Review Suzuki New Carry Pick Up 2019 : Daya Angkut Lebih Besar

31/07/2019 Fatchur Sag Review Suzuki

Suzuki Carry adalah salah satu jenis mobil yang melegenda di Indonesia. Begitu pula dengan model terbarunya Suzuki New Carry Pick Up 2019 yang pasti tidak akan kalah terkenal. Tapi apa sih keistimewaan mobil ini? Sehingga mobil ini bisa terkenal dan layak untuk dimiliki. Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. PENGANTAR SUZUKI NEW CARRY PICK UP 2019

Suzuki Carry pertama kali hadir di pasaran pada tahun 1976. Saat itu, Suzuki Carry hadir dalam bentuk CBU dengan kode bodi ST10. Tak lama berselang, pada tahun 1977 Suzuki Carry meluncurkan mobil pick up pertama yang di produksi di Indonesia. Mobil ini memiliki kode bodi ST20 dengan menggunakan mesin 3-silinder yang berkapasitas 550 cc dan teknologi karburator. Sedangkan perapiannya masih menggunakan platina. Sehingga tenaga maksimumnya baru mencapai 33 dk dengan torsi mencapai 52 Nm yang dipadukan dengan transmisi manual.

Foto menunjukkan Suzuki Carry ST20 Tahun 1981 di pameran IIMS 2019

Suzuki Carry generasi awal, dimensinya mungil dan desainnya jadul

Suzuki Carry ST20 ini mampu menjadi backbone penjualan Suzuki di Indonesia. Selain itu mobil ini dapat bertahan selama 7 tahun di pasaran mobil Indonesia. Salah satu faktor yang menyebabkan ini adalah produksinya yang sudah ada di Indonesia. Bahkan dalam IIMS 2019, mobil Suzuki Carry ST20 turut dipamerkan. Ini membuktikan eksistensi mobil ini pada zamannya.

Setelah itu, pada tahun 1983 Suzuki Carry baru kembali mengeluarkan model terbarunya. Penerus dari Suzuki Carry ini memiliki kode body ST100 dan diberi nama Suzuki Carry 1000. Suzuki Carry 1000 ini memiliki dua model, yaitu Pick Up dan Van (Minibus). Mobil ini mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat, terutama supir angkot. Hal ini dikarenakan Suzuki Carry 1000 ini lebih bertenaga, memiliki durabilitas yang baik dan yang paling penting irit. Sehingga tidak heran jika Suzuki Carry 1000 mampu bertahan dan hampir tidak berganti model selama 23 tahun.

Untuk Suzuki Carry Pick Up yang telah mati suri, akhirnya kembali meluncurkan penerusnya yang diberi nama Mega Carry. Mega Carry sendiri diluncurkan pada tahun 2011. Mobil ini menjadi idaman dan populer, terutama di kalangan pengusaha dan pedagang. Selanjutnya, Suzuki Carry Pick Up selalu berinovasi. Pada tahun 2017 Suzuki Carry Pick Up mendapat sentuhan facelift dengan dimensi yang lebih compact dan tahun 2019 ini Suzuki Carry Pick Up kembali meluncurkan produk terbarunya dengan desain yang benar-benar berubah.

Foto menunjukkan Suzuki Carry 2017 saat diluncurkan

Suzuki Carry Pick Up 2017 resmi dihentikan penjualannya di Indonesia pada awal 2019

Produk terbaru ini, diberi nama Suzuki New Carry Pick Up 2019. Tentunya mobil ini memiliki dimensi yang lebih baik dengan fitur-fitur yang lebih baru pula. Sehingga bisa membuat konsumen tertarik untuk memilikinya.

2. EKSTERIOR SUZUKI NEW CARRY PICK UP 2019

Kesan pertama yang terlihat dari Suzuki New Carry Pick Up 2019 ini adalah tangguh. Kesan ini terlihat dari warna grill dan bumper yang senada. Mobil ini juga memiliki dimensi muatan yang lebih besar. Serta jangan lupa platform baru yang dimilikinya. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat uraian berikut.

Review Suzuki New Carry Pick Up 2019 : Bagian Depan

Foto menunjukkan bagian depan Suzuki New Carry Pick Up 2019

Suzuki New Carry Pick Up 2019, muka tampak lebih lebar

Sepertinya Suzuki melakukan perubahan menyeluruh terhadap pick up ikoniknya ini. Hal ini dapat terlihat dari desain depan yang terlihat lebih modern. Apalagi dengan adanya kaca depan yang lebar dan tinggi memberikan nilai tambah yang baik bagi visibilitas pengemudi. Selain itu lampu utama dipasang sejajar dengan grill. Sehingga memberikan kesan mobil terlihat lebih lebar.

Namun yang lebih menarik dari bagian depan mobil ini, terletak pada bagian kanan mobil (sisi pengemudi). Di sini terdapat sebuah antena jadul yang dapat digunakan untuk mendapatkan sinyal radio. Walaupun terkesan kuno, tapi ini menjadi sebuah ciri khas tersendiri bagi mobil niaga.

Review Suzuki New Carry Pick Up 2019 : Bagian Samping

Foto menunjukkan Suzuki New Carry Pick Up 2019 dari arah samping

Belum terbiasa, bentuk Suzuki New Carry Pick Up 2019 dari samping terlihat agak aneh

Dari bagian samping akan terlihat sangat jelas, bahwa Suzuki New Carry Pick Up 2019 memiliki dimensi yang sangat luas.  Mobil ini memiliki panjang 4195 mm, lebar 1675/1765 mm dan tinggi 1870/1910 mm. Selain itu mobil ini juga memiliki wheelbase yang cukup panjang, yaitu sekitar 2205 mm. Inilah yang memberikan dampak positif bagi luas kabin dan kapasitas muatan.

Review Suzuki New Carry Pick Up 2019 : Bagian Belakang

Foto menunjukkan Tampilan belakang Suzuki New Carry Pick Up 2019

Suzuki New Carry Pick Up 2019 punya bak lebih luas

Beralih ke bagian belakang, Suzuki New Carry Pick Up 2019 memiliki desain yang sangat simpel. Satu-satunya bagian yang paling mencolok adalah tulisan Suzuki yang sangat besar dengan motif timbul. Pada bagian bawah terdapat lampu mundur, rem dan sein yang menjadi satu. Selain itu karena penggunaan platform baru, maka terlihat bahwa bak muatan terlihat luas. Bak ini mampu menampung muatan sebanyak 1 ton.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR SUZUKI NEW CARRY PICK UP 2019

Sebagai model terbaru, tentunya Suzuki New Carry Pick Up 2019 memiliki desain interior yang lebih menarik. Apalagi jika dibandingkan dengan model-model terdahulunya. Untuk itu lihatlah sekilas tentang desain interior dari Suzuki New Carry Pick Up 2019 berikut ini.

Review Suzuki New Carry Pick Up 2019 : Kabin

Kabin pada Suzuki New Carry Pick Up 2019 terlihat lebih lega. Apalagi saat ini sudah dapat menampung 3 penumpang. Selain itu ruang kaki yang lebih luas, serta tebalnya split seat dengan jok membuat kabin semakin nyaman untuk digunakan.

Review Suzuki New Carry Pick Up 2019 : Dashboard dan Setir

Foto menunjukkan Dashboard dan setir Suzuki Carry Pick Up 2019

Ada banyak tempat penyimpanan di kabin Suzuki New Carry Pick Up 2019

Dashboard dari Suzuki New Carry Pick Up 2019 memiliki desain yang unik. Keunikan desain ini disebabkan adanya tiga buah kotak yang berada sejajar dari depan setir sampai ke bagian penumpang di samping. Ketiga kotak ini pun memiliki fungsinya masing-masing. Kotak di depan setir digunakan untuk menampilkan speedometer dengan tambahan layar digital kecil di bagian pojok bawah. Sedangkan kotak yang berada di tengah berfungsi sebagai tempat head unit single din. Sehingga bisa digunakan untuk hiburan dengan mendengarkan radio maupun lagu favorit. Kotak di sebelah kiri berfungsi sebagai tempat penyimpanan.

Sedangkan setir yang digunakan termasuk baru. Namun masih menggunakan desain lama. Ini dikarenakan desain setir mobil ini mirip dengan yang digunakan pada Suzuki Carry JDM yang diluncurkan tahun 2013 silam.

Review Suzuki New Carry Pick Up 2019 : Kursi atau Jok

Foto menunjukkan Jok Suzuki Carry Pick Up 2019

Kursi Suzuki New Carry Pick Up 2019 bisa dimajumundurkan

Jok Suzuki New Carry Pick Up 2019 juga mengalami perkembangan. Mobil ini bisa menampung 3 penumpang termasuk pengemudi. Ini berarti mobil ini bisa menampung penumpang lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya.

Selain itu bahan yang digunakan untuk material jok adalah fabric. Bahan yang cukup bagus. Namun yang disayangkan adalah absennya headrest pada mobil ini. Ini menyebabkan berkurangnya kenyamanan pengemudi maupun penumpang karena antara punggung dan kepala langsung mengenai bodi mobil yang berbahan besi.

Review Suzuki New Carry Pick Up 2019 : Bagasi/Kargo

Foto menunjukkan Bak belakang Suzuki Carry Pick Up 2019

Kargo/bak Suzuki New Carry Pick Up 2019 bisa mengangkut barang hingga 1 ton

Bagasi yang dimaksud dalam mobil pick up adalah bak muat yang dimiliki. Untuk bagian ini, Suzuki New Carry Pick Up 2019 lebih unggul dibandingkan generasi sebelumnya maupun rivalnya. Ini disebabkan bak muatan dari Suzuki New Carry Pick Up 2019 yang sangat besar. Dengan lebar 1665/1745 mm, panjang 2505 mm dan tinggi 360/425 mm.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR SUZUKI NEW CARRY PICK UP 2019

Bicara mengenai fitur yang dimiliki Suzuki New Carry Pick Up 2019 mungkin kalah saing dengan mobil penumpang. Hal ini dikarenakan untuk menekan harga. Namun jangan khawatir, mobil ini tetap menyematkan beberapa fitur menarik. Walaupun tidak sebagus fitur-fitur pada mobil penumpang.

Review Suzuki New Carry Pick Up 2019 : Fitur Keselamatan

Foto menunjukkan Kunci kotak Suzuki Carry 2019

Sistem keamanan Suzuki New Carry Pick Up 2019 sudah lebih baik

Berkaitan dengan keselamatan maupun keamanan dari mobil ini, Suzuki New Carry Pick Up 2019 adalah mobil pick up pertama yang memberikan fitur immobilizer. Fitur ini berguna untuk membuat mobil lebih aman dari maling. Sehingga pebisnis bisa lebih fokus terhadap bisnisnya.

Review Suzuki New Carry Pick Up 2019 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto menunjukkan pemutar musik dan AC pada Suzuki Carry Pick Up 2019

Pemutar musik pada Suzuki New Carry Pick Up 2019 bisa jadi teman di perjalanan

Untuk kenyamanan dalam berkendara Suzuki New Carry Pick Up 2019 memberikan fitur power steering. Fitur ini berguna untuk membuat setir menjadi lebih nyaman ketika akan berbelok. Selain itu terdapat pula fitur sliding seat yang berguna untuk mengatur posisi duduk.

Selain itu ruang penyimpanannya pun bertambah. Untuk varian tanpa AC terdapat 10 ruang penyimpanan. Sedangkan varian dengan AC hanya memiliki 6 ruang penyimpanan. Sebagai hiburan ada pemutar musik yang bakal menemani pengendara di sepanjang perjalanan.

>>> Jualan Sembilan Bulan, Pick Up Suzuki Lebih Laris Ketimbang Ertiga

5. OPERASI SUZUKI NEW CARRY PICK UP 2019

Foto menunjukkan Mesin Suzuki Carry Pick Up 2019

Mesin Suzuki New Carry Pick Up 2019 ditingkatkan, kini lebih bertenaga

Suzuki New Carry Pick Up 2019 juga memiliki perubahan pada mesin yang digunakan dimana saat ini menggunakan mesin K15B-C. Ini adalah mesin K-series sama seperti yang digunakan oleh Ertiga. Meskipun dari sisi tenaga dan torsi lebih kecil dibanding Ertiga, namun dengan kapasitas mesin 1462 cc dan teknologi DOHC yang disematkan pada Suzuki New Carry Pick Up 2019, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum 97 Hp dan torsi maksimum 135 Nm. Tenaga ini dipadukan dengan teknologi transmisi manual 5-speed yang biasa digunakan untuk mobil niaga.

>>> Ingat! Merawat Mobil Pick Up Juga Perlu Dilakukan Supaya Tetap Maksimal

6. SPESIFIKASI SUZUKI NEW CARRY PICK UP 2019

DIMENSI

  New Carry Flat Deck New Carry Wide Deck

Panjang

4195 mm

Lebar

1675 mm

1765 mm

Tinggi

1870 mm

1910 mm

Jarak sumbu roda

2205 mm

Radius putar 4375 mm
Panjang bak 2505 mm
Lebar bak 1665 mm 1745 mm
Tinggi bak 360 mm 425 mm

MESIN

Jenis/Tipe

K10B-C

Isi silinder

1462 cc

Daya maksimum

97 Ps @ 5600 rpm

Torsi maksimum

135 Nm @ 4400 rpm

Bahan bakar Bensin
Sistem bahan bakar Multipoint Injection

Transmisi

Manual 5 Percepatan

SASIS DAN KAKI-KAKI
Sistem kemudi Rack and Pinion

Suspensi depan

Mac Pherson Strut

Suspensi belakang

Leaf Rigid Axle

Rem depan

Cakram

Rem belakang

Tromol

Ukuran ban

165/80R13

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI NEW CARRY PICK UP 2019

Gambar menunjukkan Ukuran bak Suzuki Carry Pick Up 2019

Tetap saja ada kelebihan dan kekurangan pada Suzuki New Carry Pick Up 2019

Setiap produk buatan manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal ini Suzuki New Carry Pick Up 2019 juga memiliki kelebihan serta kekurangan. Ini penting untuk diketahui agar bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Memiliki desain yang lebih tangguh dan modern. Tidak ada sandaran kepala yang membuat kurang nyaman dalam berkendara
Terdapat fitur immobilizer yang dapat membuat mobil lebih aman. Busa pada Jok tidak terlalu tebal
Bak muatan yang sangat besar, bahkan mampu menampung muatan sebanyak 1 ton. Tidak ada airbags

8. DAFTAR HARGA SUZUKI NEW CARRY PICK UP 2019

Group Model Sales Model Harga on the Road
New Carry Pick-Up Flat-Deck Rp 135.600.000
New Carry Pick-Up Flat-Deck AC/PS Rp 144.100.000
New Carry Pick-Up Wide-Deck Rp 136.600.000
New Carry Pick-Up Wide-Deck AC/PS Rp 145.100.000

Harga Suzuki New Carry Pick Up 2019 di atas adalah Harga On The Road Jakarta untuk bulan Juli 2019. Harga tidak mengikat, dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk wilayah lain atau pada bulan yang lain, harga kemungkinan besar berbeda. So, silahkan kunjungi diler Suzuki terdekat untuk mengetahui lebih detail tentang harga Suzuki Carry terbaru ini.

9. VIDEO SUZUKI NEW CARRY PICK UP 2019

10. KESIMPULAN SUZUKI NEW CARRY PICK UP 2019

Foto menunjukkan Suzuki Carry Pick Up 2019

Waktu yang akan menjawab apakah Suzuki New Carry Pick Up 2019 bisa mengikuti jejak sukses Suzuki Carry sebelumnya

Suzuki New Carry Pick Up 2019 adalah generasi terbaru dari mobil pick up yang dikeluarkan oleh Suzuki. Generasi terbaru ini mengalami banyak perubahan yang cukup signifikan dan menarik. Mulai dari platform, desain interior, desain eksterior, fitur sampai mesin semua mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Terlebih di bagian mesin yang sangat andal dan efisien dengan model K-series milik Suzuki. Apalagi harga yang ditawarkan pun tidak mengalami banyak kenaikan.

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, Silahkan Anda pertimbangkan masak-masak apakah mobil ini sudah sudah cukup sesuai dengan ekspektasi Anda.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer