Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015: Mobil Perkotaan Irit Bahan Bakar Dan Stabil Di Jalanan

29/11/2019 Abdul Review Suzuki

Suzuki Celerio merupakan mobil dalam segmen Hatchback yang cocok untuk melintasi jalanan perkotaan. Dihadirkan di Indonesia pertama kali tahun 2015 dengan membawa 2 pilihan transmisi yakni manual dan CVT. Namun untuk segmen kali ini kami akan memberikan informasi tentang Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015.

1. PENGANTAR SUZUKI CELERIO 1.0 CVT 2015

Suzuki merupakan salah satu pabrikan asal Jepang yang memasarkan produknya ke berbagai negara di dunia, salah satunya adalah Indonesia. Salah satu produk yang kami bahas adalah Suzuki Celerio, yang mana di tahun 2014 mobil ini pertama kali diluncurkan. Produksinya dilakukan oleh Suzuki Motor Thailand dan Maruti Suzuki di India yang bertempat di provinsi Rayong, Thailand. Kehadiran mobil ini menggantikan posisi dari A-Star dan Zen Estilo, mobil tersebut bersaing dengan Tata Indica, Honda Brio, Ford Figo dan lainnya.

Peluncurannya Suzuki Celerio dilakukan di Auto Expo 2014 setelah sebelumnya tahun 2013 diperkenalkan sebagai model konsep. Jadi model konsep tersebut dimunculkan pada acara International Motor Expo di Thailand 2013. Itulah sedikit sejarah berkaitan dengan mobil besutan Suzuki tersebut.

Untuk pasar Indonesia, pihak PT Suzuki Indomobil Sales di tahun 2015 memasukkan mobil Suzuki Celerio dalam line upnya. Tidak dipungkiri, bahwa langkah yang diambil tergolong berani, hal tersebut karena dari segi performa terbilang sama dengan Suzuki Karimun serta telah menggunakan transmisi otomatis CVT. Dengan mengandalkan transmisi tersebut mobil bisa membawa pemiliknya kemanapun tanpa ada hambatan. Penasaran dengan mobil ini, mari kita simak ulasannya tentang spesifikasi Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015.

2. EKSTERIOR SUZUKI CELERIO 1.0 CVT 2015

Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 warna putih

Belum ada tambahan foglamp untuk model tahun 2015

Pada bagian depan Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 menurut kami tergolong unik. Dengan grille yang dibuat melengkung membuatnya tampak menarik. Di bagian tengah grille ada 2 bilah krom yang desainnya mengikuti bentuk. Disampingnya terdapat headlamp dengan ukuran yang besar sehingga menjadi salah satu nilai plus tersendiri. Meskipun masih mengandalkan bohlam halogen biasa, namun untuk sinarnya tampak terang.

Berlanjut ke bagian bawahnya yakni bumper, yang mana desainnya dibuat mengikuti desain dari lampu dan grille yang tampak senada di bagian atas. Sementara kesan sporty sedikit terlihat berkat bagian bawahnya yang mempunyai grille aksen warna hitam dan disampingnya ada tempat fog lamp yang seperti memotong lekukan bumper. Hanya saja yang disayangkan adalah tidak adanya fog lamp meskipun ada tempatnya di bagian tersebut. Meskipun begitu, pendapat orang berbeda-beda, bahkan ada yang menganggap kesan mobil tersebut di bagian depan tampak biasa.

Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 putih

Dari samping tampak bodinya yang mungil namun terkesan biasa

Berlanjut ke bagian samping, sebagai mobil Hatchback yang digunakan untuk melintasi jalanan perkotaan khususnya, tampak bagian samping terlihat biasa. Terdapat 2 pintu yang menggunakan warna senada baik pada spion dan juga handle pintu. Menurut kami, di bagian ini tampak sederhana dan tidak ada yang istimewa. Hanya saja ada nya 2 lekukan mulai bagian ujung pintu depan sampai bagian lampu belakang untuk atas dan di bagian bawah mulai dari ujuang pintu depan sampai ujung pintu belakang.

Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 : Tampilan Belakang

Gambar ini menunjukkan mobil Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 tampak belakang

Tampak belakang terlihat biasa saja dan belum memakai LED

Jika melihat pandangan anak muda jaman sekarang, tentunya banyak yang mengatakan biasa saja. Meskipun ada juga yang tertarik dengan penggunaan desain tersebut. Untuk stoplamp mengandalkan bohlam biasa dan belum diberikan LED. Mungkin yang kurang menarik di bagian ini adalah gagang pintu dengan bentuknya yang pendek dan dibuat besar. Namun hal tersebut dapat tertutupi dengan adanya wiper di bagian kaca belakang. Selain itu, ada pula emblem tulisan SUZUKI di bagian kiri dan logo di bagian tengah serta tulisan CELERIO bagian kanan. Semuanya menggunakan aksen krom sehingga membuatnya lebih menarik.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR SUZUKI CELERIO 1.0 CVT 2015

Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 : Bagian Dashboard

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi mobil Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015

Dashboard modern dengan perpaduan warna yang pas

Kalau melihat dari segi dashboardnya, tampilan dari Suzuki Celerio terlihat begitu modern. Hal tersebut dikarenakan perpaduan kelir dashboard dan two tone plus head unit yang begitu rapi. Hanya saja menurut kami terdapat kekurangan pada bagian ini, yakni untuk ruang penyimpanan yang disediakan hanya satu saja dengan ukuran kecil dan letaknya berada di depan tuas transmisi mobil.

Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 : Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok belakang Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015

Kursi belum ada pengatur posisi jok mobil

Pada bagian kursi mempunyai tampilan yang begitu menarik dengan penggunaan motif polkadot. Dengan penggunaan motif tersebut bisa saja para wanita akan menyukainya. Selain itu kenyamanan juga tidak diragukan lagi karena saat diduduki akan terasa empuk. Ditambah lagi soal kualitas bahan material yang digunakan terbilang baik. Hanya saja untuk bagian kursinya ini belum ada penambahan pengaturan jok, sehingga posisi jok tidak dapat disesuaikan dengan postur pengemudi.

Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015

Bagasi cukup luas untuk membawa barang bawaan

Jadi mobil jenis Hatchback umumnya diperuntukkan untuk para wanita seperti ibu-ibu untuk berbelanja ke swalayan ataupun pasar. Dengan begitu kapasitas bagasi yang dibutuhkan tentunya harus memiliki ukuran yang memadai. Nah untuk bagasi Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 mempunyai bagasi yang cukup memadai sehingga sangat cocok untuk digunakan melakukan aktivitas seperti yang telah disebutkan.

>>> Baca juga:

4. FITUR SUZUKI CELERIO 1.0 CVT 2015

Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 : Fitur Hiburan

Fitur yang terdapat pada mobil tentunya dapat mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Untuk fitur Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 soal hiburan belum ada layar sentuh seperti head unit zaman sekarang. Akan tetapi kalau segi tampilan cukup menarik dan soal penataan juga rapi sehingga patut diacungi jempol. Kalau soal kemampuan dari head unitnya adalah untuk memutar kepingan CD, Radio dan juga telah terdapat fitur USB serta AUX. Hanya saja untuk suara masih biasa saja, jika ingin lebih mantap bisa menambahkan power dan tweeter di dalamnya.

Selain itu untuk mengatur suhu AC mobil masih mengandalkan model knob manual, bahkan heater pun belum disematkan. Namun hal tersebut terobati dengan hembusan AC yang bisa diubah arahnya sesuai keinginan serta punya katup ventilasi yang dapat dibuka tutup sehingga sirkulasi udara di dalam kabin jadi terbantu.

Selanjutnya untuk mendukung kenyamanan berkendara menggunakan Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 maka diberikan pula layar MID yang dapat memberikan informasi mengenai posisi shifter transmisi, jarak tempuh dan juga average fuel consumption. Untuk peletakannya tergolong menarik dan untuk membacanya juga cukup mudah. Bahkan pada saat kondisi panas tetap bisa dibaca serta tidak akan silau ketika melihat MID. Adapun mengapa bisa begitu adalah berkat dukungan tudung yang dibuat besar untuk menghalau pancaran sinar matahari yang menuju ke bagian panel instrumen dan untuk warnanya menggunakan amber.

Gambar ini menunjukkan head unit pada mobil Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015

Belum ada layar pada mobil besutan Suzuki satu ini

Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 : Fitur Keselamatan Ringkas

Mobil besutan Suzuki satu ini mempunyai harga yang cukup terjangkau. Meskipun begitu, soal fitur keselamatan pihak PT Suzuki Indomobil Sales tetap memperhatikannya. Hal tersebut terbukti dengan pemberian dual SRS Airbag sebagai perlengkapan keselamatan pasif. Tidak hanya itu saja, bahkan untuk keamanan aktif, sistem pengereman ABS juga turut diberikan.

>>> Klik Sini Untuk Lanjut Simak Artikel Review Mobil Suzuki Lainnya

5. OPERASI SUZUKI CELERIO 1.0 CVT 2015

Berhubungan dengan dapur pacu, mesin Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 mengandalkan unit dengan kode K108 yang berkonfigurasi dengan 2 silinder segaris. Untuk kapasitas silinder adalah 1.000 cc dengan karakter overstroke. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 68 Ps dan torsi puncaknya mencapai 90 Nm.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015

Mesin yang dipakai tidak boros bahan bakar

Jadi masih ada hal yang menarik lagi pada mobil besutan Suzuki satu ini. Yang mana untuk perbandingan kompresi yang dimiliki cukup tinggi yaitu 11:1. Bahkan untuk konsumsi bahan bakar tidak hanya dapat diisi oleh oktan 92, namun pertalite dan juga premium dapat diisikan sehingga akan lebih mudah dalam mengisi bahan bakar.

>>> Klik Di Sini Apabila Sobat Ingin Membeli Mobil Suzuki Celerio

6. SPESIFIKASI SUZUKI CELERIO 1.0 CVT 2015

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015:

DIMENSI

Panjang

3.600 mm

Lebar

1.600 mm

Tinggi

1.560 mm

Jarak Sumbu Roda

2.425 mm

Kapasitas Tangki

35 Liter

MESIN

Tipe

K10B, 3 Silinder Segaris, VVT, DOHC

Kapasitas Silinder

998 cc

Tenaga Maksimal

65,5 Hp @ 6.200 rpm

Torsi Maksimal

90 Nm @ 3.500 rpm

Tipe Transmisi

Otomatis CVT, Penggerak Roda Depan

Sistem Bahan Bakar

Multi Point Injection

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut with coil spring

Suspensi Belakang

3 Link Rigid with coil spring

Sistem Kemudi

Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Jenis Pelek & Ban

Alloy 14 inchi & Dunlop Enasave EC300+, 165/70 R14

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI CELERIO 1.0 CVT 2015

Memang mobil merupakan kendaraan yang sangat nyaman. Disamping hal tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini merupakan keunggulan dan kekurangan Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Untuk konsumsi bahan bakar cukup hemat sehingga dapat kebih irit soal pengeluaran

Untuk penggunaan fitur power window belum mengandalkan auto up

Penggunaan transmisi CVT tentunya akan membuat perjalanan lebih nyaman dan juga halus

Melihat dari fitur tergolong biasa saja, namun maklum harga yang ditawarkan cukup terjangkau

Suspensi yang diberikan pada mobil ini sangat stabil sehingga dapat membuat rasa nyaman akan dirasakan pengemudi dan penumpang

 

8. DAFTAR HARGA SUZUKI CELERIO 1.0 CVT 2015

Mobil ini saat pertama kali dipasarkan di tahun 2015 lalu dihadirkan dalam 2 pilihan transmisi yaitu manual dan CVT. Dengan 2 pilihan tersebut tinggal menyesuaikan dengan kesukaan masing-masing. Untuk harga Suzuki celerio 1.0 CVT 2015 berada di angka Rp. 105 jutaan dalam kondisi bekas.

9. VIDEO SUZUKI CELERIO 1.0 CVT 2015

10. KESIMPULAN SUZUKI CELERIO 1.0 CVT 2015

Bagi Sobat yang ingin memiliki sebuah kendaraan yang hemat bahan bakar dan juga akomodatif maka tidak ada salahnya memilih Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015. Selain itu bisa juga digunakan sebagai mobil kedua atau hadiah untuk mempermudah istri saat berbelanja ke swalayan ataupun pasar. Karena dengan transmisi CVT pengoperasiannya menjadi mudah untuk dilakukan.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer