Review Toyota Fortuner 2016 Indonesia

30/01/2018 Handy Goeyana Review Toyota

Toyota selalu berhasil mencatat penjualan terbaik di setiap kelasnya termasuk penjualan mobil SUV di pasar otomotif Indonesia. Selain Toyota Rush, Toyota juga membuat mobil Toyota Fortuner yang termasuk dalam kategori High Class SUV. Toyota Fortuner 2016 atau yang biasa disebut All-New Toyota Fortuner menjadi pembuka manis di awal tahun 2016 silam. Apa saja yang ditawarkan oleh mobil SUV ini? Selengkapnya bisa dibaca ulasan tentang Toyota Fortuner 2016 Indonesia dibawah ini.

1. PENGANTAR

Gambar mobil Toyota Fortuner 2016 berwarna abu-abu sedang parkir di atas batu besar di Indonesia

Toyota Fortuner 2016, High class SUV bagus dari Toyota

Toyota Fortuner 2016 Indonesia - Kesuksesan Toyota Fortuner generasi sebelumnya sudah pasti akan terbawa ke model terbaru ini. Untuk pasar otomotif Indonesia, persaingan mobil bertipe High Class SUV ini memang tergolong sengit mengingat begitu banyak perusahaan otomotif juga mengeluarkan mobil dengan tipe yang sama untuk menyaingi Fortuner. Melalui perubahan dan penambahan fitur atau facelift, tentunya mobil ini menjadi andalan Toyota untuk bersaing dalam ketatnya pasar SUV. Apa saja kelebihan mobil yang disebut sebagai All New Toyota Fortuner ini? Ulasan lengkap tentang Toyota Fortuner 2016 Indonesia oleh hargamobil.com bisa dibaca di bawah ini.

2. EKSTERIOR

Eksterior Toyota Fortuner 2016 mengusung tema ‘Leading the World’ dimana mobil ini hadir dengan perubahan menyeluruh di bagian interior dan eksterior yang berkonsep ‘Stylish and Confidence’. Desain baru pada mobil ini memiliki kesan yang lebih segar, semakin stylish, dan semakin gagah, dan terlihat elegan.

Gambar mobil Toyota Fortuner 2016 berwarna abu-abu sedang parkir di tengah jalan dilihat dari bagian depan

Bagian depen terlihat lebih gagah dengan lekuk bodi dan grill

  • Desain bagian depan

Bagian depan mobil ini terlihat lebih gagah berkat lekuk bodi dan grill yang lebih mencolok, serta lampu kabut berukuran besar yang kini terlihat lebih elegan. Lampu depannya menggunakan desain head lamp berteknologi Bi-Beam Hi Tech LED Projector yang terintegrasi dengan DRL dan Auto Leveling sehingga tidak menyilaukan mata pengendara yang berada di depannya.

Gambar mobil Toyota Fortuner 2016 berwarna putih dilihat dari sisi samping

Bagian samping dengan fender berwarna hitam

  • Desain bagian samping

Bagian samping Toyota Fortuner 2016 Indonesia memiliki fender berwarna hitam yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang lebih gembung. Lekukan body bagian samping lebih minimalis dibandingkan dengan mobil SUV lainnya. Untuk tipe yang mahal, bagian ban menggunakan pelek 17 inci palang 6, sementara untuk tipe yang lebih mahal, bagian ban menggunakan pelek 18 inci two-tone. Aksen krom dibagian garis kaca bawah terpasang di tipe tertentu.

Gambar mobil Toyota Fortuner 2016 berwarna abu-abu dilihat dari bagian belakang

Bagian belakang lebih dinamis dan lebih tinggi

  • Desain bagian belakang

Bagian belakang mobil ini dirancang lebih dinamis dan lebih tinggi yang menonjolkan sisi tangguh mobil ini. Ditambah dengan LED Tailigiht model baru berdesain tajam serta power back door yang bisa terbuka dan tertutup hanya lewat tombol membuat bagian belakang mobil ini terlihat lebih elegan dan futuristik.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR

Lanjut ke bagian interior Toyota Fortuner 2016. Desain interior mobil ini terlihat sama dengan Kijang Innova maupun Hilux. Namun secara keseluruhan menggunakan material yang lebih berkualitas ditambah dengan aksen kayu pada bagian transmisi sehingga membuat mobil ini terlihat begitu mewah dan sporty.

Gambar bagian dashboard mobil Toyota Fortuner 2016 dengan kursi berwarna orange

Dashboard memiliki desain asimestris

  • Dashboard dan setir

Bagian dashboard ini memiliki desain asimetris mirip seperti Kijang Innova yang sejatinya masih menggunakan bahan plastik, namun dilapis material soft touch yang dibungkus kulit sehingga terlihat lebih modern. Di bagian tengah dashboard ini disematkan dengan AC Control dan layar sentuh berukuran 8 inci yang memiliki beberapa fitur seperti fitur multimedia, Toyota Move, Navigation, dan Mirror Cast. Bagian setir mobil ini menggunakan aksen kayu yang dilapisi dengan kulit dan terdapat beberapa tombol yang akan membuat bagian setir ini terlihat lebih mewah dan fungsional.

Gambar ruang kabin mobil Toyota Fortuner 2016 dengan kursi berwarna hitam

Semua jok sudah berbahan kulit

  • Kursi

Bagian kursi Toyota Fortuner 2016 Indonesia memiliki seluruh jok yang sudah berbahan kulit diberikan warna coklat. Jok mobil terasa lebih empuk sehingga memberikan kenyamanan bagi penumpang. Khusus untuk Fortuner dengan tipe tertinggi memiliki jok bermaterialkan full kulit yang mewah. Layaknya mobil modern masa kini, mobil ini sudah mendukung jok model ISOFIX dan semua jok telah tersedia sabuk pengaman.

Gambar ruang bagasi mobil Toyota Fortuner 2016

Toyota Fortuner 2016 memiliki sebuah ruang bagasi yang luas

  • Bagasi

Bagian bagasi belakang memiliki ruang yang cukup luas untuk menampung beberapa barang. Terlebih jika kursi bagian belakang tidak dipakai dan dilipat ke samping maka ruang bagasi belakang menjadi jauh lebih luas.

>>> Mungkin Anda tertarik:

4. FITUR

Gambar fitur airbag di bagian kursi depan mobil Toyota Fortuner 2016

Fitur Triple SRS airbag di mobil Toyota Fortuner 2016

Fitur keselamatan pada Toyota Fortuner 2016 Indonesia berupa fitur Triple SRS airbag dan juga Isofix atau jok tempat bayi. Bagian pengeremannya sudah dilengkapi dengan fitur ABS dan EBD. Tidak lupa juga mobil ini dibekali dengan fitur Vehicle Stability Control untuk tipe 4×4 VRZ, Trailer Sway Control untuk tipe 4×4 VRZ, Emergency Brake Signal, A-TRC/ Active Traction Control, serta Hill Start Assist yang kini mulai menjadi fitur kendaraan standar global. Lalu ada juga fitur peringatan lampu hazard yang otomatis menyala, baik lampu depan dan lampu belakang, saat pengemudi melakukan pengereman secara mendadak untuk Fortuner tipe 4×4 VRZ. Untuk fitur keamanannya terdapat fitur rear parking camera dan all around sensor, serta antena berbentuk sirip hiu yang akan memberitahukan posisi barang yang berada di dekat mobil pengemudi dan memudahkan pengemudi untuk parkir atau mundur.

5. OPERASI

Gambar bagian mesin mobil Toyota Fortuner 2016

Mesin mobil Toyota Fortuner 2016

Mesin Toyota Fortuner 2016 memiliki dua tipe mesin. Pertama, mesin diesel 2.4L VNT berkapasitas 2.393 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 149,6 Ps pada putaran 3.400 rpm dan torsi puncak 40,81 Kgm pada putaran 1.600-2.000 rpm. Kedua, mesin bensin 2.7L Dual VVTi berkapasitas 2.694 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 163 Ps pada putaran 3.400 rpm dan torsi puncak sebesar 24,7 Kgm pada putaran 4.000 rpm. Mesin diesel mobil ini disematkan suplai bahan bakar Common Rail Type, sementara untuk mesin bensinnya sudah menggunakan sistem suplai bahan bakar Fuel Injection. Untuk mesin dieselnya berkode GD sudah dijejali dengan teknologi yang mampu menghasilkan tenaga optimal namun tetap irit bahan bakar. Untuk mesin bensin berkode 4TR memiliki akselerasi yang responsif dengan peningkatan tenaga dan juga irit bahan bakar. Baik tipe manual atau otomatis, spesifikasi Toyota Fortuner 2016 Indonesia generasi baru ini akan digerakkan oleh transmisi 6-percepatan.

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Toyota Rush 2016 bisa dilihat di tabel berikut.

Tipe

2.4 G A/T

2.7 SRZ A/T

Mesin Toyota Rush 2016

Tipe Mesin

Diesel 2.4L VNT

Gasoline 2.7L Dual VVTi

Daya Maksimum

149,6 Ps/3.400 rpm

163 Ps/3.400 rpm

Torsi Maksimum

40,8 Kgm/1.600-2.000 rpm

24,7 Kgm/4.000 rpm

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

Common Rail Type

Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektronik / Electronic Fuel Injection

Dimensi Toyota Rush 2016

P x L x T

4.795 x 1.855 x 1.835mm

Jarak Poros Roda

2.745mm

Jarak Pijak

1.545mm

Sasis Toyota Rush 2016

Suspensi Depan

Double Wishbone dengan Koil Spring & Stabilizer / Double Wishbone with Coil Spring & Stabilizer

Suspensi Belakang

4-Link dengan Lateral Rod / 4-Link with Lateral Rod

Rem depan

17” Ventilated Disc Brake

Rem belakang

Tromol dengan Leading-Trailing / Leading-Trailing Drum

Ukuran Ban

265/65 R17

265/60 R18

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Fortuner 2016 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Berkendara lebih nyaman

Tidak memiliki panoramic roof

Bagasi cukup lega walaupun semua kursi terisi penuh

Karena memiliki banyak tipe, tidak semua tipe memiliki fitur-fitur tambahan

Hemat bahan bakar

Ruang kabin agak mengecil

Mampu menampung hingga 7 orang

 

8. DAFTAR HARGA

Harga mobil Toyota Fortuner 2016 disesuaikan dengan fitur-fitur yang dimiliki di tiap tipenya. Untuk harganya bisa dilihat di tabel bawah ini.

Tipe mobil

Harga Toyota Fortuner

Toyota Fortuner 2.4 G A/T

Rp. 460.000.000

Toyota Fortuner 2.4 G M/T

Rp. 442.000.000

Toyota Fortuner 2.4 G 4×4 A/T

Rp. 557.000.000

Toyota Fortuner 2.4 VRZ A/T

Rp. 494.000.000

Toyota Fortuner 2.7 SRZ A/T

Rp. 509.100.000

Toyota Fortuner 2.4 VRZ 4×4 A/T

Rp. 631.500.000

* Catatan: harga Toyota Fortuner 2016 di atas bisa berubah sewaktu-waktu

9. VIDEO

Sebagai penutup ulasan mobil ini silahkan melihat video Toyota Fortuner 2016 di bawah ini.

10. KESIMPULAN

Walaupun High Class SUV ini memiliki beberapa kekurangan baik dari segi ukuran dan keamanan, nyatanya Toyota Fortuner 2016 Indonesia mampu menarik hati para peminatnya. Ini dikarenakan mobil ini memiliki fitur mesin yang mumpuni dan tangguh di kelasnya. Selain itu pengemudi dan penumpang juga dimanjakan oleh fitur-fitur penunjang yang modern sehingga membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman ketika berada di dalam Toyota Rush 2016 Indonesia ini.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International