Review Toyota Alphard 2008: Mobil MPV Nyaman Dengan Fitur Mumpuni

19/02/2019 Abdul Review Toyota

Toyota Alphard merupakan salah satu mobil yang masuk dalam segmen MPV. Dengan desain dan fitur yang dimiliki, mobil ini tergolong dalam kategori MPV mewah. Di tahun 2008 dari pihak Toyota meluncurkan Toyota Alphard 2008 yang sudah diberikan sedikit facelift sehingga tampilannya lebih dinamis apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Untuk kejelasannya mari kita simak review Toyota Alphard 2008.

1. PENGANTAR TOYOTA ALPHARD 2008

Review Toyota Alphard 2008 - Alphard keluaran tahun 2008 merupakan mobil MPV generasi kedua yang berpegang pada konsep luxury MPV. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya tampilannya lebih baik baik dari segi eksterior maupun interior. Adapun salah satu perubahan yang dilakukan adalah di bagian mesin yang sudah berbeda dengan versi sebelumnya. Selain pada bagian mesin, bagian lainnya yang berubah dapat dilihat pada bentuknya. Untuk generasi keduanya ini telah mempunyai bentuk lebih sporty dan juga dinamis. Kesan mewah juga terasa lebih kental dan tidak mengecewakan.

2. EKSTERIOR TOYOTA ALPHARD 2008

Toyota Alphard generasi pertama memang mempunyai tampilan kaku dengan bentuk yang kotak. Sedangkan pada generasi keduanya ini telah dibuat lebih sporty dengan tampilan yang segar. Beberapa lekukan pada bodi juga diberikan untuk menambah tampilannya menjadi lebih menarik.

Review Toyota Alphard 2008: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan Toyota Alphard 2008 tampak bagian depan

Headlamp dan grill yang besar membuat Alphard tampil gagah

Pada bagian depan Toyota Alphard 2008 mengandalkan grill yang ukurannya dibuat besar berpadu dengan penggunaan headlamp besar juga. Desain tersebut merupakan andalan dari mobil MPV mewah besutan Toyota tersebut. Akan tetapi dari segi bentuk terlihat begitu dinamis, dengan hal tersebut tentunya mobil ini telah mengalami peningkatan.

Review Toyota Alphard 2008: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Alphard 2008 tampak bagian samping

Perbedaan dari arah samping Alphard 2008 dengan generasi sebelumnya adalah lekukan bagian bodi bawah

Kalau dilihat dari bagian samping memang tidak terlalu banyak perbedaannya dibandingkan generasi pertamanya. Bahkan kesannya masih kental dan terdapat sedikit perubahan yakni pada lekukan yang diberikan di bagian bodi bawah mobil yang menjadikannya lebih berisi.

Review Toyota Alphard 2008: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Alphard 2008

Bagian belakang Toyota Alphard semakin menarik dengan desain lampu yang digunakan

Pada bagian belakang Toyota Alphard 2008 mempunyai rear lamp yang didesain lebih berseni. Mengingat pada generasi pertamanya mengandalkan lampu yang diberikan krom dengan ukuran cukup besar. Sementara untuk generasi kedua ini tampilan lampunya tidak terlalu memakan tempat pada bagian panel pintu.

>>> Lihat Juga, Review Toyota Alphard Hybrid 2017, Harga Dan Spesifikasi Lengkap

3. INTERIOR TOYOTA ALPHARD 2008

Toyota Alphard 2008 mempunyai kabin yang cukup luas dipadukan dengan bahan material yang berkualitas. Kesan kemewahan juga terpancar di dalamnya, mengingat mobil ini ditujukan kepada konsumen kalangan menengah ke atas.

Review Toyota Alphard 2008: Bagian Dashboard Dan Setir

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi mobil Toyota Alphard 2008

Kemewahan terpancar pada bagian dashboard mobil

Di bagian dashboard Toyota Alphard 2008 tidak terlalu ada perbedaan dengan generasi pertamanya. Bagian ini tetap memancarkan aura kemewahan dengan mengandalkan warna dual tone. Selain itu di bagian konsol tengah terdapat perpaduan dari wood panel. Terdapat beberapa tombol yang memudahkan pengendara dalam mengatur beberapa fitur di dalam mobil. Sedangkan untuk bagian kemudi menggunakan bahan kulit yang dipadukan dengan wood panel. Soal bentuk hampir sama dengan Alphard generasi pertama.

 Review Toyota Alphard 2008: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Toyota Alphard 2008 terlihat dari arah samping

Kursi Toyota Alphard 2008 sangat nyaman dengan bahan berkualitas

Selanjutnya untuk bagian kursi dihadirkan dengan kursi elektrik yang sangat nyaman. Selain itu untuk ruang kaki dan kepala terbilang cukup lega. Ditambah lagi untuk varian tertinggi mengandalkan jok mobil dengan bahan material kulit, sedangkan varian V dan G mengandalkan bahan material fabric.

Review Toyota Alphard 2008: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Toyota Alphard 2008 dan terlihat jok mobil dari belakang

Bagasi toyota Alphard 2008 cukup luas sama dengan generasi pertama

Pada bagasi Toyota Alphard 2018 yang merupakan generasi kedua ini terbilang cukup luas. Ruang bagasinya memang masih sama dengan generasi pertama, tidak banyak perbedaan yang berarti antara keduanya.

4. FITUR TOYOTA ALPHARD 2008

Review Toyota Alphard 2008: Fitur Keselamatan

Setiap orang menginginkan mobil yang nyaman untuk dikendarai, baik dalam perjalanan dekat ataupun jauh. Beragam fitur diberikan seperti pada generasi sebelumnya, seperti pada bagian airbag yang diberikan pada penumpang depan dan juga belakangnya  dengan 3 point seatbelt. Fitur tersebut dapat diatur kenyamanannya sehingga penumpang lebih betah berada di dalam Toyota Alphard 2008. Sedangkan untuk sistem pengereman telah diberikan teknologi ABS dan juga EBD. Tidak lupa pula fitur Traction Control dan Stability Control yang dapat meningkatkan keamanan selama berkendara baik dalam kondisi jalanan licin ataupun saat melewati tikungan tajam.

Gambar ini menunjukkan fitur pada dashboard Toyota Alphard 2008

Fitur yang dimiliki menggunakan teknologi yang canggih

Review Toyota Alphard 2008: Fitur Hiburan

Untuk mendukung kenyamanan dan membuat suasana di dalam mobil tetap menyenangkan, dari pihak Toyota memberikan sistem pemutar musik dengan Radio, Aux, CD/DVD, USB dan Ipod. Dengan pilihan tersebut tentunya akan memberikan rasa nyaman selama berkendara. Fitur hiburan lain juga masih sama dengan generasi pertamanya.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Review Mobil Toyota Lainnya Di Hargamobil.com

5. OPERASI TOYOTA ALPHARD 2008

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Alphard 2008

Terdapat 2 pilihan mesin pada Toyota Alphard 2008

Untuk soal performa, Toyota Alphard 2008 mempunyai 2 pilihan mesin yakni 2400 cc 2AZ-FE dan 3500 cc 2GR-FE. Pada varian 2.400 cc berpadu dengan 4 silinder yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 280 Ps dengan torsi maksimal mencapai 235 Nm. Sistem transmisi yang digunakan adalah otomatis Super CVT-I. Sedangkan pada tipe mesin V6 3.500 cc dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 280 Ps dan torsi puncak yang dapat dicapai adalah 330 Nm. Sedangkan sistem transmisinya menggunakan Super ECT 6-speed.

6. SPESIFIKASI TOYOTA ALPHARD 2008

DIMENSI

Panjang

4915 mm

Lebar

1.850 mm

Tinggi

1895 mm

Jarak Pijak Depan/belakang

1575/1570 mm

Tangki bahan bakar

75 L

MESIN

Jenis Mesin

2GR-FE & 2AR-FE

Isi Silinder

3,456 cc & 2,494 cc

Bahan Bakar

Pertamax

Kompresi

Diameter Langkah

94.0 x 83.0 mm & 90.0 x 98.0 mm

Konsumsi bahan bakar

9-12 km/L(lurkot) & 5-7 km/L (dallkot)

Transmisi

6 Speed A/T Sequential

Torsi Maksimum

330 Nm / 4,700 rpm & 235 Nm /4,100 rpm

Daya Maksimum

280 PS /6,200 rpm & 170 PS /6,000 rpm

KAKI-KAKI

Suspensi Belakang

Double Wishbone with Torsion Bar

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Torsion Bar

Sistem Rem Belakang

Ventilated Disc

Sistem Rem Depan

Ventilated Disc

Ukuran BFan/Velg

235/50/R18

>>> Baca Juga, Review Toyota Alphard 2018, Si Bongsor Mewah Dengan Pilihan Mesin Terbaru

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA ALPHARD 2008

Kendaraan mempunyai kelebihan serta kekurangannya sendiri-sendiri. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Alphard 2008 sebagai pertimbangan saat ingin membelinya.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain yang dimiliki lebih dinamis dibandingkan seri pertama

Tidak terlalu banyak perubahan dalam hal interior

Performa mesin Alphard sudah mumpuni

Biaya perawatan yang terbilang cukup mahal

Teknologi yang disematkan sudah lebih baik

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA ALPHARD 2008

Berbicara soal harga, tentunya banyak yang penasaran. Mengingat untuk generasi kedua ini sidah banyak dalam kondisi bekas. Untuk harga bekas dari Toyota Alphard 2008 berkisar antara Rp. 235 juta sampai Rp. 350 Jutaan  tergantung kondisi dan juga wilayah tempat sobat berada.

9. VIDEO TOYOTA ALPHARD 2008

10. KESIMPULAN TOYOTA ALPHARD 2008

Untuk Toyota Alphard 2008 yang merupakan generasi kedua ini dihadirkan lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya di bagian eksteriornya. Pada sebelumnya desain yang dimiliki mempunyai kesan boxy, namun pada generasi keduanya telah berkurang. Akan tetapi di bagian interior tidak terdapat perubahan yang cukup berarti baik untuk fitur kenyamanan maupun keamanan.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer