Spesifikasi Daihatsu Rocky R TC ASA 2021 : Fitur Lengkap Interior Modern

27/05/2021 Abdul Review Daihatsu

Daihatsu Rocky dihadirkan bersamaan dengan Toyota Raize yang sama-sama masuk dalam kategori LSUV. Dimana setelah diluncurkan banyak pemesan yang menunjukkan bahwa masyarakat menyambut dengan baik mobil 5 penumpang tersebut. Lantas seperti apa spesifikasi dan juga fitur yang diberikan di dalamnya, mari kita simak ulasannya tentang Daihatsu Rocky R TC ASA 2021.

1. PENGANTAR DAIHATSU ROCKY R TC ASA 2021

Mobil ini pertama dihadirkan pada 30 April 2021 dengan memasuki segmen kendaraan SUV murah. Kapasitasnya 5 penumpang dan peluncuran bersamaan dengan Toyota Raize. Yang menarik adalah setelah sebulan dihadirkan, mobil ini mendapatkan pemesanan yang terbilang banyak. Hal tersebut menjadi bukti akan antusias dari masyarakat terhadap mobil besutan Daihatsu tersebut.

Mobil ini menjadi kendaraan Daihatsu pertama untuk Indonesia yang menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).Konsep yang dipilih dalam pengembangannya adalah teknologi terkini, harga terjangkau dan juga detailnya diperhatikan seperti waktu, harga, berat dan ukuran sehingga bisa menghasilkan sebuah kendaraan yang efisien. Daripada penasaran, mari kita simak informasinya.

2. EKSTERIOR DAIHATSU ROCKY R TC ASA 2021

Sisi Depan Daihatsu Rocky R TC ASA 2021

Gambar ini menunjukkan sisi depan Daihatsu Rocky R TC ASA 2021

Tampilan modern dan juga sangat menarik

Kita bahas pada bagian depan, dimana untuk grille menggunakan single frame dipadukan dengan palang black glossy yang memiliki ukuran cukup besar. Di bagian headlamp menggunakan LED multi reflektor. Lampu kecil menggunakan LED di bagian cluster dalam, lampu jauh sorot lampunya juga dari cluster dalam. Sementara lampu sein posisinya di paling dalam dan lampu kabut menggunakan crystal multi reflektor dengan posisi pada bumper. Di sekitar fog lamp ada aksen warna hitam yang berpadu pada bumper bagian bawah. Tampilan depannya ini terlihat polos belum diberikan list krom pada tepian grill dan underguard.

Sisi Samping Daihatsu Rocky R TC ASA 2021

Gambar ini menunjukkan bagian depan dan samping Daihatsu Rocky R TC ASA 2021

Mobil LSUV bisa dijadikan salah satu pilihan

Salah satu yang menarik pada mobil ini adalah sudah menggunakan teknologi auto folding. Jadi saat mobil di lock spion akan terlipat dan akan terbuka ketika mesin di unlock.  Di bagian samping tampak polos dengan mengandalkan handle pintu aksen warna krom. Over fender diberikan aksen warna hitam doff. Talang air juga sudah diberikan sehingga tidak perlu menambahnya lagi, mengingat fitur ini sangat berguna terutama di musim penghujan.

Sedangkan pelek menggunakan two tone polis mengandalkan ukuran 17 inci. Ban mengandalkan GT Radial yang mempunyai profil 205/60 R17.

Sisi Belakang Daihatsu Rocky R TC ASA 2021

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Daihatsu Rocky R TC ASA 2021

Tampilan belakang tampak gagah dan juga tangguh

Pembahasan dilanjutkan ke sisi belakang, bagian atas sudah terdapat antena shark fin dipadukan dengan spoiler dan high mount stop lamp yang membuatnya tampil sporty. Desain stop lamp menggunakan LED bar dipadukan dengan lampu sein bohlam. Pada bagian tengah terdapat wiper belakang, sementara logo Daihatsu terdapat pada aksen warna hitam glossy yang dibuat memanjang dan lebar sampai ke bagian dalam lampu belakang. Di bagian sisi kanan terdapat emblem tulisan Rocky dan sisi kiri emblem tulisan R Turbo CVT dengan aksen warna krom. Seperti bagian depan, disisi bumper terdapat aksen warna hitam dipadukan dengan reflektor. Menurut kami desain belakangnya ini tampak sporty dan juga tangguh.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR DAIHATSU ROCKY R TC ASA 2021

Sisi Kabin Depan Daihatsu Rocky R TC ASA 2021

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi Daihatsu Rocky R TC ASA 2021

Kabin tampak modern dengan desain dan aksen warna yang diberikan

Saat masuk ke dalam kabin akan dihadapkan dengan aksen warna hitam yang dominan. Di sisi door trim ada handle pintu krom terpadu dengan list silver dan power window auto untuk sisi driver serta elektrik mirror yang sudah elektrik retract. Pada dashboard sebelah kanan terdapat tombol fitur Stability Control dan Forward Collision Mitigation. Di dekatnya ada cup holder yang dapat disembunyikan berpadu dengan kisi-kisi AC lis silver.

Dashboard mobil mempunyai tampilan yang cukup menarik dengan bahan hard plastik. Di sisi tengahnya terdapat head unit mengandalkan model floating yang sudah support dengan Android Auto dan Apple Carplay. Terdapat tombol lampu hazard  di dekatnya dipadukan dengan pengaturan AC digital dan tombol Start/Stop. Nah di bagian dashboard sisi ini juga terdapat USB 2,1 Ampere dan power outlet.

Di bagian kiri dashboard terdapat kisi-kisi AC yang juga menggunakan list silver. Ada juga airbag untuk penumpang depan dan laci penyimpanan model tertutup. Bagian atap diberikan sun visor untuk pengemudi dan penumpang lengkap dengan kaca. Lampu baca di bagian tengah berpadu dengan indikator seatbelt.

Pada sektor kemudi menggunakan aksen warna hitam dan silver. Pada palang sebelah kiri terdapat tombol pengaturan MID dan audio steering switch. Di bagian kanan juga audio steering switch dan power mode. Kemudi menggunakan pengaturan Tilt saja dan belum diberikan Telescopic.

Jok Mobil Daihatsu Rocky R TC ASA 2021

Gambar ini menunjukkan kabin belakang Daihatsu Rocky R TC ASA 2021

Kabin lega dengan leg room dan head room mumpuni

Menuju ke bagian jok mobil, dimana bahan material yang digunakan adalah fabric. Pada bagian jok pengemudi mobil mendapatkan pengaturan yang lengkap dengan height adjuster. Sementara di sisi belakang mempunyai nuansa full black. Head room dan lenght room terbilang lega ditambah joknya yang nyaman membuat kenyamanan maksimal dan bisa merasakan kesan menyenangkan selama perjalanan. Head rest pada jok baris kedua sudah adjustable yang dapat diatur ketinggiannya, begitupun untuk jok pengemudi dan penumpang depan.

Bagasi Daihatsu Rocky R TC ASA 2021

Gambar  ini menunjukkan barang bawaan di bagasi mobil

Bagasi luas dan dapat ditambah dengan melipat jok belakang

Melihat bagasi mobil, dimana ciri khas mobil Daihatsu tetap diberikan pada mobil ini yakni cargo net. Pada sisi kanan diberikan lampu bagasi untuk memberikan penerangan saat malam hari. Pembatas yang menjadi lantai bagasi bisa diatur lebih bawah atau rata dengan lantai. Ban serep berada di bagian bagasi dengan ukuran full size.

>>> Baca Juga:

4. FITUR DAIHATSU ROCKY R TC ASA 2021

Gambar ini menunjukkan layar MID Daihatsu Rocky R TC ASA 2021Gambar ini menunjukkan head unit Daihatsu Rocky R TC ASA 2021

Head unit fungsional dengan banyak fitur di dalamnya

Fitur Daihatsu Rocky R TC ASA 2021 yang pertama kita bahas adalah layar MID yang posisinya di balik kemudi mobil. Pada pembukaan terdapat animasi dengan tampilan yang keren. Informasi yang diberikan juga terbilang cukup lengkap seperti penunjuk kecepatan, penunjuk jumlah sisa bahan bakar, real time konsumsi BBM, rata-rata konsumsi BBM, fitur ASA, jam dan menu setting. Di dalam menu setting terdapat informasi menarik lain seperti display layar MID, suara fitur, notifikasi hari lahir dan tanggal servis serta masih banyak lagi yang lainnya. Yang pasti menurut kami layar MID memiliki tampilan modern dan mempunyai banyak informasi yang didapatkan. Oh ya, tampilan tachometer juga bergerak seperti ring dengan beberapa angka dan itu sangat keren.

Pada bagian head unit menggunakan model floating yang dapat digunakan untuk mengoperasikan radio AM/FM, Media, Phone, Bluetooth, Android Auto dan Apple CarPlay. Layar tersebut juga digunakan untuk menampilkan kamera mundur yang berada di bagian belakang kendaraan. Sementara sistem pengereman menggunakan ABS+EBD didukung dengan Vehicle Stability Control Dan Hill Start Assist.

Gambar ini menunjukkan teknologi ASA pada Daihatsu Rocky R TC ASA 2021

Teknologi dengan beragam fitur mumpuni di dalamnya

Salah satu fitur keselamatan pintar yang diberikan di dalam teknologi Smart Assist pada Rocky adalah ASA (Advanced Safety Assist). Fitur keselamatan aktif yang diberikan tersebut terbilang mirip dengan fitur yang terdapat pada kendaraan menengah ke ata. Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa fitur yang kinerjanya seperti asisten dengan tujuan resiko kecelakaan dapat dikurangi. Adapun beberapa fitur tersebut meliputi Lane Departure Prevention, Lane Departure Warning, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Pre Collision Braking dan Pre Collision Warning. Hanya saja untuk fitur Adaptive Cruise Control tidak diberikan di dalamnya,  jika ada tentu akan lebih mumpuni lagi.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Mobil Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005 : SUV 7 Penumpang Dengan Desain Modern Sampai

5. OPERASI DAIHATSU ROCKY R TC ASA 2021

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Daihatsu Rocky R TC ASA 2021

Mesin turbocharger mendukung pengemudian lebih mumpuni

Menuju ke sektor performa, Daihatsu Rocky R TC ASA 2021 dibekali dengan mesin 1KR-VET 3 silinder yang mempunyai kapasitas 998 cc Turbo. Mengandalkan mesin tersebut, tenaga maksimal yang bisa didapatkan adalah 97.9 Ps dengan torsi puncaknya mencapai 97,9 Kgm. Diameter x langkah yang dimiliki yaitu 71 x 83.9mm. Sedangkan untuk mendukung perjalanan ke tempat yang diinginkan, mobil ini mempunyai tangki yang dapat digunakan untuk menampung 36 liter. Mesin tersebut bisa memberikan kenyamanan maksimal dengan dipadukan dengan sistem pengereman ABS+EBD.

>>> Baca Juga, Review Daihatsu Sirion 2020 : Tampilan Jadi Lebih Modis Dengan Fitur Lengkap

6. SPESIFIKASI DAIHATSU ROCKY R TC ASA 2021

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Daihatsu Rocky R TC ASA 2021:

DIMENSI

Panjang

4.030 mm

Lebar

1.710 mm

Tinggi

1.635 mm

Jarak Sumbu Roda

2.525 mm

Ground Clearance

200 mm

Jarak Pijak Roda Depan

1.475 mm

Jarak Pijak Roda Belakang

1.470 mm

MESIN

Tipe

1.0L 1KR-VET Turbo 3 Silinder

Kapasitas

998 cc

Tenaga Maksimal

97.9 Ps/6.000 Rpm

Torsi Maksimal

14.3 Kg-m/2.400 - 4.000 Rpm

Kapasitas Tangki

36 liter

Diameter x Langkah

71 x 83.9 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

Mac Pherson

Suspensi Belakang

Drum

Velg

Alloy 17 inci

Ukuran Ban

205/60 R17

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Electric Power Steering

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU ROCKY R TC ASA 2021

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Rocky R TC ASA 2021:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur lengkap untuk mendukung keamanan dan kenyamanan selama berkendara

Tidak ada Adaptive Cruise Control

Interior modern yang dapat  memberikan kesan menyenangkan selama perjalanan

Bagian depan belum diberikan aksen krom pada sekitar grill

Bagasi luas untuk membawa banyak barang

 

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU ROCKY R TC ASA 2021

Menuju ke bagian harga, dimana untuk tipe ini menjadi yang termahal. Dilansir dari laman resmi Daihatsu, harga Daihatsu Rocky R TC ASA 2021 adalah Rp. 236.100.000 per Mei 2021. Sebagai informasi, harga terendahnya adalah Rp. 214.200.000 yakni tipe 1.0 R TC MT.

9. VIDEO DAIHATSU ROCKY R TC ASA 2021

10. KESIMPULAN DAIHATSU ROCKY R TC ASA 2021

Di tahun 2021 ini memang banyak mobil baru yang dihadirkan di Indonesia, salah satunya adalah Daihatsu Rocky. Bagi Sobat yang berminat dan menginginkan fitur yang paling mumpuni dapat memilih Daihatsu Rocky R TC ASA 2021. Dari segi tampilan terbilang sangat tangguh dan juga modern. Bahkan dari segi interior juga modern dan tampak sekali tampilannya yang menarik. Fitur juga mumpuni yang bisa mendukung perjalanan tetap merasa nyaman dan juga aman. Kapasitas penumpang 5 orang, sehingga dapat digunakan untuk kendaraan keluarga kecil dengan 3 anak.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International