Review Toyota Kijang Krista 1997 : Generasi Keempat Kijang Yang Tidak Lagi Mengotak

28/04/2019 Fatchur Sag Review Toyota

Mobil pabrikan Toyota memang memiliki pasar yang cukup luas. Dari jaman dulu hingga sekarang mobil Toyota masih menjadi pilihan banyak orang. Di Indonesia sendiri Toyota menjadi salah satu yang paling populer. Dari sekian banyak jenis mobil produksi Toyota ada satu yang banyak diburu oleh orang-orang yaitu Toyota Kijang Krista yang dimana jenis ini sudah melewati generasi ke generasi. Dan sekarang akan dibahas mengenai Toyota Kijang Krista 1997 atau Toyota Kijang Generasi Keempat.

1. PENGANTAR TOYOTA KIJANG KRISTA 1997

Review Toyota Kijang Krista 1997 Toyota Kijang Krista generasi keempat datang dan mulai diperkenalkan ke publik pada tahun 1997. Sejak pertama kali hadir di khalayak umum, mobil ini sudah mencuri perhatian banyak orang karena memang adanya perkembangan yang begitu spesifik terutama pada desain bodi keseluruhan dari mobil ini sendiri dimana pada generasi sebelumnya, Toyota Kijang generasi awal dikenal dengan desain bodi kaku dan terkesan lebih kotak. Namun desain dari Toyota Kijang Krista 1997 atau Toyota Kijang generasi keempat ini lebih bulat dan tidak terlalu kaku maka kebanyakan orang menyebut mobil ini sebagai Toyota Kijang Kapsul karena bentuknya.

Foto Kijang Buaya dilihat dari arah samping depan

Toyota Kijang Buaya, generasi pertama Toyota Kijang diluncurkan tahun 1977

Sejak kemunculannya di Indonesia, mobil ini juga menjadi salah satu yang diperhatikan bahkan sejak pertama kali muncul di Indonesia, Kijang Kapsul ini banyak dipilih sebagai mobil keluarga karena memang kabin dan juga interior dalamnya yang dapat memuat banyak orang. Sekarang ini meskipun sudah terlampau jauh dari tahun pertama kali datang, Toyota Kijang Krista 1997 masih banyak dicari bahkan harganya juga masih sangat keras. Kijang Kapsul masih banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia karena memang performa dan fungsinya yang lebih mengarah ke mobil keluarga.

2. EKSTERIOR TOYOTA KIJANG KRISTA 1997

Eksterior dari mobil ini memang menjadi salah satu pembaruan dari generasi sebelumnya dengan desain interior sangat berbeda dari generasi sebelumnya. Sering disebut sebagai kijang kapsul karena desain eksterior dari mobil ini yang mengalami perubahan dan kemajuan dari generasi sebelumnya. Lalu apa saja yang menarik dari eksterior Toyota Kijang Krista 1997 ini? Berikut reviewnya.

Review Toyota Kijang Krista 1997 : Bagian Depan

Foto Toyota Kijang Krista 1997 tampak dari depan

Headlamp berukuran besar memberi Toyota Kijang Krista 1997 pencahayaan yang lebih baik

Eksterior depan mobil yang satu ini menggambarkan sisi modern dimasa itu dimana desain eksteriornya sangat menjelaskan ciri khas dari mobil ini. Desain dua lampu utama yang sedikit besar, bentuk desain keseluruhan dari eksterior depan Toyota Kijang Krista 1997 sangat berbeda jauh dari generasi sebelumnya yang terkesan kaku dan kotak. Sedangkan di mobil ini bisa dilihat bahwa desain eksterior depan yang lebih terlihat tidak kaku.

Review Toyota Kijang Krista 1997 : Bagian Eksterior Samping

Foto Toyota Kijang Krista 1997 tampak dari depan

Dengan side body moulding berukuran besar dan beda warna Toyota Kijang Krista 1997 nampak sporty

Untuk eksterior sampingnya sendiri mobil ini juga tentunya memiliki perkembangan dibandingkan dengan generasi sebelumnya dimana terlihat lebih ceper dan lebih membulat tidak terlalu kaku atau kotak dan terkesan lebih mewah. Jika generasi sebelumnya Toyota Kijang terlihat tidak terlalu menawan atau mewah jika dilihat dari samping maka di generasi ini atau Toyota Kijang Krista 1997 bisa dilihat sisi pembaharuan dan modernisasi, seperti fender yang terlihat lebih menonjol dan besar dengan desain warna berbeda dengan warna bodi.

Review Toyota Kijang Krista 1997 : Bagian Eksterior Belakang

Foto bagian belakang Toyota Kijang Krista 1997 dengan logo Krista sangat menonjol

Sama dengan bagian depan dan sampingnya, bagian belakang Toyota Kijang Krista 1997 juga tidak lagi mengotak

Sama dengan bagian depan dan samping, eksterior belakang untuk Toyota Kijang Krista 1997 juga mengalami desain modernisasi yang sangat kental dan serasi dengan eksterior depan, samping hingga belakang. Desain lampu belakang juga dibuat beda dengan lebih terlihat jelas sehingga pengemudi lain di belakang mobil ini bisa mengerti dengan jelas pergerakan mobil Toyota Kijang Krista 1997 sendiri. Secara keseluruhan memang desain dari Toyota Kijang generasi keempat ini mengalami perubahan yang signifikan.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR TOYOTA KIJANG KRISTA 1997

Bicara soal interior mobil ini juga tentunya lebih berkembang dari generasi sebelumnya. Akan ada banyak hal mulai dari desain hingga perubahan lain yang ditentukan dalam interior Toyota Kijang Krista 1997 ini. Mulai dari kabin, jok/kursi, Mulai dari kabin, jok/kursi, setir, dashboard dan bagasi semuanya mengalami perubahan dan perkembangan.

Review Toyota Kijang Krista 1997 : Kabin

Foto Kabin Toyota Kijang Krista 1997 yang tampak lapang

Cukup nyaman untuk membawa penumpang satu keluarga

Kabin dari mobil Toyota Kijang Krista 1997 lebih nyaman dimana jarak kemudi dengan kursi di belakang lebih memiliki jarak sehingga lebih nyaman. Memang jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kabin untuk Toyota Kijang Krista 1997 ini tidak banyak perubahan namun tetap saja desain kabin dan kabin secara keseluruhan mengalami perubahan yang lebih baik. Dilihat secara sekilas memang tak banyak yang berubah masalah kabin namun biasanya untuk membuktikan harus dengan mengendarai mobil ini terlebih dahulu.

Review Toyota Kijang Krista 1997 : Dashboard dan Setir

Foto Dashboard dan Setir Toyota Kijang Krista 1997

Belum zamannya head unit layar sentuh, di dashboard Toyota Kijang Krista 1997 hanya ada pemutar musik 'biasa'

Dashboard Toyota Kijang Krista 1997 ini tetap mengalami kemajuan walaupun secara tampilan tidak begitu banyak perubahan. Perpaduan warna dalam dashboard mobil ini sudah sedikit berkembang pada waktu itu dimana akan terlihat lebih modern dan tidak terkesan jadul. Untuk masalah tombol-tombol dalam dashboard sendiri juga sudah mengalami sedikit kemajuan dibandingkan dengan generasi sebelumnya namun tetap saja akan sedikit kesulitan untuk dimengerti oleh pengguna awam atau orang yang baru pertama mengemudikan mobil ini.

Jika dilihat sekarang tombol-tombol yang ada dalam dashboard akan terlihat sangat kuno oleh karena itu biasanya para pemilik mobil ini sekarang akan merombak tampilan dari dashboard sendiri agar terkesan tidak begitu jadul. Namun jika dilihat secara keseluruhan, dashboard mobil ini memiliki perpaduan warna yang tidak jadul maka dari itu masih seimbang antara kesan jadul dan modern dari dashboardnya sendiri.

Untuk soal setir mobil ini jika dibandingkan dengan mobil-mobil sekarang terlihat masih jadul dan terlihat sangat kurang kuat. Desain setir sendiri yang bulat lebar menjadikannya terlihat sangat jadul sekali. Bahkan bisa dilihat saat pertama kali muncul di tahun 1997 setir mobil ini sudah terkesan kurang gahar apalagi jika dibandingkan dengan desain sekarang.

Review Toyota Kijang Krista 1997 : Kursi / Jok

Foto kabin Toyota Kijang Krista 1997, konfigurasi 8 seater

Jok Toyota Kijang Krista 1997 halus, masih bagus diterapkan pada mobil-mobil terkini

Untuk urusan kursi atau jok memang tidak banyak yang berubah dari generasi sebelumnya jika dilihat dari kapasitas yang mampu menampung 6 hingga 7 orang. Namun secara kualitas jok sendiri mengalami perkembangan dengan bahan jok dan kulit pelapisnya yang lebih halus. Biasanya kekurangan dari jok mobil ini adalah dari warnanya yang bisa dibilang kurang variatif dan terkesan jadul. Tapi jika dilihat secara keseluruhan jok mobil Toyota Kijang Krista 1997 ini masih cukup kapabel digunakan hari ini.

Review Toyota Kijang Krista 1997 : Bagasi

Secara desain bagasi memang tidak banyak perubahan dan secara kapasitas juga tidak terlalu berbeda dari generasi sebelumnya. Mobil keluarga ini memang didesain dengan bagasi berkapasitas besar dan lebih dapat memuat banyak barang-barang bawaan. Memang jika membahas mengenai bagasi tidak ada yang banyak diulas.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA KIJANG KRISTA 1997

Setiap jenis mobil pastinya memiliki fitur keamanan dan juga hiburan atau kenyamanan. Untuk mobil Toyota Kijang Krista 1997 ini sendiri memiliki fitur keamanan dan hiburan yang bisa dibilang masih cukup minim.

Review Toyota Kijang Krista 1997 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto AC Double blower Toyota Kijang Krista 1997

Toyota Kijang Krista Tahun 1997 sudah dilengkapi AC Double blower dan fitur hiburan pemutar musik

Untuk fitur kenyamanan sendiri masih sangat tergolong sederhana. Sederhana di sini berarti dalam segi kecanggihan masih sangat simpel jika dibanding mobil sekarang. Minimnya fitur multimedia membuat sarana hiburan dalam mobil ini masih sangat kurang.

Review Toyota Kijang Krista 1997 : Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan mobil yang satu ini bisa dibilang sangat minim seperti seatbelt dan headrest untuk semua baris kursi penumpang (kecuali bagian tengah baris kedua dan ketiga). Entah karena keluaran jadul atau apa namun untuk ukuran fitur keselamatan mobil tentu sangat kurang. Dari segi keamanan mobil ini masih terhitung sangat kurang.

>>> Review Toyota Hiace 2017: Mobil MPV Dengan Desain Minibus Cocok Untuk Kendaraan Travel

5. OPERASI TOYOTA KIJANG KRISTA 1997

Foto Mesin Toyota Kijang Krista

Ada tiga pilihan mesin untuk Toyota Kijang Krista Tahun 1997, Bensin 1.8L dan Diesel 2.4L

Salah satu varian mobil Toyota Kijang Krista 1997 ini menggunakan mesin 7-K dengan kapasitas 1997 cc bertenaga 94 Hp. Untuk ukuran mobil keluaran 1997, mobil ini termasuk yang bertenaga dan memang banyak digunakan untuk mobil keluarga.

>>> Bingung Pilih Mobil Sedan Atau MPV Untuk Keluarga Muda, Baca Ini Dulu!

6. SPESIFIKASI TOYOTA KIJANG KRISTA 1997

DIMENSI

Panjang

4245 mm

Lebar

1670  mm

Tinggi

1770 mm

Wheelbase

-

Ground Clearance

-

MESIN

Jenis

7-K 4 Silinder segaris OHV

Isi silinder

1997 cc

Daya maksimum

94 Hp @5.000 rpm

Torsi maksimum

155 Nm @3.200 rpm

Bahan Bakar

Bensin

Sistem bahan bakar

Karburator

Transmisi

Manual 4 percepatan, Otomatis 5 percepatan

SASIS DAN KAKI-KAKI

Sistem kemudi

Rack & Pinion

Suspensi depan

Rigid axle isoclamp dengan pegas

Suspensi belakang

Double wishbone dengan pegas

Rem depan

Ventilated Dick

Rem belakang

Drum with Tandem vacuum booster

Ukuran ban

215/70R17 Steel

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA KIJANG KRISTA 1997

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Termasuk dalam kategori mobil yang awet mulai dari mesin hingga kualitas secara keseluruhan. Bahkan sekarang pun masih banyak ditemukan mobil ini dipakai sehari-hari dan masih menunjukkan performa yang baik.

Mobil ini tergolong mobil yang boros bahan bakar artinya jika dibandingkan dengan mobil sekarang sangat jauh.

Karena termasuk mobil yang awet, Toyota Kijang Krista 1997 masih memiliki harga pasar yang cukup tinggi.

Kurang gesit dan top speednya sendiri sangat rendah

Suku cadang mobil ini juga murah dan mudah didapatkan. Maka dari itu masih sangat kapabel untuk dipakai sekarang.

Minim fitur-fitur hiburan dan keamanan seperti yang sudah dijelaskan di atas

Untuk merawat mobil ini secara keseluruhan juga sangat mudah.

Karet bodi sangat mudah terkelupas dan gampang retak.

8. DAFTAR HARGA TOYOTA KIJANG KRISTA 1997

Versi baru dari Toyota Kijang Krista 1997 sudah tidak lagi diproduksi dan dijual di dealer resmi Toyota. Namun versi bekasnya masih bisa Anda temukan di berbagai situs jual beli mobil dengan harga yang cukup bervariatif mulai dari Rp 60.000.000 hingga Rp 90.000.000. Harga tersebut hanya referensi yang tertera di salah satu situs jual beli mobil dan bukan harga paten. Harga riilnya bisa berbeda tergantung faktor yang mempengaruhi seperti kondisi mobil, jarak tempuh, riwayat perawatan dan sebagainya.

9. VIDEO TOYOTA KIJANG KRISTA 1997

10. KESIMPULAN TOYOTA KIJANG KRISTA 1997

Mobil Toyota Kijang Krista 1997 merupakan inovasi dan perkembangan yang begitu baik dari generasi sebelumnya. Jika dibilang memiliki kualitas baik sebagai mobil keluarga mungkin dulu saat pertama kali hadir. Namun jika dibandingkan dengan mobil yang sifatnya mobil keluarga jaman sekarang tentunya berbeda. Namun bukan berarti mobil ini tidak cocok dipakai untuk jaman sekarang karena dengan keawetan mesin performanya mobil ini masih sangat cocok dipakai saat ini meskipun ada beberapa hal yang sangat kurang dari mobil ini seperti fitur keamanan, hiburan dan lainnya.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer