Review Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015 : Mobil Blind Van Yang Tidak Membosankan

28/11/2019 Abdul Review Suzuki

Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015 merupakan mobil dengan bentuk boxy. Mungkin Sobat pernah melihatnya melaju di jalanan Indonesia. Jadi mobil ini bukan merupakan modifikasi dari bengkel tertentu. Akan tetapi diproduksi secara resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales dan melakukan penjualan untuk pasar Fleet.

1. PENGANTAR SUZUKI KARIMUN WAGON R BLIND VAN 2015

Beberapa anggapan menyebutkan bahwa mobil dengan desain boxy cukup membosankan. Mobil besutan Suzuki ini penjualannya dibatasi oleh pihak PT Suzuki Indomobil Sales. Pasalnya mobil tersebut diproduksi dan pemesanannya paling banyak dilakukan oleh salah satu perusahaan rokok di Indonesia yang besar. Yang lebih unik lagi adalah penjualannya dilakukan sampai saat ini.

Dengan menggunakan mobil besutan Suzuki tersebut maka daerah pelosok pun bisa dicapai. Tentunya hal ini menjadi salah satu alasan mengapa salah satu perusahaan rokok terbesar di Tanah Air memilih Suzuki Wagon R Blind Van 2015. Bahkan ada yang menduga bahwa mobil besutan Suzuki ini merupakan hasil modifikasi bengkel tertentu.

2. EKSTERIOR SUZUKI KARIMUN WAGON R BLIND VAN 2015

Review Suzuki Wagon R Blind Van 2015 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015

Bagian depan memakai warna dasar dan biaya lebih murah saat menabrak sesuatu

Jika perbandingan dilakukan dengan tipe lain dari Suzuki Karimun Wagon R, tipe Blind Van ini tampilannya lebih sederhana untuk bagian depan. Jadi untuk foglamp masih belum diberikan, begitu juga grille krom ataupun sensor parkir. Sementara warna dasar masih digunakan di bagian depannya. Akan tetapi terdapat maksud tertentu mengenai desain yang diberikan. Umumnya mobil jenis ini dipakai sebagai ‘kuda perang’, jadi saat menabrak maka dapat dilakukan perbaikan dengan lebih cepat dan biayanya juga murah.

Review Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015 warna putih

Mobil dibuat sederhana dengan pelek ukuran 13 inci

Pada bagian samping masih menggunakan spion yang digerakkan secara manual. Alasannya masih sama dengan bumper yakni saat terjadi kecelakaan atau perlu dilakukan reparasi dapat mengurangi waktu perbaikan. Sementara untuk pelek menggunakan steel dengan ukuran 13 inci untuk menjaga mobil Suzuki Karimun Wagon R Blind Van selama perjalanan.

Review Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015

Bagian belakang tidak ada kaca dan juga wiper belakang

Untuk bagian belakang Sobat  tidak akan menemui wiper, kaca belakang ataupun defogger. Jadi desain pintu belakangnya ini menggunakan desain one piece tanpa diberikan pintu belakang. Terdapat hal positif dan negatif jika menggunakan model ini. Yang mana dari segi kekuatan jadi bertambah untuk positifnya, sedangkan negatifnya adalah visibilitas ke belakang jadi berkurang dan bobot kendaraan juga bertambah.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR  SUZUKI KARIMUN WAGON R BLIND VAN 2015

Review Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015 : Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015

Jok nyaman dengan posisi duduk sangatlah baik

Memang untuk bagian kursi dan posisi duduk banyak yang menyukainya bila dibandingkan dengan saudaranya APV Blind Van. Hal tersebut dikarenakan untuk posisi duduk dibuat lebih rendah dan juga tidak ada gangguan coakan yang berada di dekat pedal gas. Tentunya hal ini dapat memberikan kenyamanan yang lebih saat mengoperasikan mobil Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015.

Review Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015 : Kargo

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015

Dimensi mobil kecil tapi untuk kapasitas bagasi cukup lumayan

Pabrikan mobil Suzuki merupakan salah satu produsen kendaraan asal Jepang dan jago dalam memproduksi mobil kecil atau kei car di negara asalnya. Apabila Sobat memperhatikan mobil dalam segmen kei car, tentunya akan mengetahui desain imut yang diberikan dan juga kapasitas maxi di Jepang. Untuk Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015 memliki bodi yang imut dan kapasitas kargonya tidak diragukan lagi.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR SUZUKI KARIMUN WAGON R BLIND VAN 2015

Review Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015 : Sekat Pemisah Barang

Mobil besutan Suzuki satu ini telah dibekali dengan sekat pemisah yang memisahkan barang dengan kabin bagian depan yang menggunakan bahan steel dan juga proper. Jika dibandingkan dengan Wagon R biasa tentu berbeda karena tidak diberikan tachometer. Jadi untuk fiturnya hanya diberikan adalah indikator bahan bakar, odometer biasa dan speedometer. Walaupun begitu, untuk tampilan speedometer dari Wagon R Blind Van 2015 terlihat menarik dan saat dipandang juga enak.

>>> Klik sini untuk lanjut baca tulisan review mobil Suzuki lainnya

5. OPERASI SUZUKI KARIMUN WAGON R BLIND VAN 2015

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015

Mesin yang dipakai sangat baik dan irit konsumsi bahan bakar

Berlanjut ke bagian performa, yang mana pihak Suzuki membersihkan mesin dengan kode K10B 3 silinder yang sangat baik dan hemat konsumsi bahan bakar. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 68 Ps pada putaran 6.200 Rpm dan torsi puncaknya mencapai 90 Nm pada putaran 3.500 Rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan gearbox 5 percepatan  yang membuat mobil besutan Suzuki tersebut nyaman dipakai di jalan perkotaan.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Mobil Suzuki Karimun Wagon R 

6. SPESIFIKASI SUZUKI KARIMUN WAGON R BLIND VAN 2015

Berikut ini merupakan spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015:

DIMENSI

Panjang

3.600 mm

Lebar

1.475 mm

Tinggi

1.700 mm

Jarak Pijak Antar Roda Depan

1.295 mm

Jarak Pijak Antar Roda Belakang

1.290 mm

MESIN

Seri mesin

K10B, 3 Silinder Segaris, DOHC

Kapasitas Silinder

998 cc

Tenaga Maksimum

65,5 Hp (68 Ps) @ 6.200 rpm

Torsi Maksimum

90 Nm @ 3.500 rpm

Tipe Transmisi

Manual 5 Percepatan

Sistem Penggerak

Penggerak Roda Depan

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut with coil spring

Suspensi Belakang

3 Link Rigid with coil spring

Sistem Kemudi

Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Pelek

Steel 13 inchi

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI KARIMUN WAGON R BLIND VAN 2015

Setiap kendaraan terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitupun untuk mobil besutan Suzuki ini, yang perlu diperhatikan adalah memahami kelebihan dan kekurangannya sehingga dapat memaksimalkan penggunaan. Berikut kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015.

Review Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015 : Kelebihan

Mobil Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015 konsumsi bahan bakarnya cukup irit dan mobil ini juga sangat lincah. Soal performa juga mumpuni dan durabilitasnya telah teruji. Bagi Sobat yang ingin membeli mobil ini tidak perlu mengkhawatirkan soal hal tersebut.

Review Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015 : Kekurangan

Tentunya setiap kendaraan memiliki kelemahan, seperti pada mobil besutan Suzuki ini yang tidak mempunyai audio system. Untuk bobotnya lebih berat apabila dibandingkan dengan versi biasanya. Mobil ini juga belum dibekali dengan power window.

8. DAFTAR HARGA SUZUKI KARIMUN WAGON R BLIND VAN 2015

Kalau soal harga, mobil Blind Van besutan Suzuki ini tergolong murah. Jadi harganya berada di atas Rp. 100 jutaan lebih sedikit. Tentunya hal ini menjadi salah satu nilai plus tersendiri untuk mobil buatan Suzuki satu ini. Dalam kondisi baru, harga Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015 adalah Rp. 125 juta. Berbeda dengan Karimun Wagon R GA yang dibanderol RP. 112,5 juta merupakan tipe terendah dan untuk tipe tertinggi dari Wagon R adalah GS dengan banderol sama yakni Rp. 135 jutaan.

9. VIDEO SUZUKI KARIMUN WAGON R BLIND VAN 2015

10. KESIMPULAN SUZUKI KARIMUN WAGON R BLIND VAN 2015

Bagi Sobat yang memiliki usaha kecil menengah bisa membeli mobil Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015. Jadi dengan mengandalkan mobil ini bisa digunakan sebagai transportasi, apalagi di daerah Sobat jalanannya tidak terlalu lebar.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer