Review Suzuki Vitara 2019

30/11/2018 Franky Pratama Review Suzuki

Ingatkah Anda dengan Suzuki Vitara? Ya, mobil Compact Sport Utility Vehicle (SUV) yang sudah memulai karirnya sejak 1988. Mobil dengan sebutan lain, Suzuki Escudo, berdiri untuk mengisi Line-Up di atas Suzuki Jimny. Menariknya, di tahun mendatang, Suzuki Vitara akan kembali dengan berbagai ubahan. Inilah dia review Suzuki Vitara 2019.

1. PENGANTAR SUZUKI VITARA 2019

Review Suzuki Vitara 2019 - Dikarenakan pasarnya yang cukup luas, Suzuki Vitara memiliki nama berbeda-beda di banyak negara. Generasi pertama di tahun 1988 misalnya, umumnya disebut Suzuki Sidekick di Amerika Serikat. Menariknya, model satu ini sudah dirilis di Tanah Air sejak tahun 1994 dengan model 5 pintu serta mode penggerak 2-Wheel Drive (2WD).

Generasi pertama Suzuki Vitara seringkali disebut Side Kick di Amerika

Generasi pertama Suzuki Vitara hadir di Indonesia pada tahun 1994

Adapun generasi keduanya yang dirilis tahun 1998 memiliki sebutan Suzuki Grand Vitara. Padahal, di negara asalnya mobil Compact SUV ini disebut Grand Escudo. Kala itu, penjualannya kian meningkat khususnya di pasar Kanada.

​Generasi kedua Suzuki Vitara dirilis di tahun 1998

Generasi kedua Suzuki Vitara seringkali dikenal Escudo

Generasi ketiganya diluncurkan di Indonesia pada tahun 2006 yang memboyong mesin 2.0 Liter. Selama prosesnya, terdapat beberapa kali penyegaran untuk Vitara yang terakhir dilakukan pada tahun 2014 silam dengan mesin 2.4 Liter.

Generasi ketiga Suzuki Vitara mengalami ubahan berkali-kali hingga kini

Di Indonesia, generasi ketiga Suzuki Vitara masih dipasarkan dengan mesin 2.4 Liter

Hingga kini, Suzuki Vitara sejatinya sudah menghadirkan generasi keempatnya. Namun sayangnya, untuk pasar Indonesia model satu ini tak kunjung dihadirkan. Padahal jika melihat di pasar Jepang, generasi keempatnya sudah dijual sejak tahun 2015 lalu. Menariknya lagi, Suzuki Global baru saja memberikan penyegaran yang dipamerkan di Paris Motor Show 2018 sebagai selebrasi 30 tahun kehadiran Vitara. Seperti apa sosoknya? Simak jawabannya dalam review Suzuki Vitara 2019.

Generasi keempat Suzuki Vitara 2019 diberikan berbagai pembaruan menarik

Inilah sosok generasi keempat Suzuki Vitara yang baru saja diberikan pembaruan di acara Paris Motor Show 2018

2. EKSTERIOR SUZUKI VITARA 2019

Terdapat banyak sentuhan baru pada eksterior Suzuki Vitara 2019. Selain menampilkan esensi lebih segar, ciri khas-nya dari masa ke masa masih dipertahankan. Ya, terbukti kami masih bisa menganggapnya sebagai Vitara ketika memandangnya pertama kali.

Review Suzuki Vitara 2019: Eksterior Depan

Desain Front Grille baru terlihat makin mengesankan. Hal tersebut bisa diamati pada beberapa palang sejajar yang mirip mimik gigi dan dihias apik dengan logo kebanggaan Suzuki di bagian tengahnya. Polesan aksen krom juga memperkuat kesan mewah dan elegan yang menyatukan dua buah lampu LED Projector-nya.

Eksterior depan Suzuki Vitara 2019 menghadirkan dua buah lampu LED Projector pada varian tertingginya

Eksterior depan Suzuki Vitara 2019 dibekali pembaruan pada sisi Grille yang menerapkan desain lebih agresif

Bemper depannya juga tertata apik dengan bentuk Trapezoid dan dibalut aksen krom yang diteruskan hingga ke sisi Fog Lamps. Jujur, perubahan semacam ini memberikan esensi lebih mewah bagi karakter Vitara.

Review Suzuki Vitara 2019: Eksterior Samping

Merambah sisi sampingnya, terlihat jelas Suzuki menerapkan Two-Tone Colours yang lagi tren digunakan di banyak model SUV Crossover masa kini. Dalam hal ini, Suzuki Vitara 2019 menggabungkan warna dasar bodi (Pilihan warna Solar Yellow Pearl atau Ice Greyish Blue) dengan warna Cosmic Black pada atapnya.

Eksterior samping Suzuki Vitara 2019 menggunakan Two-Tone Colours serta ban berukuran 17 inci

Eksterior samping Suzuki Vitara 2019 kini menerapkan Two-Tone Colours yang sedang tren pada mobil SUV masa kini

Review Suzuki Vitara 2019: Eksterior Belakang

Selain menawarkan desain ikonik, lampu belakangnya sudah mendukung konfigurasi  Distinctive LED. Perubahan ini juga memberi fungsi pencahayaan lebih mumpuni dan mudah dikenali oleh pengendara lainnya.

Eksterior belakang Suzuki Vitara 2019 dibekali fitur Rear Spoiler serta lampu Distinctive LED

Eksterior belakang Suzuki Vitara 2019 menghadirkan lampu Distinctive LED

>>> Artikel terkait:

3. INTERIOR SUZUKI VITARA 2019

Atmosfer interior Suzuki Vitara 2019 dikemas dengan desain lebih mewah dan terpenting adalah esensi lebih nyaman. Ya, kapabilitasnya sebagai Compact SUV menuntut untuk menghadirkan kabin interior yang nyaman untuk seluruh penumpang.

Review Suzuki Vitara 2019: Dashboard

Dashboard-nya kini dibalut dengan bahan lembut sehingga memberi kesan lebih Premium. Dibanding model sebelumnya, pembaruan ini lebih meningkatkan kualitas pada dashboard-nya. Meski terkesan sepele namun perubahan ini menunjang esensi kenyamanan ketika berlama-lama berada dalam kabinnya. Menariknya lagi, panel Central Information Display-nya dibekali desain lebih baru.

Dashboard Suzuki Vitara 2019 menyajikan berbagai fitur hiburan menarik serta dilengkapi bahan berkualitas

Dashboard Suzuki Vitara 2019 kini dirancang dengan bahan yang lebih lembut dan memberi kesan Premium

Review Suzuki Vitara 2019: Setir

Merambah ke kemudi setirnya, desainnya masih sama dengan pendahulunya. Menerapkan model tiga palang dihias apik dengan logo khas Suzuki pada sisi tengah dan tombol multifungsi di kedua sisinya. Tombol yang kami maksudkan adalah Adaptive Cruise Control, konektivitas serta pengaturan audio.

Setir Suzuki Vitara 2019 kini dilengkapi panel Multi Information Display (MID) berukuran 4,9 inci yang siap menyajikan informasi penting tentang mobil

Setir Suzuki Vitara 2019 diberikan pembaruan pada aspek panel informasi yang berukuran 4,9 inci

Sentuhan baru sudah didapati pada panel Advanced Multi Information Display (MID). Pasalnya, kini panel tersebut didesain dengan konsep unik serta memiliki ukuran 4,9 inci. Fungsinya juga terbilang menarik seperti menyajikan informasi tentang tingkat kecepatan, konsumsi bahan bakar, kecepatan rata-rata, akselerasi, operasi pengereman serta G-Force Tracking.

Review Suzuki Vitara 2019: Kursi

Sayangnya, untuk sekelas mobil mewah, kursi Suzuki Vitara hanya dibalut bahan kain berkualitas. Desainnya hanya ditunjang dari jahitan berwarna baik merah atau putih sesuai pilihan Anda. Meski begitu, mobil satu ini masih terasa nyaman untuk menampung lima orang sekaligus.

Kursi Suzuki Vitara 2019 mampu menampung hingga lima orang sekaligus dan dibekali bahan kain saja

Kursi Suzuki Vitara 2019 masih dibalut bahan kain dan belum menawarkan bahan kulit

>>> Baca juga:

4. FITUR SUZUKI VITARA 2019

Sejatinya hal paling banyak berubah terletak pada fitur Suzuki Vitara 2019. Sesuai janji Suzuki pada acara Paris Motor Show 2018, Vitara akan dibekali teknologi keselamatan yang lebih canggih sehingga mampu menawarkan sensasi berkendara lebih nyaman dan aman.

Review Suzuki Vitara 2019: Fitur Keselamatan

Untuk lebih menjamin keselamatan berkendara, Vitara hadirkan teknologi Dual Sensor Brake Support (DSBS). Teknologi satu ini memiliki fungsi menarik yakni mengaktifkan notifikasi audio serta visual ketika terdapat potensi kecelakaan. Bahkan, jika pengendara tak kunjung melakukan pengereman, sistem akan langsung mengaktifkan Emergency Brake sehingga kecelakaan bisa dihindari. Di sisi lain, terdapat juga fungsi keselamatan seperti menjaga lajur berkendara untuk tetap berada di marka jalan (Lane Departure Warning), memantau titik buta dari sisi pengendara (Blind Spot Monitor), sistem yang bisa membaca rambu jalan dan menampilkan ke monitor utama (Traffic Sign Recognition) serta mengetahui pola berkendara jika Anda kelelahan lalu mengaktifkan notifikasi audio (Vehicle Away Warning).

Fitur keselamatan Suzuki Vitara 2019 hadirkan teknologi Dual Sensor Brake Support, Lane Departure Warning, Blind Spot Monitor, Traffic Sign Recognition dan Vehicle Away Warning

Fitur keselamatan Suzuki Vitara 2019 menghadirkan berbagai teknologi terbaru

Review Suzuki Vitara 2019: Fitur Hiburan

Khusus pada varian tertingginya, Suzuki Vitara mengaplikasikan fitur Panoramic Sunroof. Selain memberi esensi Premium, fitur satu ini juga memberi kapabilitas bagi penumpang untuk menikmati pemandangan alam secara langsung dari atapnya. Adapun panel MID menggunakan desain unik berukuran 4,9 inci yang mampu menyajikan berbagai informasi lengkap seputar kondisi mobil. Sedangkan, fitur lainnya masih sama dengan pendahulunya seperti penyejuk dan panel Color Head Unit.

Fitur hiburan Suzuki Vitara 2019 sudah menghadirkan Panoramic Sunroof dan panel MID berukuran 4,9 inci

Selain menyuguhkan panel MID berukuran 4,9 inci, fitur hiburan Suzuki Vitara 2019 juga sudah dilengkapi Panoramic Sunroof

>>> Bingung memilih mobil? Coba lihat daftar harga lengkap mobil Suzuki di semua modelnya

5. OPERASI SUZUKI VITARA 2019

Pada mode Facelift terbarunya ini, operasi mesin Suzuki Vitara 2019 menawarkan dua pilihan meliputi 1.0 Liter 3 Silinder dan 1.4 Liter 4 Silinder Booster Jet. Pilihan mesin 1.0 Liter-nya sudah banyak diaplikasikan pada model Suzuki Baleno, S-Cross dan Swift. Dipadukan dengan teknologi pembakaran Direct Injection Turbocharged (DITC), mesin satu ini mampu menyemburkan daya hingga 111 PS dengan torsi puncak 170 Nm di kisaran 2.000 hingga 3.500 Rpm.

Operasi mesin Suzuki Vitara 2019 menerapkan teknologi Direct Injection Turbocharged (DITC)

Operasi mesin Suzuki Vitara 2019 menawarkan dua opsi yakni 1.0 Liter dan 1.4 Liter

Opsi mesin kedua adalah 1.4 Liter Booster Jet. Di atas kertas, daya yang mampu dihasilkan mampu menyentuh 140 PS dengan torsi maksimum di angka 220 Nm. Meski basisnya sama dengan mesin 1.0 Liter yang menggunakan konfigurasi DITC namun performa mesin 1.4 Liter-nya mampu menyentuh kecepatan 100 Km/Jam dalam tempo 9,5 detik.

Performa mesin 1.4 Liter Suzuki Vitara 2019 tampil sangat mumpuni dengan akselerasi 0-100 Km/Jam dalam tempo 9,5 detik

Performa mesin 1.4 Liter Suzuki Vitara 2019 mampu memberi akselerasi cukup mumpuni

>>> Simak ulasan menarik lainnya dari produk-produk Suzuki terbaru

6. SPESIFIKASI SUZUKI VITARA 2019

Supaya Anda semakin mengenalnya, berikut spesifikasi Suzuki Vitara 2019.

SPESIFIKASI SUZUKI VITARA 2019

Model

1.0 Liter

1.4 Liter Booster Jet

DIMENSI BODI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.175 mm x 1.775 mm x 1.610 mm

Wheelbase

2.500 mm

Radius Putar

10,4 m

Ground Clearance

185 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.0 Liter 3 Silinder Segaris

1.4 Liter 4 Silinder Segaris Booster Jet

Kapasitas Silinder

998 cc

1.373 cc

Daya Maksimum

111 PS

140 PS

Torsi Maksimum

170 Nm

220 Nm

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Discs

Sistem Kemudi

Rack & Pinion

Ukuran Ban

17 inci Alloy Wheels

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

DITC

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

47 Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI VITARA 2019

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan Suzuki Vitara 2019? Berikut Hargamobil.com memberikan opini lengkap.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior makin agresif dan sporty dengan penambahan fitur baru serta Two-Tone Colours

Tak ada perubahan apapun dari segi performa mesin dibanding model sebelumnya

Kini panel MID memiliki desain baru yang menampilkan informasi lengkap seputar kondisi kendaraan

Kursi masih menerapkan bahan kain dan tidak menyediakan opsi kulit

Fitur keselamatan tampil sangat lengkap

-

8. DAFTAR HARGA SUZUKI VITARA 2019

Dari data yang berhasil kami himpun, daftar harga Suzuki Vitara 2019 akan dibanderol cukup terjangkau dibanding kompetitor lainnya. Diprediksi mobil Compact SUV ini dipatok seharga ₤ 20.799 atau setara Rp. 381 jutaan saja. Meski begitu, apabila mobil ini hadir Indonesia maka dipastikan ada penambahan harga sesuai pertimbangan khusus dari Suzuki Indonesia.

9. VIDEO SUZUKI VITARA 2019

10. KESIMPULAN SUZUKI VITARA 2019

Meski generasi baru Suzuki Vitara tak kunjung datang di Indonesia, setidaknya informasi kali ini bisa menjadi referensi bahwa inilah sosok Vitara di masa mendatang. Beberapa ubahan menarik terus dilakukan untuk dapat meraih berbagai pasar internasional. Jika ditilik di beberapa tahun belakangan ini, nampak pasar SUV lagi menghangat. Kehadiran Suzuki Vitara bisa saja menjadi obat bagi para peminat SUV besutan Suzuki.

Desain Suzuki Vitara 2019 terlihat maskulin namun agresif

Apakah Anda tertarik untuk mencoba Suzuki Vitara 2019?

Apakah Suzuki Vitara 2019 Indonesia akan hadir? Kita tunggu saja kabar menarik dari PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer