Review Suzuki Ertiga Dreza 2017, Varian Eksklusif Dari Keluarga Ertiga

01/09/2018 Metodius Review Suzuki

Sejak kehadiran Toyota Avanza segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) semakin diminati. Sebagai lawan sepadan, Suzuki Ertiga pun muncul. Suzuki Ertiga mengeluarkan varian terbarunya yang diberi nama Suzuki Ertiga Dreza yang hadir pada Januari 2016.

1. PENGANTAR SUZUKI ERTIGA DREZA 2017

Review Suzuki Ertiga Dreza 2017 - Dikala sedang gencarnya MPV biasa, Suzuki Indonesia mengeluarkan Dreza yang notabene jauh lebih mewah dan elegan. Bagaimana tidak kehadirannya begitu ditunggu dan langsung menjadi magnet kuat para keluarga di Indonesia. Ada dua varian dari Dreza, yakni New Ertiga Dreza dan New Ertiga Dreza GS, dan keduanya merupakan top of the line dari model Suzuki Ertiga. So jika Anda penasaran dan ingin tahu seputar Suzuki Ertiga Dreza 2017, simak review lengkap Hargamobil.com kali ini.

2. EKSTERIOR SUZUKI ERTIGA DREZA 2017

Secara umum, Suzuki Ertiga Dreza 2017 itu terlihat sangat kontras berbeda, apalagi dari bagian depan. Bukan hanya itu, perbedaan dari varian ertiga biasa terletak pada dimensinya yang sedikit lebih besar. Mari awali pembahasan Suzuki Ertiga Dreza 2017 dari sisi eksteriornya.

Review Suzuki Ertiga Dreza 2017: Bagian Depan

Suzuki Ertiga Dreza 2016 Memiliki Bumper Lebih Banyak Aksen Krom

Tampak Depan Dreza Lebih Mewah

Kami melihat bahwa desain Ertiga Dreza 2017 ini memiliki keunikan, pasalnya tidak tanggung-tanggung aksen krom hampir memenuhi sisi ini. Pada bagian depan juga ada yang unik, desain underprotection bawah sengaja dibuat seperti wajah tesenyum, tapi kami melihat seperti senyuman tokoh Joker. Lampu utama masih menggunakan halogen yang tetap baik kualitasnya, lalu semakin meningkat dengan adanya LED DRL, serta fog lamp di ujung kanan kiri bumper.

Review Suzuki Ertiga Dreza 2017: Bagian Samping

Desain Samping Suzuki Ertiga Dreza 2016 Masih Mirip Dengan Varian Biasa

Sisi Samping Ertiga Dreza 2017

Pada sisi ini tidak begitu banyak perbedaan dari varian Ertiga biasa, hanya saja pada bagian samping ini jauh terlihat lebih sporty. Dreza mempunyai pelek alloy berukuran 15 inci, desain pelek pun berbeda dari varian ertiga biasa. Side skirt dengan sedikit aksen krom menambah kekuatan dan aura sporty pada Dreza 2017.

Review Suzuki Ertiga Dreza 2017: Bagian Belakang

Tampak Belakang Suzuki Ertiga Dreza 2016 Keren Dan Mewah

Banyak Aksen Krom Dibagian Belakang

Labuan krom masih kental hingga bagian belakang Suzuki Ertiga Dreza 2017. Tiga susun krom secara terpisah kami temukan pada sisi kaca belakang, pintu, hingga bumper bawah mobil. Kentalnya aksen krom inilah yang menjadi pembeda antara ertiga biasa dengan Dreza. Penggunaan rear spoiler juga ada pada bagian ini ditambah dengan High Mount Stop Lamp dan terakhir emblem Dreza mewah hadir di bagian kanan pintu bagasi.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR SUZUKI ERTIGA DREZA 2017

Masih sama dengan varian Ertiga pada umumnya, hanya saja perbedaan dimensi yang lebih besar, membuat Suzuki Ertiga Dreza 2017 memiliki ruang yang juga lebih luas. Adapun beberapa fitur yang sangat berguna dalam kabin dan dashboardnya yang akan kami bahas lebih lanjut.

Review Suzuki Ertiga Dreza 2017: Dashboard

Suzuki Ertiga Dreza 2016 Memiliki Dashboard Empuk Dengan Material Lembut

Dashboard Ertiga Dreza

Desain dashboard Suzuki Ertiga Dreza masih sama, tetapi cenderung mirip dengan Suzuki Swift. Dengan paduan warna gelap dan cerah pada dashboardnya tentu memberikan kenyamanan tersendiri. Point plus ada pada material dashboard yang menggunakan material soft touch, serta ketika disentuh terasa tidak murahan. Head unit di sisi tengah pun sangat besar, layar ini memiliki ukuran 9 inci, serta sudah support untuk USB, Bluetooth, Wi-Fi, Navigasi, layar sudah HD dan sistem operasinya menggunakan Android namun tetap bisa tersambung dengan iOS. Kami merasakan langsung pengoperasian head unitnya, responnya tidak lambat sama sekali dan impressi kami sangat baik akan head unitnya.

Review Suzuki Ertiga Dreza 2017: Kursi

Suzuki Ertiga Dreza 2016 Memiliki Kabin dan Kursi Yang Nyaman

Kursi Suzuki Ertiga Dreza 

Penggunaan warna kabin yang lebih cerah ini membuat aura elegan semakin terasa. Selain elegan, namun tetap luas dan nyaman, ruang kaki dan kepala tidak buruk. Adanya power outlet pada baris kedua cukup membantu, serta armrest pada baris kedua jadi point plus selanjutnya. Untuk urusan headrest sangat proper dan tidak keras cenderung empuk, bisa diandalkan untuk perjalanan jauh.

Review Suzuki Ertiga Dreza 2017: Bagasi

Dalam hal ini MPV biasanya memiliki bagasi yang luas, namun bagaimana dengan Ertiga Dreza 2017? Anda tidak perlu khawatir dengan hal itu, karena Dreza 2017 memiliki akomodasi penyimapanan barang yang cukup baik. Ertiga Dreza memiliki kekuatan pada kepraktisannya, diantaranya adalah pelipatan jok sangat mudah. Pelipatan jok baris ketiga ini akan berdampak pada bertambahnya ruang bagasi, hebatnya lagi lantai bagasinya sangat rata, point minusnya, bagasi ini jika diukur normal dengan tiga baris kursi digunakan maka tidak terlalu besar dari beberapa pesaingnya seperti Avanza dan juga Mobilio.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR SUZUKI ERTIGA DREZA 2017

Review Suzuki Ertiga Dreza 2017: Fitur Keselamatan

Suzuki Ertiga Dreza 2016 Dibekali Dengan Fitur Keselamatan Yang Mempuni

Keselamatan dan Keamanan Pada Dreza

Dari luar hingga dalam kabin sudah kita bahas, kini bahasan menjurus pada bagaimana mobil memperhatikan penumpang dalam kabinnya. Safety menjadi salah satu tolak ukur laris atau tidaknya mobil, sadar atau tidak, kini pembeli juga memikirkan aspek keselamatan ketika hendak membeli mobil. Dreza memiliki beberapa fitur safety, diantaranya sistem pengereman ABS, EBD, dan BA. Lalu ada pula Dual SRS Airbag, serta side impact beam. Untuk keamanan, Suzuki Ertiga Dreza 2017 memiliki Immobilizer dengan Keyless Entry.

>>> All New Ertiga Mendominasi Penjualan Suzuki di GIIAS 2018

5. OPERASI SUZUKI ERTIGA DREZA 2017

Suzuki Ertiga Dreza 2016 Memiliki Mesin K14B 1373 cc

Mesin Suzuki Ertiga Dreza

Kini kita lanjut ke bagian yang terpenting yaitu dapur pacunya. Suzuki Ertiga Dreza 2017 memiliki mesin K14B 1.400 cc, 4 Cylinder, VVTdengan tenaga maksimal 92 Ps pada 6000 rpm, dan torsi sebesar 130 Nm pada 4200 rpm. Tenaga ini disalurkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan pilihan kedua yaitu transmisi otomatis 4 percepatan.

>>> Berencana membeli mobil Suzuki? Jangan lupa simak spesifikasinya dulu

6. SPESIFIKASI SUZUKI ERTIGA DREZA 2017

Dibawah merupakan tabel spesifikasi Suzuki Ertiga Dreza 2017.

Spesifikasi Suzuki Ertiga Dreza 2017

Tipe Mesin

K14B DOHC-VVT 4 Cylinder, 16 valve

Isi Silinder

1.373 cc

Diameter x Langkah

73,0 x 82,0 mm

Perbandingan Kompresi

10:1

Tenaga Maksimal

95 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimal

130 Nm / 4.000 rpm

Sistem Bahan Bakar

Multi Point Injection

Dimensi

P x L x T

4.325 x 1.695 x 1.685 mm

Jarak Poros Roda

2.740 mm

Ground Clearance

185 mm

Radius Putar

5,2 m

Tangki

45 Liter

Chassis

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Coil Spring

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Leading / Training Drum

Ukuran Ban

185/65 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI ERTIGA DREZA 2017

Masih ada beberapa catatan kelebihan dan kekurangan dalam pengamatan kami pada Suzuki Ertiga Dreza 2017.

Kelebihan

Kekurangan

Model dan desain lebih sporty dari Ertiga biasa

Bagasi lebih sempit dari rivalnya

Kabin lebih luas dari Ertiga umum

Tenaga mesin lebih kecil dari rivalnya seperti Avanza dan Mobilio

Irit bahan bakar

 

Head unit support untuk banyak format audio

 

8. DAFTAR HARGA SUZUKI ERTIGA DREZA 2017

Harga dibawah adalah harga Dreza pada tahun 2017.

Varian

Harga Suzuki Ertiga Dreza 2017

Dreza M/T

Rp 216.900.000

Dreza A/T

Rp 229.500.000

Dreza GS M/T

Rp 223.900.000

Dreza GS A/T

Rp 236.500.000

9. VIDEO SUZUKI ERTIGA DREZA 2017

10. KESIMPULAN SUZUKI ERTIGA DREZA 2017

Sebagai pendatang baru sekaligus menjadi varian yang lebih eksklusif dari Suzuki Ertiga, Dreza menjadi mobil yang unik serta lebih elegan. MPV seperti ini memang disukai oleh publik, apalagi dengan beberapa fitur dan akomodasi penyimpanan dalam kabin berlimpah serta kenyamanan terjamin. Ada beberapa catatan kami bukan dari kelebihan tetapi ada kekurangan yang masih kami temukan dalam Dreza 2017 dibanding rivalnya. Namun dari sedikit kekurangan tersebut masih tersimpan segudang kelebihan yang membuat Suzuki Ertiga Dreza 2017 wajib dimiliki oleh seluruh keluarga di Indonesia.

>>> Simaklah review mobil lainnya di sini

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International