Review Toyota Kijang Innova 2004: Mobil MPV Legendaris Masih Banyak Dicari

28/02/2019 Abdul Review Toyota

Mobil MPV merupakan segmen yang banyak diminati di Indonesia. Hal tersebut karena kenyamanan yang ditawarkan dan juga kapasitas penumpang yang cukup banyak. Salah satu kendaraan dalam segmen ini adalah Toyota Kijang Innova 2004.

1. PENGANTAR TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

Review Toyota Kijang Innova 2004 - Mobil besutan Toyota ini pertama kali meluncur pada tahun 2004 yang menjadi pengganti dari Kijang Kapsul. Dengan membawa segmen mobil keluarga, Kijang Innova generasi pertama ini banyak diminati meskipun dalam kondisi bekas. Mobil ini mengandalkan sasis ladder frame, pesaingnya yang memakai sasis model ini adalah Fortuner namun sudah mulai ditinggalkan.

Sasis model ini kerap disebut dengan sasis truk namun hal tersebut tidak masalah, karena ketahanan yang dimiliki sangatlah baik. Dari segi harga memang terbilang cukup mahal kala itu, akan tetapi penjualannya sangat sukses. Toyota Kijang Innova ini bertahan terbilang cukup lama, pada tahun 2015 lalu mobil MPV keluarga tersebut digantikan dengan model terbaru yaitu Toyota Grand New Innova yang terkenal juga dengan nama Innova Reborn.

2. EKSTERIOR TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

Toyota Kijang Innova mempunyai bodi bongsor yang hampir serupa dengan sebuah minivan. Selain itu lebarnya juga berlebih dan sangat cocok untuk digunakan bepergian dengan jarak dekat ataupun jauh.

Review Toyota Kijang Innova 2004: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Kijang Innova 2004 warna silver bagian depan

Bagian depan mempunyai desain sederhana namun tetap menarik

Pada bagian eksterior depan Toyota Kijang Innova 2004 mempunyai headlamp yang dibuat lebar dengan desain meruncing ke dalam. Model tersebut memang terbilang cukup trend di masanya. Di antara headlamp terdapat grille dengan lubang yang di desain 2 baris, akan tetapi untuk bagian atas terhenti karena adanya logo Toyota. Sedangkan di bawahnya terdapat bumper yang mempunyai desain biasa tanpa ada banyak lekukan seperti yang digunakan pada mobil jaman sekarang.

Review Toyota Kijang Innova 2004: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Toyota Kijang Innova 2004 warna silver

Bagian samping Toyota Kijang Innova 2004 terlihat bongsor dengan tampilan dinamis

Dilihat dari bagian samping terlihat minimalis dan minim lekukan. Bahkan akan tampak kebongsoran yang dimiliki Toyota Kijang Innova 2004. Seperti yang sudah diketahui, bahwa untuk desain bodi di tahun tersebut masih didesain sangat sederhana namun tetap menarik. Untuk velg menggunakan palang 5 dengan ukuran 15 inci.

Review Toyota Kijang Innova 2004: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Toyota Kijang Innova 2004

Sudah terdapat parkir sensor dan wiper belakang pada Toyota Kijang Innova 2004

Berlanjut ke bagian belakang, yang mana untuk Toyota Kijang Innova 2004 terlihat minimalis dengan diberikan wiper belakang. Untuk bagian lampunya dibuat lancip menuju ke atas. Akan tetapi sayangnya mobil ini belum mendapatkan fitur Rear Defogger. Namun untuk desainnya sangat revolusioner, mengingat mobil ini menjadi penerus dari Kijang Kapsul.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

Pada bagian interior Toyota Kijang Innova 2004 didesain sangat fungsional. Selain itu terdapat banyak ruang penyimpanan yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang.

Review Toyota Kijang Innova 2004: Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Toyota Kijang Innova 2004

Desain dashboard Toyota Kijang Innova 2004 cukup menarik meskipun bahannya masih plastik

Pada bagian dashboard masih mengandalkan bahan plastik. Yang menarik adalah adanya Twin Glove Box. Sedangkan kisi-kisi AC terdapat 4 buah yakni pojok kanan dan kiri serta 2 lagi di sebelah kanan kiri head unit. Untuk fitur audio masih mengandalkan single din dengan pengaturan AC model knob. Sementara kemudinya menggunakan desain 3 palang dengan sebuah logo di tengahnya. Jadi untuk interior depan ini terbilang sudah cukup untuk menemani perjalanan selama berkendara. Mengingat mobil ini dikeluarkan pada tahun 2000-nan.

Review Toyota Kijang Innova 2004: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Toyota Kijang Innova 2004

Penumpang dapat duduk dengan nyaman  karena legroom yang cukup lega

Berlanjut ke bagian kursi Toyota Kijang Innova 2004. Jok mobil besutan Toyota ini sangat nyaman dengan legroom yang mempunyai space cukup lebar, begitu juga untuk jarak dengan atapnya. Jadi bagi seorang penumpang yang menaiki mobil ini akan tetap terasa nyaman saat menempuh perjalanan jauh. Untuk kapasitas penumpang adalah 7 orang.

Review Toyota Kijang Innova 2004: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagian bagasi mobil Toyota Kijang Innova 2004

Bagasi mobil bisa tambah luas dengan melipat kursi belakang

Bagasi Toyota Kijang Innova memang cukup luas. Untuk luas bagasinya mencapai 300 liter dalam kondisi seats up. Sedangkan pada seats down volume bagasinya dapat mencapai 1128 liter. Jadi bagi sobat yang berniat berbelanja dengan mobil ini tidak perlu khawatir, karena dapat menampung banyak barang. Apalagi saat kursi belakang tidak dipakai, maka dapat menambah ruang bagasi mobil.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

Saat berkendara membutuhkan kenyamanan, pada Toyota Kijang Innova 2004 ini telah diberikan fitur audio yang terdapat pada dashboard. Fitur ini terhubung dengan 6 buah speakers yang dapat terintegrasi dengan USB. Meskipun belum canggih seperti saat ini, namun sudah cukup untuk menemani perjalanan ke suatu tempat. Ditambah lagi terdapat AC triple blower yang bisa membuat pengemudi dan penumpang merasakan kenyamanan.

Gambar ini menunjukkan head unit dan glove box yang terdapat pada dashboard mobil

Fitur Toyota Kijang Innova 2004 terbilang cukup mumpuni

Apalagi saat ingin menempatkan kendaraan di garasi atau lokasi umum, mobil ini akan mudah untuk parkir karena sudah terdapat Rear Parking Sensor. Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan Intermittent Wiper with Speed Adjustment, Rear wiper, Electric Mirrors dan juga Power Windows.

>>> Bingung Pilih Mobil Sedan Atau MPV Untuk Keluarga Muda, Baca Ini Dulu!

5. OPERASI TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Kijang Innova 2004

Toyota Kijang Innova 2004 mempunyai 2 piliha mesin yakni bensin dan diesel

Berlanjut ke bagian performa Toyota Kijang Innova, yang mana mobil ini mengandalkan 2 pilihan mesin yakni 2.0L 1TR-FE dan diesel 2.5L 2KD-FTV. Pada mesin bensin dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 136 Hp / 5.600 Rpm. sedangkan untuk torsi maksimalnya mencapai 182 Nm/ 4.000 Rpm. Sedangkan mesin Toyota Kijang Innova 2004 Diesel dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 136 Hp/ 3.600 Rpm dengan torsi maksimal mencapai 260 Nm/ 1.600-2.400 Rpm untuk transmisi otomatis. Sedangkan pada transmisi manual torsi maksimalnya mencapai 200 Nm/ 1.400-3.200 Rpm.

>>> Review Honda Mobilio S 2017, Tipe Terendah Dari Mobilio Facelift

6. SPESIFIKASI TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

Berikut ini merupakan spesifikasi mobil Toyota Kijang Innova 2004.

MESIN

Engine Gasoline

2.0L 1TR-FE DOHC VVT-i

Engine Diesel

2.5L 2KD-FTV DOHC Commonrail Turbo

Konfigurasi

4 in-line cylinder, 16 valve

Tenaga Maks Gasoline

136 HP @5600 rpm

Tenaga Maks Diesel

102 HP @3600 rpm

Torsi Maks Gasoline

182 Nm @4000 rpm

Torsi Maks Diesel

200 Nm @1400-3200 rpm (M/T) dan 260 Nm @1600-2400 rpm (A/T)

Konsumsi BBM Gasoline

6-8 km/liter (dalkot) dan 7-10 km/liter (lukot)

Konsumsi BBM Diesel

8-10 km/liter (dalkot) dan 10-12 km/liter (lukot)

Penggerak

Roda Belakang (RWD)

Transmisi

5-Speed MT / 4-Speed AT

HANDLING DAN SUSPENSI

Suspensi Depan

Double Wishbone with Coil Spring

Suspensi Belakang

4-Link with Coil Spring and Lateral Rod

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Sparepart Mudah Didapatkan

Harga Cukup Mahal

Fitur Yang Diberikan Cukup Mumpuni

Sulit Bermanuver

Harga Jual Cukup Tinggi

Umur Sudah Tua

Nyaman Dikendarai

Suspensi Kurang Nyaman Di Baris Ketiga

Blower AC Tiap Baris

 

Perawatan Mudah

 

8. DAFTAR HARGA

Berbicara soal harga tentunya hanya ada dalam kondisi bekas saja. karena untuk barunya sudah tidak dikeluarkan karena sudah diganti dengan model terbarunya. Untuk harga bekas Toyota Kijang Innova 2004 berkisar antara Rp. 80 juta sampai Rp. 130 jutaan. Harga tersebut tergantung varian dan kondisi mobilnya.

9. VIDEO TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

10. KESIMPULAN TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

Toyota Kijang Innova 2004 merupakan mobil dalam segmen MPV yang nyaman. Untuk keluaran tahun 2004 yang merupakan generasi pertama Innova dan generasi kelima Kijang masih banyak diminati meskipun dalam kondisi bekas. Bagi sobat semua yang menginginkan mobil yang nyaman serta tangguh bisa memilih mobil besutan Toyota satu ini. Untuk perawatan cukup mudah dan sparepart nya juga mudah didapatkan.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer