Review Toyota Yaris 2006: Mobil Hatchback Dengan Model Bakpao

14/03/2019 Abdul Review Toyota

Toyota Yaris keluaran tahun 2006 merupakan mobil generasi pertama yang dipasarkan sampai tahun 2013 dan hanya mendapatkan facelift saja. Mobil masuk dalam segmen Hatchback yang cukup populer di masanya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya di review Toyota Yaris 2006.

1. PENGANTAR TOYOTA YARIS 2006

Review Toyota Yaris 2006 - Mobil Hatchback mungil besutan Toyota ini mempunyai penjualan yang sangat bagus. Rivalnya yang masuk dalam kelas sama adalah Suzuki Swift, Honda Jazz dan lainnya. Pada masa itu para anak muda menyukai Toyota Yaris sampai akhirnya di tahun 2013 terdapat perubahan total yang dilakukan. Namun dalam kondisi bekas, mobil ini masih mempunyai banyak peminat. Ada apa yang menarik dari mobil hatchback ini? Simaklah review Toyota Yaris 2006 di bawah ini.

2. EKSTERIOR TOYOTA YARIS 2006

Perlu diketahui, bahwasanya Toyota Yaris mempunyai desain yang mungil dan memiliki kepraktisan yang sangat tepat untuk dipakai di wilayah perkotaan. Selain itu bentuknya memang agak membulat dengan lekukan yang minim, memang terlihat seperti kapsul namun hal tersebut tidak masalah. Meskipun begitu, desain yang digunakan tidaklah selera semua orang karena bagi yang ingin tampilan sporty lebih memilih Honda Jazz.

Review Toyota Yaris 2006: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan  bagian  depan Toyota Yaris 2006 warna silver

Toyota Yaris tampak mungil dan banyak diminati oleh anak muda di jamannya

Pada bagian depan Toyota Yaris 2006 mempunyai bentuk mungil. Pada bagian grill masih dibuat kecil dengan logo Toyota di atasnya yang memakai aksen krom. Memang berbeda dengan mobil lain yang menggunakan grille menyambung dengan headlamp. Pada bagian bumper juga dibuat lebih menonjol dibandingkan bagian lain. Untuk headlampnya memiliki sudut di bagian atas dan juga bawahnya.

Review Toyota Yaris 2006: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Toyota Yaris 2006 warna silver

Desain yang dimiliki Toyota Yaris 2006 cukup aerodinamis

Pada bagian samping memang akan terlihat jelas desain kapsul yang dimiliki. Memang di bagian ini masih terlihat sederhana dan sangat minim lekukan. Warna yang digunakan pada gagang pembuka pintu sama dengan warna bodi. Memang tidak dipungkiri bahwa desainnya terlihat aerodinamis mulai bagian depan sampai ke belakang. Sementara untuk pelek dan ban mobil mengandalkan ukuran 185/60 R15.

Review Toyota Yaris 2006: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota yaris 2006 warna silver

Desain belakang Toyota Yaris 2006 sangat sederhana

Di bagian belakang Toyota Yaris 2006 mempunyai desain elegan dan berkesan minimalis. Selain itu telah diberikan pula wiper belakang yang dapat membantu dalam proses pembersihan kaca mobil. Memang desain yang dimiliki terlihat sederhana, namun hal tersebut tidak masalah karena sudah cukup untuk membuat mobil ini banyak diminati.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA YARIS 2006

Review Toyota Yaris 2006: Bagian Dashboard

Pada bagian interior memang tergolong unik dengan instrumen speedometer yang lokasinya berada di bagian tengah dashboard. Jika dilihat desain yang dimiliki mirip dengan Toyota Vios gen 1. Namun hal tersebut wajar katena memang kedua mobil ini saling berbagi basis yang sama. Memang bagi pengendara yang belum terbiasa akan terlihat aneh dengan hal tersebut, karena saat ingin melihat putaran mesin dan juga kecepatan haru menoleh sedikit ke bagian tengah.

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Toyota Yaris 2006 dan terlihat tangan memegang kemudi

Speedometer Toyota Yaris 2006 letaknya di tengah

Review Toyota Yaris 2006: Bagian Kabin

Pada bagian kabin terdapat ruang penyimpanan kecil yang disediakan cukup banyak. Walaupun pada bagian akomodasi memang terbilang cukup tapi menurut kami fleksibilitasnya kurang. Hal tersebut dikarenakan pengaturan yang dimiliki jok mobil terbatas. Pada bagian jok belakang masih menggunakan model pelipatan tunggal yang menjadikannya kurang fleksibel. Akan tetapi hal tersebut tertutupi dengan penggunaan suspensi yang cukup nyaman sehingga pengemudi dan penumpang terasa nyaman saat berada di dalam Toyota Yaris keluaran 2006.

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Toyota Yaris 2006 yang terlihat luas

Bagasi mobil Toyota Yaris cukup luas sekelas mobil Hatchback

Review Toyota Yaris 2006: Bagian Bagasi

Pada bagian bagasi Toyota Yaris 2006 cukup impresif. Mengingat mobil ini masuk dalam jajaran Hatchback yang umumnya memiliki bagasi kecil. Di bagian ini juga merupakan tempat penyimpanan roda cadangan. Untuk menemukannya sobat bisa membuka lantai dari bagasi mobil. Jika ingin mempunyai ruang lebih maka jok bagian belakang dapat dilakukan pelipatan.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA YARIS 2006

Berbicara masalah fitur tentunya hal ini menjadi salah satu yang banyak menjadi dipertimbangkan saat beli mobil. Dengan fitur yang lengkap, kenyamanan serta keamanan menjadi lebih terjamin. Berkaitan dengan hal tersebut, Toyota Yaris telah dibekali beragam fitur mumpuni seperti power window yang diberikan pada semua pintunya. Untuk kesejukan kabin telah diberikan kabin dengan pengiperasian analog. Ditambah lagi adanya 6 buah speaker yang dapat memberikan suara maksimal.

Gambar ini menunjukkan fitur Toyota Yaris 2006 yang terdapat pada dashboard mobil

Beberapa fitur disematkan untuk mendukung kenyamanan berkendara

Selain beberapa fitur  tersebut, terdapat juga fitur lainnya seperti power door lock dan juga engine start/stop button yang diberikan pada tipe S A/T saja. Pada tipe ini juga diberikan steering wheel audio control untuk memudahkan pengendara dalam mengoperasikan fitur hiburan. Untuk mendukung keselamatan pihak Toyota telah memberikan sistem pengereman dengan fitur ABS (Anti Lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution).

>>> Inilah Dampak Positif Dan Negatif Modifikasi Busi

5. OPERASI TOYOTA YARIS 2006

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Yaris 2006

Mesin Toyota Yaris 2006 terkenal sangat bandel

Berlanjut ke bagian performa, yang mana untuk mesin Toyota Yaris 2006 mengandalkan 1.5 L 1NZ-FE yang terkenal tangguh seperti yang dipakai oleh Vios. Selain sangat handal, dengan menggunakan mesin tersebut juga bisa membuat irit bahan bakar. Untuk tenaga maksimal yang dihasilkan dengan mengandalkan mesin tersebut adalah 107 Hp/6.000 Rpm dan torsi maksimalnya mencapai 142 Nm/4.200 Rpm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

>>>  Tips Menjual Mobil Dalam Masa Kredit Dengan Sistem Beli Putus

6. SPESIFIKASI TOYOTA YARIS 2006

Berikut ini adalah informasi tentang spesifikasi Toyota Yaris 2006.

DIMENSI

Panjang

3750 mm

Lebar

1695 mm

Tinggi

1530 mm

Wheelbase

2460 mm

Ground Clearance

140 mm

Curb Weight

1055 kg

Ukuran Ban dan Velg

185/60 R15

MESIN

Tipe

1.5L 1NZ-FE DOHC VVT-i

Konfigurasi Mesin

4 in-line cylinder, 16 valve

Rasio Kompresi

10.5:1

Tenaga Maksimal

107 HP @6000 rpm

Torsi Maksimal

142 Nm @4200 rpm

Fuel

Gasoline (RON 91)

Fuel System

EFI

Konsumsi BBM

9-12 km/l (dalkot) dan 11-14 km/l (lukot)

HANDLING & SUSPENSI

Suspensi Depan

Independent MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Rigid Axle with Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA YARIS 2006

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mesin bandel

Kabin kurang lega

Konsumsi BBM efisien

Peredaman kurang

Sparepart melimpah

Instrumen di tengah terasa aneh bagi yang tidak terbiasa

Perawatan mudah dan tergolong murah

Transmisi matic konvensional

Cukup nyaman

 

Handling cukup baik

 

Mesin responsif

 

Mesin bandel

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA YARIS 2006

Harga Toyota Yaris 2006 hanya tersedia dalam kondisi bekas. Penjualannya antara tahun 2006 sampai 2013 kemudian diganti dengan model terbaru. Berikut ini adalah daftar harga mobil Toyota Yaris dalam kondisi bekas.

MODEL

TAHUN

HARGA

Toyota Yaris

2006 - 2008

Rp.69 juta - Rp. 120 juta

Toyota Yaris

2009-2010

Rp. 80 juta- Rp. 160 juta

Toyota Yaris

2011 - 2013

Rp. 90 juta - Rp. 170 juta

Nb. Harga di atas bisa saja berbeda dengan di wilayah sobat. Pengaruh lain yang dapat membuat perbedaan adalah kondisi mobil. Jika berniat membeli mobil bekas Toyota Yaris klik sini saja.

9. VIDEO TOYOTA YARIS 2006

10. KESIMPULAN TOYOTA YARIS 2006

Mobil Toyota Yaris keluaran tahun 2006 merupakan generasi pertama dari Yaris. Kendaraan ini masuk dalam segmen Hatchback dan dikenal juga sebagai Yaris bakpao. Tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan, tapi dari segi bentuk memang seperti makanan bakpao. Pada masa penjualan yaitu antara 2006 sampai 2013 tidak ada pembaruan model. Hanya saja terdapat facelift yang diberikan oleh pihak Toyota untuk keutuhan para konsumennya.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer