Review Toyota Prius 2009: Mobil Sedan Interior Mewah

21/04/2019 Abdul Review Toyota

Sedan merupakan salah satu segmen yang banyak digemari oleh anak muda. Hal tersebut karena desainnya yang keren dan kenyamanan mumpuni. Salah satu mobil besutan toyota pada segmen ini adalah Prius 2009. Yang mana mobil ini merupakan generasi ke 3 dengan fitur mumpuni. Seperti apa kelengkapannya, mari kita simak review Toyota Prius 2009.

1. PENGANTAR TOYOTA PRIUS 2009

Review Toyota Prius 2009 - Mobil sedan besutan Toyota ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 dengan tampilan yang lucu dan juga imut. Penjualan pertama kali dilakukan di Jepang dan juga negara-negara lainnya. Toyota Prius sendiri merupakan salah satu kendaraan hibrida pertama yang produksinya dilakukan secara massal. Setelah itu pada tahun 2000 mobil sedan ini diperkenalkan ke seluruh penjuru dunia.

Awal mulanya, Toyota Prius dihadirkan dengan membawa 4 pintu. Setelah itu berselang 3 tahun yaitu di tahun 2003 mobil tersebut dilakukan produksi menjadi liftback dengan 5 pintu. Penjualannya sendiri lebih dari 90 pasar dan yang terbesar adalah Amerika dan Jepang. Pada bulan Mei 2008 penjualan Prius secara global terjual sampai 1 juta unit. Tentunya hal tersebut sangat menggembirakan atas pencapaiannya.

2. EKSTERIOR TOYOTA PRIUS 2009

Pada bagian eksterior terlihat sporty dan sangat menarik. Desain aerodinamika juga terlihat jelas dengan bentuk yang dimiliki.

Review Toyota Prius 2009: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Prius 2009 tampak sisi depan dan samping kanan

Tampilan depan terlihat minimalis namun memiliki aura sporty

Tampak depan Toyota Prius 2009 terlihat minimalis dengan grille yang kecil dan di tengahnya ada logo Toyota dengan desain yang menonjol. Pada bagian Headlamp mempunyai desain yang meruncing tiap ujungnya dan telah menggunakan teknologi LED. Di bagian bawahnya terdapat foglamp yang didesain sedikit masuk ke dalam seakan menonjolkan bagian bumpernya.

Review Toyota Prius 2009: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping  Toyota Prius 2009 warna silver

Dari bagian samping tampak desain aerodinamika yang dimiliki

Berlanjut ke bagian samping Toyota Prius 2009. Desain aerodinamika juga sangat terlihat jelas dengan bagian belakang yang sedikit meruncing. Terdapat garis yang dibuat dari arah depan lurus sampai bagian belakang tepat pada lampunya. Untuk bagian pelek mengandalkan alloy ukuran 15 inci dan berpadu dengan ukuran ban 195/65 R15 dengan jenis ban Radial. Meskipun dari segi warna hanya menggunakan sewarna saja, namun jika dilihat dari bentuk bodi sudah membuat banyak mata kagum melihatnya.

Review Toyota Prius 2009: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang  Toyota Prius 2009 dan juga bagian kiri

Bagian belakang terlihat kotak namun tetap keren

Toyota Prius 2009 mempunyai desain bagian belakang yang minimalis dan terlihat kotak. Di mulai dari bagian atas yang telah diberikan spoiler yang dibuat menempel pada lampu belakang di bagian ujungnya. Di bawahnya ada desain persegi panjang dengan aksen warna hitam yang kami tidak tahu fungsinya. Apakah hanya pajangan atau memang ada fungsi tertentu. Tepat di bawahnya terdapat logo Toyota  di bagian tengahnya. Untuk penggunaan desain lampu sangat menarik dengan agak berbentuk perseg panjang tetapi meruncing pada bagian sisinya. Untuk bagian bumper belakang terlihat biasa saja tampak polos tanpa adanya tambahan apapun.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA PRIUS 2009

Interior Toyota Prius 2009 tampak mewah dengan desain yang digunakan. Siapa yang memasukinya akan terpana dengan tata letak dan juga posisinya serta perpaduan warna yang diberikan.

Review Toyota Prius 2009: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan Dashboard dan kemudi mobil  Toyota Prius 2009

Tampilan interior tampak mewah dan berkelas

Pada bagian dashboard mempunyai tampilan mewah dengan perpaduan warna yang sangat tepat. Bagian speedometer diletakkan di bagian tengah paling atas dengan bentuk persegi panjang namun ujung kanan kiri melengkung. Dengan peletakan speedometer membuat bagian tengah dashboard terlihat menonjol. Hal ini menjadikan desain yang dimiliki tampak berbeda. Di bagian tengah ada head unit dan diatasnya terdapat 2 kisi-kisi AC mobil yang diletakkan berdampingan. Pada bagian head unit desainnya menyambung ke bagian tuas transmisi  yang mempunyai bentuk yang sangat menarik.

Berlanjut ke bagian kemudi Toyota Prius yang mempunyai 2 warna yakni hitam dan silver. Terdapat beberapa tombol di bagian kanan dan kiri yang memiliki fungsi masing-masing. Desainnya mengandalkan 4 palang, untuk palang samping warna hitam dan yang bawah menggunakan warna silver.

Review Toyota Prius 2009: Bagian Jok

Gambar ini menunjukkn bagian kursi belakang  Toyota Prius 2009

Tampilan jok belakang juga tak kalah mewah

Pada bagian jok mobil memang sangat nyaman. Kapasitas penumpang Toyota Prius mampu menampung 5 orang. Setiap jok terdapat headrest untuk melindungi bagian kepala. Selain itu terdapat sabuk pengaman pada tiap kursinya yang akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang. Bahan material yang digunakan pada kursinya ini adalah fabric yang tentunya memiliki kualitas yang sangat baik.

Review Toyota Prius 2009: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil  Toyota Prius 2009 dengan kursi sudah dilipat

Bagasi tambah luas saat kursi belakang dilipat

Untuk sektor bagasi mobil terbilang istimewa. Bagaimana tidak, luas yang diberikan cukup mumpuni mengingat mobil ini merupakan sebuah sedan. Apalagi saat kursi belakang tidak digunakan, maka kursi belakang dapat dilipat dan luasnya akan bertambah drastis. Dengan mobil ini sudah dapat memenuhi kebutuhan membawa barang sobat semuanya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR TOYOTA PRIUS 2009

Gambar ini menunjukkan head unit  Toyota Prius 2009

Fitur mumpuni diberikan untuk memberikan kenyamanan berkendara

Masuk ke bagian fitur Toyota Prius 2009. Yang mana untuk memberikan kenyamanan berkendara telah diberikan AC, Power Window depan dan Power Window belakang. Selain itu terdapat pula Airbag untuk penumpang depan dan juga kantong udara pengemudi. Bahkan bagi sobat yang ingin mengajak sang buah hati bisa lebih tenang dengan adanya fitur Child Safety Locks.

Untuk memberikan keselamatan, sistem pengereman Toyota Prius 2009 sudah menggunakan teknologi Anti Lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), EBD (Electronic Brake Distribution). Beberapa fitur lainnya yang disematkan adalah Vehicle Stability Control System, sabuk pengaman belakang, pengingat pemakaian sabuk pengaman dan sabuk pengaman depan dengan penyesuai ketinggian.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

5. OPERASI TOYOTA PRIUS 2009

Gambar ini menunjukkan mesin mobil  Toyota Prius 2009

Mesin mumpuni dengan mengandalkan sistem penggerak roda depan

Toyota Prius 2009 mengandalkan mesin 1.8 liter dengan 4 silinder VVT-i. Untuk motor elektrik menggunakan Permanent magnet synchronous motor. Dengan mesin tersebut tenaga maksimal yang dapat dihasilkan mencapai 98 Hp pada putaran 5.200 Rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 142 Nm pada putaran 4.000 Rpm. Sementara itu, untuk tenaga motor elektrik mencapai 80 Hp/270 Nm. Tenaga mesin tersebut disalurkan menuju roda depan dengan mengandalkan transmisi Electronically Controlled Continuously Variable (CVT).

>>> Review Toyota Vios 2007 : Generasi Kedua Toyota Vios, Fitur Keselamatan Meningkat Signifikan

6. SPESIFIKASI TOYOTA PRIUS 2009

DIMENSI

Panjang

4.460 mm

Lebar

1.744 mm

Tinggi

1.490 mm

Sumbu roda

2.700 mm

Ground clearance

140 mm

Coefficient of Drag

0.25

MESIN

Tipe Mesin

1.8-liter 4-silinder VVT-i

Tenaga Maksimum

98 hp @ 5.200 rpm

Torsi Maksimum

142 Nmt @ 4.000 rpm

Motor Elektrik

Permanent magnet synchronous motor

Tenaga Motor Elektrik

80 Hp/207Nm

Rating Emisi

SULEV (dengan AT-PZEV)

Transmisi

Electronically controlled continuously variable (CVT)

Gerak Roda

Depan

Hybrid Battery Pack

Nickel-metal hydride

Konsumsi BBM

21 km/liter (kombinasi)

HANDLING & SUSPENSI

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

>>> Review Toyota Camry 2006: Mobil Sedan Premium Harga Terjangkau

7. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOYOTA PRIUS 2009

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan Mewah

Desainnya Bukan Selera Semua Orang

Fitur Mumpuni

Sulit Untuk Mendapatkannya

Peredaman Kabin Maksimal

 

Desain Eksterior Menarik

 

8. HARGA TOYOTA PRIUS 2009

Untuk mendapatkan mobil Toyota Prius 2009 dalam kondisi bekas memang sangat sulit. Hal tersebut terbukti jarangnya orang menjual mobil ini di situs online ataupun media sosial. Namun bagi sobat yang ingin meminangnya, harga Toyota Prius 2009 dalam kondisi bekas sekitar Rp. 180 jutaan.

9. VIDEO TOYOTA PRIUS 2009

10. KESIMPULAN TOYOTA PRIUS 2009

Toyota Prius 2009 merupakan salah satu mobil sedan mewah yang mempunyai tampilan menarik. Dari segi eksterior maupun interior memang dapat memukau masyarakat. Beragam fitur di dalamnya cukup mumpuni, dengan kapasitas 5 penumpang dan juga bagasi yang luas membuat kebutuhan berkendara dan membawa barang dapat terpenuhi.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer