Review Toyota Rush 2012

08/02/2018 Riyan Sugandy Review Toyota

Toyota Rush merupakan sebuah line produk yang dikeluarkan hasil kerja sama antara Toyota dengan Daihatsu di segmen pasar mobil SUV. Hasil kerjasama ini rupanya cukup sukses seperti kolaborasi untuk Avanza dan Xenia. Apa saja sebenarnya kelebihan dari mobil ini? Silahkan simak di tulisan review Toyota Rush 2012 di bawah ini.

1. PENGANTAR

Review Toyota Rush 2012 - Toyota Rush diluncurkan pertama kali pada tahun 2006 dengan mengusung konsep mobil SUV untuk berbagai kondisi jalan di Indonesia. Pengembngan Rush ini sendiri dilakukan Toyota bersama dengan Daihatsu dengan menggunakan sharing platform. Untuk Toyota Rush sendiri bisa dibilang merupakan versi premium dari Terios yang sudah dilengkapi dengan pengereman ABS dan EBD serta hanya bisa menampung lima orang penumpang di dalam kabin. Ada apa yang menarik lagi dari SUV ini? Silahkan cari jawaban sendiri di tulisan review Toyota Rush 2012 ini.

2. EKSTERIOR

  • Desain elegan dan sporty

Mobil ini memiliki karakteristik dan desai yang sangat gagah dan sporty sesuai dengan fungsinya yang menjadi mobil SUV. Karakter desain ini bisa kita lihat dari desainnya yang cukup boxy dan juga meililki ground clearance yang cukup tinggi. Untuk bagian eksterior Toyota Rush 2012  juga sudah dilegkapi dengan roof rack untuk menyimpang barang tambahan di bagian atap. Sangat cocok bagi Anda yang senang bertualang ke alam liar.

Gambar mobil Toyota Rush 2012 berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Bagian depan Rush dengan front bumper yang besar

  • Desain bagian depan

Mobil ini memiliki front bumper yang cukup besar dengan air flow yang menyat dengan grill di bagian atas. Bentuknya cukup kaku dan tangguh, sesuai dengan karakter sebuah mobil SUV yang bisa digunakan di perkotaan dan juga daerah terpencil.

Gambar mobil Toyota Rush 2017 berwarna coklat dilihat dari sisi samping

Bagian samping Toyota Rush 2012 terlihat sangat boxy dan tangguh

  • Desain bagian samping

Mobil ini memiliki kesan yang sangat boxy dan tangguh, walalupun begitu produsen mobil ini masih berharap bisa memnerikan beberapa sentuhan mewah dengan sedikit detail chrome di beberapa bagian. Selain itu, mobil ini juga memiliki rear spoiler untuk menunjukkan karakteristik sporty yang ada di mobil ini.

Gambar bagian belakang Toyota Rush 2012 berwarna abu-abu

Bagian belakang Toyota Rush 2012

  • Desain Bagian belakang

Bagian belakang mobil ini desain tanpa banyak menggunakan aksen yang berlebihan dengan mengandalkan aksen chrome dan reflector di bagian rear bumper.   

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

  • Ruang kabin nyaman

Mobil ini sebenarnya di desain untuk lima orang penumpang, tetapi bila Anda memang ingin menambah kapasitas mobil ini menjadi tujuh orang Anda bisa menambah kursi di bagian belakang. Untuk bagian interior, mobil ini menggunakan material berupa kain untuk bagian kursi. Sedangkan di bagian dashboard dan pintu banyak menggunakan material plastik. Bila Anda masuk ke mobil ini maka Anda akan melihat bahwa mobil ini menggunakan warna beige untuk seluruh bagian, kecuali dashboard.

Gambar bagian dashboard Toyota Rush 2012

Dashboard Toyota Rush sangat sederhana

  • Desain bagian dashboard

Bagian dashboard  mobil ini didesain sangat sederhana dan cukup datar dengan menggunakan aksen chrome di bagian tengah sebagai pembeda. Bagian headunitnya menyatu dengan dashboard dengan pengaturan AC dibawahnya yang masih berbentuk rotary, desain ini masih tetap bertahan hingga generasi terbaru dari Rush.

Gambar bagian setir mobil Toyota Rush 2012

Steering memekai bahan plastik

  • Desain bagian setir

Untuk bagian steering menggunakan bahan plastik dan juga fake stiches dengan audio steering switch control. Steering ini belum telescopic dan juga tilt sehingga tidak bisa diatur tingkat kenyamanannya sesuai dengan tingkat kenyamanan Anda.   

Gambar bagian kursi mobil Toyota Rush 2012

Kursi Toyota Rush 2012 

  • Desain kursi

Ruang kaki dan kepala di bagian kabin sebenarnya memiliki ruang yang cukup luas untuk penumpang depan dan tengah. Sayangnya, desain kursi dari Rush memang terlalu tegak dan kaku sehingga membutuhkan penyesuaian pengaturan agar Anda lebih nyaman. Selain it untuk penumpang tengah di baris kedua memiliki head adjuster serta sudut recliningnya terbatas.

Gambar ruang bagasi mobil Toyota Rush 2012

Rush memiliki ruang kabin yang luas

  • Ruang bagasi

Untuk ruang bagasi di Rush memang cukup terbatas, tetapi Anda bisa melepas kursi di baris ketiga untuk memberikan ruang yang lebih lega bila dibutuhkan.

>>> Mungkin Anda tertarik:

4. FITUR

Dari sisi fitur Toyota Rush 2012  memiliki fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut:

  • Fitur keselamatan

Untuk bagian keselamatan, mobilini sudah Dual SRS Airbag untuk tipe S, Global Outstanding Asessment (GOA) Body, safety belts with pre-tensioners, sistem pengereman ABS dan EBD, Kursi dengan WIL Concepts, dan collapse steering columns.

Untuk keamanannya sendiri dilengkapi dengan fitur Alarm, central locking system, automatic door locking dan Immobilizer

  • Fitur hiburan

Di bagian hiburan terdapat sebuah head unit 2-DIN audio system dengan enam buah speaker yang bisa memutar hiburan melalui aux, CD dan juga koneksi bluetooth.

5. OPERASI

Gambar bagian mesin mobil Toyota Rush 2012

Mesin 3SZ-VE DOHC

Kita akan lanjutkan review Toyota Rush 2012 dengan membahas bagian mesin. Toyota Rush 2012 menggunakan mesin yang sama dengan Daihatsu Xenia yaitu mesin 3SZ-VE DOHC dengan kapasitas silinder 1495cc dan menggunakan sistem injeksi VVT-I. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 109 PS pada putaran 6000 rpm dan mesin ini bisa mengjasilkan torsi maksimal sebesar 14.4 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm. Untuk bagian suspensi, menggunakan suspensi McPherson Strut untuk bagian depan dan di bagian belakang menggunakan suspensi 4-link dengan pegas koil dan menggunakan velg 16 inchi.

6. SPESIFIKASI

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari Toyota Rush 2012.

SPESIFIKASI

Toyota Rush G M/T

Toyota Rush S M/T

Toyota Rush S A/T

DIMENSI TOYOTA RUSH 2012

Panjang x Lebar x Tinggi keseluruhan

4,405 X 1,745 X 1,740

Jarak sumbu roda

2685

Jarak pijak roda depan/belakang

1445/1480

MESIN TOYOTA RUSH 2012

Tipe

3SZ-VE DOHC VVT-i Berpendingin air

Kapasitas silinder

1495

Jumlah katup

16

Diameter x langkah

72.0 x 91.8

Tenaga maksimum

109/6000

Torsi maksimum

14.4/4.400

Sistem bahan bakar

EFI (Electronic Fuel Injection)

Jenis bahan bakar

Bensin Tanpa Timbal

Kapasitas tangki bahan bakar

45

SUSPENSI TOYOTA RUSH 2012

Depan

MacPherson Strut dengan per keong & stabilizer

Belakang

4-link with coil spring

BAN TOYOTA RUSH 2012

Ukuran

235/60 R16

Tipe

Alloy Wheel

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Rush 2012 yang bisa Anda perhatikan sebelum Anda membeli kendaraan ini.

Kelebihan

Kekurangan

Mesin cukup bertenaga

Body roll cukup terasa karena ground clearance yang cukup tinggi

Harga cukup terjangkau

Ruang gerak sangat kecil

Kapasitas bagasi besar

Harga jual kembali sangat jatuh

8. DAFTAR HARGA

Berikut ini adalah daftar harga Toyota Rush 2012  untuk wilayah Jakarta dan Sekitarnya. Harga ini tergantung dari kondisi mobil yang dijual.

MODEL

VARIANT

HARGA

Toyota Rush 2012

G M/T, S M/T, S A/T

Rp 140.000.000 - Rp 160.000.000

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Toyota Rush merupakan sebuah mobil SUV yang cukup memiliki banyak peminat untuk segmen pasar mobil SUV. Tetapi, karena spesifikasi mobil yang sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan produk mini MPV, membuatnya kurang diminati untuk penggunaan harian.

Bila Anda memang mencari sebuah mobil bertip SUV yang cukup murah dengan perawatan yang tidak terlalu ribet dan rewel, mobil ini bisa menjadi pilihan Anda. Karena spare part dan perawatannya sangatlah mudah dan tidak terlalu memerlukan perhatian banyak.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International