Review Toyota 86 2018: Tampil Dengan Gaya Modern Tanpa Kehilangan Nuansa Vintage

01/12/2018 Fatchur Sag Review Toyota

Toyota 86 2018 merupakan produk facelift terbaru dari salah satu mobil sport buatan produsen mobil asal Jepang, Toyota. Penyegaran yang dilakukan pada produk mobil Toyota 86 disebut – sebut menghasilkan tampilan yang makin sporty dengan kesan mobil sport yang agresif. Selain terlihat dari aspek penampilan; penyegaran yang dilakukan oleh Toyota juga dikabarkan menghasilkan performa dan kenyamanan berkendara yang makin baik.

1. PENGANTAR TOYOTA 86 2018

Foto Toyota 86 tampak dari depan

Toyota 86, mobil sport Jepang rasa Eropa

Toyota 86 merupakan produk mobil sport yang merupakan hasil kerja sama Toyota dengan Subaru. Mobil bertipe sedan kompak ini juga memiliki beberapa nama lain. Pasar Eropa mengenal mobil ini dengan nama Toyota GT-86; sedangkan pasar Amerika mengenalnya dengan nama Scion FR-S. Sementara versi Subaru dipasarkan dengan nama Subaru BRZ. Generasi pertama mobil ini memiliki mesin 2.0 liter Boxer dengan penggerak roda belakang. Desain tersebut dibuat mengacu pada Corolla Levin dan Sprinter Trueno AE86 yang populer dengan sebutan Hachikoru di Jepang.

Mobil ini muncul sebagai mobil konsep pada tahun 2009 pada acara Tokyo Motor Show dengan nama Toyota FT-86. Kemudian pada dua tahun berikutnya mobil konsep ini kembali muncul di Tokyo Auto Salon 2010 dengan nama Toyota FT-86 G Sports dan pada Geneva Auto Show dengan nama Toyota FT-86 II. Mobil ini akhirnya diluncurkan oleh Toyota pada tahun 2012 dengan nama Toyota 86. Mobil ini telah mengalami beberapa kali penyegaran atau facelift. Penggantian beberapa komponen dan desain yang lebih aerodinamis memang menjadi nilai lebih dari versi terbaru Toyota 86 yang diluncurkan tahun 2018 ini.

2. EKSTERIOR TOYOTA 86 2018

Foto Toyota 86 2018 berwarna orange tampak dari belakang

Tampilan sporty benar-benar terasa dilihat dari belakang

Perubahan pada sisi eksterior bisa dikenali dengan mudah berkat desain aerodinamika yang baru. Selain itu juga terdapat desain komponen baru seperti bagian bumper dan grille pada sisi depan serta spoiler, bumper dan fender pada sisi belakang. Perubahan dari sisi luar Toyota 86 juga bisa dikenali dengan mudah pada bagian roda berkat penggunaan velg baru berbahan aluminium dengan ukuran 17 inci yang dipadukan dengan ban berukuran 215/47 R17. Penggunaan velg baru ini memang disesuaikan dengan tampilan baru yang makin sporty dan modern.

Perubahan cukup besar lain yang bisa diamati dengan mudah terletak pada sisi depan. Toyota 86 2018 memiliki desain lampu depan utama baru. Selain bentuk lampu yang baru; bagian ini juga memiliki kelengkapan teknologi baru berupa sistem Daytime Running Light ( DRL ) yang memberi solusi hemat energi untuk tetap menyalakan lampu pada siang hari. Desain baru juga terdapat pada lampu kabut yang kini dilengkapi lingkaran pelindung. Lampu baru juga menggunakan tipe LED dan bi-xenon untuk iluminasi yang lebih terang tetapi hemat energi. Perubahan tersebut membuat Toyota 86 2018 terkesan makin sporty dan benar – benar memiliki kesan mobil yang modern.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA 86 2018

Foto Jok Toyota 86 warna hitam

Interior Toyota 86 dengan penampilan istimewa

Sebagai sedan coupe dengan dua pintu yang didesain untuk penumpang dengan dua baris tempat duduk; Toyota 86 masih mampu memberikan ruang interior yang nyaman dan lega pada baris pertama. Mengingat mobil ini memang tidak dirancang untuk mengangkut banyak penumpang; maka ruang di baris bangku kedua akan terasa sempit dan kurang nyaman. Baris kedua bangku sepertinya memang lebih cocok digunakan untuk meletakkan barang saja.

Kursi penumpang menggunakan bahan suede sintetis yang terkesan cukup mewah. Desain kursi penumpang yang digunakan terbilang memiliki tampilan modern. Tidak hanya itu; kelebihan interior mobil ini juga terletak pada desain bangku penumpang yang sangat ergonomis. Aspek kenyamanan tinggi saat digunakan membuat desain bangku baris terdepan menjadi istimewa; bahkan ketika pengemudi atau penumpang terikat sabuk pengaman dan menikung dalam kecepatan tinggi.

Desain dashboard yang dimiliki Toyota 86 terlihat modern dengan desain berkesan minimalis. Desain kompartemen yang dimiliki juga mengutamakan aspek fungsional yang tinggi. Sistem audio yang dimiliki juga memiliki tampilan antar muka modern berkat layar sentuh dan kelengkapan sistem input yang mendukung integrasi dengan USB, AUX –in dan juga radio satelit. Sementara itu ruang bagasi yang dimiliki mobil ini memiliki kapasitas sebesar 243 liter.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA 86 2018

Foto Dashboard Toyota 86

Panel Control Toyota 86 mudah dijangkau pengemudi

Sebagai sebuah mobil sport; Toyota 86 dilengkapi fitur keamanan layaknya sebuah mobil sport modern, seperti Side Airbag-Front, Child Safety Locks, Driver Airbag, Anti-Lock Braking System, Brake Assist, EBD dan Vehicle Stability Control System.

Toyota 86 tetap memiliki kelengkapan fitur keamanan berupa 6 airbags yang memberi perlindungan bagi penumpang ditambah dengan perlindungan pada bagian pintu yang ada di samping kabin.

Fitur kemudahan bagi pengemudi yang melengkapi mobil ini juga terbilang cukup lengkap. Toyota 86 sudah dilengkapi dengan power steering elektrik, sistem stabilitas Vehicle Stability Control Logic dan kontrol traksi untuk kemudahan kontrol pengemudi dan keamanan. Sedangkan fitur kamera untuk pandangan belakang yang melengkapi mobil ini juga bisa memudahkan pengemudi sekaligus menjadi bagian dari fitur keamanan.

Foto tampilan baru instrumen digital Toyota 86

Tampilan baru digital instrumen Toyota 86 makin keren

Sementara itu fitur hiburan pada mobil ini melekat pada layar 7 inci yang berperan sebagai layar informasi dan hiburan. Selain sebagai layar kontrol pusat; layar 7 inci tersebut juga dapat digunakan sebagai fitur hiburan. Konektivitas bluetooth juga menjadi fitur pendukung bagi kenyamanan dan kemudahan penumpang di dalam kabin. Sedangkan fitur hiburan berupa perangkat audio yang dimiliki mobil ini terbilang standar untuk sebuah mobil kelas sport.

>>> Beli Mobil Seken Tetap Keren, Ini Harga Toyota Harrier Yang Lebih Murah Dari MPV Baru

5. OPERASI TOYOTA 86 2018

Foto Mesin Toyota 86

Toyota 86 dibekali mesin 1998 cc bertenaga 197 hp

Terdapat 3 varian Toyota 86 di pasar otomotif tanah air, yaitu:

  • Varian M/T atau transmisi manual. Menggunakan mesin 1998 cc bertenaga 197 hp dengan 4 bangku penumpang dan sistem penggerak roda belakang.
  • Varian A/T atau transmisi otomatis. Menggunakan mesin 1998 cc bertenaga 197 hp dengan 4 bangku penumpang dan sistem penggerak roda belakang.
  • Varian TRD A/T. Menggunakan mesin 1998 cc bertenaga 197 hp dengan 4 bangku penumpang dan sistem penggerak roda belakang.

>>> Bangganya Presiden Jokowi Ekspor Toyota Indonesia Tembus 1 Juta Unit

6. SPESIFIKASI TOYOTA 86 2018

 

Dimensions & Capacity

Seating Capacity

4 Seats

Length

4.240 mm

Width

1.775 mm

Height

1.320 mm

Wheel Base

2.570 mm

Performance

Engine Type

Boxer 4 Cylinder DOHC

Engine Displacement

1.998 cc

Power

197 hp

Torque

205 Nm

Fuel Type

Petrol

Transmission

Gear Box

6-Speed

Transmission Type

Manual

Steering

Steering Type

Power

Steering Column

Tilt & Telescopic

Steering Gear Type

Rack & Pinion

Adjustable Steering Column

Yes

Wheel & Tyre

Alloy Wheel Size

17 Inch

Tyre Size

215/45 R17

Tyre Type

Radial

Wheel Size

R17

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA 86 2018

Kelebihan Toyota 86 2018 

  • Memiliki tampilan mobil sport yang ikonik berkat desain yang sangat sporty.
  • Desain rangka dengan titik berat yang rendah menghasilkan mobil sport yang stabil dan sangat nyaman dikendarai.
  • Memiliki performa kontrol kemudi yang sangat baik berkat dan responsif.
  • Memiliki sistem transmisi dengan performa sangat baik untuk jenis transmisi manual dan otomatis.
  • Memiliki kelengkapan panel kontrol layar sentuh 7 inci untuk semua jenis varian.
  • Memiliki desain utilitas interior yang sangat fungsional.
  • Harga yang tidak terlalu mahal.

Foto airbag Toyota 86

Toyota 86 dilengkapi sistem keselamatan Airbags di semua sisi

Kekurangan Toyota 86 2018 

  • Memiliki performa mesin yang biasa saja untuk kelas mobil sport.
  • Masih kurang dalam hal fitur keamanan untuk mobil sport kelas tinggi.
  • Efisiensi bahan bakar yang ada di tingkatan rata – rata saja.
  • Baris bangku kedua yang sempit yang kurang nyaman sehingga minim nilai fungsional.

8. HARGA TOYOTA 86 2018

Harga yang terbilang terjangkau untuk sebuah produk mobil sport merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan Toyota pada produk mobil ini. Ketiga varian yang beredar di Indonesia tersebut masing – masing memiliki banderol harga :

  • Varian M/T transmisi manual – Rp 719,85 juta.
  • Varian A/T transmisi otomatis – Rp 726,65 juta.
  • Varian TRD A/T transmisi otomatis – Rp 761,45 juta.

Mengingat harga tersebut; Toyota 86 2018 masih terbilang sebagai mobil sport yang terjangkau mengingat target pasar mobil ini adalah kalangan atas yang butuh kendaraan dengan citra lebih.

>>> Klik sini untuk simak harga mobil Toyota lainnya

9. VIDEO TOYOTA 86 2018

10. KESIMPULAN TOYOTA 86 2018

Toyota 86 2018 merupakan mobil sport entry level yang bisa menjadi pilihan bagi konsumen dengan dana yang tidak berlebih. Harga yang berada di bawah kisaran Rp 1 miliar membuat Toyota 86 2018  terbilang sebagai produk mobil sport dengan harga yang terjangkau mengingat jenis mobil ini tetap membidik pangsa pasar kelas atas.

Tampilan yang tidak meninggalkan garis desain originalnya membuat mobil modern ini masih memiliki kesan sebagai mobil sport vintage. Generasi terbaru Toyota 86 ini memiliki perpaduan tampilan luar modern dan interior yang tidak kalah modern. Aspek kenyamanan penumpang yang dimiliki Toyota 86 2018 terbilang baik meski ada ketimpangan pada barisan bangku pertama dan kedua.

Mobil ini lebih cocok digunakan untuk dua penumpang meski terdapat dua baris bangku. Secara umum Toyota 86 2018 memiliki performa yang baik dengan kelebihan pada stabilitas kontrol yang dimiliki. Tampilan yang sangat menarik dengan harga terjangkau membuat Toyota 86 menjadi mobil sport entry level yang ideal bagi siapapun yang mulai tertarik dengan mobil sport.

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer