Review Toyota Vios 2018, Harga dan Spesifikasi Lengkap

25/05/2018 Handy Goeyana Review Toyota

Pada April 2018 kemarin PT. Toyota Astra Motor merilis Toyota Vios 2018 tanpa selebrasi besar-besaran. Mengusung desain terbaru, diharapkan mobil ini dapat meramaikan penjualan pasar sedang yang sedang lesu-lesunya.

1. PENGANTAR

gambar toyota vios 2018

Toyota Vios 2018 yang diluncurkan di Indonesia

Review Toyota Vios 2018 - Sebelumnya Toyota Vios 2018 sudah diperkenalkan dan diluncurkan di luar Indonesia dan fitur-fiturnya jauh lebih lengkap. Mengingat mobil sedan selalu diberi pajak yang cukup tinggi, maka fitur-fitur pelengkap yang ada pada mobil ini dipangkas dan disesuaikan agar bisa memiliki harga yang tidak terlalu mahal dan mampu mendongkrak penjualan sedan di Tanah Air. Review Toyota Vios 2018 secara lengkap oleh hargamobil.com akan dijabarkan di bawah ini.

2. EKSTERIOR

Jika dilihat secara sekilas, desain eksterior Toyota Vios 2018 terlihat sama seperti Toyota Yaris meskipun sebenarnya banyak yang berbeda mulai dari dimensi hingga penempatan aksesori.

  • Desain Bagian Depan

gambar bagian depan toyota vios 2018

Bagian depan Toyota Vios 2018 yang terlihat lebih sporty

Bagian depan Toyota Vios 2018 menggunakan head lamp yang dilengkapi dengan proyektor yang didesain menyipit. Gril bagian depan berukuran kecil namun di bagian bumper depan diberikan lubang udara yang memiliki banyak garis dan berukuran cukup besar. Fog lamp yang dipasang di bezel hitam berbentuk seperti air mata memberikan kesan sporty pada mobil ini.

  • Desain Bagian Samping

gambar bagian samping toyota vios 2018

Bagian samping Toyota Vios 2018 yang terlihat elegan dan dinamis

Bagian samping Toyota Vios 2018 terlihat dinamis berkat lekukan body yang begitu aerodinamis dan terlihat elegan berkat gagang pintu yang dilapisi dengan aksen krom. Tidak lupa penggunaan pelek alloy berukuran 15 inci (16 inci untuk tipe G) yang menguatkan kesan sporty pada mobil ini.

  • Desain Bagian Belakang

gambar bagian belakang toyota vios 2018

Bagian belakang Toyota Vios 2018 yang terlihat lebih elegan

Bagian belakang Toyota Vios 2018 memiliki rear combination stop lamp yang didesain menyipit dan memanjang hingga ke pintu bagasi mobil. Selebihnya diberi tonjolan yang terlihat seperti roof rail dan reflektor di bagian bumper belakang yang membuat mobil ini terlihat sporty.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR

Berbeda dengan versi luar negeri yang sudah diluncurkan duluan, desain interior Toyota Vios 2018 didesain begitu sederhana namun tetap terlihat modern karena disematkan fitur-fitur penunjang yang akan memberikan kenyamanan dalam ruang kabin.

  • Dashboard dan Setir

gambar dashboard dan setir toyota vios 2018

Bagian dashboard dan setir Toyota Vios 2018 yang cukup stylish

Bagian dashboard Toyota Vios 2018 berbeda dengan varian yang diperkenalkan di luar negeri dimana bagian dashboard ini menggunakan material plastik dan sedikit aksen silver serta menggunakan perpaduan warna hitam dan beige. Di bagian tengah terdapat head unit berupa layar sentuh berukuran 7 inci yang memiliki fitur hiburan seperti CD/DVD Player, Radio AM/FM, USB Port, dan Bluetooh Connectivity.

Tidak lupa mobil ini dibekali dengan AC with Auto Climate Control yang sudah ditampilkan secara digital dan mengatur suhu dalam kabin mobil secara otomatis. Terdapat tombol pergantian mode seperti ECO Mode yang akan membuat kendaraan menjadi lebih irit bahan bakar dan Sporty Mode untuk sensasi berkendara yang sporty. Tombol Start/Stop juga disertakan untuk memudahkan pengoperasian mobil ini dengan satu sentuhan saja.

Di bagian setir mobil ini terdapat Audio Steering Wheel yang akan memudahkan pengemudi untuk mengatur pilihan tanpa harus melepas setir kemudi. Setir mobil ini dibalut dengan kulit dan ditambahkan paddle shift untuk menunjang sensasi berkendara.

  • Kursi

gambar susunan kursi toyota vios 2018

Susunan kursi 2 baris pada Toyota Vios 2018

Kursi Toyota Vios didesain 2 baris dan mampu menampung hingga 5 orang penumpang. Berbeda dengan negara lain yang menggunakan fabric berwarna hitam dengan jahitan benang merah, versi Indonesia hanya menggunakan fabric berwarna beige. Tetapi penggunaan material berkualitas pada kursi ini sudah cukup nyaman untuk diduduki.

  • Bagasi

gambar bagasi toyota vios 2018

Bagian bagasi Toyota Vios 2018

Bagasi Toyota Vios 2018 berukuran cukup luas yakni 506 liter yang mampu menampung tiga koper berukuran besar.

>>> Mungkin anda tertarik:

4. FITUR

  • Fitur Keselamatan

gambar fitur airbag toyota vios 2018

Fitur airbag pada Toyota Vios 2018

Untuk fitur keselamatan pada Toyota Vios 2018 dimulai dari sistem pengereman pada mobil yang menggunakan sistem ABS, EBD, dan BA sehingga akan memberikan performa pengereman secara maksimal. Tidak lupa ada fitur Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist yang memudahkan anda untuk menjaga kontrol mobil saat berada di jalanan tertentu. Selain itu ada Complete SRS Airbag yang akan menjaga pengemudi dan penumpang terhindar dari resiko cedera serius ketika terjadi benturan.

  • Fitur Keamanan

Fitur keamanan yang disematkan pada mobil ini berupa Immobilizer with Keyless Entry yang terintegrasi dengan Anti Theft System agar mobil anda tetap aman ketika sedang tidak digunakan.

>>> Untuk mengetahui harga mobil lainnya, silahkan klik disini

5. OPERASI

gambar mesin toyota vios 2018

Bagian mesin Toyota Vios 2018

Mesin yang digunakan Toyota Vios 2018 sama dengan Toyota Yaris, menggunakan mesin 2NR-FE 4 silinder segaris 16 katup DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 107 Ps pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal sebesar 140 Nm pada putaran 4.200 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini akan disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan tranmisi otomatis CVT 7 percepatan.

>>> Klik disini untuk melihat review mobil Toyota lainnya

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Toyota Vios 2018 bisa dilihat di bawah ini.

Mesin Toyota Vios 2018

Tipe Mesin

2NR-FE 4 silinder segaris 16 katup DOHC, Dual VVT-i

Kapasitas

1.496 cc

Diameter x Langkah

72,5 x 90,6 mm

Tenaga Maksimum

107 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

140 Nm / 4.200 rpm

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Dimensi Toyota Vios 2018

Panjang

4.425 mm

Lebar

1.730 mm

Tinggi

1.500 mm

Jarak Poros Roda

2.550 mm

Suspensi dan Kaki-Kaki Dimensi Toyota Vios 2018

Power Steering

Rack and Pinion, Electric Power Steering With Tilt

Transmisi

5-Speed M/T dan 7-Speed CVT

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

14″ Ventilated Disc (tipe E), 15″ Ventilated Disc (Tipe G)

Rem Belakang

Drum (Tipe E), 15″ Solid Disc (Tipe G)

Ukuran Ban

185/60 R15 (Tipe E), 195/50 R16 (Tipe G)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios 2018 bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior begitu sporty

Harga dan pajak cukup tinggi

Hemat bahan bakar

Desain dan material interior biasa saja

Sensasi berkendara

 

Fitur penunjang cukup lengkap

 

8. DAFTAR HARGA

Daftar harga Toyota Vios 2018 bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Tipe

Harga

Toyota Vios E M/T

Rp 291.000.000,-

Toyota Vios E CVT

Rp 304.100.000,-

Toyota Vios G M/T

Rp 309.900.000,-

Toyota Vios G CVT

Rp 326.000.000,-

*catatan: harga bisa berubah sewaktu-waktu

9. VIDEO

Sebagai penutup ulasan, kami sertakan video tentang Toyota Vios 2018 dibawah ini.

10. KESIMPULAN

Jika Toyota Vios betul-betul memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap, maka sudah pasti harganya pun dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Belum lagi ditambah dengan pajak yang juga tinggi sehingga peminatnya menjadi berkurang, meskipun tetap ada yang menyukai mobil ini karena lebih mementingkan esensi kemewahan mobil ini. Tetapi secara keseluruhan, penyesuaian yang diberikan pada mobil ini sudah cukup baik dimulai dari desain bodi mobil yang begitu segar dan diberi fitur-fitur penunjang yang cukup lengkap.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer