Review Toyota Crown 2018

16/12/2018 Franky Pratama Review Toyota

Ibarat mahkota seperti namanya, Crown tampaknya sangat disayangi oleh Toyota. Bisa dibilang, model Crown menjadi anak emas dari pabrikan asal Jepang ini. Bayangkan saja, sejak tahun 1955 hingga 2018 mobil satu ini terus diberikan pembaruan ciamik. Seperti apakah sosok terbarunya? Mari kita simak bersama dalam review Toyota Crown 2018.

1. PENGANTAR TOYOTA CROWN 2018

Review Toyota Crown 2018 - Sejak tahun 1955, Toyota Crown terus diberikan inovasi hingga tak terasa sudah meraih generasi ke-15 di tahun 2018 ini. Bahkan, bisa dibilang Crown adalah salah satu model tertua besutan Toyota yang masih terus dipertahankan hingga kini.

Memang tak dipungkiri, setelah kekalahan Jepang di Perang Dunia II, menjadikannya sangat porak poranda khususnya di bidang perekonomian. Di masa-masa kelamnya, Toyota hadir sebagai industri mobil nasional yang merangkak maju lewat Crown. Kala itu, model ini banyak digunakan untuk instansi kepolisian serta petinggi setempat. Melihat sisi positif Crown akhirnya Toyota mengekspornya ke negara-negara besar untuk menghadapi dominasi mobil Eropa maupun Jerman.

Sejarah Toyota Crown selalu menarik mengikuti tren di masing-masing zaman

Sejarah Toyota Crown dari generasi ke generasi

Disitulah letak esensi historis dari Crown yang tampaknya tak mau dihilangkan oleh Toyota dari zaman ke zaman. Bisa dibilang, Toyota Crown merupakan saksi sejarah kebangkitan Jepang dari keterpurukan Perang Dunia II.

Nah, kembali membahas generasi ke 15-nya, Toyota Crown menampilkan sosok lebih atletis dengan mengusung bodi Toyota New Global Architecture (TNGA). Tepat pada tanggal 26 Juni 2018, ia diperkenalkan di negara asalnya dengan membawa konsep kedekatan pengendara dan Crown berbasis teknologi. Cukup canggih memang. Untuk lebih mengetahui tentangnya, mari kita simak bersama review Toyota Crown 2018.

Sosok Toyota Crown 2018 menyuguhkan konsep kedekatan antara pengendara dan mobil

Sosok Toyota Crown 2018 yang kini terlihat atletis bahkan sangat futuristik

2. EKSTERIOR TOYOTA CROWN 2018

Semua hal pada eksterior Toyota Crown 2018 dirancang ulang dengan alur bodi yang lebih agresif, elegan serta atletis. Evolusi terbaru dari rangka TNGA juga diaplikasikan pada bodinya yang diklaim mampu meningkat performa mesin, Handling serta manuver.

Review Toyota Crown 2018: Eksterior Depan

Bonnet-nya kini dibuat memanjang supaya memberi kesan atletis dari wajah depannya. Adapun Grille-nya dibalut apik dengan desain Mesh berbentuk trapesium meruncing ke bawah. Tak seperti model Toyota lainnya, khusus Crown tersedia logo khusus berbentuk mahkota yang terus berevolusi dari generasi ke generasi. Di sisi pencahayaan sendiri, Crown 2018 menerapkan lampu berkonfigurasi LED.

Eksterior depan Toyota Crown 2018 terlihat sangat matang dari segi desain serta berhasil menunjukkan bahwa Toyota berhasil menangkap tren masa kini

Eksterior depan Toyota Crown 2018 menerapkan lampu LED dan DRL

Review Toyota Crown 2018: Eksterior Samping

Melirik bodi sampingnya, siluet elegan terpampang jelas dari ukuran bodinya yang panjang dan Ground Clearance lebih rendah. Sekilas terlihat seperti sebuah sedan masa depan yang dipenuhi aroma atletis. Menariknya lagi, pelek berukuran 18 inci dengan balutan aluminium menjadi pemanis akhir dari bodi sampingnya.

Eksterior samping Toyota Crown 2018 terlihat sangat alteis dipadu desain yang sporty

Eksterior samping Toyota Crown 2018 menggunakan ban berukuran 18 yang juga terlihat proporsional dengan bodinya yang atletis

Review Toyota Crown 2018: Eksterior Belakang

Hal paling memikat dari sektor buritannya adalah desain lampu LED-nya yang tajam sekaligus modern. Bahkan, identitas historis juga terlihat jelas dari Emblem bertuliskan Crown di dekat lampu kirinya. Posisinya sebagai mobil sedan andalan Toyota juga dihias apik dengan kemewahan krom pada knalpot Dual Twin-nya. Sungguh, ini benar-benar perubahan yang eksotis, seakan berhasil menyihir para pengamatnya.

Eksterior belakang Toyota Crown 2018 terlihat sangat isitmewa dengan lampu LED berdesain agresif

Eksterior belakang Toyota Crown 2018 menyuguhkan esensi mewah yang terpancar dari Dual Twin Chrome Exhaust

>>> Baca juga:

3. INTERIOR TOYOTA CROWN 2018

Sejalan dengan konsep awalnya yakni mendekatkan pengendara dan mobil satu ini, menjadikan atmosfer interior Toyota Crown 2018 terlihat sangat rapi serta mudah diakses. Bahkan, Toyota mengaku sudah menyematkan teknologi Data Communication Module (DCM) di setiap variannya sebagai fitur standar.

Review Toyota Crown 2018: Dashboard

Dashboard pada Cockpit-nya didesain dengan unsur minimalis, teknologi mumpuni dan segala halnya dibalut dengan bahan berkualitas. Bahkan, esensi sentuhan saja sangat diperhatikan oleh Toyota. Ketika jari-jari menyentuh dashboard, Anda akan merasakan bahwa materialnya dirancang sangat detail, unsur mewah dan kenyamanan ada di sana.

​Trim interior Toyota Crown terlihat sangat mewah dan berkelas

Trim interior Toyota Crown dikemas dengan bahan berkualitas tinggi mulai dari pintu hingga dashboard serta dibekali berbagai pilihan warna

Menganut konsep Double-Display, tersedia dua buah layar pada dashboard-nya. Pada sisi tengah misalnya, menggunakan ukuran 8 inci untuk pengoperasian Multimedia serta di paling atas tersedia panel 7 inci dengan fungsi operasional.

Dashboard Toyota Crown 2018 dilengkapi fitur mumpuni

Dashboard Toyota Crown 2018 sudah dilengkapi dengan dua layar berukuran besar yang siap menghibur Anda

Review Toyota Crown 2018: Setir

Setirnya sendiri menggunakan bahan kulit berkualitas yang dihias apik dengan model tiga palang. Ciri khas tersendiri dari setirnya bisa diamati pada bentuknya yang menonjol keluar seakan mirip tempurung, sukses memberi kesan atletis.

Review Toyota Crown 2018: Kursi

Perubahan menarik juga diungkapkan oleh Toyota khususnya di bagian kursi. Supaya memberi esensi lebih nyaman bagi penumpang, Toyota Crown dibekali ruang kaki lebih luas pada bangku belakangnya. Tentu saja, apabila perjalanan jauh, perubahan ini bisa mengurangi tingkat kelelahan dari penumpang. Di sisi lain, khusus pada varian G-Executive sudah tersedia hiasan menarik seperti lampu LED di masing-masing pintunya serta fitur penyejuk di setiap kursi.

Kursi Toyota Crown 2018 mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Kursi Toyota Crown 2018 tampak mewah dengan balutan kulit serta menyediakan ruang kaki lebih lapang

>>> Artikel terkait:

4. FITUR TOYOTA CROWN 2018

Setelah cukup banyak membahas eksterior dan interior-nya, tiba saatnya Hargamobil.com mengulas tentang fitur Toyota Crown 2018.

Review Toyota Crown 2018: Fitur Keselamatan

Seperti pada Toyota CH-R, Crown 2018 dibekali rangka bodi TNGA. Di masa-masa mendatang, tampaknya Toyota akan mengemas seluruh modelnya dengan rangka bodi evolusioner-nya ini. Dari catatan resminya, TNGA memiliki fungsi untuk mengoptimalkan distribusi bobot bodi supaya lebih merata ke seluruh bagian. Tentu saja, hal ini berhasil memberi performa Handling lebih mumpuni serta tingkat efisiensi lebih irit.

Fitur keselamatan Toyota Crown 2018 dilengkapi rangka bodi TNGA untuk memberi Handling lebih mumpuni

Fitur keselamatan Toyota Crown 2018 sudah dilengkapi dengan rangka bodi evolusioner, TNGA

Teknologi paling menarik yang menunjang konsep awalnya terletak pada ITS Connect dan DCM. ITS Connect adalah suatu sistem yang menggunakan frekuensi 760 MHz, dimana pengendara dapat berhubungan dengan pengendara lainnya lewat satu gelombang frekuensi tersebut. Menarik, bukan? Teknologi menarik kedua adalah DCM yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi terkini seputar jalanan yang Anda lewati. Informasi tersebut juga akan melakukan Update setiap satu jam.

Menariknya, semua variannya kini sudah mengaplikasikan generasi kedua dari teknologi Toyota Safety Sense (TSS). Dalam hal ini, TSS menaungi beberapa rangkaian teknologi lainnya seperti melajukan kendaraan tanpa menginjak pedal gas (Radar Cruise Control), menjaga lajur supaya tetap berada di marka jalan (Lane Tracing Assist), membaca rambu-rambu lalu lintas (Road Sign Assist) serta kemudahan proses parkir (Parking Support Brake).

Teknologi TSS sudah dihadirkan pada Toyota Crown 2018

Rangkaian teknologi TSS juga sudah menjadi fitur standar di seluruh variannya

Review Toyota Crown 2018: Fitur Hiburan

Seperti yang dijelaskan di segmen dashboard, Crown 2018 menggunakan dua layar utama berukuran 8 inci dan 7 inci. Selain mampu memberi fungsi navigasi, layar tersebut juga bisa mengoperasikan berbagai hiburan Multimedia. Menariknya lagi, rangka bodi Crown sudah dilengkapi Active Noise Control sehingga kabinnya menjadi sangat kedap dari suara bising luar.

Fitur hiburan Toyota Crown 2018 tampil sangat lengkap yang siap menghibur seluruh penumpang

Fitur hiburan Toyota Crown 2018 menghadirkan dua layar utama yang memiliki fungsi berbeda

>>> Simak juga model menarik besutan Toyota lainnya

5. OPERASI TOYOTA CROWN 2018

Di halaman resminya, operasi mesin Toyota Crown 2018 terbagi menjadi tiga pilihan yakni 2.5 Liter Dynamic Force Engine Hybrid (DFEH), 3.5 Liter Multi Stage V6 dan 2.0 Liter Turbo. Di antara ketiganya, kami lebih menyukai mesin 2.5 Liter DFEH yang diklaim memiliki performa mumpuni disertai tingkat efisiensi sangat tinggi. Bayangkan saja, mesin satu ini mampu mencatatkan rekor 24 Km/Liter.

Operasi mesin Toyota Crown 2018 terbilang spesial dengan kapasitas 2.487 cc khususnya pada varian DFEH

Operasi mesin Toyota Crown 2018 paling menarik adalah 2.5 Liter DFEH yang menawarkan kecepatan tinggi dan irit bahan bakar

Menggunakan kode mesin A25A-FXZ berkapasitas 2.487 cc, performa mesin utamanya mampu meraih daya maksimum hingga 184 PS setara 6.000 Rpm dengan torsi puncak 221 Nm di kisaran 3.800 hingga 5.400 Rpm. Mengingat mesinnya menggunakan konfigurasi Hybrid, kemampuannya ditunjang oleh motor listrik yang sukses menyumbang daya 143 PS.

>>> Jangan lupa untuk mengamati mobil terbaru lainnya yang siap dirilis dalam waktu dekat

6. SPESIFIKASI TOYOTA CROWN 2018

Supaya artikel ini makin lengkap, tak lupa Hargamobil.com melampirkan spesifikasi Toyota Crown 2018.

SPESIFIKASI TOYOTA CROWN 2018

Model

2.5 Liter DFEH

3.5 Liter V6

2.0 Liter Turbo

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.910 mm x 1.800 mm x 1.455 mm

Jarak Poros Roda

2.920 mm

MESIN

Tipe Mesin

A25A-FXS 2.5 Liter

8GR-FXS 3.5 Liter V6

8AR-FTS 2.0 Liter Turbo

Kapasitas Silinder

2.487 cc

3.456 cc

1.998 cc

Daya Maksimum Mesin Utama

184 PS / 6.000 Rpm

299 PS / 6.600 Rpm

245 PS / 5.200 – 5.800 Rpm

Torsi Maksimum Mesin Utama

221 Nm / 3.800 – 5.400 Rpm

356 Nm / 5.100 Rpm

350 Nm / 1.650 – 4.400 Rpm

Sistem Transmisi

8 Tingkat Percepatan Super ECT

THS II dengan Reduction Gear

10 Tingkat Percepatan Multi Stage Hybrid

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA CROWN 2018

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Crown 2018? Coba simak opini menarik kami.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Perubahan eksterior diakui sangat mengesankan, berhasil mengikuti tren masa kini

Banyak varian terdahulu yang sudah tak lagi ditawarkan seperti Royal Saloon, Majesta serta Athlete

Teknologi yang dihadirkan tampil sangat lengkap dan inovatif

Entah mengapa untuk sementara ini Crown masih dijual di Jepang saja

Performa mesin terasa begitu mumpuni khususnya pada varian DFEH 2.5 Liter

-

8. DAFTAR HARGA TOYOTA CROWN 2018

Sayangnya, hingga kini belum ada kabar pasti mengenai kehadiran Toyota Crown 2018 Indonesia. Sejak peluncurannya, generasi ke 15 Crown ini hanya dipasarkan di Jepang saja.

Jika berbicara daftar harga Toyota Crown 2018, model ini satu ini dibanderol mulai harga 4.606.200 Yen (Setara Rp. 588 jutaan) hingga 7.187.400 Yen (Setara Rp. 918 jutaan).

9. VIDEO TOYOTA CROWN 2018

10. KESIMPULAN TOYOTA CROWN 2018

Sebagai sosok historis dari banyak model Toyota lainnya, Crown terus diberikan inovasi hingga meraih generasi ke 15. Perubahannya lebih ditekankan dalam hal eksterior yang kini bersolek lebih atletis dan ruang interior lebih lega. Adapun sosok terbarunya memboyong konsep kedekatan antara pengendara dengan Crown, terbukti dari teknologi yang dihadirkan kini tampil mumpuni. Bayangkan saja, Anda bisa berkomunikasi dengan pengendara lain lewat teknologi ITS Connect. Seandainya saja mobil ini dihadirkan di Indonesia, sudah pasti akan menggoda iman para pengamatnya.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer