Review Toyota Crown Royal Saloon 2010 : Menghadirkan Beragam Inovasi Baru

25/05/2019 Fatchur Sag Review Toyota

Toyota Crown generasi ketigabelas hadir dengan banyak innovasi menarik berbasis teknologi. Tak hanya makin canggih, Toyota Crown Royal Saloon 2010 juga makin menarik.

1. PENGANTAR TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 2010

Review Toyota Crown Royal Saloon 2010 - Mobil Toyota Crown sendiri memang sudah diproduksi sejak tahun 1955 dan menjadi salah satu produk Toyota yang sangat populer. Mobil ini memang memiliki sejarah atau historis yang cukup panjang artinya mulai dari produksi generasi pertama hingga generasi terakhir semuanya melalui sejarah dan juga filosofi tersendiri. Mobil Toyota Crown menjadi salah satu pendongkrak pasar mobil dan bersaing dengan produksi mobil ternama di Eropa dan Amerika. Datangnya Toyota Crown pada awalnya sudah menjadi banyak perhatian banyak orang begitu juga hingga generasi terakhir.

Tampilan klasik Toyota Crown 1955, tampak dari depan

Toyota Crown 1955, sudah terlihat sebagai kendaraan mewah di zamannya

Mulai dari generasi pertama yang sudah dipakai oleh para petinggi di Jepang menandakan dan memberikan filosofi bahwa setiap pengguna mobil ini akan serasa dengan orang-orang penting. Toyota Crown Royal Saloon 2010 adalah generasi ketigabelas Toyota Crown yang diproduksi mulai 2008 hingga 2012 dengan kode S200. Selain Toyota Crown Royal Saloon ada juga Toyota Crown Athlete dan Toyota Crown Hybrid.

Adapun konsep dari mobil Toyota Crown yang satu ini memang tidak jauh-jauh dengan konsep generasi sebelumnya. Hanya saja ada berbagai inovasi baru berbasis teknologi yang membuat mobil ini makin modern, canggih dan juga mahal.

2. EKSTERIOR TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 2010

Toyota Crown Royal Saloon 2010 mengusung konsep baru yang lebih dari konsep generasi sebelumnya dimana desain generasi kali ini lebih elegan dan mewah bisa dikatakan bahwa generasi ketigabelas ini merupakan Toyota Crown paling elegan dibandingkan dengan generasi sebelumya. Adanya desain yang lebih menyesuaikan perkembangan zaman membuatnya terlihat sangat berbeda.

Review Toyota Crown Royal Saloon 2010 : Bagian Depan

Foto menunjukkan Toyota Crown Royal Saloon 2010 difoto dari arah depan

Grill khas Toyota Crown seolah menjadi identitas bahwa Crown adalah mobilnya para petinggi negara

Eksterior depan mobil Toyota Crown Royal Saloon 2010 tetap memadukan desain elegan, sporty dan mewah sama seperti generasi sebelumnya yaitu Toyota Crown generasi keduabelas belas. Bagian lampu depan atau lampu utama didesain berbeda dengan tampilan yang lebih modern terlihat akan sangat mewah jika dilihat dari depan. Desain bentuk lampu utama yang lebih melengkung dan tidak kotak membuatnya lebih mengarah pada sisi elegan.

Eksterior depan mobil Toyota Crown generasi ketigabelas menyuguhkan kesan yang lebih mewah dan lebih modern dengan adanya grille dengan 5 kisi horizontal sebanyak berwarna chrome dan logo mahkota khas Toyota Crown di bagian tengah.

Review Toyota Crown Royal Saloon 2010 : Bagian Samping

Foto menunjukkan Toyota Crown Royal Saloon 2010 difoto dari arah samping

Dimensi Toyota Crown Royal Saloon 2010 lebih panjang dibanding generasi sebelumnya

Jika dilihat sekilas memang desain interior untuk Crown generasi ini dengan yang sebelumnya terutama generasi kedua belas memang sangat sedikit ditemukan perbedaan, namun jika teliti bakal melihat perbedaannya karena ukuran mobil ini sedikit lebih panjang dibanding generasi sebelumnya. Adapun beberapa konsep desain yang sama dengan generasi keduabelas dimana tetap mempertahankan kenyamanan bagi penumpang sendiri dimana dilihat dari samping tetap bisa diperkirakan bahwa interior dalam mobil sangat lega.

Review Toyota Crown Royal Saloon 2010 : Bagian Belakang

Foto menunjukkan Toyota Crown Royal Saloon 2010 difoto dari arah belakang

Selaras dengan bagian depan, bagian belakang Toyota Crown Royal Saloon 2010 juga nampak elegan

Untuk eksterior belakang Toyota Crown Royal Saloon 2010 mengikuti perkembangan jaman dimana pada bagian lampu belakang didesain lebih kebawah dengan tampilan yang tidak monoton. Bagian lampu tetap memiliki fungsi yang sesuai dimana tetap mempertahankan konsep awal dari Toyota Crown sendiri. Akan sangat membantu pengendara lain dalam melihat pergerakan serta laju mobil ini. Dan seperti biasa di bagian belakang terpasang emblem Crown dan Royal Saloon di bagian kanan dan kiri.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 2010

Kesan mobil mewah langsung tersaji begitu masuk di bagian dalam Toyota Crown Royal Saloon 2010 baik dari sisi material yang campuran soft touch, fabric serta plastik, tombol-tombol fitur hingga head unit berukuran cukup besar.

Review Toyota Crown Royal Saloon 2010 : Kabin

Foto menunjukkan bagian kabin Toyota Crown Royal Saloon 2010

Kabin Toyota Crown Royal Saloon 2010 bisa menampung hingga 5 penumpang dengan nyaman

Untuk urusan kabin sendiri dalam mobil Toyota Crown Royal Saloon 2010 tidak memiliki banyak perubahan dengan generasi sebelumnya artinya tetap memberi ruang atau space yang cukup nyaman. Hal ini dipengaruhi dari dimensinya yang lebih panjang dibanding generasi sebelumnya. Untuk yang lain-lain jika dilihat secara singkat saja kabin di mobil ini sudah menggambarkan kenyamanan dan tentunya lebih berkembang dari generasi sebelumnya ini.

Review Toyota Crown Royal Saloon 2010 : Dashboard dan Setir

Dashboard dari mobil Toyota Crown Royal Saloon 2010 memberikan konsep yang lebih modern mulai dari desain hingga pemilihan perpaduan warnanya yang terdiri dari hitam, beige, silver, chrome hingga wood panel. Perpaduan warna dalam dashboard mobil ini benar-benar elegan dan mewah meskipun tahun produksi sudah lumayan jauh namun tetap saja jika dashboard dilihat sekarang masih sangat relevan. Perpaduan warna di dalam dashboard memang sangat berpengaruh pada tampilan dari mobil sendiri.

Foto menunjukkan Dashboard dan Setir Toyota Crown Royal Saloon 2010 yang lebih modern

Dashboard Toyota Crown Royal Saloon 2010 yang penuh tombol-tombol fitur

Untuk masalah tampilan tombol di dalam dashboard mobil Toyota Crown generasi ketigabelas belas ini menggabungkan digital dan tombol manual. Namun di mobil generasi ini tombol dalam dashboard lebih simpel lebih tertata dan yang jelas lebih mudah dipahami oleh pengguna awam. Di sebelah kiri bawah terdapat laci dengan ukuran tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Ruang penyimpanan lain terdapat di pintu, sebelah tuas transmisi, dan di bawah armrest.

Setir untuk mobil Toyota Crown Royal Saloon 2010 didesain lebih modern dengan adanya sentuhan woods design di bagian atas dan bawah yaitu palang empat dengan simbol Crown di tengah. Setir ini sudah tilt - teleskopik dan diatur secara elektrik. Adanya berbagai tambahan fitur membuat fungsi dari setir lebih banyak dan kompleks seperti pengaturan volume audio, skip track, ganti mode, tutup terima telepon, tombol MiD, voice commands serta Adaptive Cruise Control. Perpaduan antara konsep baru dan konsep lama membuat tampilan setir menjadi lebih elegan dan tidak monoton.

Review Toyota Crown Royal Saloon 2010 : Kursi / Jok

Foto menunjukkan kursi belakang Toyota Crown Royal Saloon 2010

Semua kursi Toyota Crown Royal Saloon 2010 sudah dilengkapi headrest sehingga lebih nyaman

Kursi atau jok mengalami perubahan desain tentunya dalam mobil Toyota Crown generasi ketigabelas ini semuanya sudah serba modern dimulai dari desain yang mengikuti perkembangan serta bahan dan kualitas dari kursi atau jok mobil ini sendiri. Dibuat dengan bahan fabrik berkualitas yang empuk dan nyaman membuatnya lebih berkembang dari generasi sebelumnya. Kursi pengemudi bisa diatur maju mundur, ketinggian dan kerebahannya secara elektrik. Di bagian belakang kursi baris depan terdapat seat bags sebagai tempat penyimpanan.

Review Toyota Crown Royal Saloon 2010 : Bagasi

Foto menunjukkan bagasi Toyota Crown Royal Saloon 2010

Bagasi Toyota Crown Royal Saloon 2010 cukup untuk membawa barang bawaan penting

Ukuran bagasi mobil ini lumayan besar untuk sebuah sedan dan bisa menampung barang penting milik penumpang seperti perlengkapan pakaian atau yang lain. Lantai bagasi bisa dibuka sebagai tempat penyimpanan ban cadangan. Yang menarik, saat bagasi dibuka secara penuh di balik pintu bagasi terdapat segitiga pengaman yang langsung terdisplay dan terlihat jelas dari arah belakang. Segitiga pengaman ini reflektif seperti mata kucing yang bisa memantulkan cahaya secara jelas saat terpapar cahaya di malam hari.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 2010

Seperti disinggung di atas, Toyota Crown Royal Saloon 2010 atau Toyota Crown generasi ketigabelas dibekali dengan beragam fitur dan inovasi baru berbasis teknologi. Fungsi utamanya memberikan jaminan keselamatan dan kenyamanan yang lebih baik dibanding Toyota Crown generasi sebelumnya.

Review Toyota Crown Royal Saloon 2010 : Fitur Keselamatan

Foto menunjukkan kunci Toyota Crown Royal Saloon 2010

Toyota Crown Royal Saloon 2010 sudah menggunakan smart key

Mobil Toyota Crown generasi ketigabelas memiliki fitur keselamatan yang lebih dikembangkan terutama dalam sisi peformanya. Adanya sistem handling yang makin baik dibarengi dengan kecanggihan sistem mobil ini sendiri membuat fitur keamanan untuk mobil ini lebih berkembang seperti airbag di bagian depan dan samping kiri kanan belakang dan bagian tengah. Lalu ada Driver Monitoring System yang mampu mendeteksi kondisi tingkat kesadaran pengemudi lalu memberi peringatan. Fitur Collision avoidance system (PCS) dengan sistem radar untuk mendeteksi potensi tabrakan samping.

Fitur-fitur canggih tersebut melengkapi fitur keselamatan standar yang ada seperti sabuk pengaman di semua kursi, rem cakram di keempat roda dengan sistem pengereman ABS, Vehicle Stability Control (VSC), sensor parkir depan belakang, kamera parkir dan yang lain.

Review Toyota Crown Royal Saloon 2010 : Fitur Hiburan dan Kenyamanan

 

Foto menunjukkan Head Unit Toyota Crown Royal Saloon 2010

Fitur kenyamanannya begitu lengkap

Dari sisi fitur hiburan Toyota Crown Royal Saloon 2010 memiliki sistem audio yang lebih canggih dari generasi sebelumnya. Pengaturannya melalui tombol yang terdisplay di head unit. Semua fitur audio video terdapat pada mobil ini seperti radio AM/FM, CD/DVD, input TV, Navigasi dan yang lain.

Fitur kenyamanan lain sistem AC pada mobil ini ditata lebih canggih. Selain kisi-kisi di bagian dashboard juga ada kisi AC di bagian atap dan di bagian belakang armrest depan. Penumpang di bagian belakang bebas mengaturnya melalui tombol yang terdapat di kursi baris kedua bagian tengah..

>>> Tips Perjalanan Mudik Bagi Pemula Agar Tetap Aman Dan Nyaman

5. OPERASI TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 2010

Foto menunjukkan Mesin Toyota Crown Royal Saloon 2010

Performa Toyota Crown Royal Saloon 2010 bersumber dari mesin V6 dan V8

Toyota Crown generasi ketigabelas memiliki tiga tenaga kerja V6 yang masing-masing adalah 2.5 liter, 3.0 liter dan 3.5 liter dan satu tenaga kerja V8 sebesar 4.0 liter. Terdiri dari dua transmisi yaitu 6 speed otomatis dan 8 speed otomatis. Semua tenaga yang dihasilkan disalurkan ke roda belakang karena mobil ini berpenggerak roda Rear Wheel Drive (RWD) untuk memberikan performa maksimal. Anda bisa lihat spesifikasinya di bawah.

>>> Ingin Mudik Lebaran, Perhatikan Beberapa Hal Ini Saat Membawa Barang Di Mobil

6. SPESIFIKASI TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 2010

DIMENSI

Panjang

4.870 mm

Lebar

1.795 mm

Tinggi

1.470 mm

Wheelbase

2.850 mm

MESIN

Tipe Naturally Aspirated Petrol

Kode

3GR-FSE V6

4GR-FSE V6

Isi silinder

2994 cc

2499 cc

Daya maksimum

252 Hp (256 Ps) @ 6200 rpm

200 Hp (203 Ps) @ 6400 rpm

Torsi maksimum

314 Nm @ 3600 rpm

243 Nm @ 3800 rpm
Bahan bakar Bensin
Sistem Bahan Bakar Direct Injection

Transmisi

A/T 6-Speed

SASIS DAN KAKI-KAKI
Drive Train Rear Wheel Drive
Sistem kemudi Power Assisted Rack & Pinion

Suspensi depan

I.Double Wishbone.CS.

Suspensi belakang

I.MultiLi.CS.

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Ventilated Disc

Ukuran ban

215/55 R17

215/60 R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 2010

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain yang elegan dan mewah membuat prestise meningkat Boros bahan bakar jika dibanding mobil-mobil terkini
Sparepart masih mudah dicari dan didapat Bobot kendaraan terbilang berat
Nyaman dikendarai dengan adanya berbagai fitur baru dan canggih seperti sistem navigasi satelit 3 dimensi, pendeteksi pejalan kaki dan yang lain. Tombol operasional head unit masih menggunakan tulisan Jepang sehingga membutuhkan adaptasi lebih lama untuk memahami.
Nilai jual tinggi  

8. DAFTAR HARGA TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 2010

Versi baru dari Toyota Crown Royal Saloon 2010 sudah tidak lagi dijual. Namun versi bekasnya masih bisa Anda temukan di berbagai situs jual beli mobil dengan harga yang cukup bervariatif mulai dari Rp 400 jutaan hingga Rp 450 jutaan. Harga tersebut hanya referensi yang tertera di salah satu situs jual beli mobil dan bukan harga paten. Harga riilnya bisa berbeda tergantung faktor yang mempengaruhi seperti kondisi mobil, jarak tempuh, riwayat perawatan dan sebagainya.

9. VIDEO TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 2010

10. KESIMPULAN TOYOTA CROWN ROYAL SALOON 2010

Foto menunjukkan Toyota Crown Royal Saloon 2010, masih terlihat mewah dan elegan

Sampai sekarang Toyota Crown Royal Saloon 2010 masih terlihat mewah meski sudah diproduksi beberapa tahun silam

Mobil Toyota Crown Royal Saloon 2010 semakin berkembang dengan berbagai desain hingga performa yang makin dikembangkan. Secara sekilas sudah bisa dibedakan antara Toyota Crown generasi ini dengan generasi yang lain karena memang setiap generasi selalu memiliki desain dan ciri yang berbeda-beda dan semuanya selalu mengikuti perkembangan jaman. 

Jika dibanding dengan Toyota Crown saat ini Toyota Crown Royal Saloon 2010 memang terlihat ketinggalan baik dari sisi desain, fitur maupun performa. Namun bukan berarti mobil ini tidak layak dipilih. Mobil ini masih sangat layak dibeli dan masih terlihat sangat mewah dibanding sedan-sedan yang lain. Semua keputusan kembali kepada Anda karena bagaimanapun dengan budget ratusan juta rupiah, Ada banyak mobil yang bisa Anda beli baik mobil baru maupun mobil bekas.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer