Review Toyota Kijang Innova Q 2018

29/11/2018 Franky Pratama Review Toyota

Ada beberapa hal baru yang diterapkan pada Toyota Kijang Innova Q 2018. Ya, meski terkesan sangat minor, tambahan fiturnya terbilang cukup mewah dan mampu menghibur seluruh penumpang. Innova sendiri merupakan kendaraan populer yang cukup diminati masyarakat. Sehingga tak salah apabila Toyota Astra Motor (TAM) memberi sedikit pembaruan pada Innova. Mari kita simak review Toyota Kijang Innova Q 2018.

1. PENGANTAR TOYOTA KIJANG INNOVA Q 2018

Review Toyota Kijang Innova Q 2018 - Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) satu ini memang sudah mendapat posisi spesial di hati masyarakat Indonesia sejak tahun 2004. Kala itu, generasi pertamanya diluncurkan untuk melanjutkan seri dari Toyota Kijang. Dari total 10 negara yang sudah merasakan Innova hanya Indonesia yang menyebutnya sebagai Kijang Innova. Berbeda dengan negara lainnya yang lebih dikenal sebagai Toyota Innova.

Generasi kelima Toyota Kijang Innova meneruskan perjuangan Kijang yang sudah berkiprah sejak dulu

Melihat kembali generasi Toyota Kijang Innova di tahun 2004

Generasi paling barunya dirilis pada tahun 2015 yang menerapkan eksterior lebih menawan, interior lebih menghibur serta performa mesin mumpuni. Kini versi terbarunya sudah menggunakan mesin Dual VVT-i yang menawarkan dua pilihan meliputi 2.0 Liter bensin maupun 2.4 Liter diesel.

Toyota Kijang Innova 2018 menampilkan berbagai hal baru di setiap aspeknya

Inilah generasi terbaru dari Toyota Kijang Innova yang memiliki berbagai pembaruan

Beberapa rombakan menarik dirasakan pada perilisan mode Facelift di tahun 2017. Semua variannya seperti G, V Dan Q dibekali fitur-fitur lebih lengkap. Bahkan di tahun ini, ada pembaruan menarik khusus varian Q. Apakah itu? Untuk membahasnya lebih jauh, berikut review Toyota Kijang Innova Q 2018.

2. EKSTERIOR TOYOTA KIJANG INNOVA Q 2018

Dari sisi eksterior Toyota Kijang Innova Q 2018, orang-orang sudah pasti mengenalnya. Lekuk desain dinamis dipadu unsur modern, menjadikannya mudah dikenali. Bahkan, tak jarang kita melihatnya di jalanan kota.

Review Toyota Kijang Innova Q 2018: Eksterior Depan

Dari wajah depan, Anda disuguhkan Grille berukuran besar yang mana Toyota menamainya sebagai Hexagonal Grille. Selain itu, panel tersebut dihias elegan dengan sentuhan aksen krom yang menyatukan dua buah lampu LED-nya. Tak lupa, fungsi pencahayaannya juga ditunjang dengan fitur Fog Lamps sehingga mampu memberi kualitas penerangan mumpuni di saat hujan.

Eksterior depan Toyota Kijang Innova Q 2018 menyuguhkan desain Grille baru

Eksterior depan Toyota Kijang Innova Q 2018 dibekali dua buah lampu LED yang disatukan oleh Grille menawarn

Review Toyota Kijang Innova Q 2018: Eksterior Samping

Pada bodi sampingnya, Innova Q sudah mendapatkan kaca spion yang sudah didukung pelipatan otomatis. Tak perlu repot-repot lagi menutup kaca spion ketika parkir, kini mobil satu ini sudah menyajikan esensi lebih praktis. Adapun lampu sein sudah tersemat apik pada kaca spionnya, memberi notifikasi lebih jelas bagi pengendara lain ketika Anda melakukan manuver.

Eksterior samping Toyota Kijang Innova Q 2018 sudah menyajikan esensi praktis pada kaca spionnya

Eksterior samping Toyota Kijang Innova Q 2018 sudah menyediakan kaca spion berfitur otomatis

Review Toyota Kijang Innova Q 2018: Eksterior Belakang

Selain dihias apik dengan lampu Rear Combination, Innova Q juga menghadirkan License Garnish. Perubahan minor namun memberi dampak visual lebih modern. Di sisi lain, meski mobil ini adalah kendaraan keluarga namun Toyota menghiasinya dengan nuansa sporty yang tergambar jelas dari fitur Rear Spoiler. Hal tersebut nampak tertata apik ketika dipadukan dengan Shark Fin Antenna.

​Eksterior belakang Toyota Kijang Innova Q 2018 dihias apik dengan lampu Rear Combination

Eksterior belakang Toyota Kijang Innova Q 2018 dihias apik dengan License Garnish

>>> Baca juga:

3. INTERIOR TOYOTA KIJANG INNOVA Q 2018

Sebagai mobil MPV keluarga, interior Toyota Kijang Innova Q 2018 sudah dibekali berbagai hal menghibur. Adapun atmosfer interiornya tertata sangat modern, seakan berhasil memanjakan seluruh penumpang ketika memasuki kabinnya.

Review Toyota Kijang Innova Q 2018: Dashboard

Esensi elegan nampak tertata apik dari panel kayu pada dashboard-nya. Desainnya juga dibuat dengan lekukan seksi dari ujung ke ujungnya. Seakan memadukan pesona klasik dan modern pada atmosfer kabinnya.

​Dashboard Toyota Kijang Innova Q 2018 menghadirkan desain yang modern serta elegan

Dashboard Toyota Kijang Innova Q 2018 dilengkapi dengan fitur-fitur menghibur

Adapun di sisi tengah sudah disematkan panel Head Unit berukuran 8 inci dan fitur penyejuk Air Conditioning (AC) otomatis. Ya, pengoperasian fitur-fiturnya terbilang cukup mudah. Semua tombol-tombol diberikan lampu berwarna biru sehingga lebih mudah dioperasikan ketika malam hari.

Review Toyota Kijang Innova Q 2018: Setir

Kemudi setir juga menyajikan aksen kayu yang disematkan pada sisi atas dipadu bahan kulit berkualitas. Selain mampu memberi kenyamanan saat menggenggamnya, racikan desain tersebut juga dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri pengendara.

Setir Toyota Kijang Innova Q 2018 nampak elegan dengan aksen kayu berkualitas

Setir Toyota Kijang Innova Q 2018 menggunakan desain tiga palang

Menariknya, kemudi setir juga sudah dibekali berbagai tombol multifungsi seperti halnya pengaturan audio, pengaturan Multi Information Display (MID) dan konektivitas. Ya, Anda sudah bisa menjawab dan menutup telepon dari kemudi setirnya. Anda hanya tinggal mengintegrasikan Gadget dengan panel Head Unit via teknologi Bluetooth.

Review Toyota Kijang Innova Q 2018: Kursi

Fitur paling baru yang kami sebutkan di segmen pengantar adalah Premium Rear Seat Entertainment. Fitur satu ini terbilang baru yang mampu memanjakan seluruh penumpang di bangku belakang. Bayangkan saja, penumpang sudah bisa menyaksikan hiburan secara langsung dari panel tersebut. Setidaknya untuk mobil keluarga 7-Seaters, fitur terbarunya ini terbilang istimewa.

​Kursi Toyota Kijang Innova Q 2018 sudah dibalut bahan berkualitas

Kursi Toyota Kijang Innova Q 2018 mampu menampung hingga 7 orang sekaligus

Review Toyota Kijang Innova Q 2018: Ruang Bagasi

Kapabilitasnya sebagai mobil MPV, Innova juga dibekali kapasitas bagasi yang cukup besar. Diprediksi, bagasinya mampu menampung hingga lima tas berukuran besar. Terbilang cukup mumpuni untuk memenuhi seluruh kebutuhan keluarga maupun perkantoran.

>>> Artikel terkait:

4. FITUR TOYOTA KIJANG INNOVA Q 2018

Tentu saja model populer sekelas Innova dibekali berbagai fitur mumpuni. Hal tersebut akan dijawab di segmen yang terbagi menjadi dua aspek yakni keselamatan dan hiburan. Inilah fitur Toyota Kijang Innova Q 2018.

Review Toyota Kijang Innova Q 2018: Fitur Keselamatan

Tak perlu banyak khawatir akan masalah keselamatan. Pasalnya, Toyota Kijang Innova Q sudah dibekali Superior Safety Airbags yang mampu meminimalisir cedera ketika terjadi kecelakaan. Adapun supaya performa manuvernya menjadi lebih mumpuni, Innova menerapkan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Fitur keselamatan Toyota Kijang Innova Q 2018 tampil sangat lengkap di berbagai aspeknya

Fitur keselamatan Toyota Kijang Innova Q 2018 sudah menerapkan teknologi pengereman ABS serta EBD

Review Toyota Kijang Innova Q 2018: Fitur Hiburan

Fitur terbarunya yakni Premium Rear Seat Entertainment dijamin mampu memberi kenyamanan lebih bagi seluruh penumpang di bangku belakang. Adapun pada bangku depan sudah tersemat apik panel Head Unit berukuran 8 inci yang sudah mendukung berbagai format modern seperti Bluetooth dan USB. Menariknya lagi, sudah tersedia Captain Seat pada bangku kedua yang sudah dilengkapi berbagai hal menarik seperti Cabin Tray.

Fitur hiburan Toyota Kijang Innova Q 2018 menyediakan hiburan di bangku belakang

Fitur hiburan Toyota Kijang Innova Q 2018 menghadirkan hal baru yakni Premium Rear Seat Entertainment

>>> Simak juga tentang review Suzuki Ertiga 2018, harga dan spesifikasi lengkap

5. OPERASI TOYOTA KIJANG INNOVA Q 2018

Racikan mesin Innova sudah dikenal akan performanya yang tangguh serta irit bahan bakar. Sayangnya, varian mesin diesel tak lagi ditawarkan pada model satu ini. Kini, operasi mesin Toyota Kijang Innova Q 2018 menerapkan kapasitas silinder sebesar 1.998 cc berkode 1TR-FE Dual VVT-i. Pada varian Q, tersedia dua pilihan transmisi yang bisa Anda pilih meliputi 5 tingkat percepatan manual dan 6 percepatan otomatis. Daya yang dihasilkan dari mesinnya terbilang cukup besar di angka 139 PS setara 5.600 Rpm dengan torsi puncak 4.000 Rpm.

Operasi mesin Toyota Kijang Innova Q 2018 menggunakan kapasita silinder sebesar 1.998 cc

Operasi mesin Toyota Kijang Innova Q 2018 menyuguhkan daya maksimum hingga 139 PS

>>> Jangan lupa untuk kunjungi rubrik Tips dan Trik dari kami yang menyediakan bagaimana cara merawat mobil

6. SPESIFIKASI TOYOTA KIJANG INNOVA Q 2018

Supaya Anda semakin mengetahui segala hal detail tentangnya, berikut spesifikasi Toyota Kijang Innova Q 2018.

SPESIFIKASI TOYOTA KIJANG INNOVA Q 2018

DIMENSI BODI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.735 mm x 1.830 mm x 1.795 mm

Wheelbase

2.750 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.0 Liter 1 TR-FE 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC Dual VVT-i

Kapasitas Silinder

1.998 cc

Daya Maksimum

139 PS / 5.600 Rpm

Torsi Maksimum

18,7 Kg.m / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

6 Percepatan Otomatis / 5 Percepatan Manual

HANDLING

Suspensi Depan

Double Wishbone with Coil Spring & Stabilizer

Suspensi Belakang

4 Link with Coil Spring & Lateral Road

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drums

Ukuran Ban

205/65 R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA KIJANG INNOVA Q 2018

Tak lupa, Hargamobil.com juga hendak memberikan opini tentang kelebihan dan kekurangan Toyota Kijang Innova Q 2018.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tersedia fitur tambahan Premium Rear Seat Entertainment

Tak ada pilihan mesin diesel khusus varian Q saja

Desain eksterior-nya yang agresif sangat mudah dikenali oleh masyarakat

Jika dibandingkan dengan varian terendahnya, harganya terpaut cukup jauh di kisaran Rp. 90 jutaan

Harga jual masih relatif stabil

-

8. DAFTAR HARGA TOYOTA KIJANG INNOVA Q 2018

Lantas, berapa harga dari model satu ini? Perlu Anda ketahui, tipe Q adalah varian tertinggi dari Innova. Inilah daftar harga Toyota Kijang Innova Q 2018.

DAFTAR HARGA TOYOTA KIJANG INNOVA Q 2018

Toyota Kijang Innova Q M/T

Rp. 390.350.000

Toyota Kijang Innova Q A/T

Rp. 410.650.000

9. VIDEO TOYOTA KIJANG INNOVA Q 2018

10. KESIMPULAN TOYOTA KIJANG INNOVA Q 2018

Seakan sudah memperhitungkan segala kebutuhan dari mobil keluarga, Toyota Kijang Innova kini dilengkapi dengan Premium Rear Seat Entertainment. Selain memberi kenyamanan lebih bagi penumpang belakang, fitur satu ini sukses menghadirkan atmosfer kabin yang lebih modern. Terkesan sangat Premium mirip jajaran keluarga Toyota Alphard. Jujur, kami sangat menyukai perubahan satu ini. Meski terkesan minor tapi mampu memberi dampak signifikan bagi kenyamanan kabinnya.

>>> Dapatkan informasi lebih jelas tentang mobil lainnya di sini

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer