Review Toyota Previa 2006 : Mobil Minivan Dengan Fitur Mumpuni

20/08/2019 Abdul Review Toyota

Jenis kendaraan yang tergolong langka, dengan desainnya yang eksotis dan old ini, umumnya disukai oleh para pecinta kendaraan old fashioned. Ya , Toyota Previa 2006 memiliki tampilan yang unik, eksotis sehingga banyak menjadi bidikan kolektor mobil antik. Mobil yang diproduksi oleh Toyota ini memang populer di berbagai negara. Berikut kami berikan informasi tentang review Toyota Previa 2006.

1. PENGANTAR TOYOTA PREVIA 2006

Review Toyota Previa 2006 - Ditilik perkembangannya di dunia internasional, Toyota Previa kali pertama dirilis pada tahun 1990 silam, Toyota Previa 2006 adalah generasi ketiga. Ada banyak sebutan untuk mobil van yang satu ini. Diantaranya adalah, disebut sebagai Toyota Estima di negara asalnya negara Matahari Terbit, lalu di Australia disebut dengan Toyota Tarago. Penyebutan previa lebih merujuk kepada “preview” yang merupakan pilihan teknologi yang dipakai untuk jenis mobil van di masa mendatang.

Toyota Previa 2006 adalah jenis mobil van yang desain luarnya menyerupai kapsul. Tidak seperti model kendaraan yang lain, Toyota Previa memiliki tampilan yang unik menyerupai kapsul. Tampilan ini merupakan perpaduan dari body memanjang kendaraan Toyota namun sedikit agak bulat. Ya, lebih tepatnya desainnya lonjong. Memang, di Indonesia khususnya, tidak banyak yang menyukai desain kendaraan yang satu ini karena memang desainnya yang kurang biasa. Namun, bagi Sobat yang menggemari kendaraan dengan model yang unik, Toyota Previa 2006 adalah pilihan yang tepat.

2. EKSTERIOR TOYOTA PREVIA 2006

Review Toyota Previa 2006 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil  Toyota Previa 2006

Bagian depan tampak minimalis dan juga stylish

Dari bagian depannya, Toyota Previa 2006 tampak minimalis khususnya untuk bagian front grill dan bemper depannya. Sedangkan untuk bagian lampu bulb utama yang dimilikinya, terdapat desain senada yang tampil dengan model yang kekinian dan mungil. Tampilannya semakin canggih dengan adanya kombinasi menarik antara lampu sein dengan lampu utama. Tampilannya cukup stylish dan praktis dengan perpaduan lampu bulb yang memiliki bentuk segitiga untuk meningkatkan kesan  modernnya.

Review Toyota Previa 2006 : Bagian samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Toyota Previa 2006

Mobil ini terlihat panjang dan dapat membawa banyak penumpang

Dari samping kanan kiri, tampak body Previa yang kontemporer dengan panjangnya mencapai 4.770 mm. Previa memiliki wheelbase sepanjang 1.790 mm. Dimensi panjang yang lega itu memberikan suasana ruangan kabin yang luas dengan total penumpang yang ada di dalamnya sebanyak 8 penumpang yang duduk di seat yang nyaman. Mobil minivan besutan Toyota ini disempurnakan dengan kehadiran roof rail di atapnya. 

Review Toyota Previa 2006 : Bagian belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Toyota Previa 2006

Tampak belakang sangat sporty dengan desain lampu yang diberikan

Untuk  bagian eksterior belakang kendaraan, mobil van ini tampak sporty dengan fitur rear spoiler yang ada padanya. Di bagian tuas pintu bagasinya, terdapat krom yang mengkilap sehingga menampakkan kesan mewah apalagi saat dipadukan dengan jenis lampu rear combination. Di samping sebelah kanan body mobil, terdapat identitas brand Previa sehingga Sobat akan lebih mudah mengenalinya.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR TOYOTA PREVIA 2006

Review Toyota Previa 2006 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard & kemudi mobil Toyota Previa 2006

Desain rapi dan tampak luas untuk dashboardnya

Bagi Sobat sekalian yang menginginkan desain dashboard yang luas, Toyota Previa 2006 menyediakannya untuk Sobat sekalian. Hanya ada fitur wadah dan airbags saja pada bagian dashboardnya. Desainer Previa sengaja mendesain bagian dashboardnya dengan begitu rapi. Terdapat dua blower, tempat pengaturan AC, dan speedometer yang terkoneksi dari bagian sisi tengah dashboard yang melengkung ke arah kanan.

Sedangkan untuk bagian kemudinya, stir Previa hadir dengan palang empat seperti setir pada umumnya yang memberikan tampilan mewah dan tentu saja terdapat logo Toyota di tengahnya. Ada beberapa tombol di bagian kirinya yang berguna untuk mengakses audio dengan lebih cepat.

Review Toyota Previa 2006 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok dan interior mobil Toyota Previa 2006

Kapasitas kabin cukup banyak sehingga dapat digunakan untuk liburan bersama keluarga

Toyota Previa 2006 hadir dengan desain jok mobil yang maskulin dan sporty. Terdapat sandaran kepala di bagian ujungnya, dengan sandaran belakang yang terbilang cukup panjang. Jok kendaraan bisa dilipat ke belakang dan leluasa Sobat gunakan untuk beristirahat. Tidak lupa di badan jok terpasang fitur keamanan seat belt untuk memperkecil kemungkinan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara. Kaki bebas selonjoran di penyangga kaki yang hadir satu set dengan kursi. Ada setidaknya delapan set kursi yang mampu menampung delapan penumpang dengan kesan yang mewah dan memberikan kenyamanan maksimal saat berada di dalam kendaraan.

Review Toyota Previa 2006 : Bagian Bagasi

Ruang bagasi yang ditawarkan oleh Toyota Previa 2006 hadir memiliki ukuran yang luas dan mampu menampung barang bawaan sejumlah penumpang di dalamnya. Diperkirakan setidaknya ruangan  bagasi tersebut mampu menampung sejumlah enam tas berukuran besar yang cocok bagi Sobat yang ingin travelling, meeting maupun piknik bersama keluarga tercinta. Dengan kapasitas bagasi yang sebesar itu, fungsi kendaraan besutan Toyota yang satu ini semakin beragam dan memiliki nilai guna yang lebih tinggi.

>>> Baca Juga:

4. FITUR TOYOTA PREVIA 2006

Review Toyota Previa 2006 : Fitur Keselamatan

Tidak kalah pentingnya adalah adanya fitur keselamatan yang tersemat pada kendaraan yang Sobat kendarai. Toyota Previa 2006 menawarkan berbagai fasilitas keselamatan yang diantaranya adalah adanya suspensi yang handal yang ada di dalamnya.

Gambar ini menunjukkan fitur moon roof pada mobil Toyota Previa 2006

Pengendara dan penumpang akan terasa menyenangkan dengan fitur yang dimiliki

Review Toyota Previa 2006 : Fitur Hiburan

Berkendara tidak lengkap rasanya tanpa adanya fitur hiburan yang canggih. Ya, fitur hiburan sangat dibutuhkan selama berkendara agar perjalanan semakin menyenangkan. Apa saja fitur hiburan yang ada di dalamnya? Diantaranya adalah adanya fitur audio untuk mendengarkan music dengan kualitas audio yang standar yang dilengkapi pula dengan radio. Selain itu, adapula twin moon-roof yang sengaja dihadirkan agar setiap penumpang yang ada di dalamnya mampu menikmati pemandangan alam yang indah yang ada di sekitarnya selama perjalanan baik itu saat malam hari maupun siang hari. Selain itu, ruangan kabin menjadi sangat segar dengan adanya AC yang menyejukkan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

5. OPERASI TOYOTA PREVIA 2006

Gambar ini menunjukkan ilustrasi mesin pada mobil Toyota Previa 2006

Mesin cukup mumpuni untuk mendukung kebutuhan berkendara pemiliknya

Berdasarkan Wikipedia, Toyota Previa 2006 dihadirkan dalam 3 pilihan mesin yaitu 2.4 L 2AZ-FE I4, 3.5 L 2GR-FE V6 dan 2.4 L 2AZ-FXE I4 (hybrid). Namun karena kurangnya informasi, kami hanya memberikan sedikit tentang mesin automatic pada Toyota Previa 2006. Apalagi untuk mobil ini didatangkan ke Indonesia dengan sistem Complete Built Up (CBU). Untuk tenaga maksimal oleh mesin tersebut adalah 168 Hp dan torsi puncaknya adalah 224 Nm. Tenaga mesin tersebut disalurkan menuju ke bagian roda dengan mengandalkan transmisi automatic 4 percepatan.

>>> Review Toyota Previa 2000: Mobil Minivan Dengan Kapasitas 8 Orang

6. SPESIFIKASI TOYOTA PREVIA 2006

Untuk spesifikasi Toyota Previa 2006 kami mengacu pada varian otomatisnya, berikut informasinya:

DIMENSI

Panjang

4.795 mm

Lebar

1.800 mm

Tinggi

1.750 mm

Jarak Roda

2.950 mm

Berat Kosong

1810 kg

Wheelbase

2.950 mm

MESIN

Tipe

2.4 L 2AZ-FE I4

Kapasitas

2.363 cc

Tenaga Maksimal

168 Hp

Torsi Maksimal

224 Nm

Injeksi Langsung

Multi-Point Injection

Transmisi

Automatic 4-Speed

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA PREVIA 2006

Review Toyota Previa 2006 : Kelebihan

Toyota Previa 2006 layak untuk Sobat koleksi karena keunggulan yang dimilikinya. Keunggulan tersebut adalah seperti tampilannya yang sangat ikonik yaitu menyerupai kapsul yang lonjong. Cocok sekali bagi Sobat yang ingin mendapatkan tampilan kendaraan yang langka, dan tidak pasaran. Kendaraan yang memiliki ukuran cukup besar ini bisa Sobat tumpangi bersama 8 orang penumpang yang lain dan tidak saling berdesakan. Meskipun masuk dalam kategori kendaraan dengan gaya kuno, namun bagian interiornya sangat menghibur.

Review Toyota Previa 2006 : Kekurangan

Ada kelebihan adapula kekurangan. Beberapa kekurangan Toyota Previa 2006 antara lain adalah modelnya yang cukup langka berdampak pada sulitnya untuk mencari sparepart saat ada masalah dengan sparepart kendaraan tersebut. Dari segi perawatannya pun mahal sehingga Sobat harus mengalokasikan dana khusus jauh-jauh hari untuk biaya perbaikan. Hati-hati dengan pintu geser kendaraan yang sering kali berdecit saat kendaraan melaju dengan cepat. Tentu saja ini akan sangat mengganggu ketenangan Sobat dan para penumpang yang lain yang ada di dalamnya. Untuk itu, lakukan antisipasi bagaimana caranya agar Sobat mengemudikannya secara nyaman dan aman.

8. DAFTAR HARGA TOYOTA PREVIA 2006

Berkaitan dengan harga Toyota Previa 2006 adanya dalam kondisi bekas. Di situs jual beli, mobil van dengan fitur mumpuni ini dipasarkan dengan benderol Rp. 190 jutaan. Namun harga tersebut dapat mengalami perubahan tergantung kondisi dan juga wilayah masing-masing. Tentunya mobil yang terawat akan memiliki harga yang lebih tinggi.

9. VIDEO TOYOTA PREVIA 2006

10. KESIMPULAN TOYOTA PREVIA 2006

Toyota Previa 2006 adalah kendaraan dengan ukuran yang besar yang cocok sekali Sobat gunakan untuk bepergian bersama keluarga besar sekalian. Fitur hiburan yang dimiliki, serta fitur keselamatan yang lengkap menjadikan perjalanan Sobat sampai di tempat tujuan dengan menyenangkan.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer