Review Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 : Lebih Bertenaga Dibanding Versi Sebelumnya

01/08/2019 Fatchur Sag Review Toyota

Dengan penerimaan pasar yang sangat positif, Toyota melakukan pengembangan pada SUV Toyota Fortuner generasi pertama. Hal tersebut mereka tunjukan pada Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 yang terlihat makin mewah dan tetap tangguh saat melewati berbagai medan.

1. PENGANTAR TOYOTA GRAND NEW FORTUNER VNT 2011

Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 kali pertama dipamerkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011. Pihak Toyota lantas mengundang 24 wartawan dari berbagai media untuk test drive dalam acara bertajuk The Journey is Mine pada 19 September 2011. Rute yang dilewati SUV anyar tersebut meliputi Bandara Ngurah Rai – Seminyak – Uluwatu – Hotel W, Seminyak. Sementara pada hari kedua, mobil dibawa dari Seminyak – Yeh Gangga – Jati Luewih – Tampak Siring – Ubud – Seminyak dengan total jarak tempuh 311,2 kilometer.

Gambar sebuah mobil Toyota Fortuner 2005 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Toyota Fortuner generasi pertama diproduksi tahun 2005

Berdasarkan test drive tersebut, Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 sanggup melewati jalanan berliku dan pegunungan dengan tanjakan serta turunan. Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (ATM), Joko Trisanyoto, pun mengatakan jalanan di Bali yang relatif sempit di pegunungan menjadi tantangan yang cocok untuk mobil SUV tersebut untuk membuktikan kehebatannya, terutama pada wartawan yang mereka undang.

Dengan hasil test drive memuaskan, Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 layak dijadikan sebagai SUV untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Namun sebelumnya, apa saja fitur dan fasilitas yang diberikan Toyota pada kendaraan ini sehingga sanggup meluncur mulus di berbagai medan?

2. EKSTERIOR TOYOTA GRAND NEW FORTUNER VNT 2011

Tak dinyana bila penampilan luar menjadi hal pertama yang dinilai konsumen saat hendak membeli mobil. Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 yang mengusung tagline ‘Fun to Drive’ pun hadir bersama eksterior modern nan tangguh di kelasnya.

Review Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 : Bagian depan

Foto menunjukkan Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 dari depan

Dari depan tampilannya terlihat cantik

Jika dilihat sekilas, Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 tampak tak jauh berbeda dari All New Fortuner. SUV tersebut telah dilengkapi LED Daytime Running Light terbaru yang bisa Anda nyalakan di siang hari saat menghadapi hujan dan jalan berkabut. Lantas di bumper telah disematkan TRD Sportivo Front Under Guard yang membuat tampilan bawahnya semakin gahar.

Namun, ada satu elemen yang menguatkan identitas Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 sebagai SUV yang berbeda dari pendahulu maupun kompetitornya, yakni air scoop pada kap mesin. Selain memberikan sentuhan sporty pada SUV tersebut, air scoop juga berfungsi untuk mendinginkan intercooler pada mesin bagian dalam.

Review Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 : Bagian samping

Foto bagian samping belakang Toyota Grand New Fortuner VNT 2011

Lebih gagah lagi jika dilihat dari samping

Tampilan samping mobil ini nyaris sama dengan versi sebelumnya namun ada warna cat metalik yang memberi kesan futuristik pada mobil. Ada pula varian warna hitam yang mewah. Namun dari sisi ini, Anda dapat melihat TRD Sportivo Alloy Wheel 17 inci. Ukuran pintu yang cukup besar memungkinkan Anda dan penumpang lain masuk ke dalam kabin dengan mudah meski membawa banyak barang.

Review Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 : Bagian belakang

Foto bagian belakang Toyota Grand New Fortuner VNT 2011

Dari belakang baru terlihat kalau bodinya begitu lebar

Bagian belakang Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 dilengkapi LED terbaik yang memaksimalkan pencahayaan. Kemudian ada suspensi belakang 4 link Lateral Rod yang bakal memastikan kenyamanan mengemudi. Lalu ada sensor parkir empat titik yang akan membantu pengemudi saat parkir mundur.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

 

3. INTERIOR TOYOTA GRAND NEW FORTUNER VNT 2011

Konsumen di Indonesia dikenal menyukai kendaraan dengan kabin luas untuk menampung 7 hingga 8 penumpang. Toyota pastinya tak melewatkan detail tersebut untuk interior Toyota Grand New Fortuner VNT 2011.

Review Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 : Kabin

Foto Kabin depan Toyota Grand New Fortuner VNT 2011

Kendaraan besar kabinnya lapang

Kabin Grand New Fortuner tampak luas dengan jok-jok berlapis kulit dengan material premium. Meski ada enam kursi tersedia, kapasitas penumpang maksimal yang dapat ditampung SUV tersebut bisa mencapai 7-8 orang.

Review Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 : Dashboard & Kemudi

Untuk mempertahankan aksen sporty di bagian depan kabin, terdapat motif serat karbon pada dasbor yang mengelilingi head unit beserta AC. Selain itu, pada bagian dasbor, terdapat layar MiD (Multi Information Display) berukuran pipih memanjang untuk mengetahui informasi kendaraan. Pengoperasiannya dilakukan lewat tombol pada kemudi.

Foto dashboard dan setir Toyota Grand New Fortuner VNT 2011

Sedikit ornamen kayu yang melapisi dashboard mengimbangi sentuhan modern

Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 menyediakan dua jenis kemudi, yakni non-TRD yang menggunakan ornamen black wood grain dan TRD yang terdiri atas empat palang berbahan kulit dengan fitur Steering Switch. Bukan hanya itu, kemudi versi TRD juga sudah dilengkapi sistem elektrik yang memungkinkan Anda menggeser jok penumpang ke depan maupun ke belakang. Fitur-fitur lain yang terdapat pada kemudi Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 mencakup Paddle Shift and Sequential, rear Diff Lock, dan Eco/Power Mode.

Review Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 : Kursi/jok

Foto kabin belakang Toyota Grand New Fortuner VNT 2011

Kursi pada Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 didesain untuk memberi kenyamanan maksimal kepada pengendara

Seperti yang diisinggung, jok yang Toyota tempatkan pada Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 telah dilapisi material kulit terbaik. Dengan begitu, Anda bukan hanya nyaman dan fokus selama berkendara, tetapi juga tak akan kerepotan saat membersihkan dari tumpahan air dan kotoran lainnya. Setiap jok pada SUV ini telah dilengkati sabuk pengaman untuk memaksimalkan keselamatan penumpang selama menikmati perjalanan jarak dekat maupun jauh.

Review Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 : Bagasi

Grand New Fortuner mempunyai bagasi cukup luas yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan barang. Jika kebetulan mobil tidak penuh, Anda bisa memajukan jok-jok belakang untuk memperluas bagasi. Namun akan lebih baik kalau Anda mempertimbangkan dulu jenis dan jumlah barang yang akan dibawa agar tidak melampaui kapasitas maksimal Toyota Grand New Fortuner VNT 2011.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA GRAND NEW FORTUNER VNT 2011

Menilai fitur kendaraan membantu Anda menentukan kecocokan mobil dengan bujet dan kebutuhan. Toyota Grand New Fortuner VNT 2011, seperti kebanyakan mobil, menyediakan fitur keselamatan dan hiburan yang akan menjaga pengalaman penumpang hingga sampai di tujuan.

Review Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 : Fitur keselamatan

Foto bagian dashboard yang didalamnya terpasang komponen airbag

Airbag jadi fitur keselamatan wajib di setiap kendaraan

Sistem pengereman pada Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 telah dilengkapi ABS yang akan membantu Anda memberhentikan kendaraan dengan aman. Apalagi ada cakram berventilasi yang akan melancarkan fungsi komponen pada kendaraan. Fitur-fitur lain seperti Vehicle Stability Control, Active Traction Control, dan Hill Start Assist pun dipersiapkan agar Anda semakin mudah mengendalikan kendaraan untuk kali pertama.

Teknologi VNT Turbo pada mobil ini akan meningkatkan tenaga yang tersalur lewat sistem transmisi otomatis dengan empat percepatan shift gate type atau lima percepatan manual. Suspensi double wishbone per keong dengan stabilizer di bagian depan akan meningkatkan performa SUV.

Salah satu fitur andalan Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 yang ditonjolkan adalah Corner and Parking Sensor yang memudahkan pengemudi saat hendak memarkirkan kendaraan. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot memeriksa spion atau menengok ke belakang, apalagi sampai merusak bodi kendaraan orang lain. Sensor pada fitur ini akan memberitahu Anda kapan mobil harus dihentikan sebelum menabrak dinding tempat parkir atau objek lainnya.

Review Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 : Fitur kenyamanan dan hiburan

Foto fitur hiburan dan kenyamanan pada kabin Toyota Grand New Fortuner VNT 2011

Berbagai fitur hiburan bisa dinikmati pada Toyota Grand New Fortuner VNT 2011

Toyota pastinya tak mau main-main dalam sektor hiburan dan kenyamanan mengingat reputasi Fortuner yang sangat bagus di mata konsumen. Mulai dari sistem audio dengan suara jernih nan tajam, AC, panel multimedia, pemutar CD, dan radio AM/FM. Anda yang kebetulan ingin memutar musik dari media lain dapat menghubungkan smartphone melalui konektivitas Bluetooth. Soket USB juga disediakan sebagai fitur tambahan untuk transfer data praktis dalam kendaraan.

>>> Performa Menurun, Nissan Indonesia Mulai 'Bergantung' Pada SUV Terra

5. OPERASI TOYOTA GRAND NEW FORTUNER VNT 2011

Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 diluncurkan dengan teknologi diesel teranyar, yakni VNT Turbo yang dianggap dapat mendefinisi ulang makna Fun to Drive. Dalam hal ini, Toyota memberikan mesin 2KD-FTV 2,5 liter D-4D Common Rail VNT Turbo beserta Intercooler. Air scoop yang ditempatkan pada kap mesin akan menjaga temperatur mesin, sehingga tak cepat panas saat digunakan dalam perjalanan jarak jauh atau nyaris tanpa jeda.

Foto menunjukkan Mesin Toyota Grand New Fortuner VNT 2011

Performa Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 bertumpu pada mesin yang dipakainya

Mulanya, teknologi VNT Turbo yang dikembangkan Toyota Thailand akan disematkan pada kendaraan kelas pick-up, yakni Toyota Hilux. Namun pada akhirnya diberikan pada Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 karena mobil tersebut lebih akrab untuk publik. Menggunakan VNT Turbo memungkinkan SUV tersebut untuk meningkatkan tenaga sampai 41% atau 142 tenaga kuda dari yang awalnya 102 tenaga kuda. Kenaikan juga terjadi pada torsi dari 260 Nm ke 343 Nm.

Sistem Turbo memiliki cara kerja memaksakan udara masuk ke ruang bakar dengan tekanan gas buang menuju turbin. Pada Toyota Grand New Fortuner VNT 2011, VNT Turbo memungkinkan baling-baling turbin mengalami perubahan posisi dan sudut akibat dorongan gas buang. Jadi, teknologi tersebut akan mengurangi risiko turbo lag yang terjadi dari kurangnya gas buang yang bertugas untuk mendorong baling-baling turbin.

>>> Review Daihatsu All New Terios 2018, 10 Tahun Masa Penantian Dengan Hasil Maksimal

6. SPESIFIKASI TOYOTA GRAND NEW FORTUNER VNT 2011

DIMENSI

Panjang

4695 mm

Lebar

1840 mm

Tinggi

1850 mm (dengan roof rail)

Jarak sumbu roda

2750 mm

MESIN

Seri 2KD-FTV 2.5L D-4D Commond Rail with Variable Nozzle Turbocharger (VNT) plus Intercooler

Isi silinder

2494 cc

Daya maksimum

142 Hp (106 kW) @3400 rpm

Torsi maksimum

343 Nm @1600-2800rpm

Bahan bakar Solar
Sistem bahan bakar Commonrail Injection

Transmisi

Manual 5­ percepatan, Otomatis 4­ percepatan

SASIS DAN KAKI-KAKI
Sistem kemudi Rack Pinion, Power Assisted

Suspensi depan

Double Wishbone with Coil Spring & stabilizer

Suspensi belakang

4 Link with Lateral Rod and Coil Spring

Rem depan

Ventilated Disk

Rem belakang

 Leading- Trailling drum

Ukuran ban/pelek

265 / 65 R17

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA GRAND NEW FORTUNER VNT 2011

Sebagai sebuah produk, tiap kendaraan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Demikian juga dengan Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 juga memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Teknologi VNT Turbo memungkinkan kendaraan untuk dibawa dalam perjalanan jarak jauh; Kapasitas bagasi yang masih terbatas sehingga tak semua barang bisa dimasukkan ke sana;
Sensor parking yang bersahabat untuk pengendara pemula; Bodi kendaraan cukup bongsor membuat radius putarnya makin besar
Kapasitas besar sebagai SUV keluarga Interior tidak berbeda jauh dengan versi sebelumnya
Penampilan tetap gagah Setir hanya bisa tilt dan belum teleskopik
  Sunvisor belum dilengkapi kaca cermin

8. DAFTAR HARGA TOYOTA GRAND NEW FORTUNER VNT 2011

Versi baru Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 sudah tidak lagi diproduksi karena sudah berganti generasi, namun versi bekasnya bisa dengan mudah ditemukan karena banyak dijual di berbagai situs jual beli mobil. Harganya antara Rp 220 juta hingga Rp 320 juta.

Harga tersebut hanya referensi yang tertera di salah satu situs jual beli mobil dan bukan harga paten. Harga riilnya bisa berbeda tergantung faktor yang mempengaruhi seperti kondisi mobil, jarak tempuh, riwayat perawatan dan sebagainya.

9. VIDEO TOYOTA GRAND NEW FORTUNER VNT 2011

10. KESIMPULAN TOYOTA GRAND NEW FORTUNER VNT 2011

Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 memang bukan SUV baru. Namun, dengan reputasi SUV Toyota yang sudah melegenda, mobil ini masih layak untuk dijadikan sebagai kendaraan sehari-hari atau digunakan untuk berbisnis. Kapasitas kabin besar, fitur lengkap, dan sistem keamanan lengkap membuat Toyota Grand New Fortuner VNT 2011 masih sering dicari sampai sekarang, apalagi dengan harga kian terjangkau.

Harga yang dibanderol untuk satu unit Grand New Fortuner 2011 pun bersaing dengan kompetitor baru. Artinya, SUV tersebut layak digunakan di jalan, baik di perkotaan maupun medan berat seperti wilayah pegunungan. Perawatan berkala membantu setiap komponennya terjaga, sehingga dapat dikemudikan dalam jangka waktu lama.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer