Review Toyota Corona 1993: Mobil Sedan Premium Masih Banyak Diminati

27/03/2019 Abdul Review Toyota

Mobil segmen sedan kerap jadi perhatian banyak orang, terutama anak muda. Hal tersebut dikarenakan desain yang dimiliki serta kemudahan dalam membuat modifikasi. Salah satu mobil dalam segmen sedan keluaran tahun 90-an adalah Toyota Corona 1993.

1. PENGANTAR TOYOTA CORONA 1993

Review Toyota Corona 1993 - Mobil Toyota Corona ini merupakan generasi kesembilan dan diperkenalkan di Eropa dengan nama Carina E. Peluncurannya dilakukan pada ajang Jenewa Auto Show pada tahun 1992. Mobil ini terbilang sukses di Eropa pada kala itu.

Untuk pasar Indonesia dihadirkan pada tahun 1993 dengan nama Toyota Corona Absolute. Mobil inilah yang akan kami bahas saat ini. Mobil ini terbilang banyak dicari meskipun dalam kondisi bekas. Hal tersebut dikarenakan desain yang dimilikinya. Pertama kali dihadirkan membawa 3 trim yaitu 1.6 GX, 1.6 EXsaloon G dan 2.0 EXsaloon G. Setelah satu tahun maka terdapat perubahan yang dilakukan pada 2 namanya menjadi 1.6 G dan 2.0 G. Jadi nama EXsaloon dihilangkan, bahkan mobil ini juga pernah dipakai untuk kendaraan dinas TNI AL dan AD.

2. EKSTERIOR TOYOTA CORONA 1993

Review Toyota Corona 1993: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Corona 1993 warna putih tampak depan

Desain unik berbeda dengan yang lain

Pada bagian depan memang terlihat desain lama namun tetap menarik. Pada bagian grill masih memakai desain kecil yang ukurannya hampir sama dengan headlamp yang dimiliki. Berbeda pada jaman sekarang yang menggunakan grill besar untuk menampilkan kegagahan suatu kendaraan. Meskipun begitu tampilannya memang terlihat sporty dengan penggunaan bumper yang agak mirip dengan mobil balap.

Review Toyota Corona 1993: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Corona 1993 warna merah tampak samping

Tampak samping terlihat bodi bongsor

Dilihat dari bagian samping, mobil Toyota Corona 1993 memancarkan aura sporty. Dengan minimnya lekukan-lekukan yang dimiliki menjadi salah satu ciri khas mobil jaman dulu. Namun hal tersebut tidak membuat tampilannya jelek. Justru kegagahan tampak pada mobil besutan Toyota tahun 90-an satu ini.

Review Toyota Corona 1993: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Corona 1993 tampak bagian belakang

Desain lampu belakang dibuat menyambung

Pada bagian belakang Toyota Corona 1993 mempunyai desain yang sangat menarik. Karena di bagian lampu belakang dibuat menyatu. Sedangkan untuk penempatan plat nomor berada di bagian bumper belakang. Tentunya hal tersebut tidak mengurangi tampilan menarik bagian belakangnya. Bumpernya terlihat biasa tanpa adanya suatu desain yang mencolok.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA CORONA 1993

Review Toyota Corona 1993: Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan interior dashboard Toyota Corona 1993

Dashboard menarik dengan fitur melimpah pada head unit

Menuju ke bagian interior, yang mana pada dashboard Toyota Corona 1993 mempunyai desain yang tidak terlalu jadul. Beberapa fitur hiburan telah ditempatkan di bagian dashboard seperti pengaturan AC dan juga audio pada head unitnya. Di bagian dashboard terdapat laci penyimpanan yang dapat digunakkan untuk menempatkan barang bawaan yang kecil. Yang lebih uniknya lagi, di bagian bawah ruang penyimpanan sebelah kiri masih terdapat tempat penyimpanan lagi dalam keadaan terbuka. Sehingga saat membawa barang-barang kecil tidak bingung mau diletakkan dimana.

Pada bagian kemudi masih layaknya mobil tahun 90-an. Belum ada tambahan airbags pada bagian kemudinya. Yang lebih menarik dan terbilang unik pada mobil Toyota ini adalah saat di unlock maka kemudi otomatis ke atas. Kemudi Toyota Corona telah menggunakan sistem Titl namun belum Telescopic.

Review Toyota Corona 1993: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Toyota Corona 1993

Jok mobil nyaman dengan headrest pada semua kursi

Pada bagian kursi pengemudi terdapat pengatur yang masih menggunakan knop putar. Di bagian tengah diantara kursi ada asbak. Di bagian belakang kursi depan juga terdapat seat back pocket. Untuk ruang kaki terbilang cukup lega sehingga penumpang bisa merasakan kenyamanan di dalamnya. Pada bagian kursi belakang dapat dilipat 60:40. Setiap kursi mempunyai headrest untuk menambah kenyamanan dalam berkendara. Diberikan pula armrest yang panjang untuk meletakkan tangan supaya kenyamanan lebih maksimal.

Review Toyota Corona 1993: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Corona 1993 warna hitam

Toyota sedan Corona 1993 dikenal juga Corona Absolute

Pada bagian bagasi terbilang cukup luas untuk sekelas mobil sedan. Sehingga pengendara bisa meletakkan barang bawaan saat melakukan perjalanan. Apalagi kursi belakang dapat dilipat, walaupun sedikit tentunya akan menambah ruang bagasi jadi lebih luas.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA CORONA 1993

Berbicara masalah fitur Toyota Corona 1993, namanya mobil tahun 90-an tentunya berbeda dengan jaman sekarang. Pada jamannya mobil sedan ini termasuk kelas premium dengan fitur mumpuni. Seperti bagian interior depan telah diberikan head unit yang terdapat sistem audio yang dapat digunakan untuk mengoperasikan kaset tape, radio dan juga CD. Terdapat pula pengaturan suhu AC supaya menambah kenyamanan berkendara selama di dalam mobil Toyota ini. Ada pula pengaturan lampu hazard dan juga rear defogger.

Gambar ini menunjukkan head unit mobil Toyota Corona 1993

Toyota Corona 1993 memiliki fitur mumpuni di jamannya

Fitur lain yang diberikan seperti seatbelt, hand grip dan juga sun visor. Setiap kursi pengemudi mendapatkan headrest untuk memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara. Bahak mobil ini telah mendapatkan fitur electric mirror, power window dan tweeter yang menjadi fitur standar.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Toyota Corona Bekas

5. OPERASI TOYOTA CORONA 1993

Gambar ini menunjukkan mesin pada mobil Toyota Corona 1993

Mesin handal dengan performa mumpuni

Pada mobil Toyota Corona 1993 mengandalkan 2 tipe mesin yakni 1.6 liter 4A-FE dan 2.0 liter 3S-FE. Mesin tersebut berkonfigurasi dengan 16 katup 4 silinder segaris berteknologi DOHC. Dengan mengandalkan mesin 1.6 liter dapat menghasilkan tenaga maksimal 113 Hp dan torsinya adalah 137 Nm. Sedangkan untuk mesin 2.0 liter dapat menghasilkan tenaga 126 Hp dan torsi puncak mencapai 177 Nm. Tenaga disalurkan menuju roda dengan mengandalkan transmisi manual 5 percepatan dan 4 percepatan untuk matic.

6. SPESIFIKASI TOYOTA CORONA 1993

DIMENSI

Panjang

4520 mm

Lebar

1695 mm

Tinggi

1410 mm

MESIN

Mesin

1,6 liter 4A-FE dan 2,0 liter 3S-FE

Konfigurasi

16 katup 4 silinder segaris DOHC

Tenaga

113 HP @3.600 RPM (1,6) ; 126 HP @5.600 RPM (2,0)

Torsi

137 Nm @ 4.800 RPM (1,6) ; 177 Nm @ 4.400 RPM (2,0)

Konsumsi BBM

7-9 km/L (dalam kota), 10-12 km/L (luar kota)

Transmisi

Manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan

LAINNYA

Suspensi

MacPherson struts independen depan dan belakang

Rival

Honda Accord Cielo, Mitsubishi Galant Lele dan Mazda Cronos

Penjualan

1993-1999 (produksi sampai 1998)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA CORONA 1993

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan pada eksterior keren

Bentuk mobil terlalu bongsor

Tampilan interior cukup nyaman

Aksesoris kabin langka

Mesin yang dimiliki sangat bandel

Harga jual kembali tergolong rendah

Versi 2.0 sangat kencang

Tampilan speedometer kurang menarik

Laju mobil stabil saat kecepatan tinggi

Power steering sering bocor

Kapasitas kabin dan bagasi terbilang cukup luas

Versi 2.0 boros bahan bakar

Mobil yang cukup nyaman

Spare part mahal untuk tipe 2.0

Konsumsi bahan bakar irit untuk tipe 1.6

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA CORONA 1993

Mobil Toyota Corona 1993 atau terkenal dengan nama Corona Absolute mempunyai 2 pilihan mesin yakni 1.6 dan 2.0. Dari segi harga bekasnya juga berbeda. Berikut daftar harga Toyota Corona 1993:

TIPE MOBIL

HARGA BEKAS

Toyota Corona 1.6 L

Rp. 35 juta – Rp. 40 jutaan

Toyota Corona 2.0 L

Rp. 40 juta – Rp. 60 jutaan

9. VIDEO TOYOTA CORONA 1993

10. KESIMPULAN TOYOTA CORONA 1993

Melihat beberapa hal di atas membuat mobil sedan Toyota Corona 1993 cocok untuk dijadikan kendaraan pribadi. Hal tersebut dikarenakan kenyamanan dan juga mesin yang handal. Tidak hanya itu saja, dari segi harga juga cukup terjangkau yang membuatnya bisa dibeli oleh banyak kalangan.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

Harga mobil terbaru

International