Review Suzuki Jimny 2018: Menjadi SUV Sesungguhnya

10/08/2018 Metodius Review Suzuki

Hadirnya segmen SUV dengan beragam desain dan model mulai menyamai rekor penjualan MPV. Di Indonesia sendiri SUV sudah cukup laris, karena pasar Indonesia memiliki potensi yang unik. Suzuki Indomobil Sales hadir di GIIAS 2018, kehadirannya mampu menjadi magnet besar bagi para pengunjung di booth Suzuki.

1. PENGANTAR

Review Suzuki Jimny 2018 - Suzuki Jimny merupakan SUV yang diproduksi sejak tahun 1970 untuk pasar global. Jika anda pecinta mobil off-road dengan style yang berbeda, Jimny merupakan jawabannya. SUV ini dirancang untuk off-road dan melibas semua medan jalan yang berat sekalipun. Mobil ini memiliki panjang keseluruhan 3.645 mm, lebar 1.645 mm dan tinggi 1.725 mm, dengan kapasitas bahan bakar 40 liter. Kini Suzuki Jimny telah kembali, Suzuki menghadirkan Jimny sang legenda di kelas Compact SUV khusus bagi pecinta off-road. Desain eksterior yang menampilkan sosok SUV sesungguhnya dan siap mengajak anda untuk bertualang dan juga menjelajah tempat-tempat baru. Dengan slogan Jimny Legendary Gear, Suzuki masih memiliki harapan dalam penjualan SUV kompak ini, apakah anda salah satu yang tertarik dengan Suzuki Jimny, jika ya silakan simak pembahasan Hargamobil.com berikut ini.

2. EKSTERIOR

Sebagai SUV, Jimny cukup meyakinkan, penyuka off-road wajib menjadikan mobil ini ke dalam list utama pembelian. Meskipun Jimny 2018 terbaru ini belum dijual di Indonesia, tetapi kehebohannya masih bisa Anda rasakan dalam event GIIAS 2018 di ICE BSD. Hargamobil.com akan membahas lebih lanjut mengenai eksterior Suzuki Jimny 2018.

  • Review Suzuki Jimny 2018: Tampak Depan

Sisi Depan Suzuki Jimny 2018 Mendapat Grill Hitam Tebal

Bagian Depan Suzuki Jimny

Mari kita mulai dari eksteriornya grill hitam tebal bentuk vertikal menjadi desain utamanya dilengkapi juga desain lampu utama halogen yang bulat dengan multireflector, memang seperti terlihat jadul, tapi kualitas desain SUV sesungguhnya sangat terlihat. Fog lamp juga terlihat dari bagian depannya, agar memberikan pencahayaan maksimal ke sisi depan mobil.

  • Review Suzuki Jimny 2018: Tampak Samping

Fender Besar Dan Kekar Di Sisi Samping Suzuki Jimny 2018

Sisi Samping Jimny 2018

Pada sisi samping mobil ini terlihat sangat boxy, mobil ini terlihat macho dengan Fender besarnya. Garis panjang begitu tegas melintang, pada varian dua warnanya juga cukup menarik dimana bagian atapnya dibalut dengan warna hitam. Sedikit kebawah kami melihat ada pelek steel wheel berukuran 205/70 R15.

  • Review Suzuki Jimny 2018: Tampak Belakang

Bagian Belakang Suzuki Jimny 2018 Terlihat Tinggi

Bagian Belakang Suzuki Jimny 

Bergerak ke belakang, Suzuki Jimny 2018 terlihat begitu tinggi, serta mobil ini mendapat stop lamp yang cukup menarik dan modern di bagian atas kaca belakang mobil. Tidak lupa pada bagian belakang Spare tire diperlihatkan secara terang-terangan, dan yang paling penting kaca belakang mobil cukup besar dan memastikan bahwa pengemudi mendapat visibilitas terbaik.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Bukan hanya dari luarnya, kesan macho pada Jimny kembali hadir pada bagian interiornya. Lekukan tergas terlihat mulai dari dashboard, trim hingga kursinya. Warna hitam menjadi senjata utama bagi Jimny 2018, tentu warna hitam membuat SUV legend ini lebih maskulin dan juga eksklusif.

  • Review Suzuki Jimny 2018: Dasboard

Dashboard Suzuki Jimny 2018 Lebih Rapi Dengan Lekukan Tegas

Dashboard Jimny 2018

Lekukan tegas nan menarik hadir pada bagian ini, warna hitam yang ada menjadikan Jimny lebih enak dilihat. Susunan dashboard begitu rapi dan kini lebih banyak fitur di dalamnya, seperti head unit yang support untuk beragam format audio, pengaturan AC terbaru dengan output lebih menarik dan tidak lupa tetap kaya dengan tempat penyimpanan.

  • Review Suzuki Jimny 2018: Setir

Suzuki Jimny 2018 Mendapat Setir Lebih Modern

Kemudi Suzuki Jimny 2018

Kemudi Jimny terbaru jauh lebih menarik dan modern, kami menilai justru kemudinya lebih mirip dengan konsep kemudi mobil Suzuki lainnya seperti Swift dan Ignis. Kualitas dari material kemudinya pun dirasa lebih baik ditambah jahitan-jahitannya lebih terasa, ukuran kemudi juga porporsional. Untuk pengaturan juga tidak sulit, kemudahan pengaturan audio ada pada sisi kirinya, lalu kanan fitur cruise control.

  • Review Suzuki Jimny 2018: Kursi

Kabin Suzuki Jimny 2018 ini sebetulnya cukup luas, tetapi kami tetap menyarankan kursi mobil ini di isi tidak lebih dari empat (4) penumpang, karena jika lebih dari 2 orang di baris kedua, pasti terasa cukup sempit. Material kain pada jok Jimny 2018 tidak buruk, kerebahan pada baris keduanya masih normal dan tidak terlalu tegak sehingga kenyamanan penumpang akan jauh lebih baik.

  • Review Suzuki Jimny 2018: Bagasi

Suzuki Jimny 2018 Dengan Bagasi Yang Lebih Besar

Bagasi Jimny 2018

Sulit dipercaya, Suzuki Jimny 2018 ini memiliki kapasitas bagasi yang cukup luas untuk membawa bebebapa barang keperluan Anda selama bertualang. Bagasi Jimny tidak ada pembatas dan cenderung datar, sehingga akses keluar masuk barang akan menjadi mudah.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

Suzuki tetap memberikan kualitas yang terbaik bagi setiap produk yang dikeluarkannya. Pada SUV Legendnya ini Suzuki membekali beberapa fitur safety seperti, Antilock Breaking System (ABS) yang akan membantu untuk mencegah roda mengunci saat pengereman, Dual SRS Airbag untuk mengurangi cidera, High Beam Assist, Weaving Alert hingga Lane Departure Warning serta Traffic Sign Recognation yang memberikan notifikasi audio jika mobil keluar dari marka jalan.

>>> Tips Memilih Filter Oli Mesin Pada Mobil

5. OPERASI

Suzuki Jimny 2018 Dibekai Mesin K15B

Mesin Jimny Menggunakan Mesin Yang Sama Dengan Ertiga

Suzuki Jimny kali ini lebih tinggi ccnya dari yang sebelumnya, dari 1.3L menjadi 1.5L. Dengan mesin yang sama dengan Ertiga yaitu 1.5L, mampu menghasilkan tenaga sebesar 75kw dan torsi 130Nm, tenaga ini disalurkan dengan transmisi Part-Time 4 Wheel Drive (4WD) yang disebut Suzuki ALLGRIP PRO.

>>> Simaklah review mobil lainnya dengan klik sini

6. SPESIFIKASI

Setelah membahas semua sisi Suzuki Jimny 2018, berikut ini adlaah singkatan spesifikasinnya.

 

Spesifikasi Suzuki Jimny 2018

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

3.645 mm x 1.645 mm x 1.725 mm

Jarak Poros Roda

2.250 mm

Jarak Pijak Depan

1.395 mm

Jarak Pijak Belakang

1.405 mm

Mesin

Tipe Mesin

K15B, 4 Silinder Segaris 16 Katup

Isi Silinder

1.462 cc

Tenaga Maksimal

75 kw @6000rpm

Torsi Maksimal

130 Nm @4000rpm

Transmisi

5-speed Manual / 4-speed Otomatis

Chassis

Suspensi Depan

3-Link Rigid Axle dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

3-Link Rigid Axle dengan Coil Spring

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum, Leading dan Trailing

Ukuran Ban

195/80 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Saat review Suzuki Jimny 2018, inilah beberapa kelebihan dan kekuranganya yang Hargamobil.com dapat.

 

Kelebihan

Kekurangan

Menggunakan mesin lebih besar

Masih banyak material keras di dalam kabinnya

Eksterior dan interior desain lebih menarik dan modern

Fitur lebih lengkap ada pada pasar Eropa, belum ada info pasti masuk fitur terbaik ke dalam negeri

Fitur interior tidak monoton dan lengkap

 

Keselamatan bertambah baik

 

8. DAFTAR HARGA

Meskipun sudah dipamerkan pada ajang GIIAS 2018, pihak Suzuki masih belum memberikan kami dari Hargamobil.com ataupun wartawan lain soal harganya. Kami maklum karena mobil ini belum resmi di jual di tanah air, ketika sudah diperoleh harga resminya, kami akan langsung berikan update kepada pembaca kami.

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Suzuki Jimny kembali hadir dengan penyegaran yang memukau, hadirnya mobil konsep pada ajang GIIAS memberikan isyarat bahwa Jimny terbaru ini akan segera dijual di tanah air. Mesin yang digunakan memang besar, lebih besar dari versi sebelumnya, kini Jimny ditawarkan dengan mesin 1.5L. Interior Jimny memang lebih menarik tetapi masih ada sedikit perhatian dibagian material kabinnya, masih ditemukan material keras bukan material empuk di mobil yang diperkirakan akan menyentuh harga Rp 250 hingga Rp 300juta.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

 

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer