Review Suzuki SX4 X-Over 2007

17/12/2018 Franky Pratama Review Suzuki

Di era milenial ini, mungkin banyak dari sebagian Anda lupa akan sosok Suzuki SX4 X-Over 2007. Bisa dikatakan, X-Over adalah mobil Hatchback Crossover pertama kali yang di Indonesia. Banyak hal menarik yang ditawarkan pada mobil ini. Seperti apa sosok dan keunggulannya? Mari kita simak review Suzuki SX4 X-Over 2007.

1. PENGANTAR SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Review Suzuki SX4 X-Over 2007 - Peluncuran perdananya dilakukan di Geneva Motor Show 2006 yang mengusung bodi Compact ala Hatchback namun dikemas sporty dengan gaya Crossover. Di tahun 2006, beberapa negara menjadi tujuan pemasaran X-Over meliputi India, Jepang, Manesar, Hungaria serta Esztergom.

Suzuki SX4 X-Over berangkat dari ketenarannya di ajang WRC 2008

Suzuki SX4 banyak dikenal karena keikutsertaannya di ajang World Rally Championship 2008

Di Indonesia sendiri, perilisannya dilakukan pada tahun 2007 dengan metode impor, Completely Built Up (CBU). Karena kala itu, desain seperti ini belum banyak ditemui pada model lainnya, X-Over seketika langsung menarik perhatian masyarakat Tanah Air. Melihat respon positif tersebut, akhirnya Suzuki merakitnya secara lokal yang disebut Completely Knock Down (CKD) setahun setelahnya.

Tampilan Suzuki SX4 S-Over 2007 memiliki desain yang ikonik di zamannya

Suzuki SX4 S-Over 2007 memiliki desain Hatchback dengan gaya agresif ala Crossover

Desain bodinya yang cukup unik dan memiliki keunggulan  menarik, menjadikan X-Over layak untuk Anda lirik. Apalagi jika Anda mencari sosok mobil bekas berharga terjangkau, rasanya tepat untuk membahasnya dalam review Suzuki SX4 X-Over 2007.

2. EKSTERIOR SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Racikan desain Giorgetto Giugiaro dari Italdesign Studio memang patut kami apresiasi. Perlu Anda ketahui, Italdesign memang sangat lihai dalam meracik desain dalam dunia otomotif hingga kini. Pada desain eksterior Suzuki SX4 X-Over 2007 misalnya, sosoknya tampak gagah dengan Ground Clearance tinggi dipadu siluet bodi yang stylish ala Hatchback.

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Eksterior Depan

Sentuhan ala Eropa memang sangat terasa dari sisi depannya. Menggunakan konsep minimalis dengan Grille tipis berlatar hitam yang dihias apik logo kebanggaan Suzuki di sisi tengahnya.

Eksterior depan Suzuki SX4 X-Over 2007 terlihat cukup gagah berkat Ground Clearance tinggi

Eksterior depan Suzuki SX4 X-Over 2007 dihias apik dengan lampu Halogen serta desain Grille minimalis

Untuk urusan pencahayaan, X-Over menghadirkan lampu Halogen berukuran besar yang ditunjang dengan lampu kabut di kedua ujung bempernya. Dengan ukuran yang besar, Anda tak perlu khawatir akan kualitas penerangannya di malam hari.

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Eksterior Samping

Alasan kami membahas versi CBU adalah kehadiran Roof Rail yang tak ditemui pada versi rakitan lokalnya di tahun 2008. Jujur saja, terdapat beberapa pemangkasan fitur pada versi lokalnya sehingga terkesan lebih menarik model impor-nya.

Eksterior samping Suzuki SX4 X-Over 2007 dihias apik dengan ban Bridgestone Turanza

Eksterior samping Suzuki SX4 X-Over 2007 menerapkan Roof Rail yang menjadi salah satu keunggulannya dalam mengangkut barang tambahan

Roof Rail yang disematkan pada atapnya mampu memberi tampilan lebih gagah serta dapat mengangkut barang berbobot hingga 25 Kg. Cukup praktis, bukan? Hal lain yang kami sukai adalah racikan Ground Clearance di angka 175 mm yang terlihat serasi dengan ban Bridgestone Turanza 204/60 R16. Selain memperkuat nuansa maskulin, racikan tersebut juga memberi kesan sporty pada bodi sampingnya.

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Eksterior Belakang

Merambah ke bodi belakangnya, tersaji lengkap sebuah tatanan lampu Rear Combination yang mengintegrasikan fungsi Stop Lamp dan lampu sein. Hal menarik lain, tersedia Rear Bumper Guard berkelir Silver yang juga memperkuat esensi maskulin pada bodi belakangnya. Sayangnya, kami tak menemui fitur Rear Spoiler pada atapnya. Seakan menjadi suatu hal yang hilang untuk dapat menyebutnya sempurna sebagai mobil Hatchback.

Eksterior belakang Suzuki SX4 X-Over 2007 sudah dilengkapi dengan lampu Halogen berukuran besar

Eksterior belakang Suzuki SX4 X-Over 2007 dipermanis dengan kehadiran Rear Bumper Guard berkelir Silver

>>> Baca juga:

3. INTERIOR SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Meski harganya terjangkau, jujur interior Suzuki SX4 X-Over 2007 tidak dikemas murahan melainkan dihias apik dengan nuansa elegan serta dilengkapi berbagai fitur menghibur.

Review Suzuki SX4 X-Over 2007:Dashboard

Untuk menambah kesan minimalis, dashboard-nya dibalut dengan kombinasi warna hitam dan Silver di beberapa sisinya. Kurang lebih, desainnya terlihat sederhana namun cukup nyaman mengingat fitur-fiturnya tersaji lengkap. Hal paling menarik dari versi impor-nya ini terletak pada panel Head Unit Integrated yang siap menyajikan hiburan atraktif seperti memutar musik lewat radio. Meski begitu, kami tidak dapat menemukan format USB pada audionya yang jelas menjadi satu kekurangan kecil pada interior-nya.

Dashboard Suzuki SX4 X-Over 2007 dihias dengan latar berwarna hitam yang terkesan sederhana

Dashboard Suzuki SX4 X-Over 2007 sudah menyajikan hiburan musik yang siap menemani perjalanan Anda

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Setir

Sekelas mobil keluaran lama, kemudi setir X-Over 2007 sudah dilengkapi tombol pengaturan audio. Dari tombol tersebut, Anda bisa menaikkan dan menurunkan volume serta memindah judul musik sesuai keinginan. Menariknya lagi, di balik kemudi setirnya sudah tersedia panel Multi Information Display (MID) yang menghadirkan informasi penting seperti tingkat konsumsi bahan bakar, tingkat kecepatan serta informasi suhu.

​Setir Suzuki SX4 X-Over 2007 menggunakan model tiga palang

Setir Suzuki SX4 X-Over 2007 sudah dilengkapi tombol pengaturan audio yang kami bilang cukup spesial di zamannya

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Kursi

Kapasitas kursinya terbilang cukup akomodatif untuk lima orang sekaligus. Adapun ruang kaki dibuat sangat lega baik pada bangku depan dan bangku belakang. Namun sayangnya, ada kekurangan yang kami temui seperti bangku belakang dirancang terlalu tegak. Mungkin karena produk ini adalah impor sehingga perbedaan tinggi rata-rata orang Jepang dan Indonesia terbilang berbeda.

>>> Artikel terkait:

4. FITUR SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Lantas apa saja fitur Suzuki SX4 X-Over 2007? Mengingat struktur bodinya yang Compact, membuat Suzuki meningkatkan kemampuan suspensinya supaya menjaga Handling tetap stabil meski di medan tanjakan.

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Fitur Keselamatan

Untuk versi CBU-nya yang dirilis pada tahun 2007 ini, X-Over sudah dibekali teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Itulah mengapa, performa Handling-nya terbilang mumpuni.

Fitur keselamatan Suzuki SX4 X-Over 2007 menawarkan kenyamanan khususnya pada aspek Handling

Fitur keselamatan Suzuki SX4 X-Over 2007 sudah ditunjang dengan suspensi handal dan fitur pengereman ABS

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Fitur Hiburan

Dari segi hiburan sendiri, tersedia panel Head Unit yang siap menemani perjalanan Anda. Pengoperasiannya terbilang cukup mudah, dapat diamati pada setiap tombol yang memiliki keterangan jelas. Sayangnya, seperti yang kami sebutkan sebelumnya, panel audionya belum mendukung format USB.

>>> Simak daftar harga lengkap dari seluruh model besutan Suzuki

5. OPERASI SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Di zamannya, operasi mesin Suzuki SX4 X-Over 2007 terbilang cukup mumpuni dengan kapasitas 1.5 Liter. Menerapkan konfigurasi VVT dan rasio kompresi 9,5:1, mesinnya mampu memberi lonjakan daya hingga 100 HP setara 6.000 Rpm dengan torsi puncak sebesar 133 Nm pada putaran 4.000 Rpm.

Operasi mesin Suzuki SX-4 X-Over 2007 sudah dibekali kapasitas 1.5 Liter

Operasi mesin Suzuki SX-4 X-Over 2007 mampu menyemburkan daya maksimum hingga 100 HP

Ketika dicoba mengaspal, kami merasakan perputaran kemudi setirnya terasa berat dan kurang responsif. Adapun di kecepatan rendah, perputaran mesin terasa cukup berat sehingga kurang menggigit ketika diajak bermanuver. Meski begitu, kami baru merasakan kenyamanan mesinnya dari kecepatan menengah hingga tinggi. Seakan berhasil membuat kami melupakan beberapa kekurangannya tadi. Secara keseluruhan, mobil ini terbilang sangat nyaman untuk diajak berjalan-jalan memutar kota.

>>> Ingin mobil lebih awet dan tahan lama? Coba simak tips dan trik terbaru dari kami

6. SPESIFIKASI SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Supaya Anda makin mengenal sosoknya, tak lupa Hargamobil.com hendak melampirkan spesifikasi Suzuki SX4 X-Over 2007.

SPESIFIKASI SUZUKI SX4 X-OVER 2007

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.135 mm x 1.755 mm x 1.650 mm

Jarak Poros Roda

2.500 mm

Jarak Pijak Terendah

165 mm

Radius Putar Minimum

5,3 m

MESIN

Tipe Mesin

1.5 Liter M15A 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VVT

Rasio Kompresi

9,5:1

Daya Maksimum

100 HP / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

133 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / 4 Tingkat Percepatan Otomatis

Mode Penggerak

Front Wheel Drive (FWD)

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drums

Ukuran Ban

204/60 R16

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Merangkum apa yang sudah kami tuliskan di atas, berikut kelebihan dan kekurangan Suzuki SX4 X-Over 2007.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior-nya yang Compact terbilang cukup mengesankan untuk melaju di area perkotaan

Bangku belakang terbilang tegak yang diprediksi karena kondisinya yang impor mengikut postur tubuh orang Jepang

Ruang interior terbilang sangat lega dan sudah dilengkapi panel Head Unit mumpuni

Perputaran setir terasa berat dan kurang responsif

Performa mesin sangat mengasyikkan ketika berada di kecepatan menengah hingga tinggi

Panel audio-nya belum mendukung format USB

Harganya dibanderol sangat terjangkau

-

8. DAFTAR HARGA SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Salah satu keunggulannya adalah harga beli yang terjangkau. Berikut kami lampirkan daftar harga Suzuki SX4 X-Over 2007.

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI SX4 X-OVER 2007 BEKAS

Suzuki SX4 X-Over 2007

IDR. 85.000.000 – IDR. 108.000.000

*Catatan:

  • Karena model ini sudah tak lagi dijual dalam kondisi baru maka harga diatas adalah dalam kondisi bekas
  • Rentang harga bervariasi sesuai tahun pembelian, kualitas di setiap aspeknya, jarak tempuh dan pertimbangan lainnya dari penjual

9. VIDEO SUZUKI SX4 X-OVER 2007

10. KESIMPULAN SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Meski mobil ini sudah stop produksi namun kami menyukai generasi pertamanya apalagi versi impor CBU-nya. Semua fitur-fitur lengkap tanpa pemangkasan sama sekali sehingga benar-benar terasa menyenangkan ketika dikendarai. Adapun esensi historis dari mobil ini adalah sosoknya sebagai Hatchback Crossover pertama di Indonesia. Apakah Anda juga tertarik dengan mobil satu ini, seperti kami menyukainya?

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer