Review Volkswagen T-Cross 2022: SUV Eropa Yang Menggiurkan

Kehadirannya Volkswagen T-Cross 2022 langsung mematahkan stigma negatif yang selama ini selalu menjadi momok dan menghantui produk otomotif dari benua biru.

Bertahun-tahun lamanya para pemain otomotif asal benua biru (Eropa) merasa kesulitan untuk mengembangan sayap di pasar otomotif Indonesia. Salah satunya adalah faktor harga yang relatif lebih mahal dibanding para rival yang berasal dari negeri mentari terbit. Memahami hal tersebut sebagai salah satu ciri khas pasar otomotif Indonesia, PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku APM (agen pemegang merek) Volkswagen meluncurkan Volkswagen T-Cross 2022 baru yang diimpor dari India. Alhasil harga jual menjadi lebih kompetitif sehingga jangan heran kalau T-Cross 2022  menjadi SUV Eropa yang paling terbeli di Indonesia.

1.Pengantar Volkswagen T-Cross 2022

Volkswagen T-Cross 2022 menjadi SUV kedua yang dipasarkan Volkswagen untuk pasar otomotif Indonesia menyusul kesuksesan Volkswagen Tiguan yang lebih dulu meluncur pada tahun 2008. Dari segi teknis, T-Cross 2022 menganut basis platform modular MQB (Modularer Querbaukasten) hasil rekayasa VW Group pada tahun 2012. Volkswagen TCross 2022 untuk pasar Indonesia mengambil basis platform Volkswagen Taigun untuk pasar India. Selain itu hanya tersedia dengan pilihan mesin 1,0 liter TSI.  

Mobil yang didatangkan secara CBU (Completely Built Up) dari India ini menjadi rival bagi SUV kompak lainnya sepert Honda HR-V dan Hyundai CRETA. Pada sisi lain, Volkswagen T-Cross 2022 juga bertemu dengan SUV lain yang lebih kecil seperti Toyota Raize (kapasitas mesin) dan Kia Sonet (dimensi bodi).

2. Eksterior Volkswagen T-Cross 2022

 Volkswagen T-Cross 2022, tampil kompak disertai desain tegas khas mobil Eropa

Volkswagen T-Cross 2022, tampil kompak disertai desain tegas khas mobil Eropa 

Menilik penampilannya, SUV T-Cross 2022 kompak merek Eropa yang berasal dari India ini hadir dengan aura khas Volkswagen. Fascia depan tampil tegas dan berotot melalui garis desain bodi khas Volkswagen. Grille depan menghadirkan aksen 3D beserta panel chrome yang memancarkan aura berkelas khas mobil Eropa. Selain itu, sisi wajah dihiasi oleh desain lampu depan dengan teknologi LED dan Daytime Running Lights (DRL) untuk memaksimalkan visibilitas. Pada bagian bawah fascia depan terdapat fog lamp yang mendampingi air dam di bemper. Tidak ketinggalan valance silver untuk menegaskan kesan maskulin sebuah SUV.

Pindah T-Cross 2022 ke sisi samping, terpancar aura kompak dan sporty melalui penambahan panel plastik hitam untuk bagian bawah pintu. Terlihat postur tinggi khas SUV berkat overfender yang juga menegaskan kesan maskulin dan ground clearance setinggi 188 mm. Sedangkan overhang depan belakang pendek menguatkan atmosfer sporty.

Pada bagian fascia belakang terlihat lampu kombinasi berteknologi LED dengan siluet huruf C untuk menghasilkan kesan berbeda dibanding kompetitor  sekelas. Begitu juga bemper dilengkapi dengan panel aksen chrome dan valance silver yang menciptakan kesan gagah dan membuat buritan tampak berkelas.  

3. Interior Volkswagen T-Cross 2022

 Kabin Volkswagen T-Cross 2022 memadukan aspek modern, elegan dan premium

Kabin Volkswagen T-Cross 2022 memadukan aspek modern, elegan dan premium

Interior T-Cross 2022 hadir dengan sunroof yang memberikan nuansa lega dalam kabin. Sebagai SUV, Volkswagen T-Cross 2022 memberikan daya pandang maksimal ke segala arah bagi pengemudi melalui posisi duduk yang lebih tinggi dibanding kendaraan bermotor sejenis. Dashboard T-Cross 2022 tampil modern melalui panel instrumen digital dengan layar 8 inci, pengaturan AC dengan sistem digital, dan fitur infotainment beserta layar sentuh 10 inci. Tidak ketinggalan fitur Apple Carplay™ dan Android Auto™.

Ruang penumpang Volkswagen T-Cross 2022 menawarkan kabin yang lapang berkat jarak sumbu roda yang mencapai 2.651 mm. Ruang gerak penumpang pun terasa lebih lega. Para penghuni kursi belakang merasakan kenyamanan yang lebih baik. Khususnya penumpang di posisi tengah yang bisa duduk nyaman dan santai tanpa harus melebarkan kaki karena dek lantai yang rata dan tidak ada gundukan. Khusus penghuni bangku depan mendapatkan kenyamanan tambahan melalui fitur ventilated seat yang membuat punggung menjadi sejuk. Volkswagen juga memilih kulit two-tone untuk membungkus jok sehingga menegaskan kesan premium

4. Fitur Volkswagen T-Cross 2022

 Fitur Volkswagen T-Cross 2022 menganut standar Eropa yang disesuaikan kondisi di Asia

Fitur Volkswagen T-Cross 2022 menganut standar Eropa yang disesuaikan kondisi di Asia

Bagaimana fitur T-Cross 2022? Sebagai penyandang merek Eropa, tentunya Volkswagen T-Cross 2022 menawarkan beragam fitur modern yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen pemakainya.

  • Fitur hiburan T-Cross 2022

SUV kompak ini dibekali dengan head unit beserta layar sentuh berukuran 10 inci yang sudah dilengkapi fitur konektivitas kekinian seperti Bluetooth, Apple Car Play, dan Android Auto. Semua menu fitur infotainment bisa Anda akses lewat tombol multifungsi yang terdapat pada bagian palang roda kemudi.

  • Fitur Keselamatan T-Cross 2022

Selaku mobil Eropa, Volkswagen T-Cross 2022 menghadirkan fitur keselamatan yang lengkap. Mencakup 6 airbag, ESC, tiga sandaran kepala untuk kursi belakang, seat belt 3 titik untuk semua penumpang, ISOFIX, dan sandaran kepala yang bisa disetel untuk semua kursi. Tidak ketinggalan sensor jarak untuk kamera parkir belakang, hill-hold control dan sistem peringatan tekanan angin ban.

5. Operasi Volkswagen T-Cross 2022

Volkswagen T-Cross 2022 didukung mesin “cabe rawit”, kapasitas kecil performa menjulang

Volkswagen T-Cross 2022 didukung mesin “cabe rawit”, kapasitas kecil performa menjulang 

Volkswagen T-Cross 2022 hanya ditawarkan dengan satu pilihan mesin, yaitu 1.0L TSI. Mesin tersebut memproduksi tenaga maksimal hingga 115 ps pada 5.000-5.500 rpm dan torsi puncak yang mencapai 178 Nm pada putaran mesin 1.750 - 4.500 rpm. Menurut hasil pengujian internal Volkswagen, mobil ini mampu mencapai konsumsi bahan bakar hingga 16,44 km/liter. Tapi angka itu sebatas klaim pabrikan sehingga membutuhkan pengujian lebih lanjut untuk mendapatkan angka konsumsi bensin yang nyata sesuai kondisi pemakaian.

Karena menganut sistem penggerak roda depan, mesin dan transmisi otomatis 6-speed dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik karena energy loss menjadi minimal. Selain itu, sistem penggerak roda depan (FWD) juga dapat menghemat dimensi ruang mesin dan sekaligus memaksimalkan ukuran kabin penumpang.

6. Spesifikasi Volkswagen T-Cross 2022

Dimensi T-Cross 2022

Panjang x Lebar x Tinggi

4.221 mm x 1.760 mm x 1.612 mm

Jarak Sumbu Roda

2.651 mm

Ground Clearance

188 mm

Mesin T-Cross 2022

Tipe Mesin

TSI I-3

Kapasitas Silinder

999 cc

Tenaga Maksimal

115 ps @ 5.000 - 5.500 rpm

Torsi Maksimal

178 Nm @ 1.750 - 4.500 rpm

Transmisi

Otomatis 6-speed

Sistem Penggerak

Penggerak Roda Depan (Front Wheel Drive, FWD)

Sasis T-Cross 2022

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Twist Beam  

Rem Depan

Cakram ventilasi

Rem Belakang

Tromol

Ukuran Ban

205/55 R17

7. Kelebihan dan Kekurangan Volkswagen T-Cross 2022

Kelebihan T-Cross 2022

Kekurangan T-Cross 2022

Mesin efisien dan kuat 

Layanan purna jual masih terbatas

Gengsi mobil Eropa

Hanya ada satu varian

Harga kompetitif

 Fitur keselamatan tidak selengkap rival

Kabin lapang

 

  

 

8. Harga Volkswagen T-Cross 2022

Volkswagen T-Cross 2022 ditawarkan oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM) dengan harga Rp 488.000.000 (harga OTR DKI Jakarta, berlaku mulai April 2022, namun tidak mengikat karena dapat berubah setiap saat). Saat ini T-Cross 2022 hanya tersedia dalam satu varian (1.0 TSI) dan enam pilihan warna yang menarik antara lain Wild Cherry Red, Curcuma Yellow, Candy White, Reflex Silver, Carbon Steel Grey serta Rising Blue.

9. Video "review Volkswagen T-Cross 2022"

 

10. Kesimpulan Volkswagen T-Cross 2022

Volkswagen T-Cross 2022, sang kuda hitam dalam segmen pasar SUV kompak asal Eropa

Volkswagen T-Cross 2022, sang kuda hitam dalam segmen pasar SUV kompak asal Eropa

Kehadiran Volkswagen T-Cross 2022 menjadi sebuah kabar gembira bagi para konsumen otomotif di Indonesia yang selama ini menginginkan SUV kompak dengan gengsi dan cita rasa keasyikan mengemudi khas mobil Eropa. Berbekal dimensi bodi kompak dan mesin bertenaga, T-Cross 2022 dapat menjadi teman setia untuk mendukung mobilitas harian dalam kota. Ditawarkan dengan harga Rp 488 juta, Volkswagen T-Cross menjadi SUV Eropa yang paling kompetitif di Indonesia saat ini. Sangat mungkin menjadi kuda hitam untuk memanaskan kompetisi dalam segmen pasar SUV kompak di Indonesia.

>>>Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil terbaru yang menarik lainnya di Hargamobil.com

 

FAQ umum

1. Siapa pesaing Volkswagen T-Cross 2022?

Di Indonesia, segmen pasar SUV kompak dihuni oleh banyak pemain yang berasal dari Eropa, Jepang, Korea, seperti BMW X1, Peugeot 2008, Hyundai Creta, Kia Sonet, Toyota Raize. Dari segi performa mesin, Volkswagen T-Cross 2022 serupa dengan Toyota Raize. Sedangkan dari kelas harga, Volkswagen T-Cross 2022 bermain di segmen pasar SUV medium.

2. Mengapa harga Volkswagen T-Cross 2022 di Indonesia bisa kompetitif?

Volkswagen T-Cross yang diluncurkan di Indonesia pada awal tahun 2022 didatangkan secara utuh (CBU) dari India yang menjadi basis produksinya. Dengan demikian pajak impor menjadi lebih kompetitif dibanding CBU asal Jerman. Meski begitu, mobil

3. Berapa konsumsi bensin Volkswagen T-Cross 2022?

Mengenai konsumsi bahan bakar, pihak VW mengklaim bahwa Volkswagen T-Cross mampu menempuh jarak hingga 16,44 km untuk seliter bensin atau 16,44 km/liter.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

Harga mobil terbaru

International