Review Toyota Fortuner 2005: Mobil SUV Tangguh Segala Medan

13/04/2019 Abdul Review Toyota

Toyota Fortuner merupakan salah satu mobil dalam segmen SUV yang terkenal akan ketangguhannya. Bahkan mobil ini masuk dalam kategori SUV kelas atas. Pertama kali diperkenalkan di Indonesia adalah pada tahun 2005 yang bertepatan dengan sebuah event di Jakarta. Untuk kejelasannya mari kita simak ulasan mengenai review Toyota Fortuner 2005.

1. PENGANTAR TOYOTA FORTUNER 2005

Review Toyota Fortuner 2005 - Seperti yang telah disebutkan bahwa Fortuner diluncurkan pada tahun 2005. Hal tersebut berlanjut di tahun 2008 yang mendapatkan sentuhan facelift. Bahkan masa facelift ini terdapat 2 kali, yang kedua di tahun 2011. Untuk generasi pertama Fortuner terdapat 2 pilihan mesin yakni mesin  bensin dan diesel.

Sebagai mobil SUV memang Fortuner terkenal akan ketangguhannya. Dengan tampilan yang gagah siap untuk mengajak pemilik melintasi segala medan jalan. Bahkan di tanah Air, mobil SUV mempunyai banyak peminat. Toyota Fortuner keluaran tahun 2005 juga merupakan generasi pertama.

2. EKSTERIOR TOYOTA FORTUNER 2005

Tampilan luar tergolong gagah dan juga mewah. Dengan desain yang digunakan dapat menarik perhatian masyarakat di Indonesia.

Review Toyota Fortuner 2005: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Fortuner 2005 warna hitam tampak depan

Fortuner mobil SUV gagah siap menemani pemilik kemanapun

Di bagian depan Toyota Fortuner 2005 sudah mengandalkan TRD Sportivo Grille dan juga New TRD Sportivo Front Underguard serta Rear Roof Spoiler yang menjadikan tampilannya begitu sporty dan juga gagah. Pada bagian headlamp mengandalkan New LED Daytime Running light atau seperti yang dikenal dengan nama DRL. Selain itu, Toyota Fortuner juga telah dilengkapi dengan foglamp yang terlapisi oleh aksen krom yang memiliki fungsi untuk menembus kabut jadi lebih maksimal.

Review Toyota Fortuner 2005: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan Toyota Fortuner 2005 tampak samping kiri dan depan

Bagian samping tampak tangguh dengan lampu sein pada spion

Berlanjut ke bagian samping, yang mana dari segi tampilannya terlihat gagah. Desain dari  kacanya juga terlihat unik dan berbeda dengan yang lainnya. Di bagian atas mobil ini juga telah mempunyai roof rack yang membuat tampilannya lebih menarik. Untuk bagian spion telah mendapatkan lampu sein yang memberikan sinyal kepada pengendara lain saat ingin belok.

Review Toyota Fortuner 2005: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Fortuner 2005 warna putih

Bagian belakang tampak gagah dengan desain yang tepat

Di bagian belakang Toyota Fortuner 2005 juga terlihat gagah. Hal tersebut berkat penggunaan spoiler yang diberikan lampu dengan aksen warna merah. Ditambah lagi adanya stop lamp yang dipadukan dengan warna krom. Tentu hal ini mempunyai kesan tersendiri dan dapat menarik perhatian.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR TOYOTA FORTUNER 2005

Berbicara masalah interior, mobil besutan Toyota ini mampu menampung 8 orang. Sehingga sobat bisa mengajak keluarga untuk bepergian ke suatu tempat yang diinginkan.

Review Toyota Fortuner 2005: Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan interior dashboard Toyota Fortuner 2005

Interior terbilang cukup mewah dengan desain menarik

Menuju ke bagian dashboard, yang mana desainnya terlihat sangat menarik. Di bagian ini memang terbilang mewah dengan beberapa aksen yang diberikan. Di bagian tengah dashboard terdapat head unit yang terapit oleh  kisi-kisi AC. Di balik kemudi terdapat speedometer yang sudah dilengkapi dengan panel indikator untuk mengetahui kondisi mobil.

Sedangkan di bagian kemudi Toyota Fortuner 2005 terlihat menarik. Di bagian tengah terlihat besar dengan perpaduan warna hitam dan silver. Terlihat di bagian kanan dan kiri beberapa tombol yang bisa mempermudah pengemudi dalam pengoperasian mobil SUV besutan Toyota satu ini.

Review Toyota Fortuner 2005: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil belakang Toyota Fortuner 2005

Jok mobil nyaman membuat betah berkendara

Untuk kursi Toyota Fortuner 2005 mengandalkan 3 baris kursi. Untuk material bahan jok mobil yang digunakan sangatlah baik dan juga mewah yang menjadikan siapapun yang mendudukinya akan merasa nyaman. Kalau soal ruang kaki dan kepala terbilang cukup sehingga akan ada ruang gerak penumpang yang membuatnya tidak mudah capek atau pegal.

Review Toyota Fortuner 2005: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Toyota Fortuner 2005 tanpa kursi belakang

Gambar bagasi ini dalam kondisi kursi baris ketiga diambil

Pada bagian bagasi Toyota Fortuner 2005 mempunyai kapasitas yang cukup besar. Dengan begitu pemilik dapat membawa barang bawaan yang cukup banyak. Ditambah lagi saat kursi baris ketiga dilakukan pelipatan, maka kapasitas bagasinya menjadi bertambah sehingga dapat membawa lebih banyak barang.

>>> Baca juga: 

4. FITUR TOYOTA FORTUNER 2005

Kalau soal fitur yang dimiliki terbilang melimpah sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengemudi ataupun penumpang.

Review Toyota Fortuner 2005: Fitur Keselamatan

Untuk mendukung keselamatan berkendara, Fortuner keluaran tahun 2005 mempunyai fitur yang terbilang sangat baik. Hal tersebut terlihat dengan penggunaan dual SRS Airbag yang dapat melindungi pengendara ataupun penumpang saat terjadi benturan atau kecelakaan. Tidak hanya itu saja, mobil ini juga telah diberikan fitur ABS dan EBD yang bisa memberikan kestabilan sistem pengereman dalam kecepatan tinggi walaupun dilakukan secara mendadak.

Gambar ini menunjukkan fitur head unit pada mobil Toyota Fortuner 2005

Fitur dalam kabin terbilang mumpuni

Review Toyota Fortuner 2005: Fitur Hiburan

Agar pengemudi dan penumpang merasa nyaman dan tidak jenuh di dalam mobil, pihak Toyota memberikan beberapa fitur yang modern. Fitur tersebut meliputi 2 Din Audio Video yang mempunyai ukuran 7 inci dan sudah mendukung Touchscreen. Pada fitur tersebut dapat digunakan untuk mengoperasikan media seperti MP3 dan juga Video. Penggunaan fitur tersebut dihubungkan dengan 6 buah speaker yang terintegrasi dengan Steering Wheel. Dengan Begitu pengemudi tidak perlu kehilangan fokus terhadap jalan saat mengatur audio pada kendaraan.

5. OPERASI TOYOTA FORTUNER 2005

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Fortuner 2005

Terdapat 2 pilihan mesin yaitu bensin dan solar

Berlanjut ke bagian performa, yang mana Toyota Fortuner 2005 menggunakan mesin 2.5 Liter dan 2.7 liter. Untuk mesin 2.5 liter memiliki kode 2KD-FTV VN Turbo Intercooler yang mempunyai kapasitas 2.494 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 144 ps pada putaran 3.400 rpm. Sedangkan torsi puncak yang dihasilkan mencapai 35 kgm pada putaran 2.899 rpm.

Sementara untuk mesin 2.7 Liter menggunakan tipe 2TR-FE tipe 4IL Valve DOHC VVT-i yang mempunyai kapasitas 2.694 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 160.4 ps pada putaran 5.200 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 24.6 kgm pada putaran 3.800 rpm.

>>> Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Toyota Fortuner Bekas

6. SPESIFIKASI TOYOTA FORTUNER 2005

DIMENSI

Panjang

4.705 mm

Lebar

1.840 mm

Tinggi

1.850 mm

MESIN

2.7 LITER

2.5 LITER

Tipe Mesin

2TR-FE 4IL, 16 Valve, DOHC, VVT-i

2KD-FTV VN 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, VN Turbo Intercooler

Kapasitas Mesin

2.694 cc

2.494 cc

Tenaga Maksimal

160,4 PS/5.200 rpm

114 PS/3.400 rpm

Torsi

24,6 kgm / 3.800 rpm

35 kgm / 2.800 rpm

SUSPENSI

Depan

Double Wishbone With Coil Spring & Stabilizer

Belakang

4 Link With Lateral Rod & Coil Spring

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA FORTUNER 2005

Mobil jaman sekarang mempunyai kelebihan dan kekurangan, apalagi untuk Toyota Fortuner 2005 yang umurnya sudah lebih dari 10 tahun. Nah berikut ini kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner 2005.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan eksterior yang gagah dan mewah

Mobil ini terbilang boros untuk urusan bahan bakar

Kapasitas kabin luas

Barisan kursi ke 3 terlalu sempit

Fitur interior berteknologi modern dan mewah

Mobil ini terlalu limbung

Mesin mobil yang responsif

 

Sparepart mudah di temukan

 

Harga jual tetap bertahan

 

Jaringan service banyak

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA FORTUNER 2005

Berkaitan dengan harga Toyota Fortuner 2005 sudah tidak ada yang baru. Mengingat sekarang sudah terdapat model terbaru yang dijual dipasaran. Untuk harga bekas Toyota Fortuner 2005 berkisar antara Rp. 16 juta sampai Rp. 190 jutaan. Harga tersebut tergantung kondisi dan juga wilayah masing-masing. Bahkan kadang terdapat pula yang berbeda diantara harga tersebut.

9. VIDEO TOYOTA FORTUNER 2005

10. KESIMPULAN TOYOTA FORTUNER 2005

Bagi sobat semua yang menginginkan sebuah mobil SUV dengan harga terjangkau bisa memilih Toyota Fortuner 2005. Selain itu, tampilannya juga tidak kalah dengan mobil jaman sekarang baik dari segi eksterior atau interior. Yang perlu diperhatikan adalah dalam memilih mobil bekasnya perlu benar-benar diperhatikan. Memang jika kondisinya terawat dan masih bagus harganya bisa naik namun tetap terjangkau. Untuk soal ketangguhan tidak perlu diragukan lagi.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer