1445/1460

Tinggi dari tanah

(mm)

200

PERFORMA

Radius putar minimum

(m)

5.2

MESIN

Tipe

 

3SZ-VE DOHC VVT-i Berpendingin air

Kapasitas silinder

(cc)

1495

Jumlah katup

 

16

Diameter x langkah

(mm)

72.0 x 91.8

Tenaga maksimum

(ps/rpm)

109/6000

Torsi maksimum

(kg – Nm/rpm)

14.4/4.400

Sistem bahan bakar

 

EFI (Electronic Fuel Injection)

Jenis bahan bakar

 

Bensin Tanpa Timbal

Kapasitas tangki bahan bakar

(Liter)

45

SISTEM KEMUDI

Tipe

Rack & Finion dengan Electric Power Steering

REM

Depan / Belakang / Rem Parkir

cakram (disc) dengan booster drum,leading & trailing

SUSPENSI

Depan

MacPherson Strut dengan per keong & stabilizer

Belakang

5-link, rigid-axle dengan per keong

BAN

Ukuran

215/65 R16

Tipe

Alloy Wheel

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Terios 2016 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Performa mesin sudah mumpuni yang membuat berkendara lebih nyaman

Walaupun performa mobil terasa mantap, tetapi tenaga mobil tidak sebesar mobil SUV lainnya

Ruang kabin yang begitu lega dan terlihat modern

Tidak semua tipe memiliki fitur tambahan

Hemat bahan bakar

Sistem pengereman tidak menggunakan ABS

8. DAFTAR HARGA

Harga Daihatsu Terios 2016 disesuaikan dengan fitur-fitur yang dimiliki di tiap tipenya. Untuk harganya bisa dilihat di tabel bawah ini.

Tipe mobil

Harga Daihatsu Terios

Daihatsu Terios X MT

Rp 191.700.000

Daihatsu Terios X MT EXTRA

Rp 202.000.000

Daihatsu Terios X AT EXTRA

Rp 212.850.000

Daihatsu Terios R MT

Rp 223.900.000

Daihatsu Terios R MT CUSTOM

Rp 238.900.000

Daihatsu Terios R AT ADVENTURE

Rp 234.100.000

Daihatsu Terios R AT

Rp 238.000.000

Daihatsu Terios R AT CUSTOM

Rp 243.000.000

Daihatsu Terios R AT ADVENTURE

Rp 248.000.000

9. VIDEO

Sebagai penutup ulasan mobil ini silahkan melihat video Daihatsu Terios 2016 di bawah ini.

10. KESIMPULAN

Seperti kembarannya, mobil ini memiliki ukuran kabin yang tidak terlalu besar dan performa mesin yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan mobil SUV lainnya. Namun mobil ini sudah mampu memberikan perfoma yang mumpuni. Ditambah dengan desain interior maupun eksterior yang lebih modern sehingga membuat penggunanya merasa dimanjakan ketika mengemudi mobil ini sehingga mobil ini sangat cocok bagi keluarga yang ingin melakukan perjalanan jauh dan melewati jalan yang tangguh.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer