Review Toyota Vios 2007 : Generasi Kedua Toyota Vios, Fitur Keselamatan Meningkat Signifikan

28/04/2019 Fatchur Sag Review Toyota

Kepopuleran mobil Toyota Vios generasi pertama akhirnya terhenti di tahun 2007, setelah produsen memutuskan menghentikan produksinya. Namun kedigdayaan Vios dilanjutkan oleh Toyota dengan merilis generasi keduanya. Dengan mengusung konsep yang mirip dengan generasi pertama – murah, perawatan mudah, suku cadang dimana-mana, dan tenaga besar – membuat generasi kedua dari Vios juga disukai. Simak review Toyota Vios 2007 berikut ini:

1. PENGANTAR TOYOTA VIOS 2007

Review Toyota Vios 2007 - Setelah sukses mempopulerkan mobil sedan Toyota Vios 2003 atau Toyota Vios generasi pertama, Toyota melanjutkannya dengan mengeluarkan generasi kedua. Jenis mobil sedan ini diproduksi tahun 2007 hingga 2013. Letak perbedaan utama Toyota Vios generasi pertama dan generasi kedua terdapat pada sisi eksterior depan (gril) maupun belakangnya (sayap di pintu bagasi).

Foto Toyota Vios 2003 - generasi pertama Vios

Toyota Vios Generasi Pertama, diluncurkan tahun 2003

Sementara itu, Toyota generasi kedua yang dirilis di kawasan Asia Tenggara tidak sama dengan Indonesia. Untuk kawasan Asia Tenggara lainnya, bentuk bodi mobil Toyota Vios generasi kedua menyerupai Toyota Yaris. Untuk Indonesia, Toyota mengeluarkan tiga varian untuk brand Toyota Vios 2007, yaitu varian G (manual), E (manual),dan G AT (otomatis / manual).

Foto Toyota Vios 2007 - generasi kedua Vios yang nampak lebih menarik

Toyota Vios Generasi Kedua, diluncurkan tahun 2007

Untuk saat ini, mobil Toyota Vios generasi kedua tidak ada yang baru. Jadi, ketika tertarik membeli, Anda hanya bisa membeli mobil bekasnya. Dengan usia lebih dari 10 tahun, bagaimana kondisi mobil Vios generasi kedua ini? Apakah masih mumpuni seperti Vios generasi pertama? Untuk lebih jelasnya, mari baca review Toyota Vios 2007 berikut ini.

2. EKSTERIOR TOYOTA VIOS 2007

Sebagaimana kami sebutkan diatas, generasi kedua Vios mengalami perubahan signifikan di bagian eksteriornya. Anda dapat dengan mudah membedakan antara mobil Vios generasi I dengan mobil Vios generasi kedua. Namun, kami akan memberikan deskripsinya langsung kepada Anda dibawah ini.

Review Toyota Vios 2007 : Bagian Depan

Foto bagian depan Toyota Vios 2007 - lebih dinamis dibanding generasi sebelumnya

Bagian depan Toyota Vios 2007 mirip orang tersenyum

Hal pertama yang pasti akan membuat Anda tertarik adalah bagian grill mobil Toyota Vios 2007 ini. Bagaimana tidak? Gril mobil ini cukup lebar, sekitar 3/4 dari total lebar mobil. Bentuk grill ini juga berbeda dengan generasi I nya, dimana mirip benar dengan bibir tersenyum dengan frame beraksen krom. Logo Toyota ada di bagian luar, tapi persis di tengah-tengahnya.

Grill tidak menyatu dengan lampu depan dan lampu sein. Ini menciptakan ruang yang cukup indah jika dipandang berlama-lama. Lampu fog terletak persis di bawah lampu depan utama. Selain gril dan lampu, hal yang menarik adalah bagian bumper. Tidak seperti Vios generasi pertama, bagian bumper menyatu dengan bagian atas generasi kedua Toyota Vios ini. Sehingga menyatu dengan pintu kap mesin secara langsung. Sedangkan, pintu kap mesin akan ditemukan urat untuk menunjukkan kesan kokoh, tapi tampaknya tidak berhasil dilakukan.

Review Toyota Vios 2007 : Bagian Samping

Tampilan samping Toyota Vios 2007

Bagian sampingnya, Toyota Vios 2007 terkesan lebih besar

Sisi samping mobil Toyota Vios 2007 ini telah ditambahkan dengan bodykit. Hal ini membuat mobil ini terlihat lebih trendi dan bergaya. Frame besar di bagian berwarna senada dengan warna dasar mobil kini ada dua – di bagian tengah dan di bagian bawah. Di sisi samping, Anda juga akan melihat velg 15 inci dan ban dengan spesifikasi 185/55 R15 ikut menambah manis.

Review Toyota Vios 2007 : Bagian Belakang

Foto Toyota Vios 2007 dari arah belakang, banyak yang berubah dari generasi sebelumnya

Bagian belakang Toyota Vios 2007, garis pintu bagasi lebih melengkung

Bagaimana dengan bagian belakang mobil Toyota Vios 2007 atau Vios generasi kedua ini? Bentuk bodi belakang sedikit lebih bulat atau boxy dibanding generasi sebelumnya? Didukung dengan bumper yang sangat rapi dan menyatu dengan pintu bagasi membuat tampilan belakang mobil ini terlihat menarik.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA VIOS 2007

Meskipun bagian interior Toyota Vios generasi kedua memiliki pengembangan dari generasi pertama, tapi tetap saja tidak ada perubahan berarti dari sisi material. Hal ini disebabkan segmen Toyota Vios memang menyasar pengguna mobil dari kalangan menengah kebawah. Inilah informasi interior Toyota Vios 2007.

Review Toyota Vios 2007 : Bagian Kabin

Foto Interior Toyota Vios 2007 muat 5 orang

Interior Toyota Vios 2007 lebih nyaman dinaiki 4 orang

Pada dasarnya ruang kabin cukup lega jika memuat maksimal 4 orang. Namun jika diisi oleh 5 orang, hal itu akan tampak penuh sesak. Dan, Anda jangan berharap bisa menemukan hal-hal istimewa di bagian kabin. Semua masih serba sederhana, tapi nyaman.

Review Toyota Vios 2007 : Bagian Dashboard dan Setir

Foto Interior Toyota Vios 20017 nampak lebih mewah

Speedometer Toyota Vios 2007 tidak terpasang di depan pengemudi

Toyota Vios generasi kedua mirip dengan generasi pertama. Semua perangkat elektronik – AC, musik, radio, lampu hazard – berada di tengah-tengah dashboard. Ini termasuk speedometer. Bedanya, speedometer dipasang lurus, tak lagi menghadap ke arah pengemudi.

Sementara itu, dashboard dari mobil generasi kedua ini mengusung warna two-tone black on beige dan tambahan warna silver di bagian pengatur AC dan head unit. Tombol-tombol pengatur Toyota Vios cukup lengkap, yaitu steering wheel audio control, engine start / stop button, electric retractable mirror, keyless entry, dan MID.

Review Toyota Vios 2007 : Bagian Kursi atau Jok

Foto Kursi Toyota Vios 2007 lebih mewah dari model sebelumnya

Jok Toyota Vios 2007 terbuat dari bahan pilihan di zamannya

Bagian kursi atau jok Toyota Vios 2007 mirip benar dengan Vios generasi pertama. Kualitasnya ada di tengah-tengah – tidak istimewa, tapi juga tidak buruk. Kursi yang disediakan dapat menampung sekitar 4-5 orang. Namun, jika Anda memasukkan 5 orang dewasa di dalamnya, maka bisa disebut memaksakan, karena idealnya kapasitas total hanya 4 orang.

Review Toyota Vios 2007 : Bagian Bagasi

Foto Bagasi Toyota Vios 2007 yang tampak lega dan lapang

Bagasi Toyota Vios 2007 cukup lapang untuk menampungbarang bawaan

Toyota Vios generasi kedua 2007-2013 memiliki kapasitas ruang bagasi yang lumayan lega. Daya tampung ruang bagasi ini mirip dengan generasi I nya, masih sanggup membawa beberapa barang besar untuk diletakkan di sana.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR TOYOTA VIOS 2007

Sebagai generasi kedua, Toyota Vios 2007 telah dibekali dengan fitur keselamatan dan kenyamanan yang lebih baik daripada generasi pertamanya. Hal ini tentu akan memanjakan para penggunanya. Nah, ada fitur apa saja yang tersedia dalam Toyota Vios generasi kedua?

Review Toyota Vios 2007 : Fitur Keselamatan

Foto Setir Toyota Vios 2007 yang sudah dilengkapi Airbag

Fitur keselamatan Toyota Vios 2007 lebih baik dibanding Toyota Vios 2003 atau generasi pertama

Fitur keselamatan yang diusung Toyota Vios 2007 sudah lebih baik ketimbang generasi pertamanya. Setidaknya fitur-fitur yang sebelumnya belum tersedia kini telah ada, seperti airbag, sensor parkir, dan immobilizer (sistem ini memungkinkan mobil tidak bisa menggunakan kunci duplikasi sembarangan). Selain ketiga fitur keselamatan itu, Vios generasi kedua juga sudah dibekali dengan fitur keselamatan standar, seperti EBD (Electronic Brake-force Distribution), Brake Assist, dan ABS (Anti-lock Braking System).

Review Toyota Vios 2007 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto AC Toyota Vios 2007

Toyota Vios 2007 sudah dilengkapi fitur kenyamanan yang lebih baik

Bagaimana dari sektor kenyamanan dan hiburan? Bisa dikatakan, fitur kenyamanan dan hiburan yang diusung Toyota Vios generasi kedua memiliki perkembangan dibanding generasi sebelumnya. Anda akan menemukan head unit yang terletak di bagian tengah, ditambah AC dan lain-lain. Meskipun secara fungsional belum ada perubahan berarti.

>>> Promo terbesar saat membeli mobil Toyota Vios, klik untuk simak informasi lebih detil

5. OPERASI TOYOTA VIOS 2007

Toyota Vios 2007 masih memakai mesin yang sama seperti generasi pertama, yaitu mesin 1NZ-FE dengan kapasitas 1500 cc. Dimana mesin ini dapat dipacu untuk menghasilkan 107 tenaga kuda di putaran 6000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm di putaran 4200 rpm.

Foto Mesin Toyota Vios 2007 dengan teknologi VVT-i

Tenaga Toyota Vios 2007 berasal dari mesin 1NZ-FE berkapasitas 1.500 cc

Tenaga dan torsi yang dihasilkan diarahkan ke roda depan lewat sistem transmisi manual (5 percepatan) dan otomatis (4 percepatan). Tidak begitu sama dengan milik generasi pertama, Toyota Vios 2007 memakai sistem throttle by wire tanpa kabel gas. Sementara, transmisi otomatisnya memakai sistem Super-ECT yang mampu membuat pergantian gir menjadi lebih mulus di jalanan tanjakan atau turunan.

Toyota Vios 2007 akan terasa lebih lambat dalam urusan akselerasi dibandingkan Vios generasi pertama. Anda yang pernah menjajal Vios generasi pertama pasti akan merasakan perbedaannya. Hal ini terjadi karena pedal gas Toyota Vios generasi kedua diatur secara elektronik. Anda dapat mengatasi hal ini dengan mengaplikasi throttle controller di bagian pedal gas.

>>> Review Toyota Camry 2006: Mobil Sedan Premium Harga Terjangkau

6. SPESIFIKASI TOYOTA VIOS 2007

DIMENSI

Panjang

4.300 mm

Lebar

1.700 mm

Tinggi

1.460 mm

Wheelbase

2.550 mm

Ground Clearance

140 mm

MESIN

Jenis

1.5L 1NZ-FE DOHC VVT-i 4 in-line cylinder, 16 valve

Isi silinder

1497  cc

Daya maksimum

107Hp @ 6,000rpm

Torsi maksimum

142Nm @ 4,200rpm

Bahan bakar

Bensin

Sistem bahan bakar

Multi-point injection

Transmisi

Manual 5-Percepatan, Otomatis 4-Percepatan

SASIS DAN KAKI-KAKI

Drive Train

Front Wheel Drive

Sistem Kemudi

Rack & Pinion with Tilt Steering

Suspensi depan

Independent MacPherson Strut

Suspensi belakang

Torsion Beam

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Drum

Ban

185/55 R15

Pelek

15 Inch Alloy

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA VIOS 2007

Toyota Vios 2007 atau generasi kedua diproduksi dan dipasarkan dalam rentang enam tahun antara tahun 2007-2013. Setelah 6 sampai 12 tahun lalu, apa kelebihan dan kekurangan mobil ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mobil Vios generasi kedua ini memiliki mesin yang cukup responsif.

Pada putaran tinggi, mobil ini memiliki suara mesin yang kasar.

Sistem bahan bakar masih super duper irit seperti generasi pertama.

Mobil akan terasa limbung ketika melakukan manuver.

Secara keseluruhan tampilan eksteriornya lebih elegan, kecuali bagian moncong depan.

Kualitas bahan-bahan interior terkesan murahan.

Interior yang terdapat di bagian dalam cukuplah memberi kenyamanan semua orang.

Moncong depan lebih bagus Vios generasi pertama.

Suku cadang juga mudah ditemukan.

Mobil ini masih memiliki citra sebuah taksi.

Biaya perawatan juga murah.

Panel speedometer ditengah, terasa aneh bagi yang belum terbiasa

8. DAFTAR HARGA TOYOTA VIOS 2007

Versi baru dari Toyota Vios 2007 sudah tidak lagi dijual. Namun versi bekasnya masih bisa Anda temukan di berbagai situs jual beli mobil dengan harga yang cukup bervariatif mulai dari Rp 60.000.000 hingga Rp 90.000.000. Harga tersebut hanya referensi yang tertera di salah satu situs jual beli mobil dan bukan harga paten. Harga riilnya bisa berbeda tergantung faktor yang mempengaruhi seperti kondisi mobil, jarak tempuh, riwayat perawatan dan sebagainya.

9. VIDEO TOYOTA VIOS 2007

10. KESIMPULAN TOYOTA VIOS 2007

Anda tertarik dengan mobil Toyota Vios 2007? Sebelum itu, izinkan kami memberikan kesimpulan kepada Anda. Secara keseluruhan, Toyota Vios generasi kedua (2007-2013) memiliki penampilan eksterior yang jauh lebih baik ketimbang sebelumnya. Namun bagian dalamnya (interior), Anda takkan menemukan perbedaan berarti, kecuali penambahan airbag, sensor parkir, dan immobilizer.

Dari sektor mesin, Anda hanya akan menemukan sedikit keterlambatan akselerasi dari mobil Toyota Vios generasi kedua ini, meskipun masih tetap responsif. Namun dari sisi usia, mobil ini menang jauh dibandingkan mobil Vios generasi petama. Itulah kesimpulan yang bisa kami buat. Sisanya, kembali pada Anda, apakah mau membeli mobil yang identik dengan armada taksi ini?

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer