Review Suzuki Splash 2010 : Kendaraan Nyaman Kabin Lega Untuk 5 Orang Penumpang

26/05/2020 Abdul Review Suzuki

Sebuah mobil mungil dengan kabin yang mempunyai kapasitas lega tentunya banyak diincar banyak orang. Namun ternyata mobil tersebut memang ada. Bahkan sosoknya tampak seperti City Car jika melihat dimensinya. Namun kalau kenyamanan lebih condong sebagai sebuah MPV. Mari kita simak review Suzuki Splash 2010.

1. PENGANTAR SUZUKI SPLASH 2010

Review Suzuki Splash 2010 – Apabila dilihat dari perjalanan, memang mobil ini mempunyai kisah yang panjang. Awal mulanya, 10 teknisi asal Jepang dikirim ke Eropa untuk  melakukan observasi lebih lanjut terkait minat masyarakat di Eropa. Setelah itu, di tahun 2006 mobil konsep Suzuki diperkenalkan di Paris Motor Show. Pada tahun 2009 barulah versi massalnya diciptakan dan dihadirkan di India.

Di Indonesia sendiri, Splash pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010. Pada saat ini sosoknya masih dilakukan impor dari India, yang mana untuk nama mobil di sana bukan Splash tapi Ritz. Mobil Suzuki Splash dihadirkan menggunakan model City Car namun mempunyai kenyamanan yang setara dengan MPV. Lantas bagaimana sebenarnya spesifikasi dan kelebihan yang dimiliki Suzuki Splash 2010?

2. EKSTERIOR  SUZUKI SPLASH 2010

Review Suzuki Splash 2010 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Suzuki Splash 2010

Grille berukuran besat dengan logo Suzuki beraksen warna chrome

Pada bagian depan mempunyai tampilan yang sangat baik dengan grille yang mempunyai ukuran besar. Tidak lupa pula logo Suzuki turut diberikan sehingga membuat tampilannya jadi lebih tegas. Untuk warna menggunakan hitam sehingga tampilannya jadi lebih sporty. Kemudian pada bagian lampu utama didesain dengan ukuran besar dengan menggunakan bahan kaca Kristal. Lampu tersebut dipadukan dengan penggunaan fog lamp pada bumper depan. Jika dilihat memang tampilannya lebih mirip mobil Eropa di zamannya.

Review Suzuki Splash 2010: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Suzuki Splash 2010

Perpaduan bodi mobil dan pelek sangat sesuai

Menuju ke bagian samping Suzuki Splash 2010, tampilannya tampak biasa dan tergolong simple. Mobil ini terkesan ringkas, untuk pelek tampak sporty dengan penggunaan pelek 8 palang. Bahkan ukurannya sangat pas dan sesuai dengan dimensi bodi yang dimilikinya. Kalau dari segi lekukan tampak tidak terlalu banyak.

Review Suzuki Splash 2010: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Suzuki Splash 2010

Sisi belakang tampak mengkotak tapi lebih pipih

Ketika melihat bagian belakang akan tampak keunikan yang dimilikinya. Memang desainnya tampak kotak seperti desain yang dimiliki Honda Freed. Hanya saja mobil Suzuki ini terkesan lebih dinamis berkat desainnya uang lebih pipih. Namun untuk bagian belakang ini belum diberikan wiper. Dari segi bumper tampak besar dan menggelembung sehingga membuatnya tampak besar.

>>> Lihat Juga :

3. INTERIOR SUZUKI SPLASH 2010

Review Suzuki Splash 2010 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Suzuki Splash 2010

Dashboard didominasi dengan warna hitam

Menurut kami, bagian ini terasa ada yang kurang seperti pada panelnya. Fitur yang diberikan terbilang standar seperti Blower, pengaturan AC dan juga audio 1 DIN. Jika dilihat dari fitur hiburannya terbilang kurang begitu atraktif. Untuk warnanya mengandalkan warna hitam yang mendominasi dipadukan ornament warna silver sedikit. Meskipun begitu, ada hal unik yang bisa ditemukan di bagian dashboardnya ini yang berupa panel Tachometer yang terdapat di bagian atas dashboard bagian kanan.

Sementara untuk kemudinya terdapat speedometer di baliknya yang mempunyai bentuk bundar. Dengan desainnya tersebut maka sensasi berkendara mengalami peningkatan jadi lebih sporty. Hanya saja kemudinya belum diberikan fitur Tilt Steering sehingga terasa ada yang kurang

Review Suzuki Splash 2010: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Suzuki Splash 2010

Ruang interior nyaman untuk 5 orang penumpang

Dimensi Suzuki Splash 2010 terbilang sangat baik sehingga untuk jok mobilnya jadi lebih lega. Dengan jok mobil yang dibuat cukup tinggi membuat serasa sedang menaiki sebuah kendaraan MPV. Ditambah lagi bodi yang dimiliki juga tinggi sehingga dapat memberikan jarak lebih kepala dengan atap mobil. Bahkan untuk menampung 5 orang mobil ini sangat nyaman.

>>> Baca Juga:

4. FITUR SUZUKI SPLASH 2010

Gambar ini menunjukkan head unit Suzuki Splash 2010

Fiftur yang diberikan tergolong standar

Menuju ke bagian fitur Suzuki Splash 2010, pihak Suzuki memberikan beragam fitur di dalamnya namuan terbilang standar. Seperti pada bagian jendela yang sudah bisa dioperasikan secara elektrik. Kemudian pada bagian lampu depan juga dapat diatur ketinggiannya sehingga perjalanan lebih nyaman terutama di malam hari. Sementara untuk spion masih peru dilipat secara manual.

Berdasarkan informasi dari laman Cintamobil.com disebutkan bahwa suspensi depan mengandalkan MacPherson Strut serta Coil Spring dan suspensi belakang menggunakan Torsion Beam dan Coil Spring. Dengan begitu saat kecepatan  tinggi suspensinya terasa empuk.

>>> Untuk mengetahui harga mobil lainnya, silahkan klik disini

5. OPERASI SUZUKI SPLASH 2010

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki Splash 2010

Mesin dipadukan dengan penggunaan suspensi yang kuat

Menuju ke bagian mesin, Suzuki memberikan mesin Suzuki Splash 2010 berkodekan K12M yang mempunyai kapasitas 1.197 cc. Pada saat berada pada kisaran 4.500 Rpm maka hentakannya baru terasa. Sementara untuk tenaga maksimal yang bisa dicapai adalah 85 PS dan torsi puncaknya mencapai 113 Nm. Tenaga mesin disalurkan menuju roda dengan mengandalkan transmisi manual 6 speed dan otomatis 4 speed. Dengan mesin yang diberikan dipadu suspensi yang kuat membuatnya tetap nyaman saat terjadi guncangan karena diredam dengan baik.

>>> Baca Juga, Review Suzuki Splash 2014, Edisi Facelift Sekaligus Terakhir

6. SPESIFIKASI SUZUKI SPLASH 2010

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Suzuki Splash 2010 :

DIMENSI

Panjang

3.715 mm

Lebar

1.680 mm

Tinggi

1.618 mm

Radius Putar Minimum

4,7 m

Jarak Poros Roda

2.360 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.2 Liter K12M 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VVT

Daya Maksimum

85 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

113 Nm / 4.500 Rpm

Kapasitas Silinder

1.197 cc

Sistem Transmisi

6 Percepatan Manual / 4 Percepatan Otomatis

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

 

Suspensi Belakang

Torsion Beam dan Coil Spring

Ukuran Ban

185/60 R15 (Tipe GL)

165/80 R14 (Tipe STD)

Sistem Bahan Bakar

Multi Point Injection (MPI)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI SPLASH 2010

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekutangan yang dimiliki Suzuki Splash 2010:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai harga yang terbilang cukup terjangkau

Pada bagian kaca belakang belum diberikan

Handling yang dimiliki tergolong empuk dan juga stabil

Fitur yang diberikan tergolong sederhana dan cukup minim

Pada bagian interior mempunyai keunikan tersendiri seperti penempatan Tachometer dan juga speedometer yang dimiliki seperti mobil racing

Untuk melipat spion perlu dilakukan secara manual

8. DAFTAR HARGA SUZUKI SPLASH 2010

Untuk harga barunya saat pertama kali dihadirkan adalah mulai Rp. 148 jutaan. Namun karena umurnya sudah 10 tahunan tentunya harga bekasnya sudah turun. Adapun harga bekas Suzuki Splash 2010 berkisar antara Rp. 70 juta hingga Rp. 80 jutaan.

9. VIDEO SUZUKI SPLASH 2010

10. KESIMPULAN SUZUKI SPLASH 2010

Mobil Suzuki Splash 2010 merupakan sebuah kendaraan yang ringkas dengan tampilan gaya racing di bagian dalamnya. Bila dilihat dari tampilannya memang tampak sebuah kendaraan Hatchback namun dari segi kenyamanan seperti kendaraan MPV.  Memang selain keunggulan terdapat kekurangan, seperti fitur yang tergolong sederhana. Hanya saja dengan kapasitas penumpang yang cukup lega dengan harga terjangkau membuatnya cukup diminati.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International