Review Suzuki Ciaz 2019

02/11/2018 Franky Pratama Review Suzuki

Sebagai mobil sedan andalan, Suzuki Ciaz baru saja melakukan Facelift di India. Tampilannya menjadi semakin menarik baik dari sisi eksterior maupun interior. Nuansa atletis dan elegan nampak tersirat dari bodinya. Sehingga, terasa cocok untuk eksekutif muda masa kini yang membutuhkan kendaraan multifungsi namun bergaya elegan. Mari kita lihat pembaruannya dalam review Suzuki Ciaz 2019.

1. PENGANTAR SUZUKI CIAZ 2019

Review Suzuki Ciaz 2019 – Perusahaan otomotif, Maruti Suzuki di India memang memiliki rekam jejak baik yang terbukti dari pemegang pangsa pasar lokal di kisaran 45% khususnya di kategori mobil penumpang. Sama halnya dengan Suzuki Ciaz yang baru saja diberikan perubahan minor setelah peluncurannya di tahun 2014.

Suzuki Ciaz 2019 baru saja mendapatkan ubahan Facelift di India

Sosok Suzuki Ciaz Facelift yang diluncurkan di India

Jika mengaca pada Suzuki Ciaz Indonesia, memang tampilannya belum menyaingi pada model Indianya. Masih terkesan sederhana sebagai mobil sedan dengan harga paling terjangkau dari pesaing di kelasnya. Namun, tak ada salahnya, apabila Hargamobil.com hendak mengulas pembaruan Facelift Suzuki Maruti Ciaz di India. Mengingat model Ciaz Indonesia masih belum diberikan pembaruan sehingga ada kemungkinan model satu ini menjadi tolak ukur ketika versi terbarunya hadir.

Suzuki Ciaz Indonesia saat ini sudah tidak lagi dijual secara resmi

Suzuki Ciaz yang beredar kini di Indonesia

Berbeda dengan model Indonesia, Suzuki Ciaz 2019 di India menawarkan empat varian menarik meliputi tipe Sigma, Delta, Zeta dan Alpha. Perbedaannya lebih ditekankan pada aspek fitur kenyamanan. Namun jangan khawatir, Hargamobil.com dalam hal ini akan melakukan review pada model tertingginya yakni Suzuki Ciaz Alpha. Mari kita bandingkan apa saja yang berbeda antara model Indonesia dan model Facelift terbarunya di India dalam review Suzuki Ciaz 2019.

2. EKSTERIOR SUZUKI CIAZ 2019

Personalitas makin berkelas dan elegan yang nyatanya ingin ditampilkan dari sisi eksterior Suzuki Ciaz 2019. Semua hal diperbarui untuk menjaga kedekatannya dengan kemauan zaman. Sentuhan-sentuhan krom nampak tersirat sempurna di berbagai sisi bodinya.

Review Suzuki Ciaz 2019: Eksterior Depan

Wajah depannya kini makin dewasa dengan desain Grille makin seksi dengan sebutan ‘Multi-Pixel’ yang dibalut aksen krom sebagai pemanisnya. Di sisi lain, lampu utama juga sudah berubah menjadi LED Projector yang tentu saja mampu memberi penerangan lebih maksimal daripada model sebelumnya. Hal kekinian seperti fitur Daytime Running Light (DRL) nampak tersemat rapi yang semakin memperkaya fitur-fiturnya. Menariknya lagi, hal paling disukai adalah esensi krom pada rumah-rumahan lampu kabut yang dirancang makin agresif. Terasa semakin menjanjikan dibanding kompetitor lain di kelasnya.

Eksterior depan Suzuki Ciaz 2019 dihias apik dengan Grille baru yang disebut Multi-Pixel

Eksterior depan Suzuki Ciaz 2019 sudah dilengkapi dengan lampu utama LED Projector dan DRL

Review Suzuki Ciaz 2019: Eksterior Samping

Bodi samping masih terkesan padu dengan menciptakan tatanan elegan lewat guratan garis khas Suzuki. Sisi Fender dibuat pipih dipadu dengan pelek Alloy berukuran 195/55 R16. Desainnya juga terasa menarik, menggunakan Precision Cut Alloy yang mampu menguatkan esensi elegan dari sebuah sedan andalannya.

Eksterior samping Suzuki Ciaz 2019 dihias apik dengan guratan bodi yang atletis

Eksterior samping Suzuki Ciaz 2019 dibekali ukuran ban di angka 195/55 R16

Review Suzuki Ciaz 2019: Eksterior Belakang

Bukan hanya lampu depan saja yang diberikan pembaruan tapi juga lampu belakang dikemas apik dengan konfigurasi LED Combination Lamps. Memberi kesan modern layaknya model sedan masa kini. Hal menarik lainnya dapat ditangkap dari dua buah Taillights yang disematkan di sisi balut berbalut krom tebal. Rancangan desain seperti ini, membuatnya menjadikan sosok sedan elegan di berbagai sisinya.

Eksterior belakang Suzuki Ciaz 2019 nampak terlihat mewah dengan aksen krom mengilap pada Taillights

Eksterior belakang Suzuki Ciaz 2019 sudah dilengkapi dengan LED Combination Lamps

>>> Baca juga:

3. INTERIOR SUZUKI CIAZ 2019

Melompat ke sisi kabin interior Suzuki Ciaz 2019, segala halnya tertata cukup rapi dan elegan. Perpaduan aksen krom dan Garnish kayu di berbagai sisinya, menjadikan atmosfer interior terasa sangat mampu untuk memanjakan mata seluruh penumpang dalam kabin.

Review Suzuki Ciaz 2019: Dashboard

Dari ujung ke ujung, tatanan dashboard Suzuki Ciaz 2019 dibalut apik dengan bahan kulit mewah. Nampak jelas perpaduan warna Beige yang sarat akan esensi elegan disematkan mulai dari sisi bawah hingga ke sisi Head Unit. Selebihnya, dominasi warna hitam terasa kental mendominasi sisi atas dashboard dipadu fitur Blower, dua pada sisi tengah dan dua di masing-masing ujungnya.

Dashboard Suzuki Ciaz 2019 sudah dilengkapi dengan fitur berkelas

Dashboard Suzuki Ciaz 2019 dihias apik dengan tatanan yang elegan

Panel Head Unit juga disematkan pada latar berwarna hitam yang diteruskan hingga ke panel transmisi. Menariknya lagi, ketegasan di semua fiturnya terasa sangat mewah dengan penambahan aksen krom mengilap. Sebuah tatanan eksklusif bagi sebuah sedan berkapasitas lima penumpang.

Review Suzuki Ciaz 2019: Setir

Balutan kulit juga ditemui pada aspek setir yang dipadu logo kebanggaan Suzuki pada sisi tengah. Suatu hal menarik yang tidak didapat pada mobil lainnya. Seakan ruh historis Suzuki terasa sangat kuat hingga ke era Digital masa kini. Sementara itu, tersedia juga tombol multifungsi di kedua sisi setirnya yang mampu mengoperasikan fitur pengaturan audio hingga konektivitas. Sehingga, mampu memberi kemudahan bagi pengendara selama mengemudikan kendaraan.

Setir Suzuki Ciaz 2019 tampil nyaman untuk digenggam berkat balutan kulit berkualitas

Setir Suzuki Ciaz 2019 sudah didukung dengan Tilt Steering

Review Suzuki Ciaz 2019: Kursi

Kesan mewah juga tak lupa disematkan pada semua kursinya yang berjumlah total lima unit. Khusus pada varian tertingginya ini, kursinya dibalut bahan kulit yang memberikan kenyamanan lebih daripada material kain. Bahkan, pada sisi belakang sudah dibekali fitur Headrest yang bisa diatur sesuai postur tubuh penumpang. Akomodasi serta ruang kaki lapang, menjadi salah satu keunggulan menarik yang ditawarkan pada Suzuki Ciaz 2019.

Kursi Suzuki Ciaz 2019 mampu menampung hingga lima orang

Kursi Suzuki Ciaz 2019 sudah didukung dengan fitur Headrest

>>> Artikel terkait:

4. FITUR SUZUKI CIAZ 2019

Kurang lengkap rasanya jika belum membahas fitur Suzuki Ciaz 2019. Memang tak dipungkiri, dari segi visual saja tampilan kabinnya terasa sangat elegan dan Premium. Namun apakah segala halnya dikemas cukup menghibur?

Review Suzuki Ciaz 2019: Fitur Keselamatan

Sebelum beranjak ke aspek hiburan, Suzuki Ciaz nyatanya makin berbenah dengan menghadirkan rangkaian fitur keselamatan yang dinamai Nexa Safety Shield. Hal menarik tersebut meliputi pengaplikasian rangka bodi Suzuki-TECT yang diklaim meminimalisir benturan, fitur Dual Front Airbags untuk memberi jaminan keselamatan lebih di bangku depan, ISOFIX, Pedestrian Protection Compliance dan sabuk pengaman Pre-Tensioners Force Limiters. Bahkan, kapasitasnya sebagai mobil sedan juga dituntut handal dalam melakukan manuver. Hal tersebut terjawab dari hadirnya dua teknologi pengereman unggulan yakni Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Fitur keselamatan Suzuki Ciaz 2019 sudah dilengkapi dengan teknologi pengereman ABS dan EBD

Fitur keselamatan Suzuki Ciaz 2019 tampil sangat lengkap dengan Nexa Safety Shield

Di sisi lain, mobil ini juga dibekali fitur kestabilan khususnya di area licin dengan Electronic Stability Program (ESP). Adapun fitur keselamatan standar juga diaplikasikan seperti halnya Seat Belt Reminder, Anti-Theft Security System dan Reverse Parking Sensor yang sudah terintegrasi dengan kamera.

Review Suzuki Ciaz 2019: Fitur Hiburan

Segala fitur hiburan nampaknya sangat menjanjikan pada Suzuki Ciaz 2019. Pasalnya, tersedia panel Head Unit berukuran 17,8 cm yang sudah didukung teknologi Touchscreen dan navigasi. Tentu terjawab sudah dua aspek menarik yakni kemudahan dalam mengakses hiburan Multimedia serta tak perlu khawatir tersesat di area baru. Berbicara masalah kualitas audio, suaranya tampil sangat jernih dan cukup menggelegar, berkat terintegrasinya 4 buah speaker dan 2 buah Tweeters. Lebih daripada itu, panel tersebut juga sudah didukung format modern layaknya Bluetooth, Mirrorlink, Voice Command, CD Player dan USB.

Fitur hiburan Suzuki Ciaz 2019 tampil sangat lengkap yang siap menghibur Anda beserta penumpang

Fitur hiburan Suzuki Ciaz 2019 juga mengandalkan Air Conditioning (AC) yang bisa dioperasikan secara otomatis

>>> Klik di sini jika Anda tertarik untuk mengetahui ulasan lengkap dari model Suzuki lainnya

5. OPERASI SUZUKI CIAZ 2019

Tersedia dua pilihan operasi mesin Suzuki Ciaz 2019 yakni 1.5 Liter (Bensin) dan 1.3 Liter (Diesel). Keduanya memiliki Output berbeda yang mana varian diesel lebih ditujukan untuk performa mesin lebih bertenaga. Sedangkan pada varian bensin lebih unggul dari segi kecepatan dan akselerasi. Jujur, ketika melihat fakta ini, kami cukup melongo dibuatnya. Semua mesin diesel pada mobil sedan? Namun jawabannya terletak pada medan jalanan di India yang kurang begitu baik. Sehingga mesin diesel menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

Operasi mesin Suzuki Ciaz 2019 menawarkan tenaga bensin dengan kapasitas 1.462 cc

Pilihan utama operasi mesin Suzuki Ciaz 2019 bertenaga bensin

Kedua mesinnya menggunakan konfigurasi yang disebut SMART HYBRID. Pada mesin bensin misalnya, kapasitas 1.462 cc mampu menghasilkan daya maksimum di tingkat 77 kW setara 6.000 Rpm dengan torsi puncak 138 Nm sebesar 4.400 Rpm. Tak lupa, model satu ini juga ditawarkan dalam dua pilihan transmisi meliputi 5 tingkat percepatan manual dan 4 tingkat percepatan otomatis seperti pada model sebelumnya.

Operasi Mesin Suzuki Ciaz 2019 Diesel dibekali kapasitas 1.248 cc

Operasi mesin Suzuki Ciaz 2019 juga menawarkan tenaga diesel

Performa mesin dieselnya tampil lebih unggul dalam hal torsi yang berhasil menyentuh angka 200 Nm pada putaran 1.750 Rpm. Berbekal kapasitas 1.248 cc, mesinnya mampu menghasilkan Output daya 66 kW setara 4.000 Rpm. Racikan seperti ini lebih ditekankan untuk jalanan tidak rata dan bahkan mampu melahap medan tanjakan dengan mudah. Meski tak secepat mesin bensin, kemampuan diesel mampu tampil lebih irit bahan bakar dengan estimasi tempuh 28,09 Km untuk satu liter bahan bakar.

>>> Review Toyota Camry 2019: Sedan Generasi Terbaru Kebanggaan Toyota

6. SPESIFIKASI SUZUKI CIAZ 2019

Supaya Anda semakin mengenal sosoknya secara detail, berikut terlampir spesifikasi Suzuki Ciaz 2019.

SPESIFIKASI SUZUKI CIAZ 2019

Model

SMART HYBRID (BENSIN)

SMART HYBRID (DIESEL)

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.490 mm x 1.730 mm x 1.485 mm

Jarak Poros Roda

2.650 mm

Radius Putar Minimum

5,4 m

MESIN

Tipe Mesin

1.5 Liter SMART HYBRID DOHC

1.3 Liter SMART HYBRID DOHC

Kapasitas Silinder

1.462 cc

1.248 cc

Daya Maksimum

77 kW / 6.000 Rpm

66 kW / 4.000 Rpm

Torsi Maksimum

138 Nm / 4.400 Rpm

200 Nm / 1.750 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Manual / 4 Tingkat Otomatis

5 Tingkat Manual

Mode Penggerak

2-Wheel Drive (2WD)

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

195/55 R16 Alloy

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Diesel

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

43 Liter

Standar Emisi

BS IV

Estimasi Konsumi Bahan Bakar

21,56 Km/Liter (Manual)

20,28 Km/Liter (Otomatis)

28,09 Km/Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI CIAZ 2019

Setelah menyimak segala halnya secara detail, lantas apa saja kelebihan dan kekurangan Suzuki Ciaz 2019. Untuk informasi selengkapnya, mari kita simak tabel di bawah ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Segala hal dikemas dengan tampilan baru mampu membawa unsur karismatiknya ke era modern

Perubahan lebih ditekankan pada aspek visual saja

Fitur NEXA Safety Shield mampu menjawab segala kebutuhan keselamatan bagi seluruh penumpang

Tersedia penambahan transmisi otomatis daripada model sebelumnya namun tak ada perubahan dari segi mesin

Tersedia dua pilihan mesin baik bensin dan diesel, yang dapat dipilih sesuai gaya berkendara Anda

Mungkin terdengar cukup aneh, sebuah sedan dengan mesin diesel. Namun setidaknya, varian diesel lebih irit bahan bakar daripada varian bensin

8. DAFTAR HARGA SUZUKI CIAZ 2019

Mengingat model Facelift ini baru saja dirilis di India dan belum hadir di Indonesia, maka kami hendak menyampaikan daftar harga Suzuki Ciaz 2019 dalam kurs India.

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI CIAZ 2019

(India)

HASIL KONVERSI LAKHS INDIA KE RUPIAH INDONESIA

Suzuki Ciaz Sigma Bensin 1.5 M/T 2019

8,19 Lakhs

IDR. 168.435.000

Suzuki Ciaz  Delta Bensin 1.5 M/T 2019

8,8 Lakhs

IDR. 180.980.000

Suzuki Ciaz Sigma Diesel 1.3 M/T 2019

9,19 Lakhs

IDR. 189.000.000

Suzuki Ciaz Zeta Bensin 1.5 M/T 2019

9,57 Lakhs

IDR. 196.816.000

Suzuki Ciaz Delta Diesel 1.3 M/T 2019

9,8 Lakhs

IDR. 201.546.000

Suzuki Ciaz Delta Bensin 1.5 A/T 2019

9,8 Lakhs

IDR. 201.546.000

Suzuki Ciaz Alpha Bensin 1.5 M/T 2019

9,97 Lakhs

IDR. 205.042.000

Suzuki Ciaz Zeta Bensin 1.5 A/T 2019

10,57 Lakhs

IDR. 217.382.000

Suzuki Ciaz Zeta Diesel 1.3 M/T 2019

10,57 Lakhs

IDR. 217.382.000

Suzuki Ciaz Alpha 1.5 A/T 2019

10,97 Lakhs

IDR. 225.608.000

Suzuki Ciaz Alpha 1.3 M/T 2019

10,97 Lakhs

IDR. 225.608.000

*Catatan:

  • 1 Lakhs adalah 100.000 Rupee
  • Harga di atas adalah harga resmi Suzuki Ciaz terbaru yang dijual di India
  • Harga di atas hanya bersifat sebagai referensi saja
  • Apabila model Facelift-nya telah hadir di Indonesia, maka dipastikan ada kenaikan harga perihal pajak, perizinan, dokumentasi dan pertimbangan khusus dari pihak Suzuki Indonesia

9. VIDEO SUZUKI CIAZ 2019

10. KESIMPULAN SUZUKI CIAZ 2019

Suzuki Ciaz Facelift yang belum lama ini diluncurkan di India, memberi selebrasi menarik bagi para peminatnya. Tentu sejak peluncurannya di tahun 2014 lalu, baru kali ini Suzuki Ciaz mendapatkan pembaruan. Hasilnya cukup memuaskan terutama dalam hal visual mulai dari eksterior hingga interior, Semua detailnya dikemas dengan nuansa elegan nan mewah. Kapabilitasnya sebagai mobil sedan juga dibekali berbagai fitur-fitur mumpuni yang disebut Nexa Safety Shield. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda patut untuk menunggu Suzuki Ciaz 2019 Indonesia?

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer