Review Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 : Sang Pembaharu

27/08/2019 Fatchur Sag Review Suzuki

Dibalik desainnya yang kecil, mobil ini ternyata membawa hal yang lebih besar daripada yang kita pikirkan. Dengan kombinasi dari ketiga generasi sebelumnya, Suzuki Jimny 2019 mampu memikat perhatian banyak orang. Desain retro yang dibalut dengan lekukan bodi modern telah memberikan suatu hal yang besar dan cukup untuk merajai berbagai macam jalanan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang si kecil Jimny 2019, khususnya Suzuki Jimny AT 2Tone 2019.

1. PENGANTAR SUZUKI JIMNY AT 2TONE 2019

Tahun 2019 ini, hype yang begitu tinggi telah terjadi. Ini dikarenakan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 terdapat kejutan dari brand Suzuki yang memperkenalkan Jimny generasi keempat setelah sebelumnya perusahaan asal Jepang tersebut tutup mulut pasca suksesnya penjualan generasi ketiga Jimny di pasaran. Jimny 2019 membuat sejarah Jimny yang bermula pada kesuksesan LJ10 berlanjut.

Foto Suzuki Jimny LJ10 - generasi pertama dengan tahun produksi 1970

Suzuki Jimny generasi pertama diproduksi tahun 1970

Melihat bagaimana kebiasaan Suzuki yang mengungkapkan produk terbarunya setahun sebelum produknya dipasarkan, hal berbeda mereka tunjukkan pada gelaran GIIAS 2019 di Tangerang. Tidak ada pernyataan resmi dari pihak Suzuki bahwa akan ada Jimny generasi keempat pada tahun ini, sehingga memantik para Jimny fans untuk bergegas memesan mobil legendaris ini.

Suzuki Jimny 2019 adalah satu-satunya peserta yang bermain di model Compact SUV berdesain retro menjadikannya berbeda dan terkesan mewah, padahal unit ini dibanderol dengan harga yang relatif murah untuk kantong masyarakat Indonesia. Namun sebelum memutuskan untuk membawa pulang, ada baiknya kita simak terlebih dahulu review dan spesifikasinya di bawah ini, khususnya Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 yang merupakan tipe tertinggi.

2. EKSTERIOR SUZUKI JIMNY AT 2TONE 2019

Tampilan yang dihasilkan oleh generasi keempat ini mencerminkan bagaimana generasi sebelumnya terbentuk dari satu dekade lebih, sehingga sudah pasti banyak yang sudah dilakukan oleh Suzuki dalam mengembangkan model ini, namun dengan tetap mempertahankan desain Compact, sistem 4x4, dan kesederhanaan eksterior yang berbalut dengan wajah modern.

Review Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 : Bagian Depan

Foto Suzuki Jimny 2019 dari arah depan

Tampilan depannya sudah mengesankan sebagai kendaraan off road

Pada bagian depan eksterior, Jimny terlihat lebih tegas dengan bentangan sisi lebar 1.600 mm, dan panjang yang hanya 3.645 mm. Bagian lampu dilengkapi dengan sistem Front Fog Lamp, dan lampu berbentuk bundar, Lampu Side Repeater (sen) juga dipasang dengan bentuk besar dan LED. Sungguh terlihat jadul namun Stylish. Bumper depan terlihat tajam dan kokoh yang terbuat dari plastik berwarna hitam pekat. Bagian depan ini akan pasti membuat kita berpikir “inilah Jimny 2019”, karena tidak ada yang menyamainya.

Review Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 : Bagian Samping

Foto Suzuki Jimny 2019 dari arah samping

Meski dimensinya compact, Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 punya fender yang cukup besar

Bagian samping memiliki fender berukuran besar dan diberi karakter kuat dengan balutan warna hitam lengkap dengan spion yang berwarna serupa. Disamping kiri dan kanan terdapat dua pintu berbahan Fiberglass yang ampuh untuk menunjang mobil dalam berjalan di kondisi medan berat.

Review Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 : Bagian Belakang

Foto bagian belakang Suzuki Jimny 2019

Ban menggantung di belakang dipertahankan demi memberikan kesan garang

Sementara itu, terdapat ban cadangan yang terpasang di belakang mobil dengan satu buah pintu dengan di atasnya dilengkapi dengan Stop Lamp. Bumper belakang dibalut dengan warna yang sama persis dengan Fender.

Secara garis besar, keseluruhan eksterior Jimny 2019 tampil dengan desain retro yang modern dan keren, juga ukuran yang minimalis membuat sudut pandang dari seberang jalan seakan hampir terlihat seperti mobil mainan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR SUZUKI JIMNY AT 2TONE 2019

Sebagai tipe SUV berukuran Compact, Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 lebih cocok untuk perjalanan dua orang dengan satu koper besar diletakkan di belakang. Namun Suzuki mendesainnya untuk muat 4 orang sekaligus sehingga mereka bisa beramai-ramai untuk jarak pendek tanpa menginap. Rancangan Suzuki untuk desain interior Jimny dinilai sangat baik, sebagaimana ulasan berikut:

Review Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 : Kabin

Duduk di kursi bagian depan kemudi, pengemudi bisa meraih sesuatu yang terletak di dashboard bagian kiri tanpa kesulitan sedikitpun, seperti pada generasi Jimny sebelumnya. Tapi dimensi ini lebih panjang dan tinggi dari generasi sebelumnya. Komponen kabin lebih banyak yang terbuat dari plastik keras dan kasar. AC dan layar entertainment 9 inch juga terpasang pada kabin Jimny 2019 yang bernuansa gelap ini.

Review Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 : Dashboard dan Setir

Foto menunjukkan Dashboard dan setir Suzuki Jimny 2019

Dashboard dan setir Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 didominasi warna hitam

Mobil ukuran kecil ini berpengaruh terhadap fitur dan desain Dashboard yang mengikuti tema minimalis, setiap panel atau tombol pengatur dalam dashboard bisa dengan mudah kita atur tanpa kesulitan dalam posisi duduk.  

Namun, dibalik keunggulan konsep minimalis yang dipasangnya, setir yang agak dekat bisa membuat kita terjepit pada kondisi rem mendadak. Setir Jimny ini juga sudah terpasang tombol audio dan Cruise Control. Sudut kemiringan pada kemudi juga bisa disesuaikan, sehingga kenyamanan dalam mengemudi secara umum sangat baik. Namun tidak ada Telescopic Steering, yaitu pengaturan untuk mengatur maju mundur stir.

Review Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 : Kursi/jok

Foto konfigurasi kursi Suzuki Jimny 2019

Konfigurasi kursi Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 bukan untuk keluarga besar

Dengan ukuran mobil yang Ultra-Compact, jangan berharap Anda bisa meregangkan kaki dengan lebar. Kabin dan kursi depan masih relatif nyaman bagi seseorang yang memiliki tinggi badan sekitar 170 cm. Berbanding terbalik bagi kursi bagian belakang, dengan ukuran yang sempit yang bisa membatasi pergerakan seorang yang bertinggi 170 cm.

Tapi dengan ukuran yang kecil, kursi-kursi bisa diduduki dengan nyaman dan empuk, bagian kursi depan berteknologi Slide Front Seats yang bisa memudahkan penumpang belakang untuk masuk dan keluar. Kita juga bisa melihat tepi kap depan mobil secara baik, sehingga titik buta pada supir berkurang secara signifikan. Jumlah kursi depan dan belakang secara keseluruhan 4.

Review Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 : Bagasi

Foto Bagasi Suzuki Jimny 2019

Bagasi luas bisa menampung banyak barang

Volume bagasi berkapasitas 377 liter, kapasitas itu jika kursi bagian belakang dilipat. Namun jika kedua kursi belakang dipasang berdiri, kita hanya bisa memuat satu buah ransel besar dengan isi penuh. Bagasi ini cocok hanya untuk orang yang pergi berkemah atau berwisata dengan barang bawaan yang tidak banyak.

>>> Baca juga:

4. FITUR SUZUKI JIMNY AT 2TONE 2019

Teknologi Cruise Control yang tersemat dalam fitur Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 memudahkan memberi kemudahan saat berkendara, dan juga suhu AC yang bisa diatur tergambar jelas oleh layar 9 inch. Layar tersebut juga bisa kita jalankan dengan operasi smartphone Android maupun IOS. Dibawah ini terdapat penjabaran lengkap tentang fitur keselamatan dan kenyamanan.

Review Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 : Fitur Keselamatan

Foto Fitur Keselamatan Suzuki Jimny 2019 - airbags

Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 punya fitur keselamatan lebih baik

Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 hanya mendapatkan rating 3 bintang oleh asosiasi standar penilaian dan kinerja keselamatan mobil, ANCAP dan EuroNCAP. Rating itu dihasilkan oleh catatan bahwa Airbag tidak cukup aman ketika mobil disimulasikan tertabrak atau kecelakaan dengan seorang dummy di dalam kemudinya. Dummy tersebut mengalami kehancuran yang cukup serius.

Untuk mengakomodasi kendaraan melewati jalanan berkelok, Jimny dilengkapi dengan sistem Hill Descent Control sebagai pengatur kecepatan saat melewati jalan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Jimny juga memiliki sistem Autonomous Emergency Braking, kursi jok dengan lisensi ISOFIX dengan pengait di bagian atas yang bisa meningkatkan keamanan pengendara dan penumpang. Dan juga dilengkapi dengan fitur Hill Descent Control yang otomatis bekerja ketika kendaraan melewati jalanan naik turun.

Review Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto Head Unit Suzuki Jimny 2019

Fitur kenyamanan juga lebih baik dibanding generasi sebelumnya

Layar sentuh yang bagus dan jernih membuat kenyaman akan konektivitas dalam menjalankan smartphone berjalan dengan lancar. Namun terkadang membutuhkan dua sentuhan untuk mengetuk layar, karena kurangnya sensitivitas. Sistem navigasi yang yang terhubung dengan layar juga beroperasi dengan baik meskipun hanya berbasis tampilan map dasar (belum 3D). Tapi secara keseluruhan, beberapa fitur ini sangat baik dengan struktur dasar, sehingga cocok untuk beberapa orang dengan pengetahuan teknologi yang minim.

Di Bagian kabin juga terdapat satu buah lubang USB yang bisa digunakan sebagai transfer data maupun proses charging handphone.

5. OPERASI SUZUKI JIMNY AT 2TONE 2019

Foto Mesin Suzuki Jimny 2019

Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 dibekali mesin yang sama digunakan pada All New Ertiga

Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 memiliki dapur pacu berkapasitas 1.462 cc yang berbahan bakar Gasoline atau bensin. Meski berbahan bakar bensin, konsumsi BBM-nya tergolong irit. Ini berkat teknologi Multi Point Injection yang berfungsi sebagai pembakaran agar lebih efisien. Dipadu dengan transmisi otomatis 4 percepatan tenaga yang dihasilkan dari mesin mencapai 102 Ps pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi maksimum 130 Nm pada putaran mesin 4000 rpm. Lebih lengkap tentang spesifikasi Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 bisa dilihat pada tabel di bawah.

6. SPESIFIKASI SUZUKI JIMNY AT 2TONE 2019

Dimensi

Panjang

3625 mm

Lebar

1465 mm

Tinggi

1720 mm

Jarak sumbu roda

2250 mm

Jarak terendah 210 mm
Radius putar 4850 mm

Mesin

Jenis

K15B 4 Silinder
Kapasitas Silinder 1462 cc

Tenaga Maksimum

102 Ps @6000 rpm

Torsi Maksimum 130 Nm @ 4000 rpm

Bahan bakar

Bensin

Sistem bahan bakar Multipoint Injection

Transmisi

Otomatis 4 percepatan

Kaki-kaki

Sistem kemudi

Recirculating Ball

Suspensi depan

3- Link Rigid Axle with Coil Spring

Suspensi belakang

3- Link Rigid Axle with Coil Spring

Rem depan

Soild Disk

Rem belakang

Drum, Leading and Trailing

Ukuran Ban

195/80 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI JIMNY AT 2TONE 2019

Kelebihan

Kekurangan

Desainnya unik dan modern sehingga sangat cocok untuk dibawa di jalan yang beragam Tidak dilengkapi dengan Telescopic Steering, sehingga kurang cocok untuk pengemudi yang bertubuh gemuk
Suspensi yang bagus, cocok untuk medan yang berat Ruang bagasi hampir dikatakan tidak ada jika kursi bagian belakang digunakan
Dilengkapi dengan fitur Cruise Control, Climate Control, dan sistem pendingin ruangan Kursi belakang tidak cocok untuk orang yang bertubuh tinggi, karena ruang kaki yang sempit
Body yang minimalis, sehingga dengan mudah untuk mengontrol setiap belokan dan tikungan yang tajam Karena diiimpor dan kuota terbatas setiap bulannya, mobil ini cukup mahal
Kabin yang luas jika kursi bagian belakang tidak digunakan  
Dibekali dengan mesin 4WD  

8. DAFTAR HARGA SUZUKI JIMNY AT 2TONE 2019

Foto Suzuki Jimny 2019 tampak dari samping depan

Harga Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 di Indonesia adalah yang paling murah dibanding di negara lain

Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 adalah tipe tertinggi dari Suzuki Jimny yang dijual di Indonesia, secara otomatis mobil ini punya harga jual paling tinggi pula. Di bulan ini (Agustus 2019) Suzuki Jimny AT 2Tone dijual dengan harga Rp 330.000.000 On The Road DKI Jakarta. Untuk wilayah dan waktu yang berbeda, harga bisa saja berbeda atau lebih mahal.

9. VIDEO SUZUKI JIMNY AT 2TONE 2019

10. KESIMPULAN SUZUKI JIMNY AT 2TONE 2019

Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 nampaknya memiliki segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mobil jenis Off-Road, dengan sistem pengereman, entertainment, suspensi, dan kecepatan yang cukup sangat cocok untuk digunakan dalam keadaan jalan yang buruk. Ditambah lagi, desain yang mengadopsi generasi terdahulu, tidak akan membuat pengguna setia Jimny kecewa. Kalau Anda tertarik, Anda mesti sabar menanti karena inden mobil ini cukup lama berbulan-bulan. Ini dikarenakan Suzuki Jimny AT 2Tone 2019 tidak diproduksi di Indonesia.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer