Review Toyota Vios 2003 : Generasi Pertama Vios Yang Minim Fitur Keselamatan

26/04/2019 Fatchur Sag Review Toyota

Sejak tahun 1995, Toyota telah mempopulerkan mobil sedan di Indonesia dengan merilis brand Soluna, namun produksi mobil untuk brand ini dihentikan tahun 2003. Sebagai gantinya, pada tahun yang sama, Toyota mengeluarkan brand sedan baru, yaitu Vios Gen I. Mobil sedan dengan harga murah ini memiliki banyak kelebihan, namun ada kekurangan cukup berarti yakni masih minim fitur keselamatan. Lebih lengkapnya, silahkan baca review Toyota Vios 2003 berikut ini.

1. PENGANTAR TOYOTA VIOS 2003

Foto Toyota Soluna 2000 diparkir pemiliknya di pinggir jalan

Toyota Soluna yang kelak menjadi Toyota Vios hingga sekarang

Review Toyota Vios 2003 - Toyota merilis Vios 2003 generasi pertama ini dirilis dalam tiga varian yang tersebar di beberapa kawasan – Asia Tenggara, Filipina, dan Cina. Ketiga varian ini berbeda dari sisi mesin dan segmen. Untuk pasar Cina, Toyota Vios gen I hadir dengan mesin 1300 cc 8A-FE dan 1500 cc 5A-FE. Kemudian, untuk pasar Filipina, Vios 2003 gen I hadir dengan mesin 1300 cc 2NZ-FE, dan terakhir untuk kawasan Asia Tenggara – termasuk Indonesia – mobil Toyota Vios generasi pertama dihadirkan dengan 1500 cc 1NZ-FE.

Saat ini, Toyota Vios generasi pertama sudah tidak diproduksi. Terakhir kali diproduksi dalam rentang tahun 2003-2007. Karena sudah tidak diproduksi, di pasaran Anda hanya bisa membeli mobil bekasnya saja. Nah, Anda tertarik membeli mobil bekas yang kisaran usianya mencapai 12-16 tahun? Baca terlebih dahulu review Toyota Vios 2003-2007 (generasi pertama) supaya Anda memiliki gambarannya. Mari kami bedah bagian per bagian secara detail kepada Anda.

2. EKSTERIOR TOYOTA VIOS 2003

Desain eksterior generasi pertama dari Toyota Vios ini jauh lebih segar dibandingkan Toyota Soluna. Dengan panjang total mencapai 4,4 meter, secara keseluruhan desain eksteriornya berhasil membuat tampilan mobil ini sangat menarik dan elegan.

Review Toyota Vios 2003 : Bagian Depan

Foto Toyota Vios 2003 tampak dari depan

Wajah Toyota Vios 2003 lebih cantik dibanding Toyota Soluna model terakhir

Meskipun berbodi mini, bagian depan mobil Toyota Vios sangatlah cantik. Anda akan menemukan moncong mobil yang dipadu dengan lampu depan dan lampu sein yang besar. Di tengah-tengah antara lampu depan dan lampu sein, Anda akan menemukan grill berbentuk V dengan frame hitam berlubang-lubang. Bagian tengah gril ini terdapat logo Toyota sebagai produsen brand Vios ini. Hal lain yang bisa diciptakan Toyota adalah semua keapikan ini dipadukan dengan kerapian antar-sambungan body, bumper, dan pintu kap mesin.

Review Toyota Vios 2003 : Bagian Samping

Foto Toyota Vios 2003 dari arah samping

Ada list tebal pada bagian pintu Toyota Vios 2003

Di bagian samping Toyota Vios, Anda akan menemukan sisi samping yang mulus dari depan sampai belakang. Sisi ini diberi dobel lis tebal di bagian pintunya beraksen senada dengan mobil. Pada keempat roda, Anda akan menemukan velg berukuran 14 inci dan roda dengan besaran 175/65 R14.

Review Toyota Vios 2003 : Bagian Belakang

Tampilan belakang Toyota Vios 2003

Bagian belakang Toyota Vios 2003 punya tatanan sederhana namun elegan

Sementara di bagian belakang Toyota Vios, Anda akan menemukan moncong belakang khas mobil berjenis sedan pada umumnya. Bentuk bagian ini tidak berlebihan. Anda akan menemukan logo Toyota di bagian pintu bagasi, merek brand Vios sebelah kanan, dan serinya di sebelah kiri. Sama seperti bagian depan, pada bagian belakang ini Anda akan menemukan kerapian antar-sambungan body, bumper belakang, dan pintu bagasi.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA VIOS 2003

Sebagai mobil yang menyasar segmen kelas menengah kebawah, Toyota Vios 2003-2007 generasi satu ini memiliki desain interior yang biasa-biasa saja. Anda dapat membaca bedahan bagian interior satu per satu dari penjelasan berikut ini – kabin, dashboard & setir, kursi / jok, dan bagasi. Lebih jelasnya, silahkan Anda membaca review interior Toyota Vios 2003 berikut ini.

Review Toyota Vios 2003 : Bagian Kabin

Foto Toyota Vios 2003 pintu terbuka di baris depan

Toyota Vios 2003 tidak cocok disebut mobil keluarga

Bagian kabin dari Toyota Vios 2003-2007 cukup sempit. Kapasitasnya hanya bisa memuat 5 orang (4 penumpang, 1 pengemudi), namun itu dalam kondisi memaksa. Idealnya ruang kabin hanya bisa menampung 4 orang (3 penumpang, 1 pengemudi). Selain itu, desain bagian interior kabin juga biasa-biasa saja, jika menilik dari kualitas bahannya.

Review Toyota Vios 2003 : Bagian Dashboard dan Setir

Foto Dashboard Toyota Vios 2003

Belum zamannya digital, pengaturan fitur pada Toyota Vios 2003 masih menggunakan tombol dan kenop

Toyota menempatkan head unit, AC, saklar lampu hazard, dan speedometer (versi digital hanya ada di trim level G), di bagian tengah dashboard dan setir. Hal ini tentunya membuat kikuk dan membuat konsentrasi pengemudi menjadi berkurang sebentar. Lebih-lebih semua pengaturan ini harus dilakukan secara manual. Namun, Toyota cukup cerdik dengan meletakkan semua pengaturan dalam satu area, sehingga sangat gampang dihafal. Begitu menguasainya, kami rasa pengemudi takkan mengalami kesulitan berarti.

Bahan pembuat dashboard dan setir tidaklah istimewa, hanya plastik. Setir pun tidak dibungkus apa-apa, sehingga terkesan biasa. Ya, tidak perlu berharap apa-apalah dari bagian ini selain yang standar-standar.

Review Toyota Vios 2003 : Bagian Kursi atau Jok

Foto Kursi Toyota Vios 2003 untuk penumpang belakang

Kursi belakang bakal lebih sempit jika dipaksakan muat 3 penumpang

Bagian kursi atau jok dari Toyota Vios 2003 generasi pertama tidak spesial. Namun, yah, cukuplah untuk disebut tidak buruk tapi juga tidak baik. Ada di tengah-tengahnya. Jumlah orang yang bisa ditampung oleh kursi / jok sebenarnya hanya 4 orang dewasa, tapi jika sedikit dipaksakan juga bisa memasukkan 5 orang dewasa.

Review Toyota Vios 2003 : Bagian Bagasi

Foto Bagasi Toyota Vios 2003 yang lumayan lapang untuk barang bawaan ringan

Bagasi lapang cukup untuk menampung barang bawaan keluarga

Sebagaimana mobil berjenis sedan lainnya, Toyota Vios generasi satu memiliki ruang bagasi yang cukup lega. Beberapa barang besar bisa dibawa dengan sangat mudah. Namun, jika Anda membandingkannya dengan Honda City, ruang bagasi Toyota Vios kalah luas.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR TOYOTA VIOS 2003

Tentu saja, Anda tidak bisa menggunakan kacamata kekinian untuk mengukur fitur keselamatan yang dimiliki Vios generasi pertama ini. Apalagi Anda membandingkannya dengan All New Toyota Vios yang belakangan ini hadir di pasaran pecinta otomotif.

Review Toyota Vios 2003 : Fitur Keselamatan

Foto Setir Toyota Vios 2003 tanpa airbag di bagian tengahnya

Dibanding zaman sekarang, Toyota Vios 2003 sangat minim fitur keselamatan, bahkan airbag pun belum ada

Fitur yang disematkan pada Vios cukup standar untuk mobil seusianya. Untuk rem, Toyota menyematkan cakram di rem depan dan tromol di rem belakang – masih cukuplah untuk melakukan pengereman secara mumpuni di masanya. Sementara seat belt standar tanpa teknologi apa-apa sudah diterapkan sebagai sistem keselamatan orang-orang di dalam ruang kabin. Kedua fitur tersebut makin terasa minim ketika Anda mendengar bahwa mobil ini belum memiliki airbag, fitur anti benturan, tidak ada sistem pengereman ABS, tidak ada Stability Control dan lain-lain.

Jika mobil minim fitur keselamatan seperti ini dijual sekarang, maka takkan ada seorang pun yang bakalan melirik. Bahkan, bukan tidak mungkin mobil ini ditarik oleh ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek). Walaupun minim fitur keselamatan, Toyota Vios ini mampu menghadirkan sesuatu yang lain – pas dengan selera pecinta mobil sedan.

Review Toyota Vios 2003 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto pemutar musik dan AC pada Toyota Vios 2003 tanpa head unit

Pemutar musik dari Pioneer siap menemani perjalanan para penumpang

Toyota Vios generasi pertama memang tidak didesain untuk kalangan menengah keatas. Hal itu pula yang membuat pabrikan untuk menggunakan fitur-fitur standar. Meskipun demikian, Toyota tidak memperkuat fitur-fitur hiburan, sektor kenyamanan dibekali kenyaman dari kekedapan ruang kabin. Pasalnya, suara mesin yang dihasilkan Vios pada torsi rendah bisa dikatakan tidak berisik sama sekali. Hal ini ditambah dengan bentuk jok yang terasa nyaman dan lega di bagian depan, meskipun jok bagian belakang agak sedikit sempit untuk ruang gerak kaki.

Untuk memberi hiburan yang ceria, Vios hanya dibekali dengan single DIN yang memiliki kemampuan untuk menyetel musik dari CD / DVD atau radio AM / FM. Sistem pendingin ruangan (AC) tentu ada agar semua orang yang berada didalam ruang kabin terasa nyaman.

Mobil Vios memiliki bentuk yang kecil dan ramping, sehingga tidak memakan banyak tempat. Selain itu, sebagai penunjang utama, Toyota memberikan mesin bertenaga besar. Itulah mengapa mobil ini sangat lincah merayap di jalanan perkotaan yang padat. Pun ketika diparkirkan di area yang kecil. Itulah kenapa orang-orang Indonesia sangat meminati mobil ini, walaupun versi bekasnya sekalipun.

>>> Daftar Harga Toyota Corolla Altis: Mobil Sedan Dengan Desain Modern

5. OPERASI TOYOTA VIOS 2003

Foto Mesin Toyota Vios 2003, 1NZ-FE 1500 cc

Kemampuan operasional Toyota Vios 2003 tergantung bagaimana pemilik merawatnya

Toyota Vios 2003 generasi pertama ini dipersenjatai mesin 1NZ-FE berkapasitas 1500 cc, 4 silinder dan 16 katup – DOHC. Menurut hitungan diatas kertas, mesin ini mampu mendorong mobil maksimal 107 tenaga kuda dengan putaran maksimum mencapai 6000 rpm. Torsi maksimal yang dihasilkan adalah 142 Nm dengan putaran maksimum mencapai 4200 rpm.

Tenaga dan torsi yang dikeluarkan tadi disalurkan dari sistem transmisi 5 percepatan (manual – trim level E dan G) dan sistem transmisi 4 percepatan (otomatis – trim level G). Untuk mengoptimalkan mobil Vios ini, Toyota membenamkan sistem bahan bakar yang super duper irit berkapasitas 42 liter. Bayangkan saja, 1 liter bensin yang dimasukkan ke dalam tangki dapat menempuh jarak 9-11 km (dalam kota) atau 10-14 km (luar kota, jalur tol).

Namun, kemampuan Toyota Vios 2003 generasi pertama yang disebutkan diatas itu dalam kondisi baru. Tentunya, saat ini, Toyota Vios 2003 sudah tidak ada lagi yang baru. Karena terakhir diproduksi tahun 2007, dan diteruskan ke generasi kedua yang berbeda.

Lalu bagaimana kemampuan operasional harian Toyota Vios 2003 bekas? Jawaban dari pertanyaan ini tergantung dari perawatan mobil Vios 2003 bekas yang ditawarkan pada Anda. Apakah pemilik sebelumnya melakukan perawatan dengan baik atau tidak?

6. SPESIFIKASI TOYOTA VIOS 2003

DIMENSI

Panjang

4.285 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.450 mm

Wheelbase

2.500 mm

MESIN

Jenis

1NZ-FE 1.5 DOHC 16V I4

Isi silinder

1496  cc

Daya maksimum

107Hp @ 6,000rpm

Torsi maksimum

142Nm @ 4,200rpm

Bahan bakar

Bensin

Sistem bahan bakar

Electronic Fuel Injection

Transmisi

Manual 5-Percepatan, Otomatis 4-Percepatan

SASIS DAN KAKI-KAKI

Drive Train

Front Wheel Drive

Suspensi depan

McPherson Strut with Stabilizer

Suspensi belakang

ETA Beam with Stabilizer

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Drum

Ban

175/65 R14

Pelek

14 Inch Alloy

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA VIOS 2003

Dalam review Toyota Vios 2003 generasi I ini memberikan tentang kelebihan dan kekurangan mobil yang diproduksi tahun 2003-2007. Apa saja kelebihan dan kekurangan mobil ini?

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Toyota membekali Vios Gen I dengan mesin yang responsif.

Sistem suspensi mobil ini tidak begitu nyaman dan dinilai ringkih sebagian pengguna.

Harga mobil dibanderol terjangkau untuk kalangan menengah kebawah.

Head unit, termasuk tachometer, berada di tengah. Meskipun bagian ini diarahkan ke pengemudi, tapi hal ini agak kurang nyaman.

Sistem bahan bakar super duper irit.

Desain interior mobil Vios Gen I ini hanya memiliki fitur yang standar saja.

Perawatan mobil tidak semahal mobil lainnya, sebab suku cadangnya tersedia banyak.

Toyota tampaknya belum memperhatikan sektor keamanan dan keselamatan.

8. DAFTAR HARGA TOYOTA VIOS 2003

Versi baru dari Toyota Vios 2003 sudah tidak lagi dijual. Namun versi bekasnya masih bisa Anda temukan di berbagai situs jual beli mobil dengan harga yang cukup bervariatif mulai dari Rp 50.000.000 hingga Rp 75.000.000. Harga tersebut hanya referensi yang tertera di salah satu situs jual beli mobil dan bukan harga paten. Harga riilnya bisa berbeda tergantung faktor yang mempengaruhi seperti kondisi mobil, jarak tempuh, riwayat perawatan dan sebagainya.

9. VIDEO TOYOTA VIOS 2003

10. KESIMPULAN TOYOTA VIOS 2003

Foto Toyota Vios 2003 dalam kondisi bersih dan terawat

Dalam kondisi terawat, Toyota Vios 2003 masih memiliki harga jual cukup tinggi

Sejak diproduksi antara tahun 2003-2007, mobil Toyota Vios sudah berusia lebih dari 10 tahun. Sehingga Anda hanya akan menemukan mobil sedan bekas saja. Meskipun begitu, beberapa hal yang dimiliki mobil ini – seperti mesin 1500 cc, tampilan eksterior yang bagus, suku cadang yang mudah ditemukan, sistem bahan bakar yang irit, perawatan mobil yang terjangkau, dll. – memberikan keistimewaan tersendiri di mata pencintanya. Hal lain yang bisa ditawarkan mobil ini adalah harga bekasnya yang tidak mahal. Jadi cocoklah, bagi Anda yang ingin mendapatkan mobil bekas berperawatan mudah, harga murah, dan tampilan bagus untuk dibawa kemana-mana.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer