Review Toyota Crown Estate 2001: Sedan Mewah Berbentuk Station Wagon

30/03/2019 Fatchur Sag Review Toyota

Toyota Crown adalah produk mobil yang dibuat oleh Toyota di Jepang sejak tahun 1955. Seri mobil sedan mewah ini telah mengalami banyak perkembangan dari generasi ke generasi dan bertahan hingga saat ini. Toyota Crown Estate merupakan generasi ke-11 dari Crown yang diluncurkan pada tahun 2001 dan juga dikenal dengan nama Crown Estate Athlete. Seri dengan kode S170 ini memiliki desain unik karena berbentuk Station Wagon.

1. PENGANTAR TOYOTA CROWN ESTATE 2001

Review Toyota Crown Estate 2001Toyota Crown Estate merupakan produk sedan mewah yang unik. Salah satunya karena mobil ini berdesain station wagon; sebuah pilihan yang membuat mobil ini memiliki kapasitas angkut penumpang lebih besar. Penambahan kapasitas angkut ini disebabkan oleh desain station wagon yang memberi tambahan ruang bagasi di bagian belakang untuk ruang penyimpanan lebih besar jika dibandingkan dengan sedan konvensional. Berikut ini ulasan singkat mengenai Toyota Crown Estate yang pertama kali diperkenalkan oleh Toyota pada Desember 1999 silam.

2. EKSTERIOR TOYOTA CROWN ESTATE 2001

Toyota Crown Estate memiliki tampilan fisik yang unik sebagai sebuah produk mobil di kelas sedan mewah. Pihak desainer Toyota dipastikan telah memiliki pertimbangan yang matang mengenai kelebihan dan kekurangan Crown Estate sebelum memutuskan membuat sebuah sedan mewah dalam format desain station wagon.

Review Toyota Crown Estate 2001: Bagian Depan

Foto Toyota Crown Estate 2001 tampak depan

Tampilan Toyota Crown Estate, tampak mewah dan elegan

Tampilan depan Toyota Crown Estate terlihat seperti sedan berkelas klasik. Dua lampu utama memiliki bentuk sederhana mengapit grill yang menghasilkan tampilan muka yang berkesan klasik. Kesan sedan mewah dengan ukuran besar sudah terlihat pada bagian muka mobil ini.

Review Toyota Crown Estate 2001: Bagian Samping

Foto Toyota Crown Estate 2001 tampak samping

Nampak jelas sekali desain station wagon pada Toyota Crown Estate

Tampilan samping Toyota Crown Estate juga terlihat sederhana. Kesan panjang dan besar serta lapang bisa terlihat jelas dari sisi samping. Terutama ketika memperlihatkan ukuran kabin memanjang dengan dua baris bangku penumpang dan bagasi berukuran besar. Kesan kaku sedikit terlihat dari garis memanjang yang menghubungkan bumper depan dan belakang.

Review Toyota Crown Estate 2001: Bagian Belakang

Foto Toyota Crown Estate 2001 tampak belakang

Dari belakang Toyota Crown Estate nampak kesan klasiknya

Sisi belakang Toyota Crown Estate juga memiliki tampilan sederhana di sisi belakang. Lampu sinyal berhenti dan berbelok di sisi belakang terbagi menjadi dua bagian; separuh melekat pada sisi samping dan sebagian lain menjadi bagian dari pintu hatchback.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA CROWN ESTATE 2001

Bagian interior dari Toyota Crown Estate ini memiliki garis besar desain sedan mewah pada eranya. Jangan bandingkan dengan interior mobil-mobil mewah jaman sekarang sebab itu pasti berbeda.

Review Toyota Crown Estate 2001: Kabin

Foto kabin Toyota Crown Estate 2001

Dimensi besar dengan konfigurasi kursi hanya 2 baris membuat kabin Toyota Crown Estate terasa lapang

Bagian kabin Toyota Crown Estate terbagi menjadi dua baris bangku penumpang ditambah dengan ruang bagasi di bagian belakang. Sisi dalam kabin memiliki ukuran ruang yang terbilang lapang. Ruang untuk kaki penumpang pada kabin ini juga terbilang besar; sebuah kelebihan terkait kenyamanan penumpang. Kapasitas bagasi yang besar menjadi kelebihan tersendiri bagi mobil ini jika dibandingkan dengan sedan mewah lain.

Review Toyota Crown Estate 2001: Dashboard dan Setir

Foto dashboard dan setir Toyota Crown Estate 2001

Dari dulu sudah terlihat kemewahan Toyota Crown Estate di bagian dashboard

Bagian dashboard Toyota Crown Estate memiliki desain yang terbilang modern pada masanya. Meski desain odomenter yang digunakan masih standar; tetapi sudah terdapat panel kontrol layaknya mobil modern. Sedangkan setir yang digunakan memiliki tampilan klasik layaknya mobil sedan mewah. Setir Toyota Crown Estate berada di sebelah kanan dengan memiliki ukuran ideal dan desain yang ergonomis. Faktor fitur power steering memberi nilai lebih pada kemudahan dan kenyamanan bagi pengemudi mobil ini.

Review Toyota Crown Estate 2001: Kursi/Jok

Foto kabin Toyota Crown Estate 2001

Kursi Toyota Crown Estate terbuat dari bahan pilihan

Bangku penumpang Toyota Crown Estate terdiri dari dua baris dengan kursi belakang berkapasitas 3 orang. Secara umum; kesan mewah bisa terlihat dari desain dan bahan dari kursi penumpang. Tata letak memanfaatkan ruang kabin yang lapang memberi kesan mewah.

Review Toyota Crown Estate 2001: Bagasi

Foto bagasi Toyota Crown Estate 2001

Bagasi lapang Toyota Crown Estate memungkinkan penumpang membawa banyak barang

Ruang bagasi berukuran besar menjadi kelebihan desain Station Wagon yang digunakan. Berkat tata ruang tersebut; Toyota Crown Estate memiliki kapasitas bagasi hingga 2 kali lebih besar dari mobil sedan konvensional. Ruang bagasi berukuran besar ini memberi keuntungan ekstra ketika mobil digunakan bepergian dan harus membawa barang dalam jumlah banyak.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR TOYOTA CROWN ESTATE 2001

Kelengkapan fitur menjadi salah satu hal penting dalam menilai kualitas sebuah kendaraa. Toyota Crown Estate terbilang unik terkait desain dan kelengkapan fitur yang melekat. Mobil buatan Toyota ini juga terbilang sangat modern pada masanya jika dinilai berdasarkan kelengkapan fitur; terutama pada bagian fitur keselamatan.

Review Toyota Crown Estate 2001: Fitur Keselamatan

Foto jok Toyota Crown Estate 2001

Toyota Crown Estate sudah dilengkapi fitur keselamatan terlengkap pada masanya

Layaknya sebuah mobil high end atau berkelas mobil mewah; Toyota Crown Estate telah dilengkapi perlengkapan keselamatan yang cukup baik pada masanya. Mobil ini telah dilengkapi dengan airbag untuk barisan kursi depan. Sabuk pengaman yang digunakan juga telah menggunakan tipe tensioner. Untuk sistem pengereman juga telah dilengkali dengan Anti-lock Braking System dan brake assist untuk menghindari resiko bak terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Tetapi sebagai sebuah mobil mewah; Toyota Crown Estate masih belum dilengkapi dengan sistem pengamanan dari tindak pencurian.

Review Toyota Crown Estate 2001: Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto sistem hiburan Toyota Crown Estate 2001

Ada juga fitur hiburan terbaik untuk Toyota Crown Estate

Untuk fitur kenyamanan dan hiburan; Toyota Crown Estate telah memiliki kelengkapan AC dengan ventilasi yang otomatis bergerak untuk memudahkan distribusi udara sejuk. Sebagai mobil dalam kelas mobil mewah; Toyota Crown Estate juga telah dilengkapi dengan fitur power window. Bangku penumpang juga telah mengunakan teknologi power seat untuk kemudahan pengaturan. Sistem audio dengan kualitas baik juga telah menjadi kelengkapan fitur hiburan untuk mobil ini. Seluruh bangku penumpang juga telah dilengkapi dengan headrest untuk kenyamanan duduk dengan kepala bersandar. Pengemudi Toyota Crown Estate juga akan memperoleh kemudahan dan kenyamanan mengemudi dengan fitur power steering. Bahkan mobil ini sudah memiliki kelengkapan navigasi berbasis satelit.

>>> Apakah Asuransi Dapat Berganti Nama? Hati-Hati Saat Beli Mobil Bekas

5. OPERASI TOYOTA CROWN ESTATE 2001

Foto Mesin Toyota Crown Estate 2001

Toyota Crown Estate tersedia dalam 3 pilihan mesin

Toyota Crown Estate menggunakan mesin yang terbilang sangat handal dalam hal kekuatan. Mobil berbodi bongsor ini dilengkapi dengan mesin in-line dengan 6 silinder. Sistem distribusi bahan bakar pada mesin ini juga telah menggunakan multipoint injection untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan meningkatkan tenaga yang dihasilkan.

Setidaknya ada 3 jenis mesin dengan kapasitas 2.0 L, 2.5 L dan 3.0 L yang bisa dipilih untuk mobil Toyota Crown Estate yang dikeluarkan pada tahun 2001. Mesin tersebut memiliki kemampuan untuk menghasilkan daya maksimal antara 196 hingga 280 PS pada putaran 5600 rpm dengan torsi maksimal 30 kgm pada putaran 3600 rpm. Kekuatan tersebut terbilang cukup besar untuk sebuah mobil sedan dan cukup sesuai untuk sebuah mobil bertipe station wagon.

>>> Tips Memperbaiki Spion Mobil Rusak Karena Beberapa Sebab

6. SPESIFIKASI TOYOTA CROWN ESTATE 2001

Spesifikasi Suzuki Sidekick 1996

Jenis

Station Wagon

Tipe

S170

Mesin

2.0L 1G

2.5L 1JZ

3.0L 2JZ

Bore X Stroke

75.0 X 90.0 mm

Transmisi

5-speed automatic

Wheelbase

2,780 mm

Panjang

4,820 mm

Lebar

1,765 mm

Tinggi

1,465 mm

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA CROWN ESTATE 2001

Setiap kendaraan dipastikan memiliki kelebihan dan kekurangan karena faktor desain, spesifikasi teknis hingga kelengkapan fitur yang melekat. Hal yang sama berlaku pada Toyota Crown Estate yang juga memiliki beragam kelebihan serta kekurangan. Berikut ini beberapa hal yang patut dipertimbangkan sebelum membeli mobil tersebut terkait kelebihan dan kekurangan yang ada pada Toyota Crown Estate.

Kelebihan

Kekurangan

Memiliki desain yang unik berupa sedan mewah bertipe station wagon sehingga cocok bagi pengguna mobil yang ingin tampil beda dari kebanyakan pengguna mobil lain.

Kekurangan utama Toyota Crown Estate ada pada ukuran yang besar. Mobil yang lebar dan panjang ini akan membutuhkan ruang parkir lebih besar.

Memiliki kapasitas yang cukup besar dalam hal daya angkut penumpang dan juga kelengkapan ruang bagasi.

Toyota Crown Estate membutuhkan pengemudi keahlian mengemudi yang tinggi terkait kebutuhan bermanuver di jalan mengingat radius putar minimal mobil ini mencapai 5,3 meter.

Faktor kenyamanan yang tinggi di dalam kabin menjadi salah satu kelebihan utama yang ditawarkan oleh mobil ini.

Mesin berkapasitas besar berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Mesin yang digunakan sangat sesuai dengan ukuran mobil sehingga Toyota Crown terbilang sangat kuat untuk sebuah mobil berukuran besar dan memiliki kapasitas angkut yang banyak.

Layaknya mobil dari generasi lama; kebutuhan suku cadang Toyota Crown Estate terkadang sulit dipenuhi dengan cepat meski masih tersedia.

Faktor stabilitas tinggi dan handling yang sangat baik membuat mobil ini sangat nyaman untuk dikendarai. Sesuai dengan kelasnya sebagai mobil sedan mewah.

 

Telah memiliki fitur keamanan yang sangat baik untuk mobil buatan awal tahun 2000-an.

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA CROWN ESTATE 2001

Di salah satu situs jual beli mobil international, Toyota Crown Estate 2001 dijual dengan harga antara US $2,241 atau setara Rp 31,5 jutaan hingga US $12,775 atau setara Rp 180 jutaan, tergantung kondisi mobil, jarak tempuh hingga riwayat perawatan si  pemilik. Di Indonesia sendiri sulit menemukan Toyota Crown Estate mengingat mobil dengan desain station wagon bukan selera orang Indonesia.

9. VIDEO TOYOTA CROWN ESTATE 2001

10. KESIMPULAN TOYOTA CROWN ESTATE 2001

Toyota Crown Estate 2001 yang merupakan generasi ke-11 dari seri Toyota Crown merupakan sebuah mobil yang unik. Konsep sebagai mobil sedan mewah dalam format fisik Station Wagon membuat mobil ini menjadi mobil mewah yang tidak biasa. Faktor kenyamanan menjadi kelebihan utama yang bisa diperoleh pengemudi dan penumpang saat sudah berada di dalam kabin yang lapang.

Foto Toyota Crown Estate 2001 warna silver tampak samping depan

Dalam kondisi terawat, Toyota Crown Estate masih sangat menarik dan layak dimiliki

Kesesuaian kapasitas mesin dengan desain dan ukuran mobil menjadi hal lain yang membuat Toyota Crown Estate 2001 sangat nyaman dikendarai. Penggunaan mobil Toyota Crown Estate pada saat ini masih sangat sesuai; terutama jika dikaitkan dengan tuntutan fitur keamanan berkendara yang semakin tinggi. Faktor konsumsi bahan bakar sebaiknya dipertimbangkan sebelum memilih untuk menggunakan mobil ini sebagai kendaraan sehari – hari.

Toyota Crown Estate lebih cocok digunakan di kota yang masih belum memiliki kepadatan kendaraan bermotor tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh ukuran yang relatif besar sehingga berdampak pada kebutuhan ruang parkir yang juga besar serta kekurangan dalam hal kemampuan manuver di jalan yang padat kendaraan. Desain yang unik dan terkesan tidak konvensional bisa menjadi nilai lebih bagi penggemar otomotif yang ingin memiliki mobil berpenampilan unik dan beda.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer