Review Suzuki New Baleno Hatchback 2019

27/12/2019 Fatchur Sag Review Suzuki

Suzuki New Baleno Hatchback 2019 hadir dengan nuansa baru yang lebih premium. Tapi bukan itu saja yang bisa membuat Anda tergoda. Simak lebih detail review Suzuki New Baleno Hatchback 2019 berikut!

1. PENGANTAR SUZUKI NEW BALENO HATCHBACK 2019

Dua setengah tahun setelah diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Suzuki Baleno hatchback resmi facelift. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi meluncurkan New Baleno Hatchback 2019 atau model facelift untuk tahun 2020 di Aluca, SCBD, Jakarta pada Jum'at, (20/12/2019). Memang bukan penyegaran total, tapi ubahan yang diusung cukup membuat tampilan mobil hatchback unggulan Suzuki ini lebih keren, premium dan sporty.

Foto menunjukkan suasana Peluncuran Suzuki New Baleno Hatchback di Surabaya

Suzuki Baleno hatchback disegarkan setelah dua setengah tahun mengaspal

Soal harga tak perlu dicemaskan, harga Suzuki New Baleno Hatchback 2019 hanya dinaikkan sedikit dari Baleno versi lama. Walhasil Suzuki Baleno tetaplah model paling terjangkau dibanding kompetitor-kompetitornya di segmen hatchback.

Ada perubahan apa saja yang membuat mobil ini istimewa, simak review Suzuki New Baleno Hatchback 2019 berikut!

2. EKSTERIOR SUZUKI NEW BALENO HATCHBACK 2019

Secara dimensi Suzuki New Baleno Hatchback 2019 masih sama dengan yang sebelumnya. Panjang 3.995 mm, Lebar 1.745 mm, Tinggi 1.510 mm, Jarak Sumbu Roda 2.520 mm, dan Jarak terendah (Ground Clearance) 170 mm. Namun secara penampilan ada detail yang berbeda dibanding pendahulunya yang diluncurkan di GIIAS 2017. Bahkan juga berbeda dibanding Suzuki Baleno yang dijual di India yang kemudian direbadge menjadi Toyota Glanza. Satu-satunya yang saat ini sama adalah New Baleno RS yang merupakan varian baru Maruti Baleno di India.

Ada satu warna tambahan dari lima warna yang sudah ada sebelumnya, yaitu Metallic Magma Gray. Sedangkan yang lain masih sama, yaitu Solid Fire Red, Prime Stargaze Blue, Pearl Midnight Black, Metallic Premium Silver, serta Pearl Arctic White.

Eksterior Suzuki New Baleno Hatchback 2019 : Bagian depan

Foto menunjukkan bagian depan Suzuki New Baleno Hatchback 2019

Tampilan depan Suzuki New Baleno Hatchback lebih sporty

Ada 3 bagian yang mengalami perubahan di bagian depan, yaitu headlamp, gril, dan bumper. Headlamp kini menggunakan LED projector untuk menghasilkan pencahayaan yang lebih terang. Untuk gril kini menggunakan desain honeycomb atau sarang tawon. Bumper yang sebelumnya menggunakan kisi garis horizontal kini juga menggunakan desain honeycomb bolong-bolong. Bentuknya juga lebih sporty dibanding sebelumnya yang mirip orang 'mewek'. Di bagian kiri kanan ada foglamp masih berbentuk bundar, namun bezel dibuat lebih besar, juga dengan desain honeycomb. Walhasil, tampilan depan saja sudah menjadikan mobil ini terlihat beda.

Eksterior Suzuki New Baleno Hatchback 2019 : Bagian samping

Foto menunjukkan Suzuki New Baleno Hatchback 2019 tampak dari samping

Dari samping ada pelek baru dual tone dengan desain lebih menawan

Di bagian atas Suzuki New Baleno Hatchback 2019 tidak berbeda dengan model sebelumnya. Pilar A, B, dan C masih menggunakan warna hitam doff. Spion tetap sewarna bodi lengkap dengan lampu sein. Perbedaan paling terlihat ada pada ban Apollo berukuran 195/55 R16, pelek yang sebelumnya single tone kini menggunakan desain mirip kipas serta sudah dual tone.

Eksterior Suzuki New Baleno Hatchback 2019 : Bagian belakang

Foto menunjukkan bagian belakang Suzuki New Baleno Hatchback 2019

Tidak ada yang berubah di bagian belakang

Beralih ke bagian belakang tak ada yang berubah. Semuanya masih sama dengan model sebelumnya mulai dari desain kaca belakang yang landai, spoiler dengan high mount stoplamp, hingga bagian bumper warna hitam doff berukuran lebar lengkap dengan reflektor horizontal di kiri kanan dan diffuser warna abu-abu di bagian bawahnya. Jika dilihat dari belakang kalian mungkin sulit membedakan apakah itu Suzuki New Baleno facelift atau Baleno lama.

Overall tampilan eksterior Suzuki New Baleno Hatchback 2019 ini lebih terlihat sporty, keren dan menarik meski penyegaran yang diusung tidak sampai ke bagian belakang.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR SUZUKI NEW BALENO HATCHBACK 2019

Interior Suzuki New Baleno Hatchback 2019 punya tatanan yang sama persis. Ubahan yang ada juga sama dengan bagian eksterior, sangat minim. Namun cukup membuat interior mobil ini tampil baru.

Interior Suzuki New Baleno Hatchback 2019 : Kabin

Foto menunjukkan Kabin Suzuki New Baleno Hatchback 2019

Interior Suzuki New Baleno Hatchback bernuansa baru hitam kebiruan

Suzuki masih tetap memprioritaskan kenyamanan pengendara. Dibuktikan dengan tidak adanya perubahan pada kabin. Yah, kabin Suzuki New Baleno Hatchback 2019 tetap lapang untuk memuat 5 orang pengendara dan tetap menggunakan dominasi warna gelap. Yang berubah, jok, dashboard dan trim kini menggunakan warna baru dual tone hitam dan biru.

Interior Suzuki New Baleno Hatchback 2019 : Dashboard dan Setir

Untuk hatchback dengan harga paling terjangkau, panel dan instrument di dashboard Suzuki New Baleno Hatchback 2019 terlihat sangat modern. Khususnya di bagian Speedometer, Tachometer serta MiD yang full color dan stylish seperti mobil-mobil kelas atas. Menu pengaturannya juga lengkap mulai dari pemakaian BBM real time, pemakaian rata-rata BBM hingga history pemakaian BBM. Lalu ada juga history kecepatan berkendara, berapa lama waktu berkendara hingga indikator torsi dan tenaga saat mobil tengah berjalan.

Foto menunjukkan dashboard Suzuki New Baleno Hatchback 2019

Speedometer dan layar MiD full color, keren

Di bagian tengah dashboard beragam panel silver didesain mirip sayap terkembang dengan head unit berada di atasnya merek JVC alias bukan Suzuki Genuine Part. Ada satu ubahan kecil yang hampir tidak disadari banyak orang yaitu USB Aux Port yang berada di bawah panel kontrol. Jika sebelumnya dengan tutup berbentuk kotak, kini berubah jadi lingkaran.

Di sebelah kanan dashboard terdapat tombol Engine START STOP untuk menghidupkan mesin tanpa harus mencolokkan kunci kontak.

Untuk setir menggunakan 3 palang dengan desain khas setir Suzuki. Lingkar setir juga sudah dilapis kulit agar pegangan menjadi lebih solid. Palang sebelah kiri terdapat tombol pengaturan audio, sedangkan di bagian bawah terdapat tombol jawab dan tolak panggilan telepon. Selain menggunakan sistem Electronic Power Steering, setir juga bisa diatur tinggi rendah serta maju mundurnya alias sudah Tilt dan Telescopic.

Interior Suzuki New Baleno Hatchback 2019 : Jok

Foto menunjukkan Kabin belakang Suzuki New Baleno Hatchback 2019

Penyegaran tetap mempertahankan kenyamanan

Seperti disebut di atas, tatanan interior masih sama dengan Baleno lama dengan sedikit perbedaan. Jok fabric Suzuki New Baleno Hatchback 2019 kini menggunakan warna baru kombinasi hitam dan biru tua dengan corak yang juga baru. Jok baris kedua punya konfigurasi 60:40 agar bisa dimanfaatkan untuk memperluas bagasi.

Interior Suzuki New Baleno Hatchback 2019 : Bagasi

Bagasi Suzuki New Baleno Hatchback 2019 termasuk luas untuk mengakomodir barang bawaan. Bahkan bisa diperluas lagi jika dibutuhkan dengan cara melipat jok baris kedua, konfigurasinya 60:40 seperti di sebut di atas. Bibir bagasi cukup tinggi, mungkin sedikit menyulitkan saat akan memasukkan barang bawaan yang cukup berat karena harus mengangkat lebih tinggi dulu. Begitu juga saat barang sudah di dalam, juga harus diangkat lebih dulu untuk menurunkan.

Foto menunjukkan Bagasi Suzuki New Baleno Hatchback 2019

Bagasi Suzuki New Baleno Hatchback sekadar cukup untuk memuat barang bawaan penumpang

Bagasi sudah dilengkapi dengan rak penutup. Selain menjaga privasi barang dari pandangan orang di luar, rak juga bisa dipakai meletakkan barang-barang ringan seperti kotak tisu, majalah, makanan kecil, atau yang lain.

Di bagian paling bawah bagasi terdapat ban cadangan dengan pelek kaleng. Meski kurang serasi tapi cukup membantu saat terjadi darurat ban kempes di tengah perjalanan.

>>> Baca juga:

4. FITUR SUZUKI NEW BALENO HATCHBACK 2019

Dengan harga yang paling terjangkau di kelasnya, fitur Suzuki New Baleno Hatchback 2019 terbilang lengkap baik untuk keselamatan, keamanan maupun hiburan selama perjalanan.

Fitur Suzuki New Baleno Hatchback 2019 : Keselamatan

Foto menunjukkan Platform Heartect yang jadi andalan Suzuki

Platform Heartect, platform unggulan Suzuki Global

Mobil ini menggunakan platform generasi terbaru milik Suzuki global, yaitu HEARTECT yang lebih rigid, namun lebih ringan dan lebih mendukung performa berkendara. Fitur keselamatan yang lain diantaranya:

  • Sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) untuk mencegah ban terkunci saat terjadi pengereman mendadak,
  • Electronic brake-force distribution (EBD) untuk mendistribusikan pengereman secara merata sehingga pengereman lebih solid,
  • Dual SRS airbag untuk pengemudi dan penumpang depan,
  • ISOFIX untuk mengaitkan kursi khusus balita sehingga ayah bundanya bisa duduk dengan tenang dan anak tetap aman.

Fitur Suzuki New Baleno Hatchback 2019 : Hiburan

Foto menunjukkan Head unit Suzuki New Baleno Hatchback 2019

Fitur hiburan cukup untuk menemani perjalanan

Mengantisipasi kebosanan selama perjalanan, Suzuki New Baleno Hatchback 2019 dilengkapi fitur hiburan yang cukup baik dengan display berupa head unit 7 inchi. Ada menu radio AM/FM, pemutar musik dari USB, hingga koneksi dengan android auto dan apple car play. Head unit juga bisa memutar beragam video melalui USB dan SSD yang sebelumnya sudah terisi.

>>> Pilihan Mobil Hatchback Bekas Tahun 2017 Tampilan Dinamis & Cocok Untuk Anak Muda

5. OPERASI SUZUKI NEW BALENO HATCHBACK 2019

Foto menunjukkan mesin Suzuki New Baleno Hatchback 2019

Mesin Suzuki New Baleno Hatchback sama dengan Baleno versi lama

Tidak ada yang berubah dari sistem operasi mobil ini. Mesin masih menggunakan jenis yang sama dengan Baleno versi sebelumnya yaitu K14B berkapasitas 1.400 cc 4-silinder segaris 16 katub DOHC, MPI, VVT. Mesin yang ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 91 Hp (92,4 PS) pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 130 Nm pada putaran 4.200 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan sesuai drivetrain-nya front wheel drive (FWD) dengan tersedia dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

>>> Harga Suzuki Swift 2019: Hatchback Penuh Fitur Dengan Harga Paling Murah Di Kelasnya

6. SPESIFIKASI SUZUKI NEW BALENO HATCHBACK 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.995 mm x 1.745 mm x 1.510 mm

Jarak Sumbu Roda

2.520 mm

Jarak Pijak Depan/Belakang

1.505 mm / 1.510 mm

Jarak terendah 170 mm
Radius putar 4,9 m

MESIN

Tipe Mesin

K14B 4 silinder segaris

Diameter x Langkah

73,0 x 82,0 mm

Isi Silinder

1.393 cc

Perbandingan Kompresi

10.0

Daya Maksimum

92,4 PS @6000 rpm

Torsi Maksimum

130 Nm @4200 rpm

Sistem Bahan Bakar Multi Point Injection

Transmisi

5-Speed M/T / 4-Speed A/T

KAKI-KAKI

Sistem Kemudi Rack & Pinion

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum (Leading & Trailing)

Ban

195/55 R16

7. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SUZUKI NEW BALENO HATCHBACK 2019

Kelebihan

Kekurangan

Desain lebih sporty dan keren

Konsol tengah menonjol ke belakang, sedikit mengganggu penumpang baris kedua yang duduk di tengah

Interior bernuansa baru, dan tetap lapang

Pintu bagasi menyempit dengan bibir terlalu tinggi, cukup menyulitkan jika harus memuat barang berat

Seatbelt bisa diatur naik turun Belum ada kamera parkir meski dudukan kameranya tersedia
Setir sudah tilt dan teleskopik  
Mesin K14B irit BBM  
Harga paling murah di kelasnya  

8. DAFTAR HARGA SUZUKI NEW BALENO HATCHBACK 2019

Foto menunjukkan Suzuki New Baleno Hatchback 2019 tampak dari depan

Suzuki New Baleno Hatchback 2019, harga paling terjangkau dibanding kompetitor

Berbeda dengan Maruti Baleno di India yang tersedia 3 pilihan mesin yaitu bensin, diesel, dan smart hybrid, Suzuki New Baleno Hatchback di Indonesia hanya tersedia satu pilihan mesin bensin dengan dua pilihan tipe transmisi, yaitu Manual Transmission (M/T) dan Automatic Transmission (A/T). Keduanya dijual dengan harga sebagai berikut:

Tipe

Harga (OTR Jakarta)

Suzuki New Baleno M/T

Rp 221.000.000

Suzuki New Baleno A/T

Rp 233.000.000

Harga di atas on the road DKI Jakarta pada Desember 2019. Untuk lokasi dan waktu yang berbeda harga kemungkinan besar tidak sama. Jadi, sebaiknya cek harga aktual Suzuki New Baleno Hatchback di diler resmi Suzuki terdekat.

9.  VIDEO SUZUKI NEW BALENO HATCHBACK 2019

10. KESIMPULAN SUZUKI NEW BALENO HATCHBACK 2019

Tak perlu memaksakan diri untuk membeli model lain yang lebih mahal jika budget terbatas dan Anda membutuhkan mobil 5 penumpang yang lapang, nyaman dan dipenuhi banyak kelebihan. Suzuki New Baleno Hatchback 2019 adalah pilihan paling tepat dan rasional.

Tapi kalau kebutuhan Anda adalah mobil keluarga 7 penumpang, lebih baik Anda memilih mobil low MPV macam All New Ertiga dan kawan-kawannya. Harga tak jauh berbeda, tapi Anda mendapatkan mobil yang bisa mengakomodir lebih banyak penumpang maupun barang. Jadi, apa yang Anda butuhkan?

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga mobil terbaru lainnya di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer