Review Suzuki Ertiga 2018, Harga Dan Spesifikasi Lengkap

07/05/2018 Handy Goeyana Review Suzuki

Suzuki Ertiga 2018 hadir berpartisipasi dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang diselenggarakan pada April kemarin. Membawa Ertiga dengan nuansa baru, mobil ini mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung IIMS. Berikut ini review Suzuki Ertiga 2018 terbaru.

1. PENGANTAR

gambar suzuki ertiga 2018

Suzuki Ertiga 2018 dengan desain terbaru

Review Suzuki Ertiga 2018 - Suzuki Ertiga 2018 atau yang disebut Suzuki All New Ertiga menjadi mobil MPV andalan Suzuki untuk berpartisipasi dalam ketatnya persaingan segmen Low MPV. Mobil yang berubah total mulai dari eksterior, interior, dapur pacu, hingga fitur keselamatan yang lebih lengkap menjadi alasan Suzuki Ertiga dinobatkan menjadi The Best MPV pada penghargaan IIMS Awards 2018. Apa saja perubahan yang ditawarkan oleh mobil ini? Review Suzuki Ertiga 2018 secara lengkap oleh hargamobil.com bisa dibaca dibawah ini.

2. EKSTERIOR

Kita mulai review Suzuki Ertiga 2018 dengan bagian eksterior dulu ya. Dengan dimensi yang lebih besar dan penambahan aksesori terbaru pada eksterior Suzuki Ertiga 2018, mobil ini terlihat semakin gagah dan lebih agresif dibandingkan dengan pendahulunya.

  • Desain bagian depan

gambar bagian depan suzuki ertiga 2018

Bagian depan Suzuki Ertiga 2018 dengan desain yang lebih agresif

Bagian depan Suzuki Ertiga 2018 memiliki head lamp yang dilengkapi dengan proyektor, namun sayangnya masih menggunakan halogen. Desain gril terbaru membuatnya terlihat lebih agresif. Fog lamp berbentuk bulat ini ditaruh di bezel hitam yang diposisikan berada dalam lekukan bumper kit. Tambahan lubang udara di bagian bumper membuatnya lebih dinamis.

  • Desain bagian samping

gambar bagian samping suzuki ertiga 2018

Bagian samping Suzuki Ertiga 2018 dengan lekukan yang begitu tegas

Secara sekilas mobil ini terlihat seperti Toyota Innova karena dimensinya yang lebih besar. Suzuki Ertiga 2018 tetap menggunakan pelek alloy dengan desain terbaru berukuran 15 inci sehingga menguatkan kesan sporty pada mobil ini. Lekukan di sepanjang pintu menyiratkan kesan tegas pada mobil ini.

  • Desain bagian belakang

gambar bagian belakang suzuki ertiga 2018

Bagian belakang Suzuki Ertiga 2018 dengan desain yang lebih sporty dan elegan

Bagian belakang Suzuki Ertiga 2018 menggunakan rear combination lamp yang didesain unik dimana lampu sein terlihat lebih menyipit serta stop lamp dibuat lebih besar dan memanjang hingga ke bagian samping. Karena desain yang memanjang itu juga membuat garnis beraksen krom menyatu dengan stop lampnya. Kesan sporty didapat dari bumper kit dan roof spoiler yang ada pada bagian belakang mobil ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Kita lanjutkan review Suzuki Ertiga 2018 dengan membahas interiornya. Bagian interior Suzuki Ertiga 2018 memiliki ruang kabin yang lebih luas dan mendapat beberapa penambahan aksesori dan fitur-fitur penunjang sehingga bagian kabin mobil ini terlihat lebih modern dan mewah.

  • Dashboard dan setir

gambar dashboard dan setir suzuki ertiga 2018

Bagian dashboard dan setir Suzuki Ertiga 2018 yang memberikan kesan mewah

Dashboard pada Suzuki Ertiga 2018 menggunakan warna krem yang lebih lembut dan ada aksen kayu yang lebih terlihat. Ditambah dengan head unit berupa layar sentuh dan memiliki fitur-fitur multimedia lebih berupa CD/DVD Player, MP3 Player, USB Port, Aux Input, dan Bluetooth. Disediakan port untuk charging dengan kapasitas 12 volt atau 1.200 watt.

Tidak lupa di bawah head unit terdapat AC Control yang membuat ruang kabin terasa sejuk. Jika suasana kabin begitu dingin, tersedia pemanas yang akan menghangatkan seisi kabin. Tombol Start/Stop memudahkan pengoperasian mobil hanya dengan satu sentuhan.

Di bagian setir (tipe GX diberi sedikit aksen kayu) terdapat Audio Steering Switch yang terintegrasi dengan sistem audio dan Bluetooth akan memudahkan pengemudi untuk mengatur pilihan pada sistem audio maupun berkomunikasi tanpa harus melepas setir kemudi. Tilt steering akan memudahkan pengemudi untuk mengatur posisi setir sesuai keinginan.

  • Kursi

gambar kursi suzuki ertiga 2018

Bagian kursi Suzuki Ertiga 2018 dengan pola baru

Kursi Suzuki Ertiga 2018 terdiri dari tiga baris dan mampu menampung maksimal hingga 7 orang. Desain kursi pada mobil ini menggunakan pola baru namun tetap menggunakan kombinasi dua warna. Khusus kursi pengemudi bisa diatur tinggi rendahnya sesuai keinginan.

  • Bagasi

gambar bagasi suzuki ertiga 2018

Bagian bagasi Suzuki Ertiga 2018 yang lebih luas

Bagasi Suzuki Ertiga 2018 memiliki ruang bagasi berkapasitas 153 liter untuk menaruh beberapa barang berukuran besar. Jika kursi baris ketiga dilipat, maka ruang bagasi akan jauh lebih luas.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR

gambar fitur keselamatan pada suzuki ertiga 2018

Fitur keselamatan yang disematkan pada Suzuki Ertiga 2018

Fitur keselamatan pada mobil Suzuki Ertiga 2018 sebenarnya masih sama dengan versi sebelumnya, tidak ada yang dikurangi. Namun untuk saat ini fitur-fitur keselamatan dan keamanan masih belum bisa dijabarkan secara jelas dan harus menunggu ketika mobil ini siap dipasarkan. Sistem keselamatan yang sudah ada sebelumnya seperti sistem pengereman yang sudah memiliki fitur ABD, EBD, dan BA sehingga performa pengereman menjadi lebih maksimal. Dual SRS Airbags tetap hadir untuk menjaga penumpang depan terhindar dari resiko cedera serius.

Fitur Side Impact Beam pada bodi mobil menjadi fitur wajib pada Ertiga 2018 karena akan menjaga bodi mobil tidak mudah penyok ke dalam ketika terjadi benturan yang begitu keras. Fitur Child Proof Rear Door Locks akan menjaga pintu mobil tidak akan mudah terbuka jika sedang membawa anak-anak sehingga mobil ini sangat ramah bagi anak-anak.

Fitur keamanan pada mobil ini berupa Immobilizer with Keyless Entry yang akan menjaga mobil anda tetap aman ketika sedang tidak digunakan. Selain itu ada kamera parkir dan sensor parkir yang akan memudahkan pengemudi untuk parkir atau memundurkan mobil.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil Suzuki lainnya

5. OPERASI

gambar mesin suzuki ertiga 2018

Bagian mesin Suzuki Ertiga 2018

Suzuki Ertiga 2018 mengalami peningkatan pada performa dan kapasitasnya. Suzuki Ertiga edisi 2018 menggunakan mesin bertipe K15B DOHC-VVT 4 silinder segaris 16 katup berkapasitas 1.462 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 105 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 138 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil ini akan disalurkan melalui sistem transmisi manual 5 percepatan dan sistem transmisi otomatis 4 percepatan.

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Suzuki Ertiga 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

 

Mesin Suzuki Ertiga 2018

Jenis Mesin

K15B DOHC-VVT 4 silinder segaris 16 katup

Isi Silinder

1.462 cc

Perbandingan Kompresi

10,5:1

Tenaga Maksimum

105 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

138 Nm / 4.400 rpm

Dimensi Suzuki Ertiga 2018

P x L x T

4.395 x 1.735 x 1.690 mm

Jarak Poros Roda

2.740 mm

Jarak Terendah

180 mm

Radius Putar Minimum

5,2 m

Kapasitas Tangki

45 Liter

Suspensi dan Kaki-Kaki Suzuki Ertiga 2018

Tipe Transmisi

5-Speed M/T dan 4-Speed A/T

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Coil Spring

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Leading / Trailing Drum

Ukuran Ban

185/65 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki Ertiga 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

 

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior dan interior mengalami perubahan

Saat ini belum memiliki harga pasti

Dimensi yang membesar membuat ruang kabin ikut menjadi besar

Ada beberapa pengurangan aksesori, meski tidak begitu berpengaruh

Tenaga mesin meningkat

 

Fitur penunjang yang lebih lengkap

 

8. DAFTAR HARGA

Karena baru saja diperkenalkan saat IIMS 2018 kemarin, Suzuki Ertiga 2018 masih belum ada kepastian harga yang jelas. Beberapa sumber menyebutkan bahwa harganya naik 10 juta rupiah dari model sebelumnya. Sebagai tanda pemesanan, calon pembeli diwajibkan membayar uang DP sebesar Rp 5.000.000,-.

9. VIDEO

Sebagai penutup ulasan mobil ini silahkan melihat video Suzuki Ertiga 2018 di bawah ini.

10. KESIMPULAN

Melihat perubahan yang tidak tanggung-tanggung diberikan pada hampir seluruh bagian mobil, Suzuki ingin memberikan bukti bahwa mobil MPV besutan mereka siap bersaing mengalahkan mobil low MPV lainnya dan mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Terbukti ketika diperkenalkan pada ajang IIMS kemarin, mobil ini begitu laris dipesan walaupun belum memiliki harga yang pasti. Karena itu pula Suzuki Ertiga diberikan penobatan sebagai mobil MPV terbaik oleh IIMS Award.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer