Review Suzuki Futura 1991: Mobil Legendaris Yang Beredar Di Seluruh Dunia Dengan Beragam Nama

07/01/2019 Fatchur Sag Review Suzuki

Suzuki Carry Futura atau Suzuki Futura adalah salah satu varian produk mobil pick up serta minibus paling populer yang pernah dibuat dan diperdagangkan oleh Suzuki di Indonesia. Suzuki Futura merupakan mobil yang pernah merajai jalanan dan pasaran pada masanya karena kombinasi utilitas tinggi dan harga yang terjangkau. Sebagai salah satu mobil legendaris; tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan singkat tentang mobil tangguh dan serba guna ini. Inilah dia review Suzuki Futura 1991.

1. PENGANTAR SUZUKI FUTURA 1991

Review Suzuki Futura 1991Suzuki Futura 1991 merupakan salah satu varian Suzuki Carry; mobil truk mini ini masuk dalam golongan mobil Kei atau mobil ringan yang berukuran kecil. Suzuki Carry telah diproduksi dengan ragam nama yang sangat banyak di berbagai negara. Suzuki Futura merupakan salah satu produk tersukses dari Suzuki di pasar Indonesia. Mobil ini diproduksi oleh Suzuki Indomobil Sales sejak tahun 1991. Perpaduan antara desain sederhana dan efisiensi serta utilitas tinggi menjadi kelebihan utama yang melekat di mobil ini. Ditambah dengan harga yang terjangkau membuat Suzuki Futura mampu merajai pasar otomotif pada waktu itu.

Suzuki Futura di Indonesia mengalami sedikit perubahan desain dan pertama kali dipasarkan pada bulan Februari 1991. Produk ini diluncurkan sebagai jawaban Suzuki atas dominasi Daihatsu Zebra yang dipasarkan sejak 1989. Mobil ini merupakan salah satu proyek bersama antar produsen mobil dari Jepang; jauh sebelum era Toyota dan Daihatsu bekerja sama membuat Avanza dan Xenia. Suzuki berbagi platform dengan Mitsubishi untuk menghasilkan Suzuki Futura dan Mitsubishi Colt T120ss. Varian lain yang muncul dari platform yang sama adalah Suzuki Adventura yang dikerjakan oleh perusahaan karoseri lokal Adiputro. Mobil ini juga menjadi satu – satunya mobil Suzuki yang dijual dengan menggunakan merek Chevrolet serta Ford di pasar Amerika dan Eropa.

Foto mobil Suzulight Carry Van FBD (1964–1965)

Suzulight Carry Van FBD (1964–1965), cikal bakal Suzuki Futura dan semua model Suzuki Carry di seluruh dunia

Selain nama Futura, Colt T120SS, dan Adventura, Suzuki Futura punya beragam nama di berbagai negara, yaitu:

  • Autozam Scrum (Jepang)
  • Bedford Rascal (Inggris)
  • Chevrolet CMV/CMP (Kawasan Amerika Latin)
  • Chevrolet Super Carry (Kolombia dan Venezuela)
  • Daewoo Damas (Korea Selatan)
  • Holden Scurry (Australia)
  • Mitsubishi Colt T120SS (Indonesia)
  • Hafei Songhuajiang HFJ6350 (China)
  • Chang'an SC6330 (China)
  • ZAP Truck XL (Amerika Serikat)
  • Ford Pronto (Taiwan)

2. EKSTERIOR SUZUKI FUTURA 1991

Sebagai generasi kedelapan dan generasi penerus Suzuki Carry generasi-generasi sebelumnya, Desain Suzuki Futura 1991 dirancang tanpa meninggalkan kesan sebagai mobil untuk mobilitas tinggi.

Review Suzuki Futura 1991: Desain Eksterior Depan

Foto Suzuki Futura 1991 tampak dari depan

Suzuki Futura 1991 punya ciri khas sisi depan melengkung

Suzuki Futura 1991 memiliki tampilan luar yang sederhana. Kesan sederhana dan mengutamakan utilitas memang terlihat sangat jelas. Terdapat dua varian Suzuki Futura yang diluncurkan oleh Suzuki. Varian pertama berupa mobil niaga bertipe pick up dan varian kedua berupa mobil minivan atau minibus. Kedua varian tersebut memiliki tampilan depan yang sama dengan tampilan sisi depan melengkung dilengkapi tata letak serta desain lampu depan, grille dan bumper yang sederhana. Lampu sein tidak algi terpisah di bagian bawah, tapi dibuat menyatu dengan lampu utama dengan letak di sisi luar kanan dan kiri. Sekali lagi, meski masih sederhana, tapi tatanan ini memberikan kesan mewah pada saat itu.

Review Suzuki Futura 1991: Desain Eksterior Samping

Foto Suzuki Futura 1991 tampak dari samping

Seperti bagian depan yang sederhana, bagian samping Suzuki Futura 1991 juga tampak sederhana

Dilihat dari arah samping Suzuki Futura 1991 terdapat satu garis bodi yang halus memanjang dari ujung lampu depan hingga menyentuh lampu belakang. Tiga pilar jendela yaitu B, C, dan D memberikan petunjuk kalau mobil ini didesain menampung lebih banyak penumpang dengan konfigurasi tiga baris kursi.

Pada varian pick up; Futura memiliki kabin untuk dua penumpang dan bagian belakang seluruhnya digunakan sebagai ruang angkut. Sedangkan pada varian minibus; Futura memiliki kabin yang terkesan cembung dari sisi luar untuk menampung dua baris bangku penumpang di belakang kabin pengemudi.

Review Suzuki Futura 1991: Desain Eksterior Belakang

Foto bagian belakang Suzuki Futura 1991

Bagian belakang Suzuki Futura 1991 serasi dengan bagian samping dan depannya

Dari arah belakang langsung bisa diketahui kalau mobil ini adalah minibus atau van. Ini terlihat dari desain mengotak dengan jendela kaca besar di bagian atas. Sementara di bagian bawah jendela terdapat pintu horizontal yang merupakan pintu bagasi. Beda kan dengan mobil zaman now dimana hampir seluruh bagian belakang adalah pintu bagasi. Meski berdesain mengotak hampir tidak ada bagian yang menyudut sebab semuanya dirancang melengkung seperti halnya eksterior bagian muka.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR SUZUKI FUTURA 1991

Masuk ke bagian dalam terlihat kalau interior Suzuki Futura 1991 dirancang mengutamakan sisi fungsionalitas baik itu untuk kendaraan penumpang maupun kendaraan niaga.

Review Suzuki Futura 1991: Ruang Kabin

Secara menyeluruh ruang kabin Suzuki Futura 1991 nampak lapang dan lega. Hal ini karena mobil tidak memiliki banyak fitur yang memerlukan tempat lebih banyak. Tidak ada arm rest dan kompartemen di antara kursi pengemudi dan penumpang baris depan. Tidak ada pula kompartemen di bagian pintu atau cup holder buat meletakkan botol minuman. Tidak ada AC double blower bawaan yang membuat bagian atap jadi lebih rendah. Untuk produk-produk tahun berikutnya, beberapa fitur di atas mulai ditambahkan.

Foto interior Suzuki Futura 1991

Salah satu keunggulan Suzuki Futura 1991 adalah daya tampungnya yang cukup besar mirip mobil low MPV zaman now

Review Suzuki Futura 1991: Dashboard dan Setir

Bagian dashboard dibuat dengan desain yang sangat sederhana. Bagian tersebut berbahan plastik tanpa ada bahan pelapis. Roda setir juga dibuat dengan desain sederhana dan ergonomis karena mengutamakan aspek utilitas. Semua piranti pengaturan fitur belum ada yang digital, masih manual menggunakan tombol-tombol atau pemutar.

Review Suzuki Futura 1991: Kursi

Bangku penumpang memiliki tampilan sederhana dengan sandaran kepala permanen serta  menggunakan bahan kulit sintetis. Tata ruang kabin belakang untuk varian minibus memiliki dua baris bangku penumpang. Baris paling belakang dapat digunakan untuk menampung 3 penumpang. Sedangkan baris tengah terdiri dari 2 bangku penumpang yang terpisah oleh gang sebagai akses menuju baris belakang.

Review Suzuki Futura 1991: Ruang Bagasi

Suzuki Futura 1991 memiliki bagasi di bagian belakang kursi baris ketiga. Meski tidak seluas mobil-mobil berdimensi besar, bagasi ini cukup untuk menyimpan berbagai barang bawaan penting saat bepergian bersama keluarga seperti tas pakaian, dan juga bermacam bekal. Tidak seperti mobil-mobil keluarga saat ini yang seluruh pintu belakang bisa dibuka, pintu bagasi Suzuki Futura 1991 berada di bawah jendela kaca dengan ukuran lebih kecil.

>>> Artikel terkait:

4. FITUR SUZUKI FUTURA 1991

Sebagai produk awal dekade 90-an, Suzuki Futura 1991 belum memiliki banyak fitur seperti hanya mobil kekinian. Meski demikian, mobil ini sudah menyematkan beberapa fitur keselamatan dan fitur kenyamanan.

Foto bagian dashboard Suzuki Futura 1991

Sebagai mobil komersial yang mengutamakan fungsi atau aspek utilitas; Suzuki Futura 1991 terbilang minim kelengkapan fitur.

Review Suzuki Futura 1991: Fitur Keselamatan

Suzuki Futura 1991 sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman untuk penumpang bagian depan dan pengemudi. Namun belum ada airbag, sistem pengereman ABS, apalagi berbagai sensor-sensor. Untuk hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan, skill dan perilaku pengemudi yang baik sangat dibutuhkan.

Review Suzuki Futura 1991: Fitur Kenyamanan

Suzuki Futura tipe SRV atau Standard Real Van sebagai varian terendah tidak memiliki fitur hiburan dan kenyamanan. Varian ini memiliki ciri khas berupa velg kaleng yang digunakan. Sedangkan tipe DRV atau Deluxe Real Van telah dilengkapi sistem audio sederhana berupa radio dan pemutar kaset. Varian ini juga masih menggunakan velg kaleng; tetapi sudah dilengkapi sistem AC pendingin ruangan single blower. Varian tertinggi Suzuki Futura 1991 adalah Grand Real Van yang dilengkapi radio tape, AC blower ganda, central lock dan memiliki ciri velg racing.

>>> Simak di sini untuk ulasan lengkap dari model Suzuki lainnya

5. OPERASI SUZUKI FUTURA 1991

Foto Mesin G13 yang diaplikasikan pada Suzuki Futura 1991 dan beberapa model lain

Suzuki Futura 1991, model pertama yang menggunakan mesin G13

Suzuki Futura 1991 dikenal memiliki 2 varian berupa varian pickup dan minibus. Sedangkan pada varian minibus terdapat 3 tipe dengan spesifikasi yang berbeda – beda. Untuk varian mesin yang digunakan; terdapat 2 jenis mesin dengan kapasitas silinder yang berbeda.

  • Suzuki Futura varian pickup dan varian minibus tipe Standard Real Van serta Deluxe Real Van menggunakan mesin G13A berbahan bakar bensin. Mesin ini memiliki kapasitas silinder 1326 cc.
  • Sedangkan untuk Suzuki Futura tipe Grand Real Van menggunakan mesin G15A dengan kapasitas silinder 1492 cc.

Setiap mesin yang digunakan Suzuki Futura 1991 dengan mesin G13A menggunakan mesin berkonfigurasi 4 silinder inline dengan kelengkapan 8 katup. Mesin 1326 cc yang digunakan memiliki konfigurasi Bore X Stroke 74.0 X 77.0 mm atau bertipe overstroke. Mesin ini memiliki kemampuan menghasilkan daya maksimal 63 PS pada putaran 6000 rpm dan torsi maksimal 100 NM pada putaran 3500 rpm.

Sedangkan untuk mesin G15A memiliki konfigurasi Bore X Stroke 75 X 84,5 mm. Mesin ini dilengkapi 4 silinder SOHC dengan 16 silinder. Mesin ini juga telah dilengkapi dengan sistem multi point injection. Mesin ini memiliki kemampuan menghasilkan daya maksimal sebesar 78,8 PS pada putaran 5500 rpm dan mampu menghasilkan torsi maksimal 122 Nm pada putaran 3000 rpm.

Baik mesin 1326 cc dan 1492 cc masih menggunakan sistem distribusi bahan bakar berupa karburator. Suzuki Futura 1991 dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan dan menggunakan sistem penggerak roda belakang. Tidak ada varian dengan transmisi otomatis untuk produk Suzuki Futura pada tahun tersebut.

>>> Ikuti juga tips dan trik perawatan mobil yang akan sangat membantu Anda

6. SPESIFIKASI SUZUKI FUTURA 1991

Spesifikasi Suzuki Carry Futura

Jenis

Minibus / Pick Up

Tipe

Futura

Mesin

G13 SOHC 1300cc

G15 SOHC 1500cc

Bore X Stroke

74.0 X 77.0 mm (G13)

75 X 84.5 mm (G15)

Sistem Bahan Bakar

Karburator

Multi Point Injection

Transmisi

Manual 5 Speed

Wheelbase

1.840 mm

Panjang

3.275 mm

Lebar

1.475 mm

Tinggi

1.800 mm

 

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI FUTURA 1991

Suzuki Futura 1991 merupakan salah satu mobil paling populer dan juga paling laris pada masanya. Produk ini merupakan salah satu produk terbaik yang pernak dipasarkan Suzuki di pasar otomotif tanah air. Sebagai salah satu produk yang pernah sangat populer; Suzuki Futura 1991 memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan.

Kelebihan Suzuki Futura 1991

  • Mesin yang handal dengan spesifikasi ideal sebagai mobil komersial maupun mobil keluarga.
  • Varian pickup memiliki desain yang sangat ideal sebagai mobil komersial serba guna.
  • Spesifikasi mesin yang ideal sehingga hemat bahan bakar dengan kekuatan yang memadai sebagai mobil komersial maupun mobil keluarga / angkut penumpang.
  • Kapasitas angkut yang ideal baik untuk tipe pickup maupun tipe minibus.
  • Memiliki suku cadang yang murah serta mudah diperoleh.
  • Harga yang murah dengan kualitas yang baik.
  • Memiliki harga yang stabil; bahkan hingga saat ini.

Kekurangan Suzuki Futura 1991

  • Desain yang sederhana dengan tampilan yang berkesan kaku.
  • Lebih mengutamakan aspek fungsional dibandingkan aspek estetika atau tampilan menarik.
  • Menggunakan sistem peredam kejut yang kurang nyaman karena masih menggunakan per daun.
  • Sasis yang tinggi cocok untuk peran sebagai mobil komersial; tetapi membuat mobil kurang stabil ketika dipacu pada kecepatan tinggi.
  • Interior sederhana dengan tata letak bangku yang lebih mengutamakan kapasitas dibandingkan kenyamanan.
  • Hanya tersedia dengan transmisi manual saja.
  • Minim kelengkapan fitur keamanan dan keselamatan.
  • Minim fitur hiburan dan kenyamanan.

8. DAFTAR HARGA SUZUKI FUTURA 1991

Suzuki Futura 1991 kini sudah tidak lagi diproduksi dan mobil dalam kondisi baru sudah tidak lagi ditemui di pasaran. Mobil Suzuki Futura 1991 bekas saat ini masih memiliki kisaran harga sama dengan harga mobil baru di tahun tersebut. Mobil Suzuki Futura bekas dengan kondisi baik kini memiliki banderol harga di kisaran Rp 30.000.000,00.

Gambar Suzuki Futura 1991 dijual di Cintamobil.com

Kalau kondisinya terawat Suzuki Futura 1991 bisa laku hingga Rp 30 juta

9. KESIMPULAN

Suzuki Futura 1991 merupakan salah satu produk Suzuki yang paling sukses di pasar otomotif Indonesia. Perpaduan antara desain yang fungsional, mesin handal yang hemat bahan bakar serta kemudahan mendapat suku cadang dengan harga murah menjadi alasan mengapa Suzuki Futura 1991 sangat populer dan diminati. Bahkan fakta bahwa mobil ini minim fitur kenyamanan, hiburan, keamanan dan keselamatan masih membuat Suzuki Futura sangat populer dan laris.

Peran sebagai mobil komersial yang fungsional bagi varian pickup serta banyaknya Suzuki Futura yang digunakan sebagai kendaraan angkutan umum atau angkot membuat mobil ini menjadi salah satu mobil legendaris dalam sejarah otomotif tanah air. Upaya memperkenalkan kembali mobil ini dalam versi kekinian dapat menjadi sebuah kabar menarik bagi pemerhati otomotif.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artiekl review mobil lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer