Review Suzuki Sidekick 1996: Pilihan Para Pecinta SUV di Tanah Air Di Masa Lalu

28/02/2019 Fatchur Sag Review Suzuki

Suzuki Sidekick 1996 menjadi salah satu pilihan para pecinta mobil jenis SUV di tanah air, selain Suzuki Vitara dan Escudo. Inilah artikel yang membahas seluk-beluk mobil Suzuki Sidekick secara detail – spesifikasi, fitur, kelebihan & kekurangan, dan harga.

1. PENGANTAR SUZUKI SIDEKICK 1996

Foto Suzuki Sidekick tampak samping

Dalam kondisi terawat, Suzuki Sidekick tetap menarik

Review Suzuki Sidekick 1996 - Mobil Suzuki Sidekick merupakan salah satu jenis mobil SUV yang dirilis pabrikan Suzuki tahun 1996. Mobil ini menyasar kalangan anak muda yang menginginkan mobil sporty, tapi harga ekonomis. Sebelum merilis Sidekick, Suzuki sudah lebih dulu merilis mobil SUV lainnya yang dinamai Vitara (1988) dan Escudo (1994). Suzuki Sidekick dirilis agar terjangkau masyarakat Indonesia. Karena dua kakaknya, Vitara dan Escudo, masih tergolong mahal kala itu.

Meski begitu, bisa dikatakan ketiga jenis mobil SUV keluaran Suzuki ini sudah booming di kalangan para pecinta mobil. Pasalnya, kala itu hanya produsen Suzuki saja yang merilis SUV di Indonesia. Hingga kini, masih banyak pecinta mobil yang mencari mobil jenis ini.

2. EKSTERIOR SUZUKI SIDEKICK 1996

Dari segi tampilan luarnya, Suzuki Sidekick tidak memiliki perbedaan berarti dari dua kakaknya. Seperti apa eksterior dari Suzuki Sidekick ini?

Review Suzuki Sidekick 1996 : Eksterior Depan

Foto Suzuki Sidekikc 1996 tampak samping depan

Meski jadul dari arah depan mobil terlihat garang dengan bumper menonjol

Bagian depan Suzuki Sidekick 1996  memang tampak jika mobil ini keluaran lama. Hal ini terlihat dari bentuknya yang kotak. Kejadulan ini tambah terlihat dengan bentuk kap kotak, lampu depan, gril (memanjang dengan tiga garis), dan juga bagian bempernya menonjol lebih panjang dibandingkan bagian depannya. Meski begitu, kejadulan yang diperlihatkan Suzuki Sidekick malah menunjukkan kesan garang dan keras dari mobil itu.

Review Suzuki Sidekick 1996 : Eksterior Samping

Foto Suzuki Sidekick 1996 tampak samping

Dari arah samping kesan kabin lega terlihat dengan adanya jendela berukuran besar

Dilihat dari samping, mobil Suzuki Sidekick ini memiliki bagian dalam yang lega. Hal ini bisa terlihat dari kaca jendelanya yang banyak di bagian samping. Ada tiga bagian kaca jendela yang dimilikinya, jendela depan, tengah, dan belakang. Kaca jendela tengah terbagi dua, yang bisa digeser untuk mendapatkan angin dari luar. Mobil Suzuki Sidekick yang beredar di Indonesia memiliki empat buah pintu di bagian samping, dan satu pintu belakang untuk bagasi.

Review Suzuki Sidekick 1996 : Eksterior Belakang

Foto Suzuki Sidekick 1996 tampak belakang

Penyimpanan ban cadangan di pintu belakang bersifat opsional, jika menghendaki ban cadangan bisa diletakkan di bagasi

Pada bagian belakangnya, Suzuki Sidekick memiliki tempat untuk meletakkan ban cadangan. Kaca jendela belakang cukup lebar, sehingga pandangan ke belakang sangat leluasa. Sementara itu, pintu belakangnya bisa dibuka ke arah samping kanan. Terdapat pula tempat yang bisa digunakan untuk mengikat tali tambang untuk menderek mobil lain.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR SUZUKI SIDEKICK 1996

Bagian interior Suzuki Sidekick merupakan bagian paling berbeda dibandingkan Suzuki Vitara dan Suzuki Escudo keluaran lama. Itulah kenapa interior di dalamnya biasa saja, atau dalam bahasa lain tidak istimewa.

Review Suzuki Sidekick 1996 : Dashboard & Setir

Foto Suzuki Sidekick 1996 bagian dashboard dan kemudi

Desain dashborad sederhana namun fungsional

Bagian dashboard asli Suzuki Sidekick Indonesia masih sederhana dan berwarna hitam keabu-abuan. Bahannya pun terbuat dari plastik yang makin memberikan kesan murah. Hal ini wajar sangat, mengingat Suzuki Sidekick diproduksi kisaran tahun 1995-2001 dan memang menyasar kalangan menengah ke bawah.

Sementara itu, di bagian dashboard sisi kiri, kanan, dan tengah dashboard terdapat kisi-kisi AC yang bisa dinaik-turunkan dan digeser ke samping kiri-kanan. Pada bagian kiri dashboard, terdapat pegangan tangan (hand-grip), cekungan yang bisa dipakai untuk meletakkan benda-benda kecil dan bagian bawahnya terdapat laci. Pengatur AC mobil dan tape radio terletak di bagian tengah dashboard.

Review Suzuki Sidekick 1996 : Jok

Foto jok Suzuki Sidekick 1996

Kabin Suzuki Sidekick 1996 cukup lapang sebab hanya ada kursi dua baris

Suzuki Sidekick memiliki 4 jok di dalam kabin. Disusun dua baris. Bagian depan dua, bagian belakang dua. Total penumpang yang bisa dimasukkan ke dalam mobil ini hanya empat. Tapi bagian belakangnya bisa ditambah satu. Sehingga total yang bisa masuk ada lima.

Review Suzuki Sidekick 1996 : Bagasi

Foto bagasi Suzuki Sidekick 1996

Bagasi lapang Suzuki Sidekick 1996 bisa menampung banyak barang bawaan

Bagasi pada Suzuki Sidekick cukup lega untuk meletakkan beberapa barang. Ukuran barang yang bisa dimasukkan sebesar diameter ban cadangan. Itulah kenapa ban cadangan bisa diletakkan di dalam bagasi mobil jika tidak ingin diletakkan di pintu belakang. Bagasi ini pintunya hanya bisa dikunci dari luar. Tentunya, hal ini tidak terlalu berpengaruh, karena pada bagian ini memang hanya dikhususkan untuk barang-barang saja, sehingga bisa aman.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR SUZUKI SIDEKICK 1996

Review Suzuki Sidekick 1996 : Fitur Keselamatan

Fitur keamanan yang dimiliki Suzuki Sidekick masih bisa dikatakan memakai fitur keamanan lama. Salah satu fitur yang kentara ada di bagian jok. Ya, Suzuki Sidekick hanya memiliki sabuk pengaman di kursi depan. Sedangkan di kursi penumpang di bagian tengah tidak ada sabuk pengamanan. Hal ini membuat penumpang yang duduk di kursi belakang lebih rentan bahaya, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Review Suzuki Sidekick 1996 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Fitur kenyaman dan hiburan asli yang ada di mobil Suzuki Sidekick masih kurang memadai. Hal ini tampak dari hanya adanya tape dan speaker berkualitas rendah yang dibenamkan di mobil ini.

>>> Harga Suzuki Grand Vitara 2017, Review dan Spesifikasi Lengkap

5. OPERASI SUZUKI SIDEKICK 1996

Foto mesin Suzuki Sidekick 1996

Suzuki Sidekick 1996 dibekali mesin 1600 namun bukan 4WD

Berbicara tentang performa mesin, Suzuki Sidekick memiliki mesin berkapasitas 1600 cc. Hanya saja, patut disayangkan, jenis SUV Suzuki keluaran lama ini tidak dibenamkan sistem penggerak roda 4WD seperti Vitara.

Di samping itu, kapasitas mesin 1,5 membuat konsumsi bensin untuk mobil ini ada di tengah-tengah. Sekadar perbandingan, mobil ini bisa menempuh jarak dekat 9 km untuk 1 liternya (1:9), sedangkan untuk jarak jauh sekitar 1: 10-11 km. Mobil ini memiliki tangki bensin berkapasitas 35 - 40 liter. Tentu perbandingan ini bukan ukuran pasti. Perawatan mobil ikut menentukan kebagusan mesin di jalan.

Suzuki Sidekick 1996 berada di kisaran usia 23 tahun, tentu sebelum membelinya Anda wajib mengecek kelayakan mesinnya. Salah satu cara mengetahui kelayakan mesin mobil bekas adalah mengajak orang yang paham tentang mesin. Silakan Anda meminta pendapatnya agar Anda tidak tertipu ketika bernegosiasi atau memutuskan untuk membelinya.

>>> Klik sini untuk simak Review Suzuki SX4 2016 Indonesia terlengkap

6. SPESIFIKASI SUZUKI SIDEKICK 1996

Spesifikasi Suzuki Sidekick 1996

Jenis

Jip

Tipe

SB416

Mesin

G16A SOHC 1600cc

G16B SOHC 1600cc

Bore X Stroke

75.0 X 90.0 mm

Sistem Bahan Bakar

Karburator Injeksi (Vitara EPI)

Transmisi

Manual 5 Speed

Wheelbase

2.479 mm

Panjang

4.031 mm

Lebar

1.636 mm

Tinggi

1.669 mm

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI SIDEKICK 1996

Kelebihan

Kekurangan

Suzuki Sidekick 1996 yang dipasarkan di Indonesia tidak memiliki penggerak roda 4WD. Hal ini membuat mobil Sidekick bisa dikendarai dengan lebih nyaman.

Karena tidak memiliki penggerak roda 4WD, Suzuki Sidekick tidak bisa diajak melewati track offroad. Jadi, bagi Anda yang gemar ber-offroad ria, maaf mobil ini tidak cocok untuk Anda.

Meskipun secara desain biasa saja, tapi material yang digunakan untuk dashboard Suzuki Sidekick cukup bagus. Hal ini membuat bagian dashboard mobil ini cukup awet jika dirawat dengan benar.

Seperti disebutkan sebelumnya, bentuk body yang dimiliki Suzuki Sidekick tampak benar jadulnya.

Suku cadang mobil ini tergolong murah dibandingkan kedua kakaknya.

Bagian AC sering dikeluhkan para pemakai Suzuki Sidekick. Umumnya, keluhan muncul ketika usia mobil sudah diatas 5 tahun. Ada yang mengeluh kurang dingin, dan sebagainya.

Harga bekas mobil ini masih bertahan di kisaran 50-60 juta, mungkin tergantung kebagusan mobil.

Mobil Suzuki Sidekick boros bahan bakar.

 

Fitur-fitur interior yang ada di mobil ini terkesan minim

 

Selain fitur, bahan-bahan yang digunakan untuk pelapis bagian kabin, karpet dasar yang tidak rapi, dan bahan jok berkualitas rendah.

8. DAFTAR HARGA SUZUKI SIDEKICK 1996

Tidak ada patokan resmi terkait harga Suzuki Sidekick 1996 saat ini. Namun dari beberapa situs jual beli online mobil ini dijual di kisaran harga Rp 50 jutaan hingga Rp 60 jutaan dalam kondisi cukup terawat.

Gambar Harga Suzuki Sidekick 1996 di Cintamobil.com

Berapa harga mobil Suzuki Sidekick 1996?

9. VIDEO SUZUKI SIDEKICK 1996

10. KESIMPULAN SUZUKI SIDEKICK 1996

Soal penilaiannya kami menyerahkan semuanya kepada Anda, apakah mobil ini cocok untuk Anda atau tidak. Yang pasti meski  dari penampilannya Suzuki Sidekick 1996 terlihat murah, mobil ini tetap memberikan kenyamanan dan kebandelan dari mesinnya, jika perawatannya benar dan apik.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer