Review Toyota Etios Valco 2017; City Car Ideal Untuk Semua Golongan Konsumen

03/12/2018 Fatchur Sag Review Toyota

Toyota Etios Valco 2017 merupakan salah satu produk mobil dari Toyota yang mulai diluncurkan pada tahun lalu. Toyota Etios pertama kali diproduksi pada tahun 2011 setelah pertama kali dipamerkan sebagai mobil konsep di Auto Expo 2010 New Delhi. Mobil subkompak ini diproduksi oleh Toyota untuk pasar India dan Indonesia. Nama Toyota Etios Valco digunakan di Indonesia untuk varian hatchback; sedangkan pasar India mengenal varian yang sama dengan nama Etios Liva.

1. PENGANTAR TOYOTA ETIOS VALCO 2017

Foto Toyota Etios Valco 2013 tampak dari samping depan

Etios Valco generasi pertama tahun 2013

Etios Valco sebagai salah satu varian Toyota Etios mulai muncul di tahun 2013. Etios sebagai salah satu mobil produk Toyota dengan desain yang ikonik sempat mengalami kevakuman setelah pertama kali diluncurkan. Etios Valco merupakan upaya Toyota untuk meningkatkan kembali eksistensi mobil tersebut di pasar otomotif. Versi reborn Toyota Etios ini menawarkan konsep yang berbeda. Jika Toyota Etios original sering dianggap sebagai varian sedan; Valco merupakan city car dengan desain hatchback.

Toyota Etios Valco 2017 merupakan generasi terakhir dari mobil tersebut. Sama seperti Etios Valco edisi sebelumnya; Valco di tahun produksi 2017 juga mengisi pasar yang berada di antara Toyota Yaris dan Toyota Agya. Konsep mobil perkotaan yang modern membuat Etios Valco banyak dilirik kalangan menengah ke atas yang sebenarnya masuk dalam segmen Yaris. Tetapi aspek harga yang lebih murah membuat mobil ini juga dilirik pangsa pasar yang berada di segmen Agya.

2. EKSTERIOR TOYOTA ETIOS VALCO 2017

Foto Toyota Etios Valco 2017 tampak dari samping depan

Sentuhan perubahan Toyota Etios Valco 2017, sedikit lebih keren

Tampilan luar dari Toyota Etios Valco 2017 terbilang sederhana seperti layaknya city car lain yang lebih mengutamakan aspek fungsionalitas daripada penampilan. Tetapi Etios Valco memiliki kelebihan pada desain yang berkesan sporty dan spesifikasi teknis yang membuat mobil ini istimewa dalam hal handling dan kelincahan. Tidak salah jika banyak pelaku otomotif yang memilih mobil ini sebagai kendaraan untuk ketangkasan seperti slalom dan drifting.

Aksen sporty mobil ini bisa dilihat pada front grull dan headlamp yang menjorok ke luar. Berkat desain tersebut; Etios Valco 2017 terlihat garang meski berukuran kecil layaknya sebuah city car. Sedangkan alur aerodinamis di sisi samping mobil juga menegaskan kesan tersebut. Sementara pada bagian belakang; kesan minimalis jelas terlihat pada susunan lampu tegak di bagian tepi. Sedangkan roof spoiler dan rear wiper menjadi dua aksen di sisi belakang yang membuat Etios Valco tipe TOM’S tetap terlihat sporty dari sisi belakang.

Foto Toyota Etios Valco 2017 tampak dari belakang

Toyota Etios Valco tipe TOM’S tetap terlihat sporty dari sisi belakang

Aspek rangka yang agak tinggi jika dibandingkan mobil sedan dan pilihan velg serta ukuran menjadi hal lain yang membuat tampilan sporty mobil ini juga lebih kental. Kedua hal tersebut juga menjadi bagian dari kelebihan handling yang dimiliki oleh Toyota Etios Valco. Stabilitas tinggi dan kelincahan manuver membuat mobil perkotaan ini handal untuk bermanuver di kemacetan ataupun memanfaatkan lahan parkir yang sempit.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA ETIOS VALCO 2017

Foto Interior Etios Valco 2017

Terdapat banyak lobang AC di bagian kabin

Mobil hatchback kecil ini memiliki desain interior yang minimalis. Toyota sepertinya memang lebih mengutamakan aspek fungsionalitas mobil perkotaan ini daripada gaya yang lebih berkesan mewah. Konsep mobil yang sporty membuat desain minimalis di sisi dalam menjadi lebih menyatu. Dashboard sederhana dengan ornamen krom serta peletakan speedometer di tengah berdekatan dengan kontrol audio serta tata letak tombol kontrol AC dan panel lain sedikit membuat bagian dashboard terkesan penuh.

Barisan bangku di bagian depan memiliki kelebihan berupa ruang kaki yang lapang serta fleksibilitas pengaturan bangku yang memberi kenyamanan ekstra. Meski berukuran kecil; baris kedua Toyota Etios Valco 2017 jauh dari kesan sempit. Ruang kaki yang ada di baris kedua terbilang cukup lapang; hal ini disebabkan oleh desain hatchback yang membuat akses bagasi tidak lagi dilakukan melalui dalam kabin.

Desain bangku penumpang yang digunakan juga cukup ergonomis. Toyota menggunakan bahan kulit pembungkus bangku penumpang dengan kualitas yang baik. Kemudahan pengaturan dan peletakan sabuk pengaman menjadi kelebihan lain yang dimiliki tempat duduk Etios Valco.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR TOYOTA ETIOS VALCO 2017

Foto airbag Toyota Etios Valco 2017

Etios Valco 2017 sudah dilengkapi dengan banyak fitur terkini

Sebagai sebuah produk city car dengan konsep sport pada segmen entry level; Toyota Etios Valco 2017 terbilang memiliki kelengkapan fitur yang sangat baik. Mobil ini memiliki kelengkapan fitur keamanan, keselamatan dan fitur hiburan serta kenyamana yang sangat baik untuk kendaraan di kelasnya. Pada fitur keselamatan; Etios Vaclo 2017 telah dilengkapi SRS Airbag ganda dan sabuk pengaman bertipe pretensioner pada baris depan mulai dari varian terendah. Sedangkan fitur keselamatan berupa sistem pengereman bertipe ABS dan EBD tidak ditemukan pada varian terendah tetapi menjadi kelengkapan varian di atasnya.

Fitur keamanan yang menyertai Etios Valco 2017 berupa power door lock, power window dan auto door yang hanya ada di tipe E, G dan TOM’S. Sedangkan fitur hiburan dan kenyamanan yang dimiliki terbilang sangat lengkap. Etios Valco telah memiliki sistem AC yang sangat baik, cooler box serta fasilitas sistem audio 2DIN Audio dengan speaker. Fitur pendukung bagi pengemudi dapat ditemui pada electric power steering dan spion elektrik untuk kemudahan pengaturan.

5. OPERASI TOYOTA ETIOS VALCO 2017

Foto Mesin Toyota Etios Valco 2017

Mesin 1.200 cc Toyota Etios Valco menghasilkan tenaga maksimal 80 PS / 79 Nm

Ada 4 varian Toyota Etios Valco 2017 yang beredar di pasar otomotif Indonesia, yaitu tipe E M/T TOM’S, E M/T, JX M/T, dan G M/T. Keempatnya dibekali mesin dengan spesifikasi sama, yaitu DOHC 1200 cc berdaya maksimal 80 PS dengan transmisi manual.

Perbedaan keempat varian Toyota Etios Valco tersebut hanya terletak pada kelengkaan fitur keselamatan, keamanan, kenyamanan dan hiburan yang menyertai.

>>> Klik sini unutk lanjut membaca artikel review mobil Toyota yang menarik lain

6. SPESIFIKASI TOYOTA ETIOS VALCO 2017

Dimensions & Capacity

Overall Panjang

3.775 mm

Overall Lebar

1.695 mm

Overall Tinggi

1.510 mm

Jarak Poros Roda

2.460 mm

Performance

Tipe Mesin

4 Cylinder, 16 Valve DOHC

Isi Silinder (cc)

1.197

Diameter X Langkah (mm)

72.5 x 72.5

Daya Maksimum (Ps/Rpm)

80 / 5,600

Torsi Maksimum (Kgm/Rpm)

10.6 / 3,100

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

EFI

Bahan Bakar

Gasoline

Transmission

Gear Box

5-Speed

Tipe Transmisi

Manual

Steering

Tipe Steering

EPS

Kaki-kaki

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Stabilizer

Rem Depan

14" Ventilated Disk

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

185 / 60 / R15 Alloy

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA ETIOS VALCO 2017

Secara umum Toyota Etios Valco 2017 mendapatkan banyak pujian dan review positif terkait kualitas dan kelengkapan yang menyertainya.

Kelebihan Toyota Etios Valco 2017

  • Harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan kualitas dan kelengkapan yang dimiliki.
  • Performa mesin yang sangat baik serta konsumsi bahan bakar yang efisien.
  • Desain yang ideal berkaitan dengan spesifikasi mesin serta rangka yang digunakan.
  • Handling yang sangat baik untuk kemudahan manuver dan parkir.
  • Memiliki fitur keselamatan berupa SRS Airbags dan sabuk pengaman pretensioner untuk semua varian.

Kekurangan Toyota Etios Valco 2017

  • Keempat varian menggunakan mesin dan hanya tersedia dengan transmisi manual saja tanpa ada varian transmisi otomatis.
  • Fitur keselamatan berupa sistem pengereman ABS dan EBD hanya ada pada tipe G dan TOM’S saja.

8. DAFTAR HARGA TOYOTA ETIOS VALCO 2017

Toyota Etios Valco 2017 yang hadir dalam 4 varian memiliki rentang harga yang cukup jauh pada dua varian terendahnya; tetapi pada dua varian yang lebih tinggi hanya terdapat selisih harga yang tipis. Untuk Toyota Etios Valco Type JX M/T memiliki banderol harga Rp 151.000.000 dan Toyota Etios Valco Type E M/T dibanderol dengan harga Rp 165.600.000. Sementara dua varian lebih tinggi yaitu Toyota Etios Valco Type G M/T punya banderol harga Rp 176.800.000, dan Toyota Etios Valco Type TOM’S yang merupakan varian tertinggi memiliki banderol harga Rp 178.300.000.

9. VIDEO TOYOTA ETIOS VALCO 2017

10. KESIMPULAN  TOYOTA ETIOS VALCO 2017

Toyota Etios Valco 2017 merupakan salah satu pilihan city car yang ideal bagi segala jenis konsumen. Mobil ini memadukan aspek fungsional yang tinggi dan tampilan sporty serta spesifikasi yang handal. Etios Valco memiliki kontrol yang sangat baik untuk kemudahan bermanuver di jalan perkotaan. Dengan dimensi yang kecil membuat mobil ini hanya membutuhkan ruang parkir yang sempit.

Sedangkan dari segi performa mesin dan handling; Etios Valco terbilang sangat baik. Mesin DOHC 16 katup dengan 4 silinder berkapasitas 1.200 cc memiliki performa yang sangat baik. Mesin tersebut memiliki daya maksimal mencapai 80 PS dan torsi maksimal mencapai 10,6 kgm. Sistem injeksi bahan bakar EFI yang digunakan juga memberikan angka konsumsi bahan bakar yang terbilang rendah untuk sebuah mobil perkotaan.

Dengan harga yang terbilang terjangkau untuk kelas city car yang cukup berkelas. Toyota Etios Valco memiliki pangsa pasar yang dijangkau konsumen Low MPV dan Low Cost Green Car; tetapi memiliki fitur yang mampu bersaing dengan mobil perkotaan kelas menengah. Faktor spesifikasi mesin yang hanya tersedia dengan sistem transmisi manual patut menjadi pertimbangan bagi konsumen yang lebih menyukai mobil bertransmisi otomatis.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer