Review Toyota Grand New Kijang Innova 2011 : Generasi Pertama Toyota Innova Yang Paling Cantik

25/07/2019 Fatchur Sag Review Toyota

Toyota Kijang adalah merek mobil legendaris di Indonesia yang beberapa dekade silam menjadi ikon kendaraan keluarga yang laris manis di pasaran dengan spesifikasi yang terus mengikuti perkembangan teknologi dan jaman. Sejak era 70-an, seri-seri Kijang terus terwariskan dari generasi ke generasi mulai dari Kijang Super, Grand Extra, hingga akhirnya mengalami perkembangan teknologi tingkat lanjut dengan keluaran model MPV termasuk Toyota Grand New Kijang Innova 2011.

1. PENGANTAR TOYOTA GRAND NEW KIJANG INNOVA 2011

Tahun 2004 untuk pertama kalinya Toyota merilis Toyota Kijang Innova untuk meneruskan perjalanan sukses Kijang Kapsul. Toyota Grand New Kijang Innova 2011 adalah versi facelift kedua yang didahului oleh Innova versi facelift yang dirilis selama tahun 2008 hingga 2011.

Foto Toyota Grand New Kijang Innova 2011, dari arah samping depan terlihat lebih menarik dibanding versi sebelumnya

Sentuhan facelift pada Toyota Grand New Kijang Innova 2011 membuatnya tampil lebih menarik

Toyota Grand New Kijang Innova 2011 mendapatkan sambutan hangat dari pasar Indonesia apalagi setelah menjajal langsung performa mesin diesel yang diklaim sangat irit. Dengan kapasitas bahan bakar sebesar 2,5 liter yang merupakan hasil penambahan dari kapasitasi tangki di versi sebelumnya. Lebih lengkapnya kita simak uraian di bawah ini.

2. EKSTERIOR TOYOTA GRAND NEW KIJANG INNOVA 2011

Perusahaan nyaris tidak melakukan perubahan konsep dan model bodi kendaraan ini. Mempertahankan bentuk bodi yang memanjang dan menandakan ciri khas yang kuat sebagai kendaraan keluarga MPV. Meski demikian, nampak jelas bahwa Toyota Grand New Kijang Innova 2011 mendapatkan sentuhan elegan yang kuat di sana sini. Bodi berukuran besar ini sudah sempurna sebagai kendaraan yang dirancang untuk perjalanan jauh dan kapasitas penumpang besar. Bentuk desainnya sendiri nampak sedikit membulat dengan konsep aerodinamis.

Review Toyota Grand New Kijang Innova 2011 : Bagian Depan

Foto Toyota Grand New Kijang Innova 2011 tampak depan

Toyota Grand New Kijang Innova 2011 bisa diketahui dari kisi grillnya yang berjumlah 4 dan sejajar lampu

Bagian depan kendaraan ini mudah dikenali karena memiliki perbedaan cukup kentara dibanding versi sebelumnya. Saat diluncurkan tahun 2004 grill depan hanya memiliki 2 kisi. Versi facelift pertama tahun 2008 bertambah jadi 3 kisi, dan pada Toyota Grand New Kijang Innova 2011 grill dengan bentuk garis horizontal di bagian tengah yang agak besar memiliki 4 kisi. Ada sedikit perubahan pada lampu depan dan lampu kabut. Bagian lampu kabut menggunakan lampu berbentuk bundar, sementara grill bemper bagian bawah berbentuk trapesium agak mengecil mengerucut ke atas. Berbeda dengan versi sebelumnya yang grill trapesiumnya mengerucut ke bawah.

Review Toyota Grand New Kijang Innova 2011 : Bagian Samping

Foto Toyota Grand New Kijang Innova 2011 tampak samping

Yang tak suka warna putih, banyak warna lain yang bisa dipilih

Bagian samping bisa dikatakan tidak memiliki perubahan signifikan dengan mempertahankan model lama. Body masih terlihat memanjang lurus dengan garis-garis pembatas pintu dan jendela yang presisi. Tersambung dari bagian depan hingga belakang, tampilan samping kendaraan nyaris tanpa cacat. Sistem buka tutup pintu yang nyaman, tidak sampai menganggu jika ada semua pintu dibuka dan untuk akses keluar masuk penumpang.

Review Toyota Grand New Kijang Innova 2011 : Bagian Belakang

Foto menunjukkan Toyota Grand New Kijang Innova 2011 bagian belakang

Dari sisi manapun Toyota Grand New Kijang Innova 2011 enak dipandang

Untuk bagian belakang juga nampak perubahan dari lampu yang dipakai. Berbeda dari versi sebelumnya yang cuma terdiri dari lapisan warna merah putih, Toyota Grand New Kijang Innova 2011 ini terdiri dari 3 lapisan warna yaitu merah putih merah. Wujud bagian belakang ini menghadirkan konsep yang seimbang dari keseluruhan lapisan permukaan dari ujung hingga belakang.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR TOYOTA GRAND NEW KIJANG INNOVA 2011

Interior Toyota Grand New Kijang Innova 2011 punya desain semakin modern dan nyaman. Menyeimbangkan bentuk eksterior yang mengikuti perkembangan jaman dan ruang kabin yang lebih luas jika dibandingkan dengan keluaran sebelumnya. Bagian interior juga dilapisi warna-warna lembut yang menghadirkan efek menenangkan dan tidak kaku. Beberapa perubahan telah diterapkan di bagian tengah konsol, kemudi, lipatan pintu, hingga jok. Secara keseluruhan, dimensi kabin sama persis dengan sebelumnya yakni ukuran yang lebih lapang dan luas.

Review Toyota Grand New Kijang Innova 2011 : Kabin

Foto kabin Toyota Grand New Kijang Innova 2011 dari belakang

Toyota Grand New Kijang Innova 2011 bisa bawa 8 orang sekaligus dan tetap nyaman

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ruang kabin terasa lebih luas dibandingkan yang terdahulu. Mungkin karena faktor pilihan warna yang lembut sementara ornamen kayu di beberapa bagian yang semakin kuat memberikan efek nyaman. Ukuran dimensi yang pas memungkinkan desain kabin yang mampu diandalkan sebagai kendaraan keluarga. Pengujian kenyamanan ruang kabin dilakukan dengan tes ambient noise yang menghasilkan 87,3 dB. Sedangkan jika semua pintu dan jendela ditutup rapat menghasilkan 72,0 dB.

Review Toyota Grand New Kijang Innova 2011 : Dashboard dan Setir

Bagian dashboard dirancang dengan konsep yang agak minimalis yang memudahkan akses ke setiap panel instrumen. Setir empat palang memberi kesan kendaraan ini sebagai sebuah mobil mewah premium dengan ornamen kayu dan arm rest driver. Kenyamanan dudukan terasa pada pegangan kemudi, sedangkan rongga tempat meletakkan kaki di semua barisan penumpang sangat luas dan nyaman.

Foto Dashboard dan Setir Toyota Grand New Kijang Innova 2011

Desain simpel dan elegan tanpa mengurangi sisi fungsional

Review Toyota Grand New Kijang Innova 2011 : Kursi/Jok

Mobil ini didesain untuk tujuh penumpang dengan gaya interior kelas mewah dan beragam fitur-fitur keselamatan dan kenyamanan. Lapisan permukaan kursi/jok kendaraan ini memungkinkan penumpang duduk selama berjam-jam tanpa merasa capek dan kelelahan.

Review Toyota Grand New Kijang Innova 2011 : Bagasi

Foto Bagasi Toyota Grand New Kijang Innova 2011 dalam kondisi terbuka

Cukup mengakomodir barang bawaan keluarga

Desain bagasi diatur seluas mungkin dan tidak mengusik kenyamanan barisan penumpang di depannya. Fitur tambahan bagasi disediakan melalui luggage tray dan cargo net sehingga Anda tidak usah khawatir jika hendak membawa banyak barang bawaan selama menempuh perjalanan jauh.

Jika bagasi dirasa kurang lapang karena banyaknya barang bawaan, Anda bisa melipat kursi baris ketiga dengan konfigurasi 50:50 untuk mendapatkan ruang yang lebih luas.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR TOYOTA GRAND NEW KIJANG INNOVA 2011

Tidak hanya menarik dari sisi desain, Toyota Grand New Kijang Innova 2011 juga menarik karena berbagai fitur yang disematkan dari fitur keselamatan hingga fitur kenyamanan dan hiburan.

Review Toyota Grand New Kijang Innova 2011 : Fitur Keselamatan

Foto Jok baris kedua Toyota Grand New Kijang Innova 2011

Seatbelt dan headrest tak sekadar hiasan

Fitur keselamatan Grand New Kijang Innova 2011 merupakan hasil penyempurnaan dari keluaran sebelumnya apalagi sudah terjamin dari kerangka GOA atau Global Outstanding Assement. Sistem keselamatan diperkuat oleh dual airbags SRS, collapse steering coloumn, side impact beam, new seatbelt, force limiter, dan pretensior yang diterapkan di semua tipe.

Review Toyota Grand New Kijang Innova 2011 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto Kursi Toyota Grand New Kijang Innova 2011 bisa direbahkan dan nyaman buat isitirahat

Nyaman sekali kabin Toyota Grand New Kijang Innova 2011, bisa bikin ngantuk

Jaminan kenyamanan semua penumpang diwujudkan melalui fitur-fitur hiburan yang disematkan di kabin. Mulai dari kabin pengemudi dengan dashboard yang modern, fitur-fitur khusus 2 DIN CD with MP3, USB/AUX, WMA Players, integrated rear blower air conditioner, dan layar monitor berukuran 8 inchi di bagian atas kemudi. Sistem pengereman menggunakan ABS dan LSPV yang mampu diandalkan ketika mobil dipacu dengan kecepatan maksimal.

>>> Review Daihatsu Grand New Xenia Tipe R 1.5 MT Deluxe 2019: Upgrade Tambah Keren

5. OPERASI TOYOTA GRAND NEW KIJANG INNOVA 2011

Foto Mesin Toyota Grand New Kijang Innova 2011 dalam kondisi terawat dan terlihat bersih

Performa mumpuni berkat mesin yang juga mumpuni

Untuk performa Toyota Grand New Kijang Innova 2011 dibekali mesin bensin berkapasitas 2000 cc dan diesel berkapasitas 2500 cc. Tenaga maksimum dihasilkan mencapai 102 HP untuk mesin diesel dan 136 HP untuk mesin bensin. Kekuatan dorongan kendaraan cukup besar menggunakan sistem transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan ECT yang menjamin proses perpindahan secara halus tidak tersendat-sendat.

>>> Review Mobil KIA Sedona 2016 Indonesia: Mobil MPV Premium Dengan Fitur Mumpuni

6. SPESIFIKASI TOYOTA GRAND NEW KIJANG INNOVA 2011

DIMENSI

  Diesel Bensin

Panjang

4555 mm

Lebar

1770 mm

Tinggi

1750 mm

Jarak sumbu roda

2750 mm

MESIN

Seri 2.5 L 2KD-FTV I4-T diesel 2.0 L 1TR-FE I4 bensin

Isi silinder

2500 cc

2000 cc

Daya maksimum

102 HP @3.600 rpm

136 HP @5.600 rpm

Torsi maksimum

200 Nm @1.400-­3.200 rpm

182 Nm @4.000 rpm
Bahan bakar Solar Bensin

Transmisi

Manual 5­ percepatan, Otomatis 4­ percepatan

SASIS DAN KAKI-KAKI
Penggerak roda Front Wheel Drive / Penggerak roda depan
Sistem kemudi Power Steering

Suspensi depan

Independent double wishbone

Suspensi belakang

4­link Lateral Rod Rigid Axle

Rem depan

Ventilated Disk

Rem belakang

Drum

Ukuran ban/pelek

205/65 R15/Alloy Wheal 15″

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA GRAND NEW KIJANG INNOVA 2011

Sebagai sebuah produk, tiap kendaraan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Demikian juga dengan Toyota Grand New Kijang Innova 2011 juga memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Irit bahan bakar. Bahkan untuk tipe yang menggunakan mesin diesel, kendaraan ini juga sangat tangguh dan tidak akan memuat anggaran bahan bakar membengkak. MPV ini memang dirancang untuk menghemat ongkos penggunaan bahan bakar untuk operasional harian keluarga hingga kantoran. Dibandingkan mesin diesel, mesin bensin justru lebih boros, dan sebenarnya hal yang sangat wajar karena ada perbedaan jelas antara dua tipe bahan bakar tersebut.
Tampilan modern dan elegan. Sifatnya cenderung aerodinamis dan mampu bersaing dengan merek-merek lain di kelas yang sejenis. Ada sebagian pendapat menyatakan bahwa mesinnya kurang responsif.
Ground Clearance tinggi. Sangat aman digunakan untuk melintasi berbagai medan jalanan dalam kondisi berbeda-beda. Sistem suspensi terlalu keras dan ada risiko handling yang tidak maksimal.
Kenyamanan ruang kabin. Grand New Kijang Innova 2011 merupakan kendaraan ideal untuk rombongan karena sistem penyejuk yang maksimal, ditambah lagi kemampuan peredam suara sehingga tidak akan terganggu oleh kebisingan jalanan ketika terjebak macet. Bagian moncong terlalu panjang yang mungkin akan kurang terbiasakan bagi sebagian pengemudi.
Harga jual cenderung stabil. Hal inilah yang sering dicari karena rata-rata pemilik kendaran roda empat di Indonesia mempertimbangkan faktor penjualan kembali setelah beberapa tahun. Kurang responsif di bagian tarikan.
Akses servis mudah dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Radius putar terlalu besar.

8. DAFTAR HARGA TOYOTA GRAND NEW KIJANG INNOVA 2011

Tampak cantik penampilan Toyota Grand New Innova 2011

Masih cantik dan tak kalah dengan mobil-mobil terkini

Meski tidak ada lagi versi barunya karena sudah berganti generasi, Toyota Grand New Kijang Innova 2011 masih menjadi salah satu mobil bekas favorit yang banyak dicari konsumen. Banyak yang mengatakan kalau Toyota Grand New Kijang Innova 2011 yang terbaik dari semua versi Toyota Innova generasi pertama. Versi bekas Toyota Grand New Kijang Innova 2011dijual dengan harga mulai Rp 130 juta hingga Rp 215 juta.

Harga tersebut hanya referensi yang tertera di salah satu situs jual beli mobil dan bukan harga paten. Harga riilnya bisa berbeda tergantung faktor yang mempengaruhi seperti kondisi mobil, jarak tempuh, riwayat perawatan dan sebagainya.

9. VIDEO TOYOTA GRAND NEW KIJANG INNOVA 2011

10. KESIMPULAN TOYOTA GRAND NEW KIJANG INNOVA 2011

Toyota Grand New Kijang Innova 2011 merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yang tidak bikin kecewa disebut sebagai kendaraan keluarga. Kapasitas penumpang yang sangat luas, ditambah ruang kabin dan bagasi yang ideal, semua memberikan bukti bahwa konsep kendaraan keluarga di Indonesia kian disempurnakan dan mengikuti perkembangan teknologi. Performa mesin dapat diangkat hingga kemampuan maksimal, sesuai spesifikasi yang telah diselaraskan antara tipe terbaru dan mengedepankan keselamatan serta kenyamanan semua penumpang. Nilai jual yang tetap tinggi pun menjadi poin plus kendaraan ini sekaligus jadi kabar baik bagi semua pecinta kendaraan MPV yang sering bereksperimen dengan tipe-tipe terbaru. Kendaraan ini sangat cocok dan direkomendasikan bagi keluarga di Indonesia dan jaminan mutu yang terbukti hingga sekarang.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer