Review Toyota Camry 2019 : The Next Level Of Perfection

27/02/2019 Fatchur Sag Review Toyota

Toyota Camry 2019 tampak sangat menonjol baik secara penampilan maupun teknologi yang disematkan pada mobil mewah ini. Toyota menanamkan sejumlah fitur keselamatan terbaik yang bisa mereka berikan pada pemilik mobil. Selain itu fitur hiburan kelas premium juga disertakan sebagai bagian kemewahan mobil ini. Kedua bagian fitur ini jelas dimaksud untuk menunjang kenyamanan pengendara dan penumpangnya pada saat perjalanan. Inovasi pada mesin Hybrid juga menjadi nilai lebih pada sedan premium ini.

1. PENGANTAR TOYOTA CAMRY 2019

Foto saat peluncuran Toyota Camry 2019 berwarna hitam dan putih

Toyota membuka tahun 2019 dengan meluncurkan All New Camry

Review Toyota Camry 2019 - Awal Januari 2019, Toyota mengumumkan peluncuran varian sedan mewah terbarunya Toyota Camry 2019. Sang Mahkota terbaru hadir dengan 3 model yakni tipe Hybrid, V, dan G yang menyasar segmen mobil mewah di Indonesia. Dengan tampilan yang lebih segar dan penerapan TNGA pada mobil ini membuat Camry 2019 menjadi mobil yang berbeda yang lebih menonjol dibanding generasi sebelumnya. TNGA sebelumnya telah sukses diaplikasikan pada mobil seri C-HR untuk kelas Crossover, diadopsi dalam desain sedan modern yang elegan.

2. EKSTERIOR TOYOTA CAMRY 2019

Eksterior Toyota Camry 2019 mengusung tema Aggressive Smart Confidence yang sedikit lebih besar, namun tidak setinggi generasi sebelumnya. Dimensi panjangnya  4885mm, lebar 1840mm, dan tinggi 1445mm membuat mobil ini sedikit lebih bongsor.

Review Toyota Camry 2019 : Depan

Foto Toyota Camry 2019 dilihat dari tampak samping depan

Desain Striking Grille membuat tampilannya tampak meruncing

Bagian depan Toyota Camry 2019 memiliki desain Striking Grille, minimalis meruncing ke depan dengan ujungnya disematkan logo Toyota. Bumper depan dibuat sedikit melebar dengan banyaknya lubang udara memberi kesan agresif dan tambahan aksen krom memberi kesan mewah. Penggunaan LED dan DRL pada lampu depan memberikan kesan “slim and sleek” untuk pencahayaan maksimal. Peletakan fog light pada bagian bawah bumper memberikan kesan ikonik mobil Toyota.

Review Toyota Camry 2019 : Samping

Foto Toyota Camry 2019 berwarna hitam dilihat dari tampak samping

Ada unsur TNGA terlihat dari bagian samping Toyota Camry 2019

Dari samping, unsur TNGA (Toyota New Global Architecture) yang diusung oleh Toyota tampak jelas pada mobil ini. Siluet body Camry 2019 ini tampak tegas, namun tetap berkesan sporty sebagaimana mobil sedan seharusnya. List jendela berwarna krom menjadi hilight utama tampilan sedan terbaru ini memberikan kesan mewah dan elegan saat dipandang dari samping. Pelek ban 18 inci dengan desain sporty menjadi pelengkap tampilan menawan Toyota Camry 2019.

Review Toyota Camry 2019 : Belakang

Foto Toyota Camry 2019 berwarna hitam dilihat dari tampak belakang

Desain belakang All New Camry elegan dan modern

Di bagian belakang, logo identitas Camry tampil elegan pada lempengan krom memanjang yang diapit oleh kedua lampu LED Rear Combination Lamps yang memancarkan aura tajam, namun tetap modern. Bagian bagasi nampak memiliki proporsi yang lebih kecil dari generasi sebelumnya. Kendati begitu, kapasitas yang diberikan untuk bagasi tidak jauh berbeda. Terakhir adalah bagian knalpot yang dilapisi krom melengkapi nuansa sporty dan modern sedan Toyota yang satu ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA CAMRY 2019

Tema Aggressive Smart Confidence pada bagian exterior diimbangi dengan pengembangan kualitas bagian dalam yang lebih mewah dan nyaman bagi pengemudi dan penumpang. Seabrek teknologi disematkan untuk menambah kenyamanan siapapun yang menunggangi mobil ini.

Review Toyota Camry 2019 : Dashboard

Foto menunjukkan tampilan bagian kabin Toyota Camry 2019

Semua serba mewah di bagian kabin All New Camry

Toyota secara tegas mengubah desain dashboard menjadi Cockpit Dashboard yang lebih modern, mewah, dan mudah dijangkau. Desain ini tidak hanya melegakan, namun memberikan kesan mewah dan bergaya modern yang memanjakan mata. Sekali lagi Toyota memberikan list krom di sepanjang Cockpit dashboard yang jelas menambah kesan mahal mobil ini. Material dashboard dibuat dengan bahan yang berkualitas. Banyak bagian terbuat dari material yang empuk dan nyaman.

Penataan dashboard ini sangat memperhitungkan unsur ergonomisnya. Hal ini tentu saja memiliki maksud agar pengemudi mudah menjangkau segala fitur dan fungsi selama berkendara.

Review Toyota Camry 2019 : Setir

Foto bagian setir Toyota Camry 2019

Setir All New Camry dengan tiga palang

Pada bagian kemudi, model tiga palang dengan balutan kulit memberikan kenyamanan pengemudi. Berbagai tombol multi fungsi juga ditanamkan pada setir beraksen hitam-silver ini. Yang menarik adalah kemampuan paddle shift yang memungkinkan perpindahan transmisi melalui setir seperti pada mobil formula.

Review Toyota Camry 2019 : Bagasi

Foto seorang sedang taruh barang di bagian bagasi mobil Toyota Camry 2019

Bagasi All New Camry cukup untuk membawa barang bawaan yang dibutuhkan

Toyota Camry 2019 dibekali bagasi berkapasitas 524 liter. Meskipun tidak sebesar dan seluas pesaingnya, bagasi Camry 2019 lebih dari cukup untuk menyimpan barang-barang bawaan seperti tas kerja, koper, hingga belanjaan. Material besi yang menata bagian ini terbungkus rapi oleh material plastik. Bagian penyimpanan ban cadangan juga dilengkapi pembungkus yang menjamin kebersihan bagasi.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA CAMRY 2019

Toyota menyematkan beragam fitur terbaru yang lengkap pada mobil ini. Fitur-fitur ini ditanam untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan pengemudi dan pengendara selama perjalanan.

Review Toyota Camry 2019 : Fitur Keselamatan

Foto airbag pada Toyota Camry 2019

All New Camry dilengkapi fitur keselamatan maksimal

Hampir semua fitur keselamatan standar diterapkan pada Toyota Camry 2019 seperti Airbag di berbagai sisi, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Sistem kestabilan seperti Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC), serta fitur keselamatan yang lain seperti Emergency Stop Signal, Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert dan Hill-Start Assist Control (HSA).

Toyota Camry 2019 telah dibekali fitur keamanan dengan teknologi terkini seperti sensor pencatat adanya potensi kecelakaan (Pre-Collision System), menjaga lajur berkendara di marka jalan (Lane Keeping Assist), melajukan kendaraan tanpa harus menginjak pedal gas (Dynamic Radar Cruise Control) serta mengaktifkan High Beams secara otomatis sesuai kondisi jalan (Automatic High Beams).

Review Toyota Camry 2019 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Gambar bagian head unit Toyota Camry 2019

Fitur hiburan dioperasikan dan divisualkan melalui head unit layar sentuh 8 inchi

Untuk menunjang kenyamanan dan hiburan baik pengemudi dan penumpangnya, Toyota menempelkan panel 8 inchi touch screen pada head unit nya yang bisa dioperasikan dari jok depan. Di segi Audio, 9 speaker JBL tertanam di seluruh kabin menjamin kualitas audio yang jernih dan menawan. Fitur lain yang ditanamkan adalah wireless charging yang memungkinkan pengisian daya smartphone pada saat berkendara. Fitur Multi Information Display seluas 4,2 inci juga ditanam pada Cockpit untuk memberikan informasi lengkap tentang kondisi kendaraan. 

>>> Tips Memasang Stiker Mobil Di Rumah Tanpa Ke Bengkel

5. OPERASI TOYOTA CAMRY 2019

Foto bagian mesin mobil Toyota Camry 2019

Ada mesin Hybrid untuk konsumen yang menghendaki efesiensi bahan bakar

Inovasi teknologi tidak hanya bisa ditemukan pada fitur dan tampilannya saja. Toyota memberikan pengembangan terbaru pada sektor tenaga mesin untuk Sang Mahkota. Hal ini sangat kentara pada penggunaan mesin Hybridnya. Teknologi mesin Hybrid generasi keempat Toyota diklaim 12% lebih efisien dibanding model lama.

Toyota Camry 2019 dipersenjatai oleh mesin 2AR-FE  4 silinder 2.494 cc yang mampu menghasilkan tenaga 283 PS pada 6000 rpm dan  torsi 234 Nm pada 4.100 rpm. Untuk jenis Hybrid, Toyota menanamkan mesin A25A-FXS 2.487 cc dengan tenaga maksimal 178 ps pada 5.700 rpm dan torsi 220,6 Nm pada 3.600-5.200 rpm. Selain itu juga tenaga tambahan dari  electric motor sebesar 202 Nm yang membuat mesin ini disebut paling efisien saat ini.

>>> Review New Honda City 2018 : Escalate The Game

6. SPESIFIKASI TOYOTA CAMRY 2019

SPESIFIKASI TOYOTA CAMRY 2019

Model

2.5 HV (Hybrid)

2.5 V

2.5 G

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4.885 x 1.840 mm x 1.445 mm

Jarak Poros Roda

2.825 mm

Jarak Pijak Terendah

140 mm

Mesin

Tipe Mesin

A25A-FXS

2 AR-FE

2 AR-FE

Kapasitas Silinder

2.487 cc

2,494 cc

2,494 cc

Daya Maksimum

176,5 Hp / 5.700 Rpm (Mesin Utama)

181,5 Hp / 6.000 Rpm

181,5 Hp / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

220,7 Nm / 3.600 Rpm – 5.200 Rpm (Mesin Utama)

202,1 Nm (Motor Listrik)

234,4 Nm / 4.100 Rpm

234,4 Nm / 4.100 Rpm

Sistem Transmisi

E-CVT

6 Tingkat Percepatan Otomatis - Sekuensial

6 Tingkat Percepatan Otomatis - Sekuensial

KAKI-KAKI

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Double Wishbone

Rem Depan

Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Solid Disc Brake

Ukuran Ban

235 / 45 R18

215 / 55 R17

215 / 55 R17

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA CAMRY 2019

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Punya seabrek keunggulan fitur modern dan terkini yang menunjang kenyamanan dan keamanan baik pengendara maupun penumpang.

Kapasitas bagasi Camry 2019 harus dipersempit untuk mengoptimalkan tampilan dan fitur yang ditanam.

Dari segi penampilan, Toyota Camry 2019 memberikan kesan yang segar dan mewah untuk mobil di kelasnya.

Harga mobil ini masih cukup tinggi dibanding generasi sebelumnya

Sederet fitur keselamatan dan kestabilan yang lengkap tentu menjamin kenyamanan pada saat berkendara.

Panel Head Unit belum didukung fitur Apple CarPlay dan Android Auto

Kehadiran varian Hybrid juga menambah pilihan calon pemilik akan kebutuhan mobil yang hemat dan efisien akan bahan bakar.

Belum dilengkapi Toyota Safety Sanse

Penggunaan sistem audio dari JBL serta moonroof memberikan kesan mobil mewah yang lengkap untuk menunjang kenyamanan penggunanya.

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA CAMRY 2019

TIPE

HARGA

All New Toyota Camry 2019 2.5 G

Rp 613.350.000

All New Toyota Camry 2019 2.5 V

Rp 646.650.000

All New Toyota Camry 2019 2.5 HV

Rp 806.000.000

9. VIDEO TOYOTA CAMRY 2019

10. KESIMPULAN TOYOTA CAMRY 2019

Foto seorang model bersama Toyota Camry 2019

All New Camry hanya untuk konsumen yang ingin naik kelas

Toyota Camry 2019 menjadi pilihan yang tepat untuk mengakomodasi kebutuhan berkendara harian. Fitur lengkap yang tertanam pada mobil ini tidak hanya membuat kesan modern dan mewah saja, namun juga menunjang kenyamanan pengendara serta penumpangnya. Beragam kemewahan yang dihadirkan membuat Camry 2019 terasa sebagai mobil premium. Belum lagi desainnya yang agresif dan sporty tentu sangat bergaya saat melaju di jalanan. Sang Mahkota seri terbaru ini sangat cocok bagi yang menginginkan tunggangan berkelas dengan penerapan teknologi modern yang irit bahan bakar.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer