Review Toyota Vellfire 2018

20/08/2018 Ryan Sugandy Review Toyota

Toyota Vellfire merupakan line MPV mewah dari pabrikan Toyota yang pada awal kemunculannya hanya diproduksi dan dijual di Jepang. Tetapi, rupanya pasar internasional juga menyukai varian Vellfire dibandingkan dengan Alphard biasa. Akhirnya di tahun 2018 ini Toyota sudah mengeluarkan Toyota Alphard 2018 yang bisa Anda dapatkan melalui dealer lokal tanpa melalui importir umum. Seperti apa penampakan dari mobil mewah yang satu ini? Berikut ini adalah review dari Toyota Vellfire 2018.

1. PENGANTAR

Review Toyota Vellfire 2018 - Sebagai sebuah mobil yang berada di segmen pasar MPV mewah, merk Toyota Vellfire merupakan sebuah jaminan dari kenyamanan dan kemewahan. Mobil ini awalnya hanya dibuat terbatas untuk pasar Jepang saja dan tidak dijual secara internasional. Tetapi saat ini Vellfire juga sudah mlai dijual melalui dealer mobil lokal sehingga tidak terlalu sulit utuk mendapatkan mobil yang satu ini.

Secara umum mobil ini sebenarnya adalah sebuah mobil Toyota Alphard yang dibuat lebih sporty. Bagian sporty ini tentunya hanya berlaku untukbagian eksterior saja, tidak mencakup bagian interiornya. Dengan desain yang lebih modern, apa saja sebenarnya yang ditawarkan oleh Toyota Vellfire 2018 ini? Simak ulasannya di sini!   

2. EKSTERIOR

Eksterior Toyota Vellfire 2018 berwarna coklat dilihat dari sisi depan

Tampilan Luar Toyota Vellfire 2018

Toyota Vellfire 2018 memiliki penampakan yang cukup boxy dengan dimensi yang sangat besar, tidak jauh berbeda dengan bentuk seri sebelumnya. Perubahan terbesar dari seri terbarunyanya bisa kita temukan di bagian wajahnya yang nampak sangat modern dan futuristik. Tetapi, di bagian lainnya tidak ada perubahan yang cukup berarti dibandingkan dengan Vellfire seri sebelumnya.

Review Toyota Vellfire 2018: Tampilan Bagian Depan

Toyota Vellfire 2018 berwarna coklat dilihat dari sisi Depan

Desain Depan Lebih Sporty Toyota Vellfire 2018  

Perubahan di bagian wajah untuk seri terbaru Vellfire terletak di bagian grillnya yang dibuat lebih berkelas lagi dan juga erubahan di bagian fog lampnya yang dibat menjadi lebih sederhana.

Review Toyota Vellfire 2018: Tampilan Bagian Samping

Tampilan Samping Toyota Vellfire 2018 berwarna coklat tua

Tidak Banyak Perubahan Di Bagian Samping Toyota Vellfire 2018

Untuk bagian dsamping, desain luar dari Vellfire ini tidak mendapatkan banyak perubahan dari segi bodynya. Lekukan body masih sangat minim dan masih mempertahankan kesan boxy yang dimilikinya.

Review Toyota Vellfire 2018: Tampilan Bagian Belakang

Desain Belakang TampilanToyota Vellfire 2018 berwarna coklat tua

Bagian Belakang Toyota Vellfire 2018 Relatif Sama 

Perubahan di bagian belakang juga sangat minim, hanya terdapat perubahan pada bagian light reflector di bagian bemper belakang. Sedangkan bagian lampu belakang dan juga spoiler belakang masih sama dengan versi tahun 2016.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Tampak Interior Toyota Vellfire 2018 dengan kelengkapan fitur di dalamnya

Desain Interior Toyota Vellfire 2018 

Berbicara soal kemewahan dan uga kenyamanan, tentunya mobil ini sangat mumpuni dari kedua sisi ini. Dengan harga diatas satu miliar rupiah banyak berbagai kemewahan yang ditawarkan oleh mobil yang satu ini.

Perbedaan bagian interior dari Alphard dan juga Vellfire terletak pada warna bagian interior yang menggunakan warna hitam secara keseluruhan. Hal ini memang sepertinya sengaja dilakuakn untuk meningkatkan kesan sporty yang selama ini diusung oleh Vellfire.  Sementara untuk fitur teknologi, hiburan dan keselamatan, sama sekali tidak ada perbedaan mencolok antara Vellfire dan juga Alphard.

Review Toyota Vellfire 2018: Desain Bagian Dashboard

Bagian Dashboard Toyota Vellfire 2018

Dashboard Mewah 

Bagian dashboard dibuat cukup mewah dengan aksen black wood paneldan juga menggunakan material kulit sebagai pelapisnya.

Review Toyota Vellfire 2018: Desain Bagian Setir

Bagian Setir Toyota Vellfire 2018

Desain Setir Sangat Mewah

Untuk bagian setir juga dilengkapi dengan ballutan kulit sehingga pengemudi bisa merasa nyaman. Bagian ini juga dilengkapi dengan audio steering switch dan juga pengaturan MID kendaraan.

Review Toyota Vellfire 2018: Desain Kursi

Desain Kursi Toyota Vellfire 2018

Kursi Mewah dan Nyaman Toyota Vellfire 2018

Untuk kenyamanan, bagian kursi sudah bisa diatur sedemikian rupa secara elektrik dan juga terdapat penghangat. Anda tidak perlu khawatir mengenai kenyamanan karena ruang kai dan kepala di bagian kursi baris kedua sangatlah lega sehiangga Anda bebas mengaturnya sesuai dengan tingkat kenyamanan yang diinginkan.

Review Toyota Vellfire 2018: Ruang Bagasi

Bagian Bagasi Toyota Vellfire 2018

Bagasi Toyota Vellfire 2018 Cukup Luas

Di bagian bagasi tidak terlalu besar, tapip Anda bisa melipatkursi di baris ketiga dengan mudah utuk menambah ruang bagasi di agian belakang.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

Dari sisi fitur, mobil  Toyota Vellfire 2018 memiliki fitur keselamatan dan berkendara yang sudah sangat mumpuni. Mobil ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung keselamatan dari Toyota Safety Sense yang terdiri dari Pedestrian dan Cyclist detection, Lane Tracking Assist dan juga Road Sign Assist. Fitur keselamatan standar seperti sistem pengereman ABS + EBD dan juga Brake Assist sudah tertanam di mobil ini untuk memberikan pengereman yang lebih presisi.

Selain itu mbil ini juga memiliki tujuh buah airbag yang tersebar di bagian kabin mobil dan juga 3 point seatbelt untuk penumpang. Di bagian hiburan, Anda bisa menemukan headunit 2din dengan LCD touchscreen yang didukung oleh 17 speaker untuk menghasilkan efek suara surround di dalam kabin. Headunit ini sendiri sudah support untuk memainkan hiburan dari CD, DVD, Aux dan juga koneksi bluetooth dari smartphone Anda.

>>> Perhatikan Hal Ini Agar Efisiensi Bahan bakar Pada Mobil Lebih Baik

5. OPERASI

Mesin 2AR-FE Toyota Vellfire 2018

Mesin 2AR-FE 2.494 cc

Di bagian mesin, mobil ini menggunakan mesin 2AR-FE 2.494 cc DOHC Dual VVT-i. Mesin ini memang menjadi mesin andalan Toyota untuk line kendaraan MPV. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 180 Ps pada putaaran mesin 6000 rpm. Sedangkan torsi maksimal yang bisa dicapai adalah 235 Nm pada putaran mesin 4100 rpm.

Untuk bagian kaki-kaki, mobil ini menggunakan sistem suspensi McPherson Strut dengan Torsion Bar untuk suspensi bagian depan. Di bagian belakang, suspensi mobil ini menggunakan Double Wishbone dengan Torsion Bar untuk meredam getaran. Sementara Untuk bagian velg, mobil ini menggunakan velg berukuran 18 inci yang terlihat cukup sporty untuk mobil besar ini.

>>> Simaklah review mobil Toyota lainnya dengan klik sini

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Toyota Vellfire 2018

Mesin

Seri Mesin

2AR-FE

Tipe Mesin

2AR-FE, In-Line 4 Cylinders, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i

Isi Silinder (Cc)

2,494

Daya Maksimum (Ps/Rpm)

180 Ps/6,000

Torsi Maksimum

235/4,000 (Kgm/Rpm)

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

EFI

Kapasitas Tangki (Liter)

75

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4.930 mm x 1.850 mm x 1.895 mm

Jarak Poros Roda

3.000 mm

Jarak Pijak Depan

1.575 mm

Jarak Pijak Belakang

1.570 mm

Kaki-Kaki

Transmisi

CVT

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Torsion Bar

Suspensi Belakang

Double Wishbone with Torsion Bar

Ukuran Ban

235/50/R18

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil Toyota Vellfire 2018 yang bisa Anda bandingkan.

Kelebihan

Kekurangan

Interior sudah mewah dan nyaman

Harga spare part cukup mahal

Faktor keselamatan sangat mumpuni

Tidak ada beda dalam fitur dengan Alphard

Fitur hiburan sangat mumpuni

 

>>> Dapatkan kelebihan dan kekurangan mobil-mobil lainnya dengan klik sini

8. DAFTAR HARGA

Berikut ini adalah daftar harga Toyota Vellfire 2018 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

 

Varian

Harga

All New Toyota Vellfire 2018

Rp1.055.100.000

*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu, harga bekas akan lebih murah dan sesuai dengan kondisi kendaraan

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Sebagai sebuah mobil mewah, Toyota Vellfire 2018 memang memberikan kenyamanan dan kemewahan yang sangat maksimal untuk penumpangnya. Secara garis besar, mobil ini memang tidak memiliki perbedaan dengan saudaranya Toyota Alphard. Perbedaan antara kedua mobil besar ini hanya terletak pada penampakan desain luar serta bagian interiornya saja. Sementara dari segi fitur sama sekalli tidak ada perbedaan sama sekali.

Bila Anda hanya mencari kenyamanan, maka Alphard akan menjadi pilihan terbaik karena mobil tersebut ditawarkan dengan harga 900 jutaan. Sedangkan Vellfire ditawarkan dengan harga Rp1 miliar lebih sedikit. Tetapi, tentunya pilihan kembali kepada selera Anda, apakah tampilan sporty juga penting atau asal nyaman saja.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer